Sponsors Link

22 Manfaat Alpukat untuk Ibu Menyusui dan Kesehatan

advertisement

Alpukat adalah salah satu buah yang mengandung asam folat yang cukup tinggi. Banyak orang ragu untuk mengkonsumsi alpukat karena memiliki lemak tinggi kisaran 20-30 kali lebih banyak dari buah-buahan yang lain. Namun, yang perlu diketahui adalah lemak yang terdapat dalam alpukat adalah lemak baik, lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolestrol LDL (kolestrol jahat) dan dapat menaikkan kadar kolestrol HDL (kolestrol baik). Lalu apa saja manfaat alpukat untuk ibu menyusui ? Berikut pembahasannya.

1. Bagus untuk Kulit Bayi

Bagi ibu menyusui yang rutin mengkonsumsi alpukat minimal 2 hari sekali terbukti akan membuat kulit sang bayi lebih lembut dan juga dapat menjaga kesehatan kulit bayi.

Baca juga : Cara Membersihkan Kulit Kepala Bayi Baru Lahir yang Benar – Cara Melakukan Pijat Bayi yang Benar

2. Mengatasi Sembelit

Ketika sang bayi mengalami sembelit, ibu menyusui hendaknya mengkonsumsi buah alpukat yang dipercaya dapat mengatasi sembelit secara alami.

3. Membantu Menyeimbangkan Tekanan Darah

Alpukat yang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi sekitar 2-3 kali lipat lebih banyak daripada buah pisang ini dipercaya dapat menyeimbangkan tekanan darah pada ibu menyusui yang terkadang sering merasakan emosi, tapi juga dapat menyeimbankan emosi bayi. (baca juga : Perkembangan Bayi 1 Bulan )

4. Meningkatkan Sistem Imunitas

Kandungan glutathione yang merupakan antioksidan alami yang kuat yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Dalam sebuah laporan penelitian tahun 2000 dalam jurnal Processing of Society Nutrition menyatakan bahwa “sistem kekebalan tubuh akan bekerja dengan baik apabila sel limfoid memiliki tingkat menengah atau seimbang dengan glutathione”. Dalam kasus ini ternyata alpukat memiliki kandungan akan zat tersebut.

Artikel terkait : Manfaat Puasa bagi Ibu Menyusui – Bahaya Bayi Tidak Imunisasi

5. Menjaga Kesehatan Mata

Avocado Central mengatakan bahwa alpukat adalah sumber lutein karotenoid yang baik, dimana zat tersebut berfungsi untuk mengurangi resiko degenarasi katarak. Tentunya dalam hal ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata sang bayi ketika ibu menyusui mengkonsumsinya.

Artikel terkait : Mata Merah Pada Bayi – Penyebab Mata Merah dan Berair pada Bayi

6. Meningkatkan Kualitas ASI

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa alpukat memiliki segudang nutrisi yang baik bagi tubuh. Terlebih bagi ibu menyusui, alpukat dapat meningkatkan kualitas ASI bagi sang bayi apabila dikonsumsi secara rutin.

Artikel terkait : Makanan Untuk Memperbanyak ASI – Cara Memperbanyak ASI

7. Membantu Pertumbuhan Tulang

Kandungan zat besi dan kalsium dalam buah alpukat dapat membantu perkembangan bayi. Dimana ia akan cepat tumbuh tinggi dan memiliki tulang yang kuat.

8. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Bagi ibu menyusui yang mengkonsumsi secara rutin buah alpukat terbukti dapat meningkatkan kecerdasan otak sang bayi. Hal tersebut berdasarkan adanya kandungan omega 3 yang yang terdapat pada buah alpukat tersebut. ( baca : Perkembangan Bayi 6 Bulan )

9. Mencegah Peradangan pada Bayi

Sponsors Link

Alpukat bisa menjadi salah satu buah alternatif untuk menjaga kesehatan bayi apabila bayi mengalami peradangan. Penelitian menyimpulkan bahwa alpukat bisa mencegah peradangan pada tubuh bayi.

10. Menambah Berat Badan Bayi

Alpukat memiliki kalori yang sehat yang baik untuk tubuh. Bagi ibu menyusui yang ingin menaikkan berat badan bayinya secara alami, sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi alpukat karena dalam setiap 1 buah alpukat terdapat 200 kalori dalam 100 gramnya. ( baca : Penyebab Berat Badan Bayi Tidak Naik )

Selain bermanfaat bagi ibu menyusui, alpukat juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut diantaranya adalah :

  1. Dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada sendi. 
  2. Mengobati kencing batu.
  3. Mencegah terserang penyakit stroke. Kandungan asam folat yang tinggi dalam alpukat terbukti dapat melindungi dari serangan stroke. Dalam sebuah penelitian memebuktikan bahwa orang yang sering memakan makanan yang mengandung asam folat memiliki resiko lebih rendah terserang stroke daripada mereka yang tidak mengkonsumsinya.  ( baca : Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil )
  4. Memperbaiki jaringan otot yang rusak.
  5. Sebagai antioksidan alami. Kandungan glutation inilah yang digunakan sebagai antikosidan alami yang membantu tubuh untuk melawan radikal bebas.
  6. Untuk mempercantik wajah. Alpukat dapat dibuat untuk masker wajah yang bertujuan untuk mempercantik wajah secara natural. Karena sebagian orang yang pernah menggunakan alpukat sebagai masker wajah mengaku bahwa setelah menggunakan masker wajah dari buah alpukat, wajah terasa lebih fresh dan kulit lebih lembut.
  7. Mengontrol gula darah. Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang terdapat pada alpukat terbukti dapat mengatasi resistensi insulin. Dengan demikian hal tersebut juga membantu tubuh untuk mengontrol gula dalam darah.
  8. Menjaga kesehatan jantung. ( baca :  Kelainan Jantung pada Bayi Baru Lahir )
  9. Melindungi tubuh dari serangan penyakit kanker. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bagi mereka yang mengkonsumsi esktrak dari alpukat dapat mencegah dari kanker kulit, kanker mulut dan kanker prostat.
  10. Mengobati sariawan. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi inilah yang mampu mengobati dari penyakit sariawan.
  11. Mengatasi gigi berlubang. ( baca : Bahaya Gigi Berlubang Bagi Ibu Hamil )
  12. Menjadikan rambut lebih berkilau. Minyak alpukat dapat digunakan sebagai kosmetik untuk mencerahkan kulit maupun rambut. Kandungan vitamin E yang terdapat di alpukat inilah yang dapat membantu melindungi kulit dari radiasi matahari.
ads

Dampak Kesehatan

Dari berbagai manfaat yang telah dijelaskan diatas, tentunya buah alpukat juga memiliki dampak bagi tubuh manusia. Berikut diantaranya adalah :

  • Mengganggu Program Diet. Maksud disini adalah apabila seseorang ingin melakukan diet secara alami, sebaiknya mengkonsumsi buah alpukat sehari sekali. Karena apabila mengkonsumsinya secara berlebihan maka yang terjadi adalah peningkatan berat badan. ( baca : Cara Diet Ibu Menyusui )
  • Menimbulkan Kegemukan. Hal ini bisa terjadi apabila Anda mengkonsumsi buah alpukat secara berlebihan.
  • Menyebabkan Muntah. Bagi orang-orang yang mengkonsumsi terlalu banyak buah alpukat, yang terjadi adalah orang tersebut memuntahkan kembali. Ada pula yang memuntahkan kembali tersebut memiliki alergi ataupun gangguan kesehatan seperti maag. ( baca : Perbedaan Mual Hamil atau Maag )

Tips Mempercepat Pematangan Alpukat

Alpukat banyak sekali ditemukan di pasar-pasar tradisional. Banyak juga yang sudah membeli alpukat dengan harga murah ternyata buahnya belum matang. Nah, berikut adalah cara untuk membuat buah alpukat menjadi cepat matang.

1. Dengan Dibungkus Dalam Kantong Kertas

Bungkuslah alpukat yang belum matang tersebut de dalam kantong kertas. Tunggulah dalam waktu 3-4 hari dengan ketentuan simpanlah pada suhu normal kamar.

2. Gunakan Tepung

Maksud disini adalah dengan mengubur alpukat ke dalam tepung. Cara ini berlaku untuk buah-buah yang lain juga.

3. Sandingkan dengan Alpukat yang Sudah Matang

Cara ini adalah dengan membungkus alpukat ke dalam kantung kertas secara bersamaan dengan buah-buahan lain yang sudah matang. Hal ini bisa terjadi karena adanya gas etilen yang dilepaskan dari buah yang sudah matang tersebut.

4. Letakkan di dekat Jendela

Letakkanlah alpukat di jendela karena cara ini lebih efektif ketimbang menempatkan alpukat di dapur.

Itulah uraian singkat manfaat alpukat bagi ibu menyusui serta dampak alpukat apabila dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsilah alpukat secara wajar dan lebih baik konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu apabila Anda ibu menyusui memiliki riwayat penyakit tertentu.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 15th, June 2016 / 02:08 Oleh :
Kategori : Menyusui