Sponsors Link

14 Obat Migrain untuk Ibu Menyusui Paling Aman

Sponsors Link

Migrain selama menyusui memang sangat sering terjadi. Hal ini biasanya muncul ketika ibu menyusui merasakan kelelahan. Kondisi ini juga bisa terjadi lebih cepat terutama setelah ibu melewati proses persalinan. Bahkan masalah penyebab sering pusing saat hamil bisa terjadi setelah melahirkan menjadi migrain. Migrain digambarkan sebagai kondisi yang menyebabkan denyutan pasti dan sering pada sekitar kepala atau hanya di salah satu sisi kepala saja. Kemudian migrain bisa bertahan dalam waktu sebentar atau lebih dari 3 hari. Selain menyebabkan pusing maka migrain bisa membuat ibu menyusui merasa lebih cepat marah, tidak bisa mengendalikan emosi, mual, muntah dan leher yang sangat kaku. Dan jika ibu mengalami sindrom baby blues maka kondisinya bisa lebih parah. (baca: obat sakit kepala untuk ibu hamil)

ads

Ada  beberapa hal yang menyebabkan migrain pada ibu menyusui seperti perubahan hormon oksitosin setelah melahirkan, kurang istirahat, stres, sensitif terhadap suara dan lain-lainnya. Apapun penyebab migrain maka ibu bisa menggunakan obat migrain untuk ibu menyusui dibawah ini:

  1. Naproxen

Naproxen adalah jenis obat yang termasuk dalam anti nonsteroid dan anti inflamasi atau golongan obat NSAID. Obat ini akan bekerja untuk mengatasi masalah peradangan, nyeri, sakit kepala dan demam. Bahkan obat ini juga bisa mengurangi sakit kepala akibat sakit gigi. Obat bisa berbentuk sebagai tablet, cairan atau kapsul. Beberapa merek dari obat naproxen adalah seperti Flanax, Aleve, Naprosyn dan Anaprox. Ini obat yang sangat aman untuk ibu menyusui dan tidak menyebabkan efek samping baik pada ibu maupun bayinya.

  • Efek samping: menggunakan naproxen dalam waktu lama bisa menyebabkan efek samping seperti: mengantuk, lemas, biduran, pusing, diare, kurang nafsu makan, sembelit dan efek kelelahan yang berlebihan.
  • Efek samping berat: serangan jantung, stroke, pendarahan usus, bisul usus dan berbahaya untuk ibu menyusui yang menderita penyakit diabetes dan hipertensi.

Informasi obat ibu menyusui:

  1. Ibuprofen

Ibuprofen adalah jenis obat yang akan mengurangi sakit kepala, nyeri otot dan peradangan. Ini juga bisa digunakan sebagai obat migrain untuk ibu menyusui. Dalam sebuah penelitian diketahui jika efek ibuprofen sampai ke ASI sangat kecil sehingga sangat aman untuk bayi yang menerima ASI. Namun jika ibu merasa khawatir maka bisa melakukan cara memberikan ASI perah yang didapatkan sebelum ibu mengalami sakit dan minum ibuprofen.

Tips menggunakan ibuprofen untuk ibu menyusui:

  • Selalu menggunakan ibuprofen berdasarkan petunjuk dosis dari dokter yang merawat.
  • Hindari menggunakan ibuprofen terlalu banyak karena bisa menyebabkan ibu menyusui mengalami dampak yang serius.
  • Jika ada efek untuk bayi maka segera temui dokter dan lakukan perawatan pada bayi.
  1. Amitriptyline

Amitriptyline bisa diminum untuk mengatasi migrain pada ibu hamil. Obat ini sangat baik karena bisa membantu ibu meredakan nyeri dan sakit kepala yang membuat ibu menyusui tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasa. Obat ini sebenarnya bisa masuk ke dalam ASI namun dalam jumlah yang sangat kecil. Namun jika ibu mengalami kelahiran prematur sebaiknya tidak menggunakan obat ini, karena bayi bisa menerima resiko kesehatan yang lain. Obat ini juga sering digunakan untuk ibu yang mengalami sindrom baby blues untuk mengendalikan depresi dan gelisah berlebihan.

Baca: resiko bayi lahir prematur 7 bulan – ciri ciri bayi lahir prematur – penyebab bayi lahir prematur – cara mencegah bayi lahir prematur 

ads

  1. Fluoxetine

Fluoxetine adalah jenis obat yang bisa membantu migrain bagi ibu menyusui. Ini sangat aman untuk ibu dan bayi karena hanya sedikit yang akan masuk ke dalam ASI. Penggunaan fluoxetin untuk ibu menyusui tidak menyebabkan efek samping namun jika berlebihan maka bisa menyebabkan mual dan muntah. Obat ini termasuk sebagai obat anti depresi namun juga bisa membantu mengatasi gangguan makan untuk ibu menyusui. Hingga saat ini tidak ada laporan efek samping dari penggunaan fluoxetine bagi ibu menyusui.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil , Bahaya Banyak Pikiran Untuk Ibu Hamil

  1. Obat beta blockers

Obat yang termasuk beta blockers juga bisa digunakan untuk mengatasi migrain bagi ibu menyusui. Obat ini juga bekerja untuk mengatasi serangan jantung, penyakit tekanan darah tinggi, dan masalah tiroid ibu menyusui yang sangat aktif. Obat akan bekerja untuk membuat denyut jantung menjadi lebih lambat, kemudian membuat pembuluh darah bisa membuka dengan baik sehingga aliran darah ke otak menjadi normal. Beberapa obat yang sering digunakan untuk ibu menyusui ini termasuk nadolol dan pranolol.

  1. Codein

Codein adalah jenis obat yang sering digunakan untuk mengatasi rasa sakit seperti migrain pada ibu menyusui. Obat ini sangat aman untuk bayi karena biasanya hanya masuk ke dalam ASI dalam jumlah yang kecil. Namun jika digunakan dalam jumlah yang besar maka bisa menyebabkan depresi atau serangan syaraf pusat untuk ibu dan bayi. Akibatnya bisa fatal karena ibu dan bayi harus menerima perawatan yang intensif. Obat ini juga sebaiknya digunakan dalam kondisi yang terpaksa atau hanya karena rekomendasi resep dari dokter yang merawat.

Obat medis untuk migrain yang tidak boleh untuk ibu hamil:

  • ergotamine
  • antihistamin
  • almotriptan
  • eletriptan
  • rizatriptan
  • Sumatriptan
  • zolmitriptan

Obat migrain untuk ibu menyusui paling alami

  1. Cobalah untuk yoga dan latihan ringan

Salah satu penyebab migrain untuk ibu menyusui adalah karena tekanan dan stres yang berat. Hal ini bisa disebabkan karena ibu merasa memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Untuk ibu yang baru melahirkan anak pertama mungkin akan merasa sangat lelah karena harus mengurus bayi selama 24 jam. Karena itu sejak awal menyusui setelah ibu bisa pulih dari proses persalinan normal atau caesar maka ibu bisa melakukan yoga. Yoga sangat baik untuk mengendalikan stres dan membantu mengelola tubuh yang lebih sehat. Jika tidak yoga maka cobalah untuk melakukan latihan ringan seperti berjalan-jalan dengan bayi.

  1. Hindari semua suara yang keras

Ibu menyusui biasanya menjadi sangat sensitif karena itu tidak bisa mendengarkan suara yang keras. Untuk mencegah hal ini maka ibu bisa membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman. Dengarkan suara yang menyegarkan ketika sedang menyusui. Cara ini akan membantu menghilangkan migrain secara alami. Ibu juga tidak membutuhkan banyak obat medis karena bisa disembuhkan dengan cara yang sangat alami.

  1. Tidur yang cukup

Kemudian ibu bisa mencoba untuk bisa tidur dengan baik. Saat menyusui mungkin ibu kurang tidur karena bayi sering menangis terus menerus karena meminta ASI. kondisi ini juga sangat sering terjadi pada malam dan siang hari. Karena itu percayakan orang terdekat seperti orang tua atau suami untuk mengurus bayi sementara waktu. Setelah Anda mendapatkan tidur yang cukup maka migrain akan sembuh sendiri tanpa perawatan obat migrain untuk ibu menyusui dari dokter.

  1. Hindari semua bau menyengat dalam rumah dan lingkungan

Perubahan hormon pada saat menyusui menyebabkan ibu menjadi migrain hanya karena mencium aroma yang kuat. Jika seperti ini maka ibu sebaiknya tidak membuat sumber aroma yang kuat dalam rumah. Jauhi semua orang yang menggunakan parfum, pewangi pakaian bayi dan berbagai produk perawatan untuk bayi. Bahkan jangan membuat masakan dengan aroma yang kuat karena bisa membuat ibu tidak hanya migrain tapi juga mual dan muntah.

Obat migrain untuk ibu menyusui dengan makanan sehat

  1. Daging dan ikan

Ikan dan daging yang penuh dengan nutrisi sangat baik untuk ibu menyusui yang mengalami migrain. Kandungan nutrisi seperti asam lemak omega 3, minyak esensial, vitamin B6, zat besi, asam folat, dan protein sangat baik untuk melawan migrain. Beberapa jenis ikan yang bisa dikonsumsi adalah seperti ikan salmon, ikan tuna, makarel dan juga daging sapi.

Baca: vitamin untuk ibu menyusui – makanan sehat untuk ibu menyusui – makanan untuk memperbanyak ASI 

Sponsors Link

  1. Nasi

Nasi juga bisa membantu mengatasi migrain pada ibu menyusui akibat kadar gula dalam darah yang tidak seimbang. Kurang nasi bisa menyebabkan gula darah mengalami penurunan sehingga ibu akan merasa pusing. Kandungan karbohidrat dalam nasi sangat baik untuk mengatasi migrain dan juga meningkatkan energi ibu menyusui. Anda bisa mencoba makan nasi dari berat putih atau beras merah. (baca: manfaat oatmeal untuk ibu menyusui)

  1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan sangat baik untuk ibu menyusui yang terkena migrain karena membantu pembuluh darah bisa menjadi lebih santai. Ini juga akan membantu kadar hormon dalam tubuh ibu menjadi lebih seimbang sehingga sakit kepala bisa cepat sembuh. Kandungan magnesium dalam kacang-kacangan dan biji-bijian bisa mencegah sakit kepala yang lebih buruk. Beberapa kacang yang bisa dikonsumsi seperti kacang almond, mete, kacang hitam, kacang polong dan jenis lainnya. (baca: manfaat almond untuk ibu menyusui)

  1. Buah-buahan

Buah-buahan yang mengandung serat dan air yang tinggi sangat baik untuk melawan migrain. Beberapa ibu menyusui mengalami migrain karena masalah kurang air dan nutrisi yang cukup. Dan kandungan mineral serta vitamin dalam buah-buahan sangat baik untuk membantu ibu mendapatkan tubuh yang kembali sehat. Mineral dalam buah bisa mengatasi peradangan dalam tubuh ibu sehingga sakit kepala cepat sembuh.

Baca: manfaat pepaya untuk ibu menyusui – manfaat pisang untuk ibu menyusui – manfaat alpukat untuk ibu menyusui – manfaat apel untuk ibu menyusui

Obat migrain untuk ibu menyusui bisa dipilih sesuai dengan keinginan ibu. Kemudian ibu bisa merasakan mana obat yang paling cepat bereaksi sehingga ibu bisa segera merawat bayi kembali. Dan hindari menggunakan obat medis tanpa berkonsultasi dengan dokter karena bisa menyebabkan bahaya untuk bayi yang menerima ASI.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 18th, November 2016 / 05:20 Oleh :
Kategori : Kesehatan Ibu