6 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui

Siapa sih yang tidak suka minum air kelapa? Membayangkannya saja bisa membuat kita merasa haus dan ingin minum. Apalagi di cuaca negara kita yang panas ini, pasti segar sekali minum air kelapa dengan es batu di dalamnya.

Tidak hanya menyegarkan, air kelapa dikenal memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Air kelapa dipercaya memiliki kemampuan detoksifikasi pada tubuh. Kandungan elektrolitnya diyakini mirip dengan cairan tubuh, sehingga air kelapa banyak digunakan sebagai bahan dasar minuman pengganti cairan tubuh. Tidak hanya itu, bagi Anda yang sedang diet tapi ingin menikmati minuman lezat dan menyegarkan, pilihlah air kelapa. Tahukah Anda bahwa air kelapa memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi dengan lemak yang rendah, sehingga tidak akan merusak menu dietmu? (Baca Juga: Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil)

Jika kita mungkin sudah sangat familiar dengan manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil atau manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil, kita juga harus tahu bahwa air kelapa juga memiliki manfaat yang sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Lalu, apa saja sih manfaatnya? Yuk, kita simak!

  1. Pengganti Cairan Tubuh Alami

Seorang ibu yang menyusui pasti kehilangan banyak sekali cairan di tubuhnya. Minum air putih yang cukup mungkin membantu, tapi apakah Anda masih merasa dehidrasi walaupun merasa sudah minum banyak air? Hati-hati, Bunda, jika ada bahaya dehidrasi bagi ibu hamil dan janin, begitu pula bahayanya terhadap ibu menyusui.

Maka, cobalah untuk mengkonsumsi air kelapa. Air kelapa memiliki susunan yang mirip cairan tubuh sehingga bisa dengan cepat menghidrasi tubuh Anda. Kandungan elektrolitnya alami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan bahan kimia akan masuk ke tubuh Anda dan ‘meracuni’ bayi Anda.

  1. Meningkatkan Produksi ASI

Kini, tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk mengkonsumsi obat –obatan kimia demi memperlancar produksi ASI Anda. Santan bisa meningkatkan produksi ASI Anda dengan memenuhi kebutuhan Anda akan potasium, gula alami dan natrium. Selain itu, ketika air kelapa bisa menjaga kebutuhan cairan tubuh Anda, maka kemungkinan untuk tubuh Anda memproduksi lebih banyak ASI pun semakin besar. Jika Anda masih merasa ASI Anda masih kurang meskipun sudah mengkonsumsi air kelapa, cari tahulah tentang cara memperbanyak ASI perah lainnya.

  1. Pencegah berbagai penyakit

Air kelapa mengandung komponen fitokimia berupa tanin. Tanin ini bersifat anti bakteri yang nantinya akan mencegah pertumbuhan bakteri di tubuh. Karena air kelapa muda senyawa anti jamur dan anti bakteri inilah, minuman menyegarkan ini bisa melindungi Anda dan bayi Anda dari infeksi penyakit. Selain itu, dengan mengkonsumsi air kelapa, Anda bisa meningkatkan kandungan asam kaprat dan kadar asam laurat di tubuh Anda yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi Anda melalui ASI yang diminumnya. Jangan lupa juga untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui agar bayi sehat dan cerdas.


  1. Memperlancar Pencernaan

Apakah Anda sering merasa susah buang air besar? Daripada Anda meminum obat-obatan pencahar yang belum tentu aman, cobalah untuk mengkonsumsi air kelapa.

Air kelapa bisa dijadikan stimulan untuk Anda yang menderita sembelit selama menyusui. Air kelapa bisa membantu melancarkan saluran cerna sehingga kotoran yang menumpuk di tubuh Anda bisa segera dibuang dari tubuh Anda. Maka, kini Anda tidak perlu lagi mengkonsumsi obat pencahar yang belum tentu aman bagi Anda yang sedang menyusui. Ketahuilah juga cara mengatasi sembelit pada bayi jika bayi Anda yang mengalami sembelit.

Baca juga:

  1. Sumber Energi Alami

Sebagai ibu menyusui, Anda pasti membutuhkan energi yang cukup banyak untuk tetap terjaga, mengurus bayi Anda, bahkan mengurus rumah tangga Anda sekaligus. Oleh karena itu, Anda sangat membutuhkan asupan energi yang cukup supaya Anda bisa tetap kuat melakukan segala aktivitas Anda sebagai ibu menyusui. (Baca Juga: Gizi Ibu Hamil Berdasarkan Trimester Kehamilan)

Air kelapa, cenderung memiliki rasa yang manis saat dikonsumsi. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung 2,6 persen gula, 0,55 persen protein, 0,74 persen lemak, serta 0,46 persen mineral. Air kelapa muda memiliki kandungan gula 2,1 persen lebih banyak dibandingkan air kelapa tua. Itulah sebabnya air kelapa muda memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan air kelapa tua.

Rasa manis yang Anda rasakan ini berasal dari gula alami yang dikandung air kelapa, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang nantinya akan dibakar oleh tubuh untuk menjadi energi. (Baca Juga:Manfaat Konsumsi Pisang Ambon untuk Ibu Hamil)

  1. Dapat Meningkatkan HDL di Tubuh

Air kelapa mengandung sedikit sekali lemak dan tidak mengandung kolesterol. Tidak hanya itu, air kelapa dipercaya bisa meningkatkan kadar HDL di tubuh Anda. HDL adalah kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh Anda. HDL mempunyai sifat antiaterogenik yaitu membantu mengangkut kolesterol bebas dari pembuluh darah dan jaringan lain yang nantinya dibawa ke hati dan dibuang melalui empedu. Namun, meskipun begitu tetaplah barengi dengan olahraga yang cukup untuk menjaga kadar kolesterol Anda selama menyusui. Bagaimanapun, tetap lakukan olahraga untuk ibu hamil yang telah rutin Anda lakukan, bahkan setelah Anda melahirkan dan meyusui. (Baca Juga: Bahaya Kolestrol Tinggi untuk Ibu Hamil)

Lalu, apakah semua jenis air kelapa baik untuk ibu menyusui? Atau adakah jenis-jenis air kelapa tertentu yang lebih baik daripada jenis lainnya? Untuk memaksimalkan manfaatnya, tentu Anda harus mempelajari terlebih dahulu air kelapa yang seperti apa sih yang terbaik untuk Anda konsumsi.


Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai bahaya mengkonsumsi air kelapa bagi ibu hamil dan menyusui. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Selama Anda mengkonsumsi air kelapa muda dalam batas yang wajar, tidak akan ada efek negatif bagi Anda maupun bayi Anda. Justru, lebih baik Anda mengkonsumsi air kelapa daripada teh atau kopi karena ada bahaya kafein bagi ibu hamil, maupun ketika ibu sudah menyusui. Untuk itu, perhatikanlah beberapa poin penting untuk Anda mengkonsumsi air kelapa muda selama menyusui:

  • Pilihlah air kelapa muda yang segar

Saat ini banyak sekali beredar air minum kemasan yang mengklaim dirinya dibuat dari air kelapa alami. Namun, daripada Anda mengkonsumsi air kelapa kemasan seperti ini, yang belum pasti alami dan bebas bahan kimia, lebih baik Anda mengkonsumsi air kelapa yang benar-benar alami dari buah kelapa. Tidak sulit lho mencari buah kelapa muda di Indonesia yang beriklim tropis ini.

  • Hati-hati dengan kemungkinan alergi

Bayi yang masih hanya mengkonsumsi ASI, sangat rentan untuk terserang alergi dari makanan atau minuman tertentu yang dikonsumsi ibunya. Maka, perhatikanlah reaksi tubuh bayi Anda saat menyusuinya setelah Anda mengkonsumsi air kelapa. Tapi tenang saja, Bunda, alergi terhadap air kelapa sangat jarang terjadi, kok! Alergi yang umum terjadi pada bayi adalah alergi susu sapi, maka coba ketahuilah tanda bayi alergi susu sapi sehingga Anda harus waspada ketika mulai memberi susu formula pada bayi Anda. (Baca Juga: Cara Mengatasi Bayi Alergi Susu Sapi , Gejala Alergi Susu Sapi Pada Bayi)

  • Jangan minum air kelapa muda bersamaan dengan obat

Berkonsultasilah pada dokter Anda sebelum mengkonsumsi air kelapa bersamaan dengan obat. Bisa jadi, air kelapa itu justru menetralkan reaksi obat yang sedang Anda minum, sehingga akan menurunkan khasiatnya pada tubuh Anda.

Baca Juga:

Itulah manfaat air kelapa untuk ibu menyusui serta tips memilih dan mengkonsumsinya untuk memaksimalkan manfaatnya. Selamat mencoba dan stay healthy ya, Bunda!

, , , ,
Post Date: Friday 07th, October 2016 / 01:11 Oleh :
Kategori : Menyusui