Sponsors Link

5 Manfaat Almond untuk Ibu Menyusui

advertisement

Almond merupakan salah satu keluarga kacang-kacangan yang termasuk dalam superfood atau sebutan bagi bahan makanan yang mengandung sangat banyak nutrisi bagi kesehatan tubuh. Almond sering digunakan dalam campuran makanan seperti cokelat, kue, bahkan sebagai pengganti susu sapi dan susu kedelai.

Baca juga:

Almond merupakan makanan yang bisa dijadikan snack bahkan bagi Anda yang sedang diet sekalipun! Bagi Anda yang sedang menyusui, bisa memasukkan almond ke dalam cara diet ibu menyusui karena almond sangat tinggi protein, sangat bagus untuk kesehatan jantung dan cukup membuat Anda merasa kenyang. Almond juga bisa memberi tambahan energi bagi Anda yang sedang diet.

Baca juga:

Mengapa almond termasuk dalam superfood?

Almond memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti asam lemak, vitamin, mineral dan serat makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Almond juga mengandung protein yang cukup tinggi sehingga bisa memberi energi yang cukup untuk Anda yang menkonsumsinya. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa kandungan utama yang dimiliki oleh almond:

  1. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks merupakan kumpulan dari berbagai jenis vitamin B, seperti vitamin B1, B2, B3 dan lain-lain. Masing-masing jenis vitamin B memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Namun, secara umum, vitamin B kompleks membantu produksi energi dalam tubuh, menyehatkan saraf, melancarkan pencernaan, dan menjaga kadar kolesterol di tubuh. Jika ada manfaat vitamin B kompleks untuk ibu hamil, maka vitamin ini pasti juga bermanfaat untuk ibu menyusui.

Baca juga:

  1. Vitamin E

Vitamin E merupakan vitamin yang penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Vitamin E mengandung antioksidan yang tidak hanya bagus untuk kesehatan kulit tapi juga membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Selain itu, vitamin E membantu menjaga kekebalan tubuh serta melancarkan aliran darah. (Baca juga: Manfaat Vitamin E untuk Ibu Hamil , Vitamin E bagi Ibu Hamil)

Sponsors Link

  1. Asam lemak

Almond mengandung asam lemak yang baik bagi tubuh. Asam lemak yang dikandung almond diantaranya adalah omega 3, omega 6 dan omega 9.

Asam lemak omega 3 merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh kita. Oleh karena itu, kita perlu mendapatkan nutrisi ini melalui makanan. Omega 3 bisa ditemukan dalam makanan bergizi untuk ibu hamil dan menyusui. Asam lemak omega 3 jika dikonsumsi dalam jumlah normal bisa membantu perkembangan otak, menjaga kadar kolesterol tubuh, bahkan bisa menurunkan depresi. Sementara itu, omega 6 dan omega 9 berfungsi untuk menyehatkan jantung dan mengurangi lemak jahat yang masuk ke tubuh melalui makanan berminyak.

  1. Protein

Protein adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk metabolism dan membangun tubuh. Selain itu, protein yang terdapat di darah akan membantu pembentukan sel darah merah dan pengangkutan oksigen. (Baca juga: Anemia pada Ibu Hamil)

Dengan begitu banyaknya kandungan gizi dalam kacang almond, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana jika ibu menyusui mengkonsumsi kacang almond? Apakah akan memberi dampak positif bagi ibu dan bayi? Yuk, simak ulasan berikut ini:

Manfaat Almond untuk Ibu Menyusui

Tidak bisa dipungkiri bahwa ibu menyusui membutuhkan nutrisi ekstra dan sehat, tidak hanya untuk kesehatan dirinya sendiri, tapi juga untuk kesehatan bayi yang ibu susui. Ada banyaknya manfaat almond bagi ibu hamil, membuatnya menjadi snack alami dan sehat bagi ibu hamil. Lalu, bagaimana jika dikonsumsi oleh ibu menyusui? Mari kita simak!

  1. Melancarkan dan meningkatkan kualitas ASI

Almond yang mengandung banyak nutrisi baik, otomatis akan bisa meningkatkan kualitas ASI yang dihasilkan oleh ibu. Selain itu protein yang dikandung oleh almond membantu ibu melakukan cara memperbanyak ASI perah sehingga akan mempermudah mencukupi kebutuhan ASI eksklusif untuk bayi.

  1. Perkembangan otak bayi

Ada banyak manfaat vitamin E untuk ibu hamil. Vitamin E yang dikandung di dalam almond tidak hanya membantu mencegah kerusakan jaringan tubuh, melainkan juga bagus untuk meningkatkan fungsi memori dan kesehatan otak bayi. Sejalan dengan fungsi vitamin E, kandungan asam folat pada almond membantu mengoptimalkan perkembangan otak bayi, serta baik untuk kesehatan jantung ibu dan bayi. (Baca juga: Manfaat Vitamin E bagi Ibu Hamil)

Sponsors Link

  1. Pertumbuhan bayi yang sehat

Almond bisa disebut sebagai kacang-kacangan yang memiliki kandungan lengkap untuk kesehatan ibu serta bayi yang disusuinya. Semua vitamin dan mineral yang dikandung oleh almond akan membantu mempercepat pemulihan ibu yang baru melahirkan serta meningkatkan kekebalan tubuh bayi yang baru lahir. Jika bayi memiliki kekebalan tubuh yang baik, maka dia akan mampu melawan penyakit dan tumbuh besar dengan sehat. (Baca Juga: Manfaat Kentang Bagi Bayi)

  1. Melancarkan metabolisme dan pencernaan

Konstipasi atau sembelit merupakan keluhan yang sangat umum dialami oleh ibu hamil dan menyusui. Kandungan serat pada almond sangat membantu ibu dan bayi mencegah sembelit. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi almond yang mengandung banyak serat sehingga bisa mengurangi susah BAB saat hamil dan menyusui. Begitu pula untuk pencernaan bayi, almond yang dikonsumsi ibu yang menyusuinya bisa membantu cara mengatasi sembelit pada bayi. (Baca juga: Cara Mengatasi Bayi Susah BAB)

  1. Membangun tulang dan gigi yang sehat

Almond mengandung vitamin yang cukup lengkap serta berbagai mineral, termasuk kalsium. Ibu menyusui sangat membutuhkan kalsium dan ada dampak akibat kekurangan kalsium pada ibu menyusui, misalnya mudah terkena kram otot. Bagi bayi, kalsium juga dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan giginya. Jika tidak terpenuhi, ada akibat kekurangan kalsium pada bayi yang bisa mengganggu masa pertumbuhannya. Oleh karena itu, dengan Anda mengkonsumsi almond dalam porsi yang tepat, akan membantu mencukupi kebutuhan vitamin serta mineral seperti kalsium untuk kesehatan tulang Anda dan bayi.  (Baca juga: Manfaat Kalsium Bagi Ibu Hamil)

Dengan mengetahui banyaknya manfaat almond untuk menyusui di atas, apakah Anda tertarik untuk mengkonsumsi almond sebagai pengganti snack harian Anda? Kini, Anda bisa diet tanpa khawatir gemuk sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dan bayi Anda. Selamat mencoba!

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 18th, October 2016 / 00:33 Oleh :
Kategori : Menyusui