Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Manfaat Yoghurt Untuk Ibu Menyusui

advertisement

Yoghurt adalah produk susu yang difragmentasi oleh bakteri baik seperti bakteri lactobacillus dan bakteri streptococcus, yoghurt mengandung vitamin A,vitamin B complex, vitamin C, vitamin D, E,K, calcium, magnesium, dan masih banyak lagi nutrisi yang terkandung pada yoghurt. Yoghurt yang kaya vitamin yang terkandung banyak orang yang menggunakan yoghurt sebagai salah satu alternatif untuk menurunkan berat badan, mengatasi masalah jerawat atau masalah kecantikan lainnya. Yoghurt kini tersedia dalam berbagai macam kemasan yang mudah untuk dibawa kemana saja.

Yoghurt yang difragmentasi bakteri baik seperti bakteri lactobacillus dan bakteri streptococcus sehingga cita rasa yoghurt sedikit asam. Kandungan yang terdapat pada yoghurt bermanfaat untuk ibu menyusui dan ibu hamil. Manfaat yoghurt untuk ibu hamil juga sangat baik dikonsumsi sebagai camilan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa manfaat yoghurt untuk ibu menyusui :

  1. Melancarkan ASI

Kadungan protein dan calcium yang terdapat pada yoghurt bermanfaat untuk melancarkan ASI. Sehingga bagi anda yang ingin memberikan ASI ekslusif pada bayi, dapat mengonsumsi yoghurt agar persediaan ASI tetap terjaga.

Baca juga :

  1. Membantu proses pencernaan

Bakteri probiotik yang terkadung pada yoghurt dapat membantu memproses makanan yang berada dalam usus. Didalam usus sebetulnya sudah terdapat bakteri probiotik, dengan mengonsumsi yoghurt jumlah bakteri probiotik yang berada pada usus dapat diperbanyak sehingga bakteri probiotik yang berfungsi menghancurkan bakteri jahat dalam usus dapat bekerja secara maksimal.

Baca juga : ibu hamil susah bab

  1. Membantu kesehatan tulang

Proses pengolahan calcium yang baik dalam tubuh membantu menjaga kesehatan tulang sehingga mencegah dari penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Bagi anda yang memiliki aktivitas yang berlebih dapat membantu tulang anda agar tetap sehat dan kuat. Yoghurt juga berguna membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi.

Baca juga : manfaat kalsium bagi ibu hamil

  1. Mencegah diabetes

Yoghurt yang rendah gula bermanfaat mencegah penyakit diabetes. Yoghurt heavenly blush, yoghurt ini memiliki kadar gula sekitar 10 % sampai 11% yang berguna untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda.

  1. Mencegah obesitas

Yoghurt yang memiliki jumlah kalori yang  rendah, dapat membantu anda dalam menghindari penyakit obesitas dan juga bagi ada yang memiliki program menurunkan berat badan, yoghurt merupaksn salah satu makanan yang dapat dimasukkan dalam menu sehari-hari anda. Obesitas yang kita tahu merupakan penyebab awal dari beberapa penyakit seperti diabetes dan jantung, karena banyaknya lemak dalam tubuh sehingga dapat memicu penyakit tersebut.

Baca juga : bahaya obesitas bagi ibu hamil

Sponsors Link

  1. Penambah vitamin untuk kecerdasan anak

Asam amino yang berasal dari protein berguna menambah vitamin untuk kecerdasan anak. Protein yang terkandung pada yoghurt dapat segera diserap oleh tubuh. Untuk menambah kecerdasan anak juga dapat diberikan pada saat masih dikandungan dapat dilakukan dengan cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan sejak dini.

  1. Mencegah infeksi

Bakteri candida merupakan penyebab  keputihan dan gatal pada organ intim wanita. Bakteri baik yang terkandung pada yoghurt berfungsi menghancurkan bakteri jahat dalam tubuh sehingga organ intim wanita terhindar dari bakteri jahat dan tetap sehat.

  1. Melancarkan menstruasi

Lemas dan pucat sering kali dialami oleh beberapa wanita, salah satu penyebabnya yaitu kekurangan zat besi dan kalsium dalam tubuh sehingga untuk mencukupi kekurangan tersebut tubuh mengambil zat besi dan calcium pada tulang. Manfaat yoghurt untuk ibu menyusui yang kaya akan kalsium, merupakan alternatif yang tepat sebagai penyedia nutrisi dalam tubuh untuk menyimpan cadangan kalsium bagi tubuh.

Informasi mengenai berbagai masalah menstruasi dapat anda baca di :

  1. Menjaga kesehatan kulit 

Karena beberapa wanita memiliki masalah kulit sensitif dan masalah kulit kering, yoghurt berguna untuk membantu mengatasi masalah kulit tersebut. Tak hanya mengatasi kulit kering dan sensitif mengonsumsi yoghurt mampu mengangkat sel-sel mati pada kulit sehingga kulit tetap terjaga kelembabannya dan tetap segar.

  1. Menjaga kekuatan rambut

Kandungan yang terdapat pada yoghurt seperti kalsium, protein, kalium, dapat membantu akar rambut tetap kuat sehingga tidak mudah rontok dan terhindar dari rambut bercabang.

Tips memilih yoghurt yang baik

Sponsors Link

  • Lihat kadar kalori yoghurt

Jumlah kalori pada setiap yoghurt berbeda-beda tergantung  dari susu yang digunakan berapa jumlah kalori dalam  susu. Sebaiknya pilihlah jumlah kalori dalam yoghurt  yang paling  sedikit agar manfaat  yoghurt  dapat bermanfaat dengan maksimal.

  • Kadar gula dalam yoghurt

Kadar gula pada yoghurt yang baik dibawah 6 mg, kenapa harus 6 mg? Karena yoghurt yang memiliki kandungan gula lebih dari 6 mg yoghurt tersebut ada tambahan gula  dari  buah,  madu atau lainnya.

  • Rendah lemak

Pilihlah yoghurt yang memiliki kandungan rendah lemak, karena tidak semua yoghurt mengandung kandungan lemak jenuh yang sama, apabila anda mengetahui yoghurt yang memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah akan sangat membantu dalam mengonsumsi yoghurt yang baik untuk anda namun apabila tidak menemukan pilihlah yoghurt yang paling rendah tingkat lemak jenuhnya.

  • Mengandung kalsium

Yoghurt memiliki kandungan kalsium yang berbeda-beda dan keunggulan vitamin yang berbeda pula, misalnya yoghurt yunani tingkat kalsium pada yoghurt yunani tergolong rendah namun kandungan protein lebih banyak dan lebih creamy sedangkan yoghurt kedelai merupakan salah satu alternatif bagi anda yang memilih yoghurt yang bukan susu. Oleh sebab itu pilihlah yoghurt yang memiliki kandungan kalsium yang dibutuhkan kalsium setiap harinya.

  • Yoghurt yang organic

Yoghurt merupakan susu yang difragmentasi namun beberapa produsen membuat yoghurt dengan bahan buatan seperti pemanis, pewarna, dan rasa buatan. Untuk produsen yang membuat yoghurt secara alami dapat diprediksi yoghurt tersebut dibuat tanpa antibiotik.

  • Pertimbangkan memilih yoghurt tanpa rasa

Yoghurt yang memiliki rasa buah-buahan atau lainnya patut diwaspadai adanya perasa buatan. Pastikan yoghurt tersebut tidak ada perasa buatan, mungkin sebaiknya anda membeli yoghurt tanpa mengandung rasa, untuk menambahkan rasa yoghurt, penambahan buah segar dapat menambah rasa alami pada yoghurt.

Yoghurt biasanya dikonsumsi pada saat sarapan dan ketika menghabiskan waktu istirahat  anda masing- masing 200 mg jadi total konsumsi yoghurt sekitar 400 mg dalam sehari.

Pada sebagian orang, kandungan enzim laktase dalam tubuhnya hanya sedikit  sehigga kandungan laktosa pada yoghurt yang cukup banyak tidak mampu diserap oleh tubuh dengan baik, hal itu dapat menyebabkan seseorang mengalami diare atau mual saat mengonsumsi yoghurt.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 16th, June 2016 / 08:04 Oleh :
Kategori : Menyusui