11 Obat Biduran Untuk Ibu Menyusui Aman dan Sehat            

Apakah ibu sedang menyusui dan terkena biduran? Biduran memang biasanya sering terjadi pada anak-anak dibawah lima tahun. Lebih dari usia tersebut hanya beberapa anak saja yang terkena biduran. Tapi ibu menyusui bisa terkena biduran dengan cepat. Ada banyak pemicu biduran pada ibu menyusui termasuk seperti alergi makanan tertentu, alergi debu, cuaca yang terlalu panas, alergi serbuk bunga, alergi serangga dan gigitan serangga. Biduran memang tidak nyaman karena menyebabkan semua bagian kulit menjadi gatal dan sulit untuk beraktifitas. Lantas bagaimana cara untuk mengobati biduran? Berikut ini obat biduran untuk ibu menyusui yang sangat aman dan tidak menyebabkan efek samping. (baca: obat tradisional biduran pada anakbiduran pada bayi )

  1. Antihistamin inhalasi

Sebenarnya ibu menyusui memang tidak disarankan menggunakan obat antihistamin kecuali dengan resep dan persetujuan dokter. Antihistamin bisa menyebabkan pengaruh untuk bayi karena bahan kimia yang terserap ke dalam ASI. Efeknya bisa menyebabkan bayi tidak nyaman, alergi, sakit kepala dan sakit. Ibu juga bisa mengalami hal yang sama. Tapi jenis antihistamin inhalasi menjadi hal yang disarankan untuk ibu menyusui. Obat bisa digunakan untuk mengatasi biduran yang  buruk dan sudah tidak bisa diatasi dengan obat alami yang ringan. (baca: obat alergi untuk ibu menyusui – obat mual untuk ibu hamil – bolehkah ibu menyusui minum obat)

  1. Kompres air dingin

Ketika ibu menyusui terkena biduran maka juga bisa menggunakan kompres dingin untuk meredakan semua gejala. Kompres dingin bisa bekerja dengan cepat karena bisa membantu mengecilkan pembuluh darah dan bisa menghambat proses pelepasan histamin dalam tubuh. Pada saat baru diterapkan maka bisa mengurangi pembengkakan para area biduran kemudian menghilangkan gatal. Namun Anda tidak boleh menggunakan es secara langsung yang mengenai kulit, karena bisa memicu alergi menjadi lebih buruk. Anda bisa mencoba untuk membungkus es batu dengan kain kemudian kompreskan pada area yang terkena biduran. Jika biduran merata pada semua bagian kulit maka cobalah untuk mandi air dingin tapi tidak berendam dengan air dingin. (baca: hiperpigmentasi saat hamil – gejala torch pada ibu hamil )

  1. Baking soda

Baking soda bisa mengatasi biduran dengan cepat karena mengandung senyawa yang berfungsi untuk meredakan peradangan. Bahkan baking soda bisa mengatasi rasa gatal dengan cepat sehingga ibu menyusui kembali cepat nyaman. Caranya adalah dengan menambahkan satu sendok baking soda ke dalam beberapa gelas air hangat. Kemudian campur hingga merata lalu rendam bagian yang terkena biduran selama setengah jam. Jika semua bagian tubuh terkena biduran maka cobalah membuat pasta baking soda. Gunakan pasta untuk masker semua bagian yang terkena biduran selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air hangat. (Baca:  obat tradisional gondongan pada anak – penyakit gondok pada ibu hamil )

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel juga termasuk bahan lain yang mengandung antihistamin alami yang sangat tinggi. Bahan ini akan bekerja untuk meredakan peradangan dengan cepat, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga agar kondisi kulit cepat pulih seperti semula. Anda cukup menambahkan beberapa beberapa sendok cuka sari apel ke dalam air hangat, kemudian rendam bagian yang terkena biduran selama beberapa menit. Jika belum berkurang atau hanya sedikit berkurang maka biasakan mencuci bagian kulit yang terkena biduran dengan air cuka sari apel yang dicampur dengan air hangat. Ramuan ini juga bisa diminum dengan cara menambahkan air perasan jeruk lemon dan madu. (baca: obat tradisional penurun panas anak – cara mengobati miom

  1. Oatmeal

Oatmeal bisa membantu mengatasi biduran karena bekerja untuk mengatasi rasa gatal berlebihan, menurunkan resiko peradangan dan menjadi sumber anti iritasi yang alami. Bahkan jika digunakan secara teratur maka bisa membuat bekas biduran cepat pulih seperti kulit yang sehat. Cara merawat biduran dengan oatmeal adalah dengan mencampur beberapa sendok oatmeal dengan air hangat yang akan digunakan untuk mandi. Kemudian cobalah untuk berendam selama kurang lebih 10 menit saja. Jika kondisi biduran lebih buruk maka cobalah membuat pasta dari oatmeal dengan tepung maizena. Setelah itu oleskan pada bagian kulit yang terkena biduran dan ulangi selama beberapa kali dalam sehari. (baca: obat gatal untuk bayi – manfaat oatmeal untuk ibu menyusui – manfaat oatmeal untuk ibu hamil )

  1. Jahe

Jika Anda memiliki beberapa potong jahe segar maka jangan ragu untuk menggunakan jahe sebagai obat biduran. Jahe sangat ampuh untuk mengatasi biduran karena bisa menjadi obat anti iritasi dan antihistamin yang sangat kuat. Jahe bisa membuat enzim yang menyebabkan peradangan mengalami penurunan kerja kemudian bisa meningkatkan aliran darah ke arah kulit. Dalam waktu yang cepat maka jahe bisa membantu menghilangkan bagian kulit yang mengalami gatal dan bengkak. Cara perawatan juga sangat mudah, yaitu dengan merebus jahe segar dengan segelas air yang dicampur dengan gula merah yang kasar. Kemudian oleskan air jahe ke bagian kulit yang terkena biduran. Jika cara ini tidak efektif maka cobalah untuk mengupas jahe segar dan gunakan getah yang keluar lalu terapkan pada bagian yang terkena biduran. (baca: bahaya jamu pada ibu menyusuiobat masuk angin untuk ibu menyusui)

  1. Lidah buaya

Lidah buaya sudah terkenal sebagai obat alami yang akan mengatasi biduran dan semua jenis gatal pada kulit. Lidah buaya mengandung senyawa yang bekerja untuk membunuh mikroba, anti peradangan, dan membuat kulit menjadi lebih lembut. Jika lidah buaya dikonsumsi maka bisa meningkatkan sistem kekebalan dan menghilangkan semua racun dalam tubuh yang memicu biduran. Cara perawatan adalah dengan mengoleskan lidah buaya segar ke bagian kulit yang terkena biduran, kemudian biarkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat. Ibu juga bisa mengkonsumsi lidah buaya yang sudah diolah untuk merawat biduran dari dalam tubuh.

  1. Kunyit

Kunyi merupakan jenis obat lain untuk mengatasi biduran dengan cepat. Kunyit  bisa membantu stimulasi kortikosteroid yang bekerja untuk meredakan peradangan dalam tubuh. Kemudian kunyit juga mengandung bahan antihistamin dan antioksidan alami yang bisa membantu merawat biduran dari dalam tubuh. Cara perawatan dengan mencampurkan bubuk kunyit dan susu hangat. Kemudian minum saat masih hangat. Kunyit sangat aman untuk ibu menyusui sehingga tidak perlu khawatir. Tapi ibu menyusui tidak boleh menggunakan ramuan ini jika menjalani perawatan dengan obat pengencer darah. (baca: manfaat kunyit bagi ibu hamil – bahaya kunyit bagi ibu hamil )

  1. Daun jelatang

Daun jelatang sudah lama dikenal sebagai obat untuk mengatasi biduran dan gatal-gatal. Jelatang bisa bekerja menjadi antihistamin alami kemudian bisa mengurangi peradangan dan pembengkakan. Cara perawatan juga sangat mudah dan tidak menyebabkan efek samping yang berat. Anda bisa mencoba untuk mencampurkan daun jelatang kering ke dalam segelas air hangat. Kemudian biarkan selama beberapa saat hingga semua daun sudah mengendap dibawah, saring dan campurkan dengan madu. Minum teh daun jelatang selama beberapa kali hingga biduran sembuh.


  1. Daun kemangi

Daun kemangi sudah terkenal sebagai obat alami untuk mengatasi gatal, peradangan dan pembengkakan. Daun kemangi juga bisa membantu meredakan nyeri dan gejala tidak nyaman karena biduran. Anda bisa mencoba untuk mencampurkan daun kemangi segar dengan segelas air hangat. biarkan selama beberapa saat kemudian ambil airnya untuk mengompres bagian yang terkena biduran. Anda juga  bisa menghancurkan daun kemangi dengan tangan kemudian oleskan pada biduran Anda. Lalu bersihkan biduran dengan air hangat. Dan ulangi selama beberapa kali hingga sembuh. (baca: manfaat daun kemangi bagi ibu hamil)

  1. Daun mint

Daun mint terkenal sebagai obat biduran karena bisa membantu mendinginkan bagian kulit yang terkena biduran. Daun mint juga bisa mengurangi rasa panas dan tidak nyaman karena biduran. Anda bisa mencoba untuk merendam daun mint yang sudah dikeringkan dengan air hangat. Kemudian biarkan selama kurang lebih 10 menit lalu gunakan airnya untuk membersihkan kulit yang terkena biduran. Anda juga bisa mencoba untuk merebus daun mint kemudian gunakan airnya untuk minuman yang dicampur dengan madu. (baca: pantangan makanan ibu menyusui )

Nah itulah semua jenis obat biduran untuk ibu menyusui. Selain menggunakan obat tersebut maka ibu bisa mencoba untuk memilih pakaian yang nyaman agar biduran tidak bertambah parah dan cepat sembuh.

, , ,
Post Date: Thursday 13th, July 2017 / 07:05 Oleh :
Kategori : Menyusui
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12