Sponsors Link

7 Manfaat Keju Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas

advertisement

Keju merupakan produk olahan yang memiliki hampir semua nutrisi yang terkandung pada susu, karena memang yang menjadi bahan utamanya adalah susu. Sebagian orang menganggap keju perlu dihindari karena lemak dan sodium yang terkandung di dalamnya cukup tinggi hingga dapat menyebabkan masalah untuk kesehatan. Namun begitu, keju tetap memiliki nutrisi yang penting untuk tubuh. Seperti protein, vitamin, mineral, kalsium, juga fosfor. Susu yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan keju pun turut mempengaruhi jumlah kandungan lemak dalam keju. Protein yang melimpah pada keju sangat bagus untuk anak-anak karena masih dalam masa pertumbuhan, dan manfaat keju untuk ibu hamil pun juga sama besarnya.

Segudang Manfaat Keju untuk Ibu Menyusui

Didalam sepotong keju terdapat berjuta manfaat untuk setiap orang termasuk untuk ibu menyusui, yang notabene membutuhkan banyak nutrisi untuk “dua” orang sekaligus. Sebab bayi yang menyusu pada ibunya akan mengambil setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu, termasuk nutrisi keju yang ibu konsumsi. Beikut diantaranya:

1.  Pembentukan Tulang

Bayi membutuhkan kalsium yang cukup untuk membantu proses pertumbuhan tulang dan penguatan tulang di dalam tubuhnya. Untuk itu, keju perlu dimasukkan dalam daftar menu harian ibu sewaktu menyusui. Karena selain kandungan kalsiumnya cukup tinggi, keju pun kaya vitamin B yang bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan kalsium yang dibutuhkan tubuh. (Baca juga: Akibat kekurangan kalsium pada bayi)

2.  Kesehatan Gigi

Semakin lama keju disimpan, semakin rendah pula kadar laktosa di dalamnya. Laktosa merupakan zat gula dalam susu yang umumnya dapat merugikan gigi pada anak. Sebab itu keju sangat bagus untuk dikonsumi harian sebab dapat memenuhi kebutuhan kalsium pada ibu. Karena akibat kekurangan kalsium pada ibu menyusui tidak hanya dirasakan oleh sang ibu namun juga bayi, sebab ibu adalah sumber nutrisi utama untuk bayi.

3.  Menjaga Kekebaln Tubuh

Protein sendiri memiliki banyak sekali manfaat pada tubuh.  Seseorang yang mengalami defisiensi atau kekurangan protein ditandai dengan kerontokan rambut. Pernahkah ibu mengalami kerontokan rambut pada masa menyusui? Ini mungkin saja ibu kekurangan protein, sebab nutrisi iu akan diserap terus menerus oleh bayi selama menyusu. Maka sebaiknya ibu mengkonsumsi protein secara seimbang, misalnya saja pada keju. Selain itu juga manfat protein sangat penting untuk menunjang keberadaan setiap sel tubuh dan juga proses kekebalan pada tubuh. (Baca juga :  Cara agar balita tak mudah sakit)

4.  Pencernaan yang sehat

Kadang kala saat menyusui ibu  juga mengalami sembelit atau susah Buang air besar,manfaat fosfor yang amat penting ialah membantu proses pencernaan supaya lancar juga efektif. Fosfor akan merangsang pencernaan riboflavin dan niacin supaya dapat terserap lebih maksimal. Kandungan fosfor dalam keju sSelain membantu penyerapan vitamin dan mineral lainnya, tapi juga membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare, dan juga membantu supaya dapat buang air besar secara teratur. Yang pada akhirnya mengurangi resiko kanker pada usus karena makanan yang sulit dicerna dengan baik, dan dapat meningkatkan fungsi ginjal, karena racun dapat dikeluarkan dari tubuh setiap hari dengan baik. (Baca juga : Vitamin untuk ibu menyusui)

Sponsors Link

5.  Kesehatan otak

Selain untuk membantu proses pencernaan, fosfor yang terkandung dalam sepotong keju juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan menjaga fungsi otak tetap baik untuk pertumbuhan kognitif, karena otak merupakan organ terpenting dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukan bahwa kekurangan mineral fosfor meningkatkan resiko kerusakan kognitif, dan masalah neurologis seperti penyakit Alzheimer dan demensia. Bila terkadang pada masa menyusui sering merasa lupa mungkin ini suatu tanda bahwa tubuh kekurangan mineral fosfor. Mengkonsumsi keju secara tepat dan cukup dapat membantu memenuhi kebutuhan penting dalam masa perkembangan bayi yang didapat dari tubuh ibu. (Baca juga : Cara meningkatkan berat badan bayi 9 bulan)

6.  Menjaga kesehatan kulit

Saat dalam masa menyusui, ibu terkadang lupa untuk mengurus diri sendiri karena terlalu fokus pada bayi. Vitamin B dan seng yang terdapat pada keju menutrisi kulit dan menjadikannya halus, sehat, dan bercahaya. Sebab vitamin B merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Baca juga: Manfaat Vitamin E

7.  Mencegah Stres

Kandungan tryptophan, asam amino membantu menurunkan kadar stres ibu menyusui yang kelelahan seharian menjaga buah hati. Mengkonsumsi keju diketahui dapat membantu metabolisme tubuh yang kelelahan karena kurang tidur dan insomnia. Sehingga menghindarkan ibu mengalami stres paska kelahiran atau sering dikenal sebagai Baby blues. (Baca juga Cara menghilangkan stres saat hamil)

Cara Sehat Menikmati Keju

Selain semua manfaat tersebut, keju pun diduga dapat menjadi salah satu alternatif bahan pangan yang dapat mengurangi resiko penyakit kanker dan kelebihan berat badan atau obesitas bila dikonsumsi dalam porsi yang tepat dan tidak berlebihan, juga dapat mengurangi dan mencegah serangan penyakit jantung. Baca juga: Kelainan jantung pada bayi baru lahir

Beragam jenis dan bentuk serta ukurang saat ini sudah banyak tersedia dipasaran. Ada keju semi-lembut, keju keras, keju segar, keju yang bagian kulitnya dicuci, juga keju yang telah diproses. Kandungan nutrisi pada setiap keju umumnya berbeda, seperti keju cottage yang termasuk keju segar mengandung kasein yang banyak. Kasein merupakan protein yang sangat diperlukan untuk pembentukan jaringan otot. Kandungan kalsium pada setiap keju pun berbeda tergantung dengan susu yang digunkan serta proses pembuatannya. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari keju, lebih baik cermati kualitas kandungan keju yang dikonsumsi dari pada kuantitas atau jumlah yang dikonsumsi. Keju rendah lemak lebih bagus dikonsumsi untuk menghindari kalori dan kadar lemak yang tinggi.

Sponsors Link

Selain rasanya yang enak dan digemari semua kalangan usia, keju juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama untuk konsumsi ibu pada masa kehamilan yang memang sangat membutuhkan energi lebih banyak karena tugasnya menyusui, mengurus dan mengasuh bayinya.Jika ibu yang sedang menyusui mengonsumsi keju secara tepat dan rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium, protein, fosfor dan vitamin serta mineral lain yang diperlukan oleh bayi. Manfaat keju bagi ibu hamil pun juga sama besarnya terebih dapat membantu memenuhi nutrisi yang baik bagi ibu dan janin.

Untuk menjaga keju tetap dalam kondisi yang baik, simpan pada kulkas agar tetap terjaga kesegaran dan kualitasnya. Untuk mengkonsumsi keju, sebaiknya biarkan beberapa saat agar suhu keju sama dengan suhu ruangan jangan langsung memakannya ketika masih dingin dari dalam kulkas supaya rasanya tetap nikmat.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 28th, October 2016 / 06:45 Oleh :
Kategori : Menyusui