Sponsors Link

13 Manfaat Apel Bagi Ibu Menyusui

advertisement

Apel merupakan salah satu buah yang populer di tengah masyarakat. Selain rasanya yang enak dan juga harganya yang terjangkau, ternyata apel menyimpan berjuta mafaat untuk kesehatan. Terlebih lagi untuk wanita yang sedang menyusui. Didalam sepotong apel terkandung begitu banyak nutrisi yang diperlukan oleh ibu menyusui.

(Baca juga : vitamin untuk ibu menyusui)

Kandungan  Buah Apel

  • Vitamin

Vitamin adalah zat yang berguna untuk membantu metabolisme yang tak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh. Maka harus mengambil dari luar misalnya apel. Apalagi untuk ibu yang sedang menyusui konsumsi vitamin sebaiknya ditingkatkan. Vitamin yang terkandung di dalam apel ada:

1. Vitamin A , merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Manfaat vitamin A yang paling dingat sebagian besar masyarakat adalah untuk kesehatan mata, jadi ibu menyusui banyak-banyaklah mengkonsumsi buah yang satu ini sebab manfaat vitamin A yang terkandung didalamnya pun juga akan secara otomatis masuk kedalam tubuh buah hati anda. ( baca juga: Bahaya Vitamin A bagi ibu hamil dan Manfaat Vitamin A untuk ibu hamil)

2. Vitamin B1, Vitamin ini perlukan untuk membantu metabolisme tubuh meningkatkanE fungsi pencernaan, metabolisme karbohidrat, fungsi otot, dan sistem saraf. Bila tubuh kekurangan vitaminbisa menyebabkan penyakit beriberi dan gangguan pencernaan, saraf dan otot bahkan pada jantung. Makanya ibu menyusui jangan sampai lupa mengonsumsi vitamin jenis ini, tak perlu repot cukup mengkonsumsi buah apel setiap hari. Baca juga: Manfaat vitamin B kompleks untuk iIbu Hamil.

3. Vitamin B2,merupakan saah satu vitamin yang larut dalam air. Dan berfungsi menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Apalagi ibu menyusui memerlukan energi yang banyak dan harus tetap terjaga kondisi staminanya agar lebih maksimal menjaga bayinya.

4. Vitamin B3, atau dikenal dengan Niacin membantu menjaga sirkulasi darah, menjaga fungsi otak agar tak cepat pikun juga meningkatkan daya ingat, membantu fungsi saluran cerna untuk menyerap karbohidrat, protein, juga lemak secara cukup, dan mengurangi efek radang sendi yang mungkin dirasakan ibu menyusui karena letih menjaga buah hatinya.

5. Vitamin B5, asam pantotenat adalah nama lain dari vitamin b5 yang sangat penting untuk membantu tubuh mencerna makanan yang kemudian diubah menjadi glukosa yang menghasilkan energi. Energi yang tentunya sangat dibutuhkan oleh ibu selama menyusui.

6. Vitamin B6,membantu menjaga sistem imun tubuh, menjaga kadar gula dalam darah dan untuk perkembangan otak. (Baca juga : Manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil)

7. Vitamin B9, atau disebut juga asam folat. Ini pada umumnya bermanfaat untuk mengurangi rsiko gangguan jantung, stroke dan juga kanker. Karena vitamin ini membantu membangun jaringan otot baru, meningkatkan jumlah sel juga dalam pembentukan hemoglobin atau sel darah merah. Dan membantu menjaga emosi dan mental tetap stabil. Ini tentu diperlukan oleh ibu menyusui yang mungkin saja mengalami tekanan emosi pasca kelahiran. (Baca juga : Manfaat asam folat bagi ibu hamilAkibat kelebihan asam folat pada ibu hamilAkibat kekurangan asam folat saat hamil)

8. Vitamin C, sangat berguna untuk ibu menyusui agar tetap terjaga staminanya karena merawat bayi dan juga menyusui sendiri bayinya butuh tenaga yang ekstra. (Baca juga: Vitamin C untuk ibu hamil.)

Sponsors Link

  • Mineral

Mineral adalah zat gizi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mendukung proses tumbuh kembang. Mineral yang terkandung dalam buah apel diantaranya ada:

  1. Kalsium, merupakan mineral yang penting untuk pembentukan tulang. (baca juga: Manfaat Kalsium Untuk Ibu Hamil)
  2. Magnesium, membantu menjaga kekebalan tubuh terutama untuk menjaga kerja syaraf tubuh , otot dan tulang.
  3. Potasium, atau juga dikenal dengan kalium ini dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.
  4. Zat besi, sangat diperlukan dalam menjaga metabolisme karena tubuh membutuhkan zat besi untuk menciptakan sel darah merah atau hemoglobin. (Baca juga: Manfaat zat besi untuk ibu hamil)
  5. Zinc, membantu proses metabolisme dalam tubuh.
  • Serat

Dalam buah apel terkandung banyak serat, sehingga apel baik untuk ibu menyusui yang tetap ingin diet. Sebab serat dalam buah apel bisa menunda lapar datang dengan cepat.  Jadi sebanyak apapun mengkonsumsi apel tidak akan menjadi gemuk justru semakin bagus untuk bayi. (Baca juga: Manfaat Jagung untuk Ibu menyusui dan Manfaat air kelapa untuk ibu menyusui)

Walaupun begitu sesungguhnya diet selama menyusui dapat memberi dampak buruk untuk kesehatan bayi, sebab nutrisi yang seharusbya didapat dari ibu menjadi berkurang karena ibu membatasi asupannya. Makanya tunda dulu bila ingin diet demi kepentingan buah hati, ya bu? Serat berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat di dalam tubuh yang selanjutnya akan dibuang. (Baca juga: Bahaya diet saat menyusui)

  • Antioksidan

Buah apel terkenal karena kandungan anti oksidannya yang tinggi yaitu fitokimia. Ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan juga membantu menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Kandungan Tanin dalam buah apel juga tak bisa dianggap remeh karena berfungsi untuk membersihkan dan menyegarkan mulut, Flavonoid berguna untuk menurunkan risiko kanker, Asam D-glucaric dan asam tartar yang dapat menjaga kadar kolesterol, dan dapat menyehatkan saluran pencernaan.

Sponsors Link

Manfaat buah Apel

Sebagaimana telah diuraikan apel memiliki kandungan yang begitu lengkap untuk ibu menyusui terutama dan juga bayinya. Selain untuk ibu menyusui ternyata buah apel juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. (Baca juga: manfaat buah apel hijau bagi ibu hamil)

  1. Manfaat neurologis, misalnya membantu mengurangi resiko dementia atau lebih sering disebut dengan pikun.
  2. Membantu mengurangi tingkat kolesterol jahat atau LDL yang diakibatkan dari adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Sekaligus meningkatkan Kolesterol baik atau HDL yang membantu menjaga kinerja jantung dan pembuluh darah.
  3. Mengurangi resiko terkena kanker, kandungan antioksidan yang tinggi membantu mengurangi resiko kanker paru-paru dan konsumsi buah apel secara teratur dapat membantu mengoptimalkan kerja paru-paru. Selain itu juga membantu proses pencernaan karena kandungan seratnya yang sangat berguna menjaga kerja pencernaan agar tidak berat.

Menyusui adalah fase lanjutan setelah kehamilan dan kelahiran, Kegiatan menyusui dapat menciptakan jalinan emosi yang kuat antara ibu dan bayi. Dari sekian banyak buah buahan, apel adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup banyak. Selain itu kandungan seratnya yang tinggi dari buah apel membantu proses pencernaan pada ibu menyusui.

Sesungguhnya buah buahan adalah sumber energi dan vitamin yang bagus untuk tubuh. Namun untuk ibu menyusui harus lebih jeli dalam memilah dan memilih makanan yang masuk kedalam tubuhnya sebab bukan hanya sang ibu yang mendapat manfaatnya namun juga bayi yang sedang disusui. lebih baik mencegah kan dari pada mengobati, lebih baik lagi mengontrol yang dikonsumsi dari pada menyebabkan efek yang buruk untuk sang bayi.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 18th, October 2016 / 04:10 Oleh :
Kategori : Menyusui