Sponsors Link

14 Obat Masuk Angin untuk Ibu Menyusui Paling Aman

Sponsors Link

Masuk angin pasti akan menjadi masa yang tidak menyenangkan untuk semua ibu menyusui. Ibu menyusui bayi baru lahir paling sering menderita masuk angin. Penyebabnya memang sangat beragam. Ketika itu ibu hamil baru saja melewati proses persalinan yang berat baik itu dengan melahirkan normal atapun caesar . Kemudian ketika tubuh ibu hamil belum pulih maka harus memberikan colostrum sebagai ASI pertama untuk bayi. Manfaat kolostrum bagi bayi baru lahir memang sangat baik termasuk sebagai cara mengatasi bayi kuning. Kemudian jika ibu memberikan ASI eksklusif maka itu juga bisa menyebabkan ibu merasa sangat lelah. Terkadang merawat bayi juga bisa menyebabkan sindrom baby blues. Ada berbagai tekanan yang menyebabkan ibu lelah dan mudah masuk angin. (baca: pantangan ibu menyusui)

ads

Masuk angin tentu tidak nyaman untuk ibu menyusui sehingga harus cepat melakukan perawatan. Ada beberapa obat masuk angin untuk ibu menyusui yang bisa dicoba. Lihat daftarnya berikut ini:

  1. Makanan yang mengandung seng

Semua jenis makanan yang mengandung seng sangat baik untuk membantu memulihkan tenaga ibu menyusui yang terkena masuk angin. Seng sangat baik untuk ibu menyusui karena bisa mendorong pembentukan enzim alami dalam ASI dan juga tubuh ibu hamil. Semua makanan ini aman untuk bayi karena nutrisi langsung terserap secara alami. Seng bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu menyusui dengan cepat. Beberapa makanan yang mengandung seng tinggi dan baik untuk ibu menyusui seperti bayam, tiram, kepiting, daging sapi, kacang ginjal, almond, bawang putih, kuning telur, bawang merah, ikan salmon dan udang.

  1. Gunakan humidifier untuk ruangan

Jika ibu menyusui tinggal dalam kamar tidur yang terpisang dengan bayi maka bisa menggunakan humidifier. Kemudian tambahkan beberapa aroma terapi yang bisa membantu pikiran dan tubuh ibu menjadi lebih santai. Beberapa aromaterapi dari lavender, teh hijau dan minyak bunga mawar sangat baik untuk membantu ibu bisa tidur dengan nyenyak. Tapi jangan melakukan cara ini jika ibu tidur satu ruangan dengan bayi. Hal ini bisa menyebabkan hidung bayi lebih sensitif dan terkena pilek. (baca: penyebab bayi pilek dan cara mengatasinya – cara mengatasi pilek pada bayi)

  1. Pijatan

Sesekali ibu menyusui juga harus berisirahat dan memanjakan diri. Ibu bisa mencoba layanan pijat khusus untuk ibu pasca melahirkan. Berbagai pijatan pada bagian otot tubuh dan bagian tubuh bisa membantu mengatasi perut kembung, lelah berlebihan dan masuk angin. Pijatan ini sebaiknya dilakukan oleh jasa khusus yang memang sudah berpengalaman. Pijatan dengan minyak aromaterapi sangat baik untuk membuat tubuh ibu menjadi santai. Jika penyebab masuk angin hanya kelelahan saja maka cara ini sangat efektif untuk menjadi obat masuk angin untuk ibu menyusui.

  1. Lemon dan madu

Teh yang terbuat dari lemon dan madu sangat baik untuk merawat masuk angin pada ibu menyusui. Lemon mengandung vitamin C alami yang baik untuk menjaga kesehatan ibu menyusui. Vitamin C juga bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu sehingga ibu tidak mengalami lelah berlebihan. Sementara madu bisa menjadi asupan yang baik untuk membangkitkan rasa lelah berlebihan. Madu kaya dengan mineral seperti seng dan magnesium yang sangat cepat melawan virus dan bakteri dalam tubuh. (baca: manfaat madu untuk ibu menyusui – vitamin untuk ibu menyusui)

ads

  1. Sup kaldu tulang

Semangkuk sup kaldu tulang dengan bawang putih yang banyak bisa membantu ibu menyusui tidak terlalu lelah. Salah satu penyebab masuk angin pada ibu yang baru melahirkan adalah nutrisi yang tidak cukup baik. Sementara ibu juga membutuhkan nutrisi yang cukup karena semua nutrisi ini akan masuk ke ASI. Sup kaldu tulang akan membantu meningkatkan tenaga ibu. Kemudian bawang putih yang banyak mengandung alisin bisa menjadi sumber antioksidan. Karena itu ibu menyusui bisa mencoba obat masuk angin untuk ibu menyusui ini. (baca: cara memperbanyak ASI perah – cara memperbanyak ASI)

  1. Bubur Ayam

Bubur ayam sering menjadi obat alami untuk mencegah dan mengatasi masuk angin. Tidak hanya efektif untuk orang biasa karena obat ini sangat baik untuk ibu menyusui. Kaldu ayam yang menjadi kuah dari bubur ayam bisa meningkatkan energi. Kemudian tambahan bumbu lain yang membuat makanan  menjadi lebih gurih bisa memperbaiki nafsu makan ibu menyusui. Pertimbangkan untuk mengkonsumsi bubur ayam saat masih hangat untuk mencegah mual dan muntah. Bubur ayam juga bisa menjadi obat flu untuk ibu menyusui dan mendukung cara diet ibu menyusui.

  1. Tidur Cukup

Ibu menyusui mungkin hanya lelah saja dan sebenarnya bisa disembuhkan dengan hanya tidur yang cukup. Kurang tidur sering menyebabkan lelah dan tidak nyaman, namun ibu mungkin terlalu bersemangat untuk memberikan ASI. Ketika hal ini terjadi maka ibu harus mencoba untuk tidur cukup. Jika perlu titipkan bayi ke suami atau keluarga yang lain. Ibu tetap bisa melakukan cara memberikan ASI perah untuk mencegah bayi kehausan. Atau ibu bisa mencoba untuk menyusui sambil tiduran untuk mencegah mastitis pada ibu menyusui.

  1. Minuman jahe

Minuman hangat yang dibuat dari jahe sangat baik untuk merawat masuk angin. Kandungan senyawa gingerol dalam jahe bisa membantu mencegah perut kembung, menyembuahkan mual dan muntah dan mengatasi rasa lelah berlebihan. Bahkan jahe sangat baik untuk menyembuhkan masuk angin yang disertai dengan flu dan batuk. Anda bisa mencoba untuk membuat air yang dimasak dengan jahe kemudian diminum saat masih hangat. Jika Anda suka maka juga bisa menambahkan madu. (baca: Manfaat jahe untuk ibu menyusui)

  1. Air rebusan adas

Adas bisa menjadi obat yang sangat ampuh untuk mengatasi masuk angin dan ini juga sangat baik untuk ibu menyusui. Anda bisa mencoba untuk merebus adas dengan beberapa gelas air hingga mendidih. Kemudian minum airnya saat masih hangat. Anda juga mencampurnya dengan madu atau potongan lemon. Adas juga bisa mengatasi batuk akibat masuk angin termasuk untuk batuk berdahak dan batuk kering. Efek minum adas sangat aman untuk bayi meskipun Anda tetap menyusui.

  1. Makan ikan salmon

Jika Anda mencoba untuk menghindari obat dan memilih makanan sebagai obat alami, maka ikan salmon bisa menjadi menu wajib. Ikan salmon sangat baik untuk mengatasi masuk angin karena mengandung asam lemak omega 3. Ini bahan yang sangat sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah flu berlebihan dan membuat ibu menyusui mendapatkan nutrisi yang cukup. Hidangan salmon panggang organik lebih baik dibandingkan menggoreng ikan salmon dengan minyak nabati. Ikan salmon juga bisa menjadi makanan penguat kandungan sejak ibu hamil dan juga makanan untuk mencegah bayi cacat. (baca: ikan salmon untuk ibu hamil)

  1. Makan paprika merah

Salah satu makanan yang bisa membuat nafsu makan meningkat untuk ibu menyusui adalah makanan pedas dan sehat. Makanan yang mengandung bumbu tambahan seperti paprika bisa menjadi pilihan. Paprika mengandung vitamin C yang sangat baik untuk mencegah penyebaran virus dalam tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh. Anda juga bisa mencampurnya dengan jenis paprika kuning dan hijau. Masak dengan telur atau sayuran lain bisa membantu ibu mendapatkan energi yang cukup dan tidak terlalu sakit.

Sponsors Link

  1. Minum teh hangat

Saat hamil tentu ibu memang tidak dianjurkan untuk minum teh. Namun saat menyusui teh sangat aman dan bisa membantu mengatasi masuk angin. Teh hangat bisa membuat rongga pernafasan menjadi lebih baik sehingga jumlah oksigen yang masuk ke tubuh juga cukup. Bahkan teh bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan akibat masuk angin. Kandungan bahan katekin dan tanin dalam teh juga menjadi antioksidan yang akan melawan penyakit dalam tubuh. Ibu bisa mencoba untuk minum teh hangat saat senggang dan membuat tubuh menjadi lebih segar.

  1. Yogurt

Yogurt organik sangat baik untuk mengatasi masuk angin bagi ibu menyusui. Selain mengandung bahan probiotik maka nutrisi dalam yogurt juga digunakan oleh tubuh untuk melawan bakteri. Bahkan yogurt sangat baik untuk mengatasi perut kembung dan tidak nyaman saat masuk angin. Nutrisi dalam yogurt juga sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan bayi agar tidak mudah sakit. Ibu menyusui bisa mempertimbangkan untuk makan yogurt organik. (baca: manfaat yogurt untuk ibu menyusui)

  1. Obat medis

Beberapa obat medis untuk mengatasi masuk angin untuk ibu menyusui adalah seperti acetaminophen atau ibuprofen. Beberapa obat medis yang tidak boleh digunakan termasuk seperti antihistamin, dekongestan, aspirin, dan benadryl. Obat ini bisa menyebabkan efek mengantuk untuk bayi dan bisa menyebabkan sindrom tertentu yang merusak sistem kekebalan tubuh bayi. Untuk lebih amannya maka ibu bisa melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat jika diperlukan ketika kondisi tubuh lebih lemah. Hindari menggunakan obat bebas agar efeknya tidak terkena pada bayi.

Obat masuk angin untuk ibu menyusui memang harus dipilih dengan baik. Banyak ibu menyusui yang cepat pulih dari masuk angin saat mendapatkan makanan yang sehat dan istirahat cukup. Jadi pertimbangkan beberapa obat diatas sebagai obat ketika ibu menyusui terkena masuk angin.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 13th, October 2016 / 10:04 Oleh :
Kategori : Kesehatan Ibu