Sponsors Link

10 Obat Cacing untuk Ibu Menyusui Paling Aman

advertisement

Usus manusia yang berfungsi untuk mendukung sistem pencernaan dalam tubuh ternyata memang sangat penting untuk diperhatikan. Selain ada berbagai jenis bakteri dan mikroorganisme yang baik untuk mendukung pencernaan, ternyata bagian usus juga rentan terhadap cacing. Umumnya cacing memang banyak terjadi pada anak-anak dan sulit terjadi pada orang dewasa kecuali dengan kondisi khusus. Ibu menyusui rentan tertular cacingan karena kondisi fisik yang lemah akibat kelelahan. Penyebaran cacing untuk ibu menyusui bisa terjadi melalui perantara lingkungan yang tidak bersih, kontak cairan atau sentuhan dengan orang lain yang terkena infeksi.

Baca: tanda tanda anak cacingan – gejala anak cacingan – obat untuk anak cacingan

Beberapa jenis cacing yang sangat umum menyerang usus manusia termasuk cacing kremi, cacing pipih, cacing gelang, cacing pita dan cacing tambang. Ketika ibu terkena cacingan maka bisa menyebabkan mual dan muntah yang parah, tubuh kekurangan nutrisi, ASI yang terus menurun dan kelelahan yang parah. Untuk mengatasi hal ini maka ibu bisa mencoba minum obat cacing untuk ibu menyusui seperti dibawah ini:

  1. Makan bawang putih mentah

Bawang putih memang menjadi obat ajaib untuk semua jenis penyakit. Bawang putih akan membantu tubuh ibu menyusui memiliki sistem kekebalan secara alami. Senyawa alisin dalam bawang putih memang sudah tidak diragukan lagi bisa membuat cacing pada tubuh ibu menyusui cepat pergi. Untuk merasakan khasiat bawang putih maka sebaiknya  bawang putih dimakan mentah. Ini sangat aman untuk ASI Anda karena senyawa dalam bawang putih memang sangat alami. Anda bisa mencoba untuk makan setidaknya 1 sampai 3 siung bawang putih setiap pagi atau malam hari sebelum tidur.

  1. Biji labu

Ya biji labu biasanya banyak digunakan sebagai makanan diet saat menyusui. Namun ternyata biji labu bisa membersihkan semua racun dalam tubuh ibu menyusui. Biji labu mengandung vitamin yang sangat lengkap termasuk vitamin B terutama biotin. Kemudian biji labu mengandung serat yang bisa membantu pencernaan menjadi lebih sehat. Zat besi dalam biji labu bisa mencegah anemia pada ibu menyusui sehingga produksi ASI tidak akan terganggu. Dan bagian yang terpenting adalah bahwa biji labu mengandung serat yang akan mendorong BAB pada ibu menyusui. Ini akan menjadi obat alami untuk sembelit pada ibu menyusui. Saat itu maka semua cacing dalam tubuh akan keluar bersamaan dengan feces. (baca: manfaat labu untuk ibu hamil – bahaya kuaci bagi ibu hamil)

Baca: makanan untuk memperbanyak ASI – makanan sehat untuk ibu menyusui

  1. Jus wortel

Segelas jus wortel setiap pagi sudah bisa membantu ibu menyusui sembuh dari cacingan. Kandungan vitamin A dalam wortel memang bisa sangat baik untuk mensuplai vitamin ini pada bayi. Vitamin ini akan diserap dengan baik melewati darah dan ASI untuk bayi. Kemudian wortel mengandung serat yang akan bekerja untuk membersihkan semua parasit dalam tubuh ibu menyusui. Wortel juga bisa mendorong produksi ASI yang lebih banyak. Jus wortel bisa menjadi cara memperbanyak ASI kembali.

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel sangat penting untuk membantu mengobati cacingan pada ibu menyusui. Selama ini cuka sari apel banyak digunakan untuk mengatasi berbagai parasit dalam tubuh. Anda bisa mencoba untuk minum air yang sudah dicampur dengan cuka sari apel secara rutin. Ini akan membersihkan semua bagian usus Anda dan membersihkan racun dalam tubuh. Cuka sari apel sama sekali tidak akan menyebabkan efek untuk ASI sehingga ibu tidak perlu khawatir. Jika ibu tidak bisa makan cuka sari apel murni maka bisa mencampurnya dengan minuman lain seperti jus.

 
ads

  1. Jus delima

Jus delima sama seperti jus wortel karena bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat dan bersih dari semua cacing dalam usus. Jus delima mengandung bahan antioksidan yang bisa menghasilkan enzim khusus. Enzim inilah yang akan bekerja untuk membersihkan parasit dan membuat pertumbuhan cacing dalam usus terhenti dengan cepat. Selain itu jus buah delima akan sangat baik untuk tubuh ibu karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga tubuh ibu agar tidak mudah tertular cacingan dan parasit yang lain. Jadi ibu bisa mencoba untuk minum jus delima secara rutin.  (baca: manfaat buah delima bagi ibu hamil)

  1. Yogurt

Selain buah maka yogurt yang dihasilkan dari olahan susu juga sangat baik untuk mematikan semua cacing dalam usus. Yogurt terbuat dari susu yang dicampur dengan bakteri Lactobacillus , kemudian bakteri ini bisa mendorong produksi bakteri baik dalam usus menjadi lebih tinggi. Cacing yang sudah berkembang dalam usus akan terdesak sehingga mati akibat bakteri baik. Yogurt juga akan mengatasi sembelit pada ibu menyusui dan menjaga pencernaan bisa bekerja dengan lancar. (baca: manfaat yoghurt untuk ibu menyusui)

  1. Pepaya mentah dan madu

Anda juga bisa mencoba obat cacing untuk ibu menyusui yang terbuat dari pepaya mentah dan madu. Pepaya mentah mengandung sebuah enzim yang penting untuk membasmi cacing yaitu papain. Enzim ini cenderung menjadi racun bagi semua cacing dalam usus ibu menyusui. Bahkan pepaya yang masih mentah juga mengandung carisin terutama pada bagian biji mudanya yang akan membantu melawan perkembangan cacing dalam usus. Untuk menggunakannya maka Anda bisa membuat jus dari cacing mentah yang dicampur dengan madu dan air hangat. Anda bisa meminumnya saat pagi hari saat belum makan sarapan. Anda bisa tenang karena ini obat alami yang sangat ramah dan tidak memberikan efek untuk bayi. (baca: manfaat pepaya untuk ibu menyusui – manfaat buah pepaya untuk ibu hamil)

  1. Kelapa muda

Sejak jaman dahulu kelapa muda sering digunakan sebagai untuk mengobati cacingan pada anak-anak. Namun kelapa muda juga bisa bekerja untuk usus ibu menyusui. Ternyata dalam kelapa mengandung sebuah senyawa yang bisa mengatasi cacing dan membuat cacing bisa mati dengan cepat. Efeknya bahkan bisa mengeluarkan semua cacing dalam usus bersama dengan feces. Jika Anda tidak memiliki kelapa muda maka gunakan minyak kelapa yang bisa dicampurkan dengan makanan. Pastikan Anda minum segelas susu hangat setelah makan kelapa, karena ini akan membantu cacing lebih cepat mati.

Baca juga: manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil – manfaat air kelapa untuk ibu menyusui – manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil

  1. Minyak cengkeh

Cengkeh adalah jenis herbal yang bisa menjadi obat cacing untuk ibu menyusui. Selama ini cengkeh banyak digunakan untuk perawatan berbagai penyakit termasuk sakit gigi dan penyakit yang terkait dengan peradangan. Selain itu ini sangat aman untuk ASI dan bayi Anda sehingga tidak akan menyebabkan efek samping. Anda bisa mencobanya untuk mengunyah cengkeh yang sudah kering, namun jangan ditelah dan segera berkumur. Ketika Anda mengunyah cengkeh ini maka senyawa seperti tanin bisa masuk ke usus melalui air ludah. Jadi cacing bisa segera mati dan keluar dari tubuh.

Manfaat lain minyak cengkeh:

  1. Obat Mebendazole

Mebendazole adalah jenis obat dokter yang akan membantu mengobati cacingan. Bahan aktif dalam mebendazole bisa mengobati berbagai jenis cacing termasuk cacing kremi, cacing gelang, cacing tambang dan cacing pipih. Obat ini akan membuat cacing menjadi sangat sensitif dengan kondisi usus kemudian membuat semua telur dan cacing bisa mati dengan cepat. Ini termasuk obat cacing yang sangat efektif untuk anak-anak hingga orang dewasa termasuk ibu menyusui. Menurut sebuah penelitian jenis obat ini sudah terbukti tidak menyebabkan efek samping untuk ibu maupun bayi yang menerima ASI. Semua bahan kimia dalam obat sangat sulit untuk bisa masuk ke ASI sehingga bisa bisa aman. Namun penggunaan obat harus berdasarkan resep dan petunjuk dari dokter yang merawat. 

Sponsors Link

Tips Mencegah Cacingan untuk Ibu Menyusui

  1. Biasakan untuk selalu mencuci tangan saat akan atau setelah melakukan berbagai aktifitas. Termasuk ketika ibu akan memasak, menggunakan toilet dan juga aktifitas di luar rumah terutama di tempat umum.
  2. Jika ibu memiliki kuku yang agak panjang sebaiknya segera di potong dan menjauhi semua kebiasaan menggigit kuku.
  3. Jangan pernah berbagi keperluan pribadi seperti baju dan handuk dengan orang lain. Karena ini bisa membuat ibu menyusui rentan tertular cacingan.
  4. Biasakan untuk membersihkan area bawah hingga bersih terutama bagian dubur dan hentikan kebiasaan menggaruk bagian bawah tubuh.
  5. Ganti semua kain di atas tempat tidur termasuk sprei dan selimut secara rutin. Cuci semua pakaian dengan air hangat untuk membunuh telur cacing.
  6. Biasakan untuk menjaga kebersihan rumah termasuk bagian dapur dan kamar mandi.
  7. Biaskan untuk menggunakan berbagai perlengkapan memasak dan makan yang bersih,sudah bersih dan sudah kering.
  8. Biasakan untuk mengganti sikat gigi secara teratur dan membersihkan sikat gigi dengan baik. Cara ini akan membantu mengurangi resiko cacingan pada ibu menyusui.
  9. Biasakan untuk menjaga kebersihan sebelum dan sesudah merawat bayi terutama saat mengganti popok bayi, membersihkan botol susu dan berbagai perlengkapan bayi lainnya.

Obat cacing untuk ibu menyusui memang bisa dipilih baik itu obat alami ataupun obat dokter. Biasanya berbagai obat alami sudah bisa mengatasi cacingan,namun jika ibu menderita gejala yang lebih berat maka harus tetap berkonsultasi dengan dokter.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 05th, December 2016 / 07:45 Oleh :
Kategori : Kesehatan Ibu