Sponsors Link

11 Manfaat Oatmeal untuk Ibu Menyusui

Sponsors Link

Menyusui secara eksklusif pada bayi setidaknya sampai usia 2 tahun adalah tindakan terbaik untuk pemenuhan nutrisi seimbang bagi kesehatan tubuh bayi. Di dalam ASI terdapat nutrisi yang melimpah, yang kadar gizinya sama besarnya seperti nutrisi yang ada pada buah dan sayuran dan aneka ragam daging daging. Bahkan ASI jauh lebih baik karena selain nutrisi terdapat pula zat anti bakteri, anti inflamasi dan ASI dapat bertindak sebagai imunisasi alami bagi bayi untuk proses pencegahan serangan radikal bebas.

ads

Namun bagi ibu yang sedang menyusui untuk mendapatkan kualitas ASI menjadi lebih baik yaitu dengan jalan mengkonsumsi Oatmeal yang memiliki kandungan gizi tinggi.

Inilah kandungan mutrisi dalam 100 g yang terdapat pada oatmeal

  • Serat tinggi 79 gr didalam 100gr Oatmeal
  • Mengandung beberapa mineral terbaik diantaranya Magnesium, Fosfor, Kalium, Seng, Selenium, Mangan, dan tembaga.
  • Mengandung vitamin B kompleks lengkap terdiri dari: Thiamin 0,5 mg, Riboflavin 0,3 gr, Niacin 1,2 mg, B6 0,2 mg. folat 32,0 mcg, pantotenat 1,2 mg.

Inilah manfaat terbaik yang diberikan oatmeal pada ibu yang sedang menyusui :

1. Dapat menstabilkan kadar gula dalam darah

Ibu yang menyusui terkadang kehilangan zat gula dalam darahnya ketika mengkonsumsi makanan tidak memenuhi sarat kesehatan selama masa menyusui. Jika ini terjadi maka akan mempengaruhi kualitas ASI. Mengkonsumsi oatmeal yang mengandung serat tinggi yang dan dapat menstabilkan gula dalam darah pada ibu menyusui.

2. Bertindak sebagai antioksidan yang aktif

Oatmeal mempunyai banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas produksi ASI. Kandungan proteinya dapat bertindak sebagai antioksidan yang kuat dan aktif yang dapat melindungi tubuh ibu menyusui dari serangan radikal bebas termasuk bakteri dan virus yang hanya menurunkan kualitas ASI.

Sponsors Link

3. Menurunkan tekanan darah ibu menyusui

Oatmeal memiliki kandungan fitokimia yang berperan besar dalam penyembuhan dan penuruan tekanan darah pada ibu yang sedang menjalani program menyusui secara eksklusif. Zat fitokimianya dapat juga bergerak aktif sebagai antioksidan yang baik untuk melindungi aliran darah menuju otak selalu dalam kondisi normal dan terhindara dari seranagn radikal bebas.

(Baca juga : hipertensi dalam kehamilan – cara mencegah hipertensi pada ibu hamil – darah tinggi pada ibu hamil)

4. Dapat memperbaiki jaringan kulit ibu menyusui

Nutrisi yang ada pada Oatmeal termasuk Vitamain B kompleknya dapat terus menerus memperbaiki jaringan kolagen yang ada dibawah kulit agar tetap stabil dan lebih sehat. Hal ini adalah keuntungan lain untuk ibu yang sedang menyusui yang mungkin tidak ada waktu panjang untuk pergi k esalon kecantikan atau melakukan perawatan kulit dirumah.

5. Meningkatkan produksi ASI

Oatmeal mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi yang bisa memperbaiki kualitas ASI dan meningkatkan kualitas nutrisi pada ASI sehingga ibu yang menyusui terhindar dari penyakit anemia dan juga bayinya.

(Baca juga : anemia pada ibu hamil – makanan untuk memperbanyak ASI)

6. Dapat meningkatkan pembentukan sel darah merah

Zat besi pada Oatmeal dapat meningkatkan pembentukan sel darah merah dan ibu menyusui akan terhindar dari penyakit anemia. Terhindar dari adanya kadar hemoglobin yang terlalu sedikit.

(Baca juga : Manfaat zat besi untuk ibu hamilhemoglobin rendah saat hamil)

7. Memperbaiki jaringan tubuh ibu agar lebih sehat

Oatmeal memiliki kandungan gizi yang baik jika dikonsumsi ibu menyusui maka ASInya akan lebih bermanfaat bagi perkembangan kesehatan bayinya.

ads

Dengan memperbaiki jaringan tubuh bayi menjadi lebih baik dan sehat seperti jaringan mata, tulang, otot dan jaringan pembuluh arteri.

(Bac juga : manfaat vitamin B6 bagi ibu hamilmanfaat tomat untuk ibu hamilmanfaat susu bagi ibu hamil)

8. Dapat menyehatkan jantung ibu menyusui

Nutrisi pada Oatmeal mampu melindungi jantung dari serangan radikal bebas dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah menuju jantung. jantung akan semakin sehat dan mampu memompa darah dengan lancar.

9. Dapat menjaga berat badan ideal ibu menyusui

Oatmeal mengandung serat yang tinggi yang dapat menekan nafsu makan dan meluruhkan penimbunan lemak berlebih pada beberapa bagian tubuh. Manfaat oatmeal untuk ibu menyusui dapat mempercepat proses pembakaran lemak jahat dan mamapu menjaga berat badan ibu menyusui selalu berada pada kondisi yang ideal.

(Baca juga : bahaya obesitas bagi ibu hamil – cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkanmanfaat menggunakan korset setelah melahirkan)

10. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Oatmeal memiliki kandunan serat tinggi yang dapat mengahancurkan penumpukkan kolesterol jahat di beberapa pembuluh darah. Pada ibu yang sedang menyusui dapat mengalami kadar kolesterol tinggi jika tidak memperhatikan asupan gizi seimbang. Konsumsi oatmeal secara teratur dapat memenuhi kebutuhan nutruisi harian ibu, tanpa harus khawatir terserang penyakit stroke akibat kadar kolesterol yang tinggi.

11. Mencegah aktivitas penyerapan kolesterol jahat dalam usus

Oatmeal mengandung beta glucan yang mampu mencegah , memblokir dan menggagalkan aktifitas penyerapan kolesterol jahat dalam usus, kondisi ini berguna mengurangi dan menghancurkan tingkat kolesterol jahat dalam darah.

Benarkah Oatmeal itu adalah gandum? lebih baik mana Oatmeal atau Gandum untyuk ibu yang menyusui?

Banyak yang menganggap bahwa Oatmeal dan gandum  adalah sama. Walaupun pada kenyatannya oatmeal dan gandum sama sama memiliki kandungan serat yang tinggi, zat besi yang kuat  dan tinggi nutrisi. Sama-sama cocok untuk program diet seimbang dan dapat melindungi kesehatan jantung karena memiliki kadar kolesterol jahat yang relatif rendah.

  • Kenyataannya Oatmeal dan gandum adalah jenis makanan yang berbeda walaupun memiliki nutrisi yang hampir sama. Kalau Oatmeal dapat langsung disantap dengan penambahan susu atau kacang kedelai atau kacang hijau namun Gandum harus melalui proses pemasakan terlebih dahulu baru boleh dimakan.
  • Banyak orang lebih menyukai gandum yang mempunyai citarasa yang gurih dan sedikit manis yang biasanya sudah berntuk roti atau bubur, khusus daripada Oatmeal yag memiliki ras lebih tawar dan hambar. Namun pada kenyataannya kandungan gizi pada Oatmeal jauh lebih tinggi daripada gandum.
  • Di dalam 100 gr Oatmeal mempunyai kandungan serat larut lemak sebesar 5,1 gr dan zat protein 16 gr, tetapi pada gandum yang telah dibentuk menjadi roti hanya memiliki 2,2 gr serat larut dan zat protein utuh sebanyak 13,7 gr saja. Serat larut pada Oatmeal lebih tiggi dari gandum, maka dari itu Oatmeal lebih aktif dalam menurunkan tingginya kadar kolesterol jahat didalam jaringan tubuh serta mampu membersihkan usus dari sisa limbah makanan yang banyak mengandung lemak jenuh.
  • Oatmeal dapat diberikan pada anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan yang sulit sekali mau makan nasi beserta lauk pauknya. Agar anak anak menyukai Oatmeal, tambahkan susu atau yogurt sekaligus. maka Oatmeal akan memiliki rasa yang nikmat dan manis. hal ini dilakukan agar pemenuhan gizi harian pada anak yang sulit makan tetap terjaga dengan baik.

Oatmeal selain dapat ditambahkan susu rendah lemak, kacang hijau atau yoghurt ternyata penggunaan air teh hijau yang telah diseduh sebagai pengencernya adalah baik untuk meningkatkan kualitas nutrisi dan mempercepat penurunan berat badan bagi orang orang yang terkena obesitas atau orang orang yang sedang menjalankan program diet seimbang atau pada ibu yang sedang menjalani program menyusui secara eksklusif.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 07th, April 2016 / 08:36 Oleh :
Kategori : Menyusui