14 Obat Maag untuk Ibu Menyusui – Medis dan Gaya Hidup

Ketika ibu hamil menderita penyakit maag maka saat menyusui juga bisa mengalami keluhan yang sama. Maag menjadi kondisi yang akan menyebabkan perut mulas, perih dan sangat tidak nyaman. Pada dasarnya maag membuat lambung menghasilkan banyak asam yang kemudian bisa naik sampai ke kerongkongan. Ini bisa menyebabkan ibu menyusui mual dan muntah berlebihan. Bahkan ketika memberikan ASI maka tidak akan bisa berjalan dengan baik. Perut ibu akan terasa perih dan sakit terutama ketika memberikan ASI dengan benar. Jika sudah seperti ini maka dibutuhkan beberapa cara menyusui bayi yang tepat.

Mengingat ibu menyusui memiliki banyak pekerjaan termasuk merawat bayi maka maag harus segera disembuhkan. Dibawah ini adalah beberapa macam obat maag untuk ibu menyusui, termasuk obat medis dan alami.

  1. Antasida

Antasida termasuk salah satu obat kimia yang bisa digunakan oleh ibu menyusui dengan aman. Antasida bisa membantu mengatasi maag dengan cepat termasuk mengendalikan asam lambung yang berlebihan. Obat juga bisa mengurangi nyeri dan mual akibat lambung yang perih dan menghasilkan banyak asam. Kandungan beberapa bahan kimia dalam antasida seperti kalsium dan magnesium sangat aman untuk ibu dan bayi. Memang kedua jenis mineral kimia ini bisa sampai ke ASI melalui aliran darah namun telah dinyatakan sangat aman untuk ibu dan bayi. Namun ibu harus mencoba menggunakan antasida dengan jumlah yang sesuai dosis dan resep dokter.

Baca: bahaya obat maag untuk ibu hamil – obat maag untuk ibu hamil

  1. Ranitidine

Ranitidine adalah jenis obat maag dan tukak lambung yang sangat aman untuk ibu menyusui. Meskipun obat bisa terbawa oleh ASI sehingga sampai ke bayi namun sudah dinyatakan aman. Tidak ada efek samping yang akan diterima oleh bayi jika obat digunakan sesuai dengan dosis. Awalnya obat juga dikonfirmasi bisa menyebabkan penurunan produksi ASI, namun setelah diteliti ternyata hal ini tidak benar. Obat sama sekali tidak akan memberikan pengaruh untuk jumlah ASI sehingga ibu tidak perlu khawatir. Namun obat ini tidak bisa digunakan bebas sehingga harus didapatkan dengan resep dokter.

  1. Sucralfate

Sucralfate adalah jenis obat untuk mengobati maag dan tukak lambung. Namun obat ini juga digunakan untuk mengatasi tukak pada usus yang sering menyebabkan luka atau sariawan usus. Obat akan bekerja untuk melindungi bagian lambung dengan baik, termasuk mengatasi luka pada lambung, asam berlebihan,kelebihan enzim dalam perut dan menghilangkan garam pada empedu. Obat ini bisa sampai ke bayi lewat ASI namun jumlahnya masih ditolerir sehingga sangat aman untuk ibu dan bayi. Ibu menyusui tidak boleh minum obat ini hanya jika mengalami alergi terhadap bahan sucralfate. Jika ibu khawatir memberikan ASI secara langsung, maka bisa memberikan ASI perah.

  1. Hindari makanan pedas dan asam

Untuk mengobati penyakit maag sebenarnya tidak hanya dengan obat kimia saja. Anda harus mencoba untuk mengendalikan gaya hidup yang lebih baik. Pertama adalah dengan mencoba untuk menghindari semua makanan pedas dan asam. Biasanya ibu menyusui sangat suka dengan makanan pedas karena bisa meningkatkan nafsu makan. Untuk menghindari perkembangan bakteri H pylori penyebab maag maka makanan pedas tidak boleh dikonsumsi. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan lain yang sesuai nutrisi untuk ibu menyusui.

Baca:  pantangan ibu menyusui – pantangan makanan ibu menyusui 

  1. Jangan minum kopi

Saat terkena maag maka ibu menyusui harus menghindari semua jenis minuman yang mengandung kafein. Kafein bisa menyebabkan asam lambung menjadi lebih tinggi. Kafein juga bisa menyebabkan perkembangan bakteri dalam perut menjadi lebih besar sehingga memicu rasa mulas dan perih berlebihan. Bahkan efek minuman yang mengandung kafein seperti kopin juga sangat buruk untuk bayi. Kafein sama dengan rokok karena bisa terbawa ke dalam darah sehingga bisa sampai ke ASI yang diminum oleh bayi.

Baca: bahaya kafein bagi ibu hamilbahaya kopi bagi ibu hamil – bahaya soda bagi ibu hamil

  1. Gunakan minyak aromaterapi atau minyak hangat

Ibu menyusui juga bisa mencoba menggunakan minyak aromaterapi atau minyak penghangat tubuh. Minyak aromaterapi akan bekerja untuk membuat pikiran ibu menjadi lebih tenang sehingga bisa menurunkan level stres. Stres pada ibu menyusui sangat buruk karena tidak hanya menyebabkan maag, tapi juga sindrom baby blues. Ketika stres semakin parah maka maag bisa menjadi lebih buruk karena asam dalam lambung akan diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak. Kemudian untuk meredakan rasa tidak nyaman pada perut maka gunakan minyak penghangat seperti minyak telon. Jangan memberikan minyak yang bisa menyebabkan kulit panas karena ibu bisa merasa lebih sakit. Minyak penghangat ini juga bisa menjadi obat pilek untuk ibu menyusui yang alami.

  1. Konsumsi probiotik

Probiotik adalah obat maag untuk ibu menyusui yang sangat alami. Probiotik bisa mengendalikan semua gejala maag termasuk perut kembung, perut perih dan rasa panas yang berlebihan. Probiotik juga akan mengembalikan fungsi pencernaan sehingga perut ibu menjadi lebih nyaman. Bahkan jika dikonsumsi sejak awal  gejala maag maka probiotik akan mengendalikan perkembangan H pylori sehingga maag akan cepat sembuh. Probiotik juga akan mengatasi perut kembung karena mengurangi gas berlebihan terutama pada bagian usus kecil. Konsumsi probiotik juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu menyusui.

Baca: manfaat yoghurt untuk ibu menyusui – manfaat yoghurt untuk ibu hamil

  1. Keju

Keju adalah jenis makanan fermentasi dari produk susu yang mengandung kalsium dalam jumlah yang tinggi. Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang akan bekerja untuk mengendalikan penyakit maag. Ini sama seperti jenis kalsium yang menjadi bahan utama untuk membuat obat maag seperti antasida. Kalsium akan bekerja untuk menjaga keseimbangan pH alami dalam pencernaan sehingga maag bisa dikendalikan. Sementara itu keju juga mengandung vitamin D dan magnesium yang akan membantu penyerapan kalsium menjadi lebih baik. Makan keju secara rutin bisa mencegah akibat kekurangan kalsium pada ibu menyusui.

Baca: manfaat keju untuk ibu menyusui – bahaya keju bagi ibu hamil – manfaat keju untuk bayi

  1. Minum jus lidah buaya

Saat terkena maag maka perut menjadi tidak nyaman dan sering perih. Perih dan panas pada pencernaan bisa menjadi pertanda adanya peradangan pada lambung atau usus. Hal ini mungkin tidak akan disadari jika ibu baru menderita gejala maag. Sebelum terlambat maka ibu bisa mencoba untuk minum jus lidah buaya. Lidah buaya mengandung gel alami seperti agar-agar yang bisa mengatasi peradangan pada sistem pencernaan serta mengendalikan kadar gula dalam darah. Bahkan jus lidah buaya juga diperkaya dengan berbagai jenis asam amino alami, zat antioksidan dan mineral yang lengkap. Ini juga akan membantu mengatasi masalah kesulitan makan pada ibu hamil yang terkena maag.

  1. Makan almond

Salah satu jenis kacang-kacangan yang bisa membantu mengobati maag adalah almond. Manfaat almond untuk ibu menyusui sering menjadi obat sakit perut termasuk akibat maag. Almond bahkan sangat baik untuk ibu menyusui karena mengandung minyak alami yang akan membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Jika ibu menyusui tidak bisa makan almond secara langsung maka minum susu almond juga bisa dilakukan. Untuk merawat maag maka sebaiknya almond dimakan selama waktu tertentu, kemudian selama 30 menit kemudian ibu tidak boleh mengkonsumsi makanan dan minuman apapun. Selain itu almond juga termasuk makanan untuk memperbanyak ASI dan makanan pendukung ASI rumahan terbaik untuk bayi.

  1. Jus seledri

Seledri bisa menjadi pilihan alami untuk menyembuhkan maag pada ibu menyusui. Seledri adalah sayuran hijau yang sangat menguntungkan untuk menyembuhkan maag karena kemampuan senyawa alami dalam seledri yang bisa mengatur kadar pH basa secara alami. Ini juga akan membantu asam dalam lambung bisa dikendalikan dengan kondisi pH yang normal. Jika diminum secara teratur maka jus seledri bisa mengatasi otot perut yang terlalu kencang dan menyebabkan nyeri pada ibu menyusui yang terkena maag. Jadi jus seledri bisa menjadi alternatif jus sehat untuk ibu.

  1. Makan buah pepaya

Pepaya terkenal sebagai buah yang bisa membantu mengatasi sembelit pada ibu hamil. Namun ternyata buah pepaya juga sangat baik untuk ibu menyusui yang terkena maag. Pepaya mengandung sebuah enzim khusus yang disebut dengan papain. Ini adalah salah satu jenis protein alami yang bisa bekerja untuk melarutkan karbohidrat, mengatasi peradangan dalam lambung dan pencernaan serta mengatasi masalah metabolisme. Konsumsi beberapa iris pepaya sebelum makan sangat baik untuk ibu menyusui yang terkena maag.

Baca juga: manfaat pepaya untuk ibu menyusui – manfaat buah pepaya untuk ibu hamil – manfaat pepaya untuk bayi 


  1. Air jahe

Manfaat jahe untuk ibu menyusui bisa menjadi obat alami untuk berbagai jenis penyakit termasuk maag. Jahe bisa mengatasi gangguan mual dan muntah pada ibu menyusui. Bahkan ini sangat efektif untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan termasuk sembelit, gas berlebihan dalam lambung dan asam lambung yang tinggi. Ibu bisa mencoba untuk membuat air jahe dari potongan jahe segar dengan air mendidih. Cara ini akan membantu mengeluarkan bahan aktif dalam jahe yaitu gingerol yang akan berfungsi untuk mengatasi gas dalam lambung. Jahe juga akan membantu membunuh semua bakteri H pylori penyebab penyakit maag.

  1. Makan kubis

Kubis adalah jenis sayuran kelompok sawi yang bisa menjadi obat maag untuk ibu menyusui paling alami. Kubis mengandung senyawa khusus yang akan membantu mengelola bakteri H pylori dan mengurangi perkembangan bakteri dengan cepat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik maka ibu bisa makan kubis bersama dengan yogurt atau pisang. Jika ibu menyusui ingin makan kubis mentah maka perhatikan untuk memilih jenis kubis organik.

Selain menggunakan beberapa obat maag untuk ibu menyusui seperti diatas, maka ibu bisa mencoba untuk memperhatikan waktu makan dan jumlah makanan. Biasanya ibu menyusui memang akan sering merasa lapar, jika sudah seperti ini maka ibu bisa mencoba untuk makan dengan porsi yang kecil. Sementara ibu menyusui masih terkena maag sebaiknya juga tidak melakukan diet untuk ibu menyusui.

, , ,
Post Date: Thursday 01st, December 2016 / 06:24 Oleh :
Kategori : Kesehatan Ibu
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12