Bolehkan Ibu Menyusui Minum Kopi ? Ketahui Efek Sampingnya

Kopi merupakan minuman yang disukai oleh semua kalangan. Bahkan bagi bebrapa orang, mereka yang belum minum kopi dalam sehari, serasa ada yang kurang. Tapi minum kopi sebaiknya tidak boleh berlebihan, terlebih bagi seorang ibu yang sedang menyusui. Tidak ada larangan untuk seorang ibu yang sedang menyusui minum kopi. Setiap orang tentunya memiliki porsi sendiri dalam minum kopi. Tapi alangkah lebih baik jika kopi yang diminum tidaklah melebihi batas kewajaran. Bagi ibu hamil, tak ada larangan juga untuk tidak boleh minum kopi. Akan tetapi harus memperhatikan beberapa hal agar tidak terlalu membahayakan janinnya. Seorang ibu yang menyusui pastinya bertanya-tanya apakah boleh minum kopi selama menyusui. Hal ini bahkan menjadi pro kontra dalam pembahasannnya. (Baca juga: Bahaya Kopi Bagi Ibu Hamil , Cara Pemulihan Rahim Pasca Operasi Caesar )

Ibu Menyusui Minum Kopi

Pertanyaan ini pastinya selalu muncul bagi seorang ibu yang sedang menyusui dan kebetulan merupakan pecinta kopi. Dan jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah boleh tapi ada syaratnya. Bagi ibu menyusui, minuman yang diminum pastinya akan berdampak pada perkembangan si bayi, untuk itu minum kopi tidak diperbolehkan terlalu berlebihan. Hal ini karena kandungan zat yang ada pada kopi dapat mempengaruhi kesehatan si kecil. Pada ibu menyusui, tentunya apa yang diminum akan berpengaruh pada bayinya, jadi sebaiknya kurangilah minum kopi. Tak ada larang minum kopi bagi semua orang, tapi sebaiknya jangan terlalu berlebihan karena segala yang berlebihan itu tidaklah baik.

Baca juga:

Dengan sudah dijelaskannya bahwa kopi tidaklah buruk untuk ibu menyusui, jadi para ibu yang sedang menyusui tidak perlu khawatir jika ingin minum kopi asalkan tidak terlalu banyak. Tapi karena diperbolehkan, buka berarti tidak mengakibatkan dampak yang buruk bagi bayi yang sedang menyusu. Terlebih jika bayi yang sedang menyusu berumur kurang dari 7 bulan. Kopi mengandung zat kafein dan tidak semua orang dapat tahan dengan efek pada kafein tersebut, khususnya pada bayi yang masih sensitif. Ada beberapa dampak minum kopi pada ibu menyusui dan bayinya. Untuk itu para ibu jujga harus waspada terhadap hal ini. (Baca juga: Manfaat Kopi Bagi Ibun Hamil , Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita )


Efek Minum Kopi Bagi Ibu Menyusui

1.Gelisah

Walaupun termasuk minuman paling nikmat, tapi kopi memiliki kandungan yang dapat membuat orang yang meminumnya gelisah dan selalu khawatir. Rasa gelisah ini nantinya akan dialami oleh bayi. Untuk awalnya mungkin tidak akan terlihat gelisah, tapi jika ini dibiarkan terlalu lama, maka bayi akan merasa tidak nyaman dan rewel. Jika sudah seperti ini sebaiknya para ibu menyusui jangan minum kopi dulu. Karena jika semakin dibiarkan, bayi akan semakin merasa tidak nyaman.

Baca juga:

2.Diare

Terlau banyak minum kopi akan mengakibatkan perut kembung. Perut kembung seringtkali menjadi penyebab seseorang terkena diare. Mungkin hal ini tidak hanya terjadi pada ibu menyusui, tapi bisa terjadi kesemua orang. Namun, bagi ibu menyusui yang minum kopi berlebihan akan membuat bayinya tertular sehingga bayi juga akan merasakan perut kembung. Hal yang paling berbahaya saat bayi mengalami perut kembung adalah diare. Jika hal ini sudah terjadi pada bayi, sebaiknya para ibu berhenti untuk mengonsumsi kopi agar bayi dapat minum ASI tanpa adanya campuran kafein. (Baca juga: Cara Mengatasi Diare Pada Bayi , Obat Diare Paling Ampuh Untuk Ibu Menyusui )

3.Muntah

Tidak semua orang cocok untuk mengonsumsi kopi. Beberapa diantaranya akan mengalami rasa yang tidak biasa, khususnya gangguan perut. Pada ibu menyusui, mengonsumsi kopi terkadang dapat mempengaruhi kesehatan bayinya. Salah satunya dapat menyebabkan bayi muntah. Ini dikarenakan karena bayi belum terbiasa dengan zat yang terkandung pada kopi. Khususnya bagi bayi yang belum genap berumur sampai 6 bulan. Jika bayi tidak “tahan” dengan kafein yang dikonsumsi oleh ibunya, maka kebanyakan bayi akan mengalami muntah karena alergi. Jika sudah begini tentunya para ibu lebih memilih mengurangi minum kopi bukan? (Baca juga: Penyebab Bayi Sering Muntah dan Cara Mengatasinya , Penyebab Morning Sickness Pada Ibu Hamil )


4.Daya Tahan Tubuh Terganggu

Bayi yang ibunya terlalu banyak mengonsumsi kopi akan lebih sering mengalami sakit. Hal ini karena bayi belum terbiasa dengan minuman “asing” yang diminum oleh ibunya, sehingga dampaknya akan membuat bayi lebih mudah sakit. Terkadang hal ini sering disepelekan karena pengaruh cuaca, namun kesehatan bayi lebih dipengaruhi oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi ibunya, terlebih jika bayi masih menyusu.

Baca juga:

Ibu yang menyusui paling tidak harus memberikan ASI eksklusif dengan baik, dalam artian haus mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat agar ASI lancar dan bayi juga sehat. Untuk para ibu yang suka mengonsumsi kopi, sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Alangkah lebih baik jika seorang ibu yang sedang menyusui menunggu bayinya berumur lebih dari 6 bulan agar ASI yang duberikannnya lebih sehat dan tidak tercampur zat-zat “asing” untuk tumbuh kembang bayi. Agar perkembangan bayu lebih sehat, seorang ibu yang sedang menyusui diharapkan makan-makanan yang sehat agar ASI yang diberikan juga sehat.

Baca juga:

Agar bayi dapat menyusu ASI tanpa ada zat-zat yang akan mengganggu perkembangan bayi, sebaiknya para ibu lebih memperbanyak minum air putih agar lebih aman. Terlalu banyak mengonsumsi kopi saat menyusui memang tidak baik dan akan berdampak buruk pada kesehatan bayi. Walaupun tidak ada larangan untuk minum kopi selama menyusui, tapi ada baiknya jika ibu lebih memperhatikan kesehatan si kecil supaya perkemabngannnya lebih baik. (Baca Juga: Manfaat Air Putih Bagi Ibu Hamil , Akibat Kekurangan Minum Air Putih Bagi Ibu Hamil)

, , , , ,
Post Date: Wednesday 07th, December 2016 / 01:11 Oleh :
Kategori : Menyusui
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12