Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Obat Pusing untuk Ibu Menyusui Sesuai Penyebabnya

advertisement

Ibu menyusui biasanya akan mengalami resiko sakit kepala yang lebih sering. Kondisi ini bisa menyebabkan bagian kepala berdenyut, tidak nyaman, nyeri, atau tekanan yang sedang hingga sangat berat. Hal ini bisa menyebabkan ibu menyusui tidak nyaman karena harus merawat bayi saat sakit. Sakit kepala juga bisa menyebabkan produksi ASI menurun sehingga mungkin ibu tidak akan bisa memberikan ASI secara eksklusif. Karena itu ibu disarankan untuk melakukan cara memerah ASI sehingga memiliki cadangan ASI yang bisa disimpan. Ketika ibu sakit maka bisa mencoba cara memberikan ASI perah sehingga nutrisi untuk bayi tetap terpenuhi. (baca juga: cara menyimpan ASI – Cara memompa ASI – cara memperbanyak ASI perah)

Mengingat ibu menyusui akan sering sakit kepala, maka ibu harus menjaga kesehatan dengan baik. Dibawah ini adalah beberapa daftar obat pusing untuk ibu menyusui sesuai penyebabnya.

  1. Sakit kepala setelah melahirkan

Ibu yang telah melewati proses persalinan maka membutuhkan waktu untuk bisa istirahat dengan baik. Untuk ibu yang memilih persalinan caesar maka akan memiliki resiko sakit kepala yang lebih sering. Kondisi ini bisa berhubungan dengan pengaruh obat yang masih tertinggal dalam saluran tulang belakang. Jika obat anestesi bocor dan mencapai bagian CSF maka bisa menyebabkan sakit kepala yang berat. Biasanya pemberian cairan sudah bisa membantu mengatasi sakit kepala. Selain itu dokter biasanya tidak akan memberikan obat khusus karena dikhawatirkan bisa mempengaruhi produksi ASI.

Obat yang diperlukan:

  • Paracetamol bisa diberikan untuk mengatasi sakit kepala dan demam.
  • Ibuprofen bisa diberikan untuk mengatasi sakit kepala yang lebih berat.
  • Ibu bisa mencoba untuk tidur tanpa bantal untuk membuat bagian kepala menjadi lebih ringan.
  • Hindari semua minuman yang mengandung kafein, teh atau soda.
  • Ibu sebaiknya tidak mengangkat beban berat hingga dinyatakan pulih oleh dokter.
  1. Akibat pembengkakan payudara

Ibu menyusui juga bisa merasakan sakit kepala jika terjadi pembengkakan payudara. Kondisi ini bisa disebabkan karena produksi ASI yang sangat banyak namun tidak  bisa keluar. Selain itu pengaruh oksitosin dalam tubuh ibu menyebabkan sakit kepala yang berlebihan. Jika ibu mengalami kondisi yang lebih berat disertai dengan demam dan menggigil maka ini bisa menjadi tanda mastitis pada ibu menyusui sehingga ibu bisa mencoba cara mengobati puting lecet saat menyusui atau pengobatan masitis pada ibu menyusui

Obat yang diperlukan:

  • Paracetamol untuk mengatasi demam
  • Ibuprofen dan acetaminophen namun harus sesuai dengan resep dan dosis dokter.
  • Ibu harus mengeluarkan semua cadangan ASI dengan memompa ASI.
  • Kompres bagian payudara dengan air hangat untuk membantu meringankan nyeri yang berlebihan.
  1. Akibat kelelahan pada ibu menyusui

Merawat bayi yang baru lahir atau masih menerima ASI secara aktif memang sangat melelahkan. Ibu bisa akan merasakan lelah yang sangat parah hingga menyebabkan sakit kepala. Kondisi ini sangat wajar karena ibu mungkin juga akan kurang tidur, kurang istirahat dan perubahan waktu istirahat yang sangat mendadak. Kondisi ini sering dianggap ringan namun membutuhkan perhatian yang sangat besar. Kelelahan sering menjadi pemicu sindrom baby blues. (baca: bolehkah ibu menyusui minum jamu)

Obat yang diperlukan:

  • Biasakan untuk ikut tidur ketika bayi sedang tidur, cara ini membuat ibu bisa mendapatkan waktu yang cukup untuk istirahat.
  • Berikan waktu yang tepat untuk menyusui bayi sehingga ibu menjadi tidak terlalu sibuk untuk merawat bayi.
  • Angkat bagian kaki ke atas sebelum tidur untuk membantu aliran darah yang lebih baik.
  • Cobalah untuk membuat pikiran lebih santai sehingga ibu merasa lebih nyaman. 
    ads
  1. Akibat ibu menyusui kekurangan nutrisi

Masalah kekurangan nutrisi sebenarnya tidak hanya terjadi pada ibu hamil saja tapi juga bisa terjadi pada ibu menyusui. Kondisi ini bisa menyebabkan tubuh ibu menjadi tidak nyaman karena kekurangan nutrisi dasar. Sementara menyusui akan membuat ibu menyalurkan semua nutrisi ke bayi lewat ASI. Kemudian jika ibu kekurangan cairan maka ini juga akan menyebabkan dehidrasi sehingga ibu menyusui akan sering sakit kepala. Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya tidak diperlukan obat medis tapi nutrisi yang cukup untuk ibu menyusui. Jika ibu diet maka bisa terkena bahaya diet saat menyusui atau mencoba cara diet ibu menyusui yang paling aman.

Obat yang diperlukan:

  • Ibu bisa minum cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi sehingga ibu tidak akan terkena sakit kepala.
  • Konsumsi makanan yang mengandung gula untuk mengatasi penurunan kadar gula berlebihan.
  • Lakukan diet khusus untuk ibu menyusui.
  • Konsumsi makanan yang mengandung lemak, protein, karbohidrat, mineral dan vitamin yang cukup.
  1. Akibat mata tegang atau terlalu lelah

Salah satu kebiasaan baru ibu menyusui adalah menggunakan waktu istirahat untuk melihat layar ponsel atau televisi. Kebiasaan ini bisa menyebabkan mata ibu menjadi sangat tegang dan sakit kepala akut. Sinar radiasi dari layar bisa membuat mata ibu merasa sangat lelah dan kurang istirahat. Untuk mengatasi ini maka ibu harus mencoba untuk mengambil banyak waktu istirahat untuk tidur atau bersantai.

Obat yang diperlukan:

  • Obat tetes mata untuk mengatasi iritasi pada mata. Namun obat harus aman untuk bayi sehingga tidak menyebabkan masalah untuk bayi.
  • Ibu bisa menggunakan waktu istirahat untuk tidur tanpa harus melakukan apa-apa.
  • Kurangi waktu untuk membaca, melihat layar atau aktifitas yang bisa menyebabkan mata menjadi sangat tegang.
  1. Akibat alergi seperti sinusitis

Sakit kepala pada ibu menyusui juga bisa disebabkan oleh alergi terhadap bulu binatang, debu, cuaca dingin dan lingkungan yang tidak bersih. Kondisi ini bisa menyebabkan ibu mengalami alergi yang memicu peradangan pada bagian rongga sinus. Ibu menyusui tidak hanya akan mengalami sakit kepala tapi juga batuk, flu dan hidung tersumbat.

Obat pusing untuk ibu menyusui yang diperlukan:

  • Paracetamol, acetaminophen atau ibuprophen sesuai dengan resep dari dokter yang merawat.
  • Ibu bisa mencoba makan sup dari daging ayam atau daging sapi dengan bumbu bawang putih.
  • Lebih banyak minum cairan untuk mengatasi dehidrasi terutama air hangat.
  • Hindari minum teh atau kopi yang bisa menyebabkan sakit kepala menjadi lebih berat.

Baca juga:

Obat medis aman sakit kepala untuk ibu menyusui

  1. Acetaminophen (Tylenol)

Acetaminophen adalah jenis obat yang biasanya digunakan untuk meredakan rasa nyeri atau sakit termasuk untuk sakit kepala. Ini obat yang sangat aman untuk ibu menyusui asalkan digunakan sesuai dengan dosisn dan digunakan berdasarkan resep dari dokter yang merawat ibu menyusui. Tingkat efek samping yang dihasilkan untuk bayi sangat rendah meskipun bisa sampai ke bayi lewat ASI. Obat ini juga sangat baik untuk sakit kepala pada ibu menyusui yang disebabkan karena sakit gigi, flu, batuk, demam dan kelelahan. Obat tidak boleh digunakan dalam jangka waktu lama karena bisa menyebabkan alergi seperti mual, muntah, sakit kepala, gangguan hati dan ginjal.

  1. Ibuprofen

Ibuprofen adalah jenis obat yang bisa membantu mengatasi peradangan yang sering menyebabkan sakit kepala. Perubahan hormon ibu menyusui sering menyebabkan sakit kepala dan obat ini sangat baik untuk mengatasi sakit kepala berlebihan. Selain itu obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi demam, peradangan dan sakit gigi. Penggunaan berlebihan tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan masalah lain seperti pendarahan usus dan kondisi yang berbahaya untuk ibu menyusui. Karena itu ibuprofen bisa digunakan jika sesuai dengan resep dokter. 

Sponsors Link

Tips mencegah sakit kepala untuk ibu menyusui

  1. Jika ibu merasakan bagian leher yang kaku dan tidak nyaman maka lakukan beberapa peregangan sederhana untuk otot leher. Ibu menyusui bisa melakukan yoga khusus untuk membantu aliran darah lancar dan ASI juga lebih banyak. Menggendong bayi bisa menyebabkan sakit kepala saat menyusui karena ini membuat otot leher lebih tegang.
  2. Karena ibu menyusui terlalu sibuk merawat bayi maka ini bisa menyebabkan ibu kekurangan nutrisi. Untuk mengatasi masalah ini maka ibu menyusui harus mengkonsumsi camilan yang penuh dengan nutrisi. Siapkan potongan buah atau jus dingin untuk membantu mencukupi kebutuhan mineral bagi ibu menyusui.
  3. Ibu sebaiknya juga harus mencoba untuk mendapatkan waktu tidur yang lebih baik, termasuk untuk malam dan siang hari. Usahakan untuk tidur ketika ibu memiliki kesempatan. Selain itu mintalah bantuan dari suami atau keluarga jika memang Anda sudah merasa lelah.
  4. Jika ibu membiasakan untuk menggendong bayi sambil menyusui maka gantilah dengan kedua sisi yang teratur. Cara ini akan membantu agar otot punggung dan leher ibu tidak terlalu tegang. Selain itu juga sangat penting untuk membantu melepaskan sakit kepala berlebihan karena beban berat.
  5. Ibu sebaiknya mencoba untuk tidak minum kopi, teh atau semua jenis minuman yang mengandung kafein. Kafein bisa memberikan dampak yang buruk untuk tubuh ibu karena mengirimkan sinyal yang berlebihan. Ini juga tidak baik untuk bayi karena kafein bisa masuk ke ASI kemudian diminum oleh bayi. Anda bisa menggantikan kafein dengan minuman yang lebih sehat seperti minuman dari buah atau sayuran.

Bagaimanapun obat pusing untuk ibu menyusui harus dipilih sesuai dengan penyebabnya. Terkadang obat yang paling manjur juga bukan obat medis tapi obat alami seperti banyak istirahat. Jika ibu ingin menggunakan obat medis maka pastikan bahwa ibu telah mendapatkan resep dari dokter.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 09th, December 2016 / 06:30 Oleh :
Kategori : Kesehatan Ibu