21 Obat Demam untuk Ibu Menyusui Sangat Ampuh     

Memberikan ASI pada bayi Anda tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Kemudian tubuh Anda memiliki respon yang sangat baik sehingga selalu bisa memberikan ASI. Tapi menyusui bisa menjadi hal yang sangat melelahkan, terutama jika bayi Anda masih baru. Karena itu terkadang ibu menyusui juga bisa kelelahan dan sakit. Salah satunya adalah ketika ibu menyusui demam karena flu atau gejala penyakit yang lain. Berikut ini adalah beberapa obat demam untuk ibu menyusui secara medis dan alami.

  1. Acetaminophen

Jika ibu merasa sangat demam dan ingin minum obat medis maka semua jenis obat yang termasuk dalam acetaminophen bisa digunakan. Jika ibu ragu maka bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Namun menurut pendapat medis obat ini sangat aman untuk ibu menyusui karena komponen senyawa kimia yang masuk ke dalam ASI hanya sedikit dan tidak mungkin mencemari ASI sehingga bayi juga tidak terkena dampak obat.

Baca: obat penurus panas anak – cara mengatasi demam pada anak –  Penyebab Step pada Bayi – Cara Mengatasi Step Pada Anak)

  1. Kompres air hangat

Kemudian ibu menyusui juga bisa mencoba untuk mengompres dengan handuk hangat. Cara ini bisa dilakukan untuk demam yang disebabkan karena mastitis atau karena penyakit lain. Kompres air hangat sangat nyaman dan bisa menyerap panas tubuh. Hindari mengompres dengan air dingin atau es batu karena bisa menyebabkan tubuh memberikan respon shock. (baca: manfaat air putih bagi ibu hamil)

  1. Mandi air hangat

Mandi air hangat bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan demam dengan cepat pada ibu menyusui. Mandi air hangat bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan secara alami akan membuat suhu tubuh ibu kembali normal. Tapi ibu sebaiknya menghindari air dingin karena air dingin bisa menyebabkan suhu tubuh menjadi lebih tinggi dan demam semakin parah.

  1. Teh jahe hangat

Jika ibu merasa sangat buruk karena demam dan sangat lemah maka ibu bisa mencoba untuk minum teh jahe yang hangat. Teh jahe yang hangat bisa membantu ibu menjadi lebih segar dan jahe mengandung bahan anti peradangan yang bisa mencegah demam yang buruk. Jahe juga bisa membuat suhu tubuh ibu menurun dengan cepat karena bisa membuat keringat yang keluar dari tubuh lebih banyak. (baca: manfaat jahe untuk ibu menyusui

  1. Minum air putih

Cairan seperti air putih juga akan menurunkan suhu tubuh yang demam. Air putih bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman karena cairan bisa mendinginkan tubuh. Demam sering membuat ibu malam minum namun minuman akan mengurangi demam dengan cepat. Selain itu air putih juga bisa membantu mencegah dehidrasi sehingga ibu kembali cepat sehat.

  1. Vitamin C

Lalu sebenarnya ketika tubuh ibu menyusui demam maka tubuh sebenarnya sedang berjuang untuk melawan sebuah infeksi. Untuk dapat mendukung organ tubuh maka ibu bisa mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C yang digunakan termasuk suplemen yang sudah direkomendasikan oleh dokter, semua jenis jus buah yang kaya dengan vitamin C dan semua makanan yang memang mengandung vitamin C tinggi. (baca: vitamin untuk ibu menyusui – vitamin ibu menyusui agar bayi gemuk)

  1. Buah kaya dengan vitamin C

Kemudian ibu juga bisa mengkonsumsi semua jenis buah yang memang mengandung vitamin C tinggi. Beberapa jenis buah termasuk seperti semangka, jeruk, stroberi, kiwi, blewah, melon dan jenis buah yang lain. Buah ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semua buah ini sebaiknya dikonsumsi tanpa tambahan apapun seperti air atau gula pemanis. (baca: buah yang baik untuk ibu menyusui

  1. Konsumsi protein

Protein bisa menjadi salah satu bahan makanan yang akan melawan demam dengan cepat. Protein bisa didapatkan dari sumber hewan maupun tumbuhan. Namun untuk mengkonsumsi protein sebaiknya sudah dimasak menjadi hidangan yang lebih lembut. Beberapa makanan yang sangat direkomendasikan termasuk seperti orak-arik, tahu, tempe, olahan kedelai, dada ayam tanpa kulit, ikan laut dan juga telur. Semua sumber protein ini bisa membuat tubuh menjadi lebih kuat terhadap infeksi. (baca: makanan sehat untuk ibu menyusui)

  1. Probiotik

Ketika sedang demam maka tubuh ibu menyusui memang sedang bertarung melawan infeksi. Untuk mendukung proses ini maka ibu menyusui bisa mengkonsumsi probiotik. Probiotik sangat baik untuk ibu karena mengandung kultur bakteri yang memang bisa membantu melawan penyakit. Beberapa jenis probiotik yang disarankan termasuk seperti yogurt. Jenis yogurt organik bisa dikonsumsi rutin atau lebih sering ketika demam sangat tinggi. (baca: manfaat yoghurt untuk ibu menyusui)

  1. Jus buah

Jus buah yang mengandung vitamin C tinggi dan cairan bisa membantu mengurangi demam dengan cepat. Ibu bisa mencoba untuk membuat jus buah yang terdiri dari beberapa jenis buah termasuk seperti melon, mangga, mentimun, nanas dan jenis buah yang lain. Cairan yang sudah bercampur dengan buah bisa membuat ibu minum dengan baik. Untuk menurunkan demam maka ibu tidak perlu menambahkan gula atau bahan lain.

  1. Kismis

Kismis bisa ditambahkan kedalam minuman hangat atau dikonsumsi dalam bentuk utuh. Kismis bisa menjadi bahan yang alami untuk melawan demam karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kemudian kismis juga dipercaya bisa melawan peradangan karena mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Namun jika ibu terkena flu maka sebaiknya kismis dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

  1. Teh kemangi

Kemangi termasuk salah satu bahan alami yang aman untuk ibu menyusui yang demam dan tidak memberikan efek samping pada bayi. Kemangi bersifat menyembuhkan karena mengandung tingkat polifenol yang tinggi serta bisa membuat infeksi kalah dari sistem kekebalan tubuh. Untuk membuatnya maka Anda hanya perlu mencampus kemangi dengan air hangat kemudian tambahkan madu dan minum saat masih hangat. (baca: makanan untuk memperbanyak ASI)

  1. Bawang putih

Bawang putih sudah digunakan sejak dahulu sebagai bahan dan bumbu yang penuh dengan khasiat. Bawang putih bisa menurunkan demam dengan cepat dan tidak menyebabkan efek apapun untuk ibu dan bayi. Anda bisa membuat teh yang terdiri dari rebusan bawang putih segar dan air hangat. Kemudian tambahkan madu untuk mengurangi rasa bawang putih yang terlalu kuat.

  1. Akar angelica

Salah satu ramuan klasik yang sangat ampuh untuk mengatasi demam saat menyusui adalah akar angelica. Meskipun ini bagian dari tanaman tapi memang sangat baik untuk ibu menyusui. Untuk mengurangi efek dan rasa yang terlalu kuat maka ibu bisa mencampurkan akar angelica dengan sup sayuran dan teh yang sudah dibuat dengan madu.  Akar angelica juga sangat baik untuk membantu meningkatkan proses pencernaan.

  1. Sup ikan laut

Sup ikan laut bisa menjadi ide yang meningkatkan nafsu makan saat demam dan juga akan menurunkan demam dengan cepat. Jenis ikan yang dibuat terdiri dari ikan salmon dan ikan tuna. Ikan menghasilkan sebuah senyawa yang akan meningkatkan enzim khusus yang kemudian bisa melawan gerakan sel darah putih yang terlalu kuat. Kemudian setelah dikonsumsi selama beberapa kali maka demam akan turun. (baca: makanan ibu menyusui – Pantangan makanan Ibu menyusui – Bolehkan Ibu Menyusui Minum Kopi ?)

  1. Sup ayam

Sup ayam tidak hanya bisa menurunkan demam untuk ibu menyusui, tapi juga membantu kebutuhan nutrisi ibu menyusui. Sup ayam yang hangat bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan sangat baik dikonsumsi jika ibu juga menderita gejala flu. Sup mengandung protein, seng, dan magnesium alami yang bisa membuat suhu tubuh kembali normal seperti biasa. (baca: obat masuk angin untuk ibu menyusui)

  1. Bubur nasi, jahe dan kaldu sayuran

Jika ibu menyusui demam tinggi sehingga tidak bisa mengkonsumsi makanan dengan baik maka bisa mengkonsumsi makanan campuran ini. Ibu bisa membuat bubur nasi yang lembut kemudian ditambah dengan irisan jahe yang segar dan tambahkan sup dari kaldu sayuran. Jahe bisa membuat peradangan dalam tubuh membaik dan infeksi bisa terkalahkan oleh kekebalan tubuh.

  1. Oregano

Oregano sudah sejak lama digunakan sebagai ramuan untuk mengatasi demam untuk ibu menyusui. Bahan ini tidak hanya aman untuk ibu tapi juga bisa mengalahkan beberapa gejala demam lain termasuk seperti akibat flu dan radang tenggorokan. Untuk menggunakan oregano maka bisa dicampurkan dengan sayuran segar dalam sup atau menjadi bahan campuran air hangat dan madu. 


  1. Bubur oatmeal

Sebenarnya ketika ibu menyusui demam maka membutuhkan makanan atau nutrisi yang tepat. Salah satunya adalah oatmeal. Oatmeal terbuat dari bahan gandum utuh yang bisa membuat pencernaan menjadi lebih baik. Kemudian oatmeal juga bisa membuat tubuh menjadi lebih bertenaga sehingga bisa melawan infeksi yang terjadi. Oatmeal untuk ibu yang sedang demam bisa ditambahkan dengan susu rendah lemak. (baca: manfaat oatmeal untuk ibu menyusui)

  1. Jus pisang dan yogurt

Jus pisang dan yogurt bisa menjadi salah satu obat yang sangat baik untuk ibu menyusui. Yogurt bisa membuat sistem kekebalan tubuh ibu meningkat dengan baik. Kemudian yogurt juga sangat baik untuk membuat pencernaan menjadi lebih sehat sehingga juga bisa membantu mengeluarkan semua racun dalam tubuh ibu. Pisang bisa membuat kerja jantung lebih  baik karena mengandung kalium yang cukup tinggi. (baca: manfaat pisang untuk ibu menyusui)

  1. Jus cranberrry

Antioksidan bisa menjadi salah satu obat yang sangat dibutuhkan ketika ibu menyusui demam. Salah satu sumber antioksidan yang sangat tinggi adalah jus cranberry. Jus ini memiliki kandungan antioksidan dan polifenol yang bisa membuat tubuh demam cepat membaik. Namun sebaiknya jus diminum ketika sudah makan agar perut tetap nyaman.

Inilah beberapa obat demam untuk ibu menyusui yang memang bisa membantu ibu yang sedang demam agar lebih cepat pulih. Obat yang alami sangat dipertimbangkan untuk ibu menyusui agar tidak menyebabkan efek samping untuk bayi

, , ,
Post Date: Friday 09th, June 2017 / 04:55 Oleh :
Kategori : Kesehatan Ibu