15 Obat Demam Alami Untuk Ibu Menyusui yang Aman

Memilih obat demam untuk ibu menyusui tentunya tidak boleh sembarangan, apalagi tanpa resep dari dokter. Hal ini dikarenakan pada saat menyusui, makanan yang dikonsumsi oleh ibu akan berpengaruh pada air susunya (ASI). Apabila ibu meminum obat maka kandungan senyawa dari obat tersebut bisa saja terbawa ke aliran darah dan masuk ke dalam ASI. Jika kondisi ini sampai terjadi maka bisa berisiko membahayakan kesehatan si kecil. Lalu apa yang harus dilakukan? Apakah demam harus dibiarkan begitu saja?

Tentu saja tidak. Apabila demam tidak diobati malah bisa menyiksa tubuh. Ibu boleh-boleh saja mengobati demam saat masa menyusui. Namun usahakan berhati-hati dalam memilih obat. Nah, berikut ini beberapa obat demam alami untuk ibu menyusui yang ampuh dan aman. Simak terus ya! 

(Baca juga: Obat pusing untuk ibu menyusuiObat demam untuk ibu menyusui)

Obat Alami Untuk Mengatasi Demam Pada Ibu Menyusui

Pengobatan dengan bahan alami merupakan ide terbaik bagi ibu menyusui saat mengalami sakit, sebab sebagaian besar obat alami ini tidak akan memperburuk kualitas ASI. Namun demikian, perlu diperhatikan juga bahwa tidak semua bahan alami boleh dikonsumi oleh ibu menyusui. Nah, dibawah ini beberapa obat demam dari bahan alami yang aman untuk ibu menyusui. Diantaranya yaitu:

  1. Air putih

Obat demam untuk ibu menyusui yang paling aman yakni dengan memperbanyak konsumsi air putih. Usahakan memilih air putih yang hangat. Minuman ini sangat baik untuk membantu pengeluaran keringat sehingga panas tubuh pun juga akan menurun. Selain itu, air hangat juga bisa melegakan tenggorokan serta mengatasi hidung tersumbat apabila demam Anda diserta flu.

Baca juga:

  1. Tingkatkan asupan nutrisi

Apabila suhu tubuh tidak naik terlalu tinggi, misalnya saja masih di rentang 37 oC – 38 oC, maka sebaiknya ibu jangan terburu mengonsumsi obat. Tubuh memiliki sistem antibodi tersendiri yang dapat berkerja melawan kuman penyakit. Oleh sebab itu, ibu tak perlu cemas. Akan lebih baik jika ibu memperbanyak konsumsi makanan bergizi (seperti kaldu ayam, susu hangat, putih telur dan sebagainya) untuk membantu meningkatkan fungsi dari imunitas tubuh. Dengan demikian peluang untuk sembuh juga akan lebih cepat.

Baca juga:

  1. Jahe

Ibu pasti menyediakan jahe di dapur, bukan? Rempah yang satu ini juga bisa loh dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan demam pada ibu menyusui. Jahe menyimpan banyak kandungan minyak atsiri, salah satunya gingerol yang berperan ampuh dalam menurunkan suhu tubuh serta melancarkan sirkulasi darah. Jahe juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Baca juga: manfaat jahe untuk ibu menyusui)

  1. Teh hijau

Pernah mencoba mengonsumsi teh hijau? Saran saya, selalu sediakan teh hijau di dapur Anda. Teh dengan nama latin “Camellia sinensis” ini punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya membantu mengatasi demam. Khasiat tersebut diperoleh berkat kandungan antioksidan yang tinggi pada daunnya. Dimana zat antioksidan tersebut berada dalam bentuk katekin dan flavonoid. Untuk membuatnya obat demam dari teh hijau, Kamu hanya perlu menyeduhnya seperti membuat teh pada umumnya. Teh hijau sangat berguna untuk meningkatkan imunitas dan membuat tubuh menjadi lebih fit.


  1. Yogurt

Ibu juga bisa mengonsumsi yogurt sebagai alternatif penyembuh demam. Minuman yang difermentasikan ini memiliki kanudngan probiotik yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan demikian apabila imunitas meningkat, maka peluang antibodi dalam mengalahkan penyakit juga lebih besar. Demam pun bisa sembuh meski tidak menggunakan obat-obatan medis. (Baca juga: Makanan ibu menyusui agar bayi putih bersih)

  1. Bawang putih

Bawang putih biasanya dikenal sebagai bumbu untuk penyedap makanan. Tapi kira-kira bagaimana rasanya bila dikonsumsi secara langsung? Hmm, tentunya tidak terlalu enak ya, bahkan terasa panas. Tapi bila Anda sedang mengalami demam di saat menyusui sebaiknya coba deh mengonsumsi bawang putih. Bahan ini menyimpan kandungan antibakteri dan antivirus yang mampu membantu mengatasi demam. Untuk cara pengonsumsiannya, pertama siapkan 1 siung bawang putih. Cuci dengan air, lalu iris tipis-tipis. Setelah itu tambahkan madu secukupnya untuk mengurangi rasa pedas. Kemudian konsumsi secara perlahan. Efek samping dari pengonsumsian bawang putih adalah rasa panas yang akan muncul di dalam perut.

  1. Bawang merah

Berbeda dari bawang putih yang disarankan untuk dikonsumsi langsung. Penggunaan bawang merah sebagai obat demam adalah sebagai obat eksternal. Bawang merah ini ampuh melawan demam berkat kandungan nutrisinya yang cukup kompleks, salah satunya vitamin C. Untuk cara penggunaan bawang merah sebagai obat demam, pertama Anda harus menyiapkan 1 siung bawang merah. Haluskan dalam blender yang bersih. Lalu langsung balurkan pada dahi atau telapak kaki. Tak perlu waktu lama, insyaaAllah panas tubuh akan segera menurun.

  1. Makanan ber-vitamin C tinggi

Di saat tubuh sedang terserang demam, ibu menyusui sebaiknya meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin C. Misalnya saja buah jeruk, pepaya, jambu biji, melon, paprika, tomat, kentang, mangga, dan sebagainya. Vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mengontrol tekanan darah dan memperkecil risiko diabetes. (Baca juga: vitamin untuk ibu menyusui – vitamin ibu menyusui agar bayi gemuk)

  1. Madu

Apabila Anda mengalami demam saat menyusui, usahakan untuk mengonsumi madu yang dicampurkan air hangat disetiap pagi. Madu ini merupakan salah satu makanan alami yang memiliki segudang khasiat. Di dalamnya terkandung zat antibakteri, antijamur, antiseptik serta vitamin C yang membantu melindungi kesehatan tubuh serta meningkatkan imunitas. Madu juga berperan sebagai sumber energi yang dapat mengembalikan kebugaran tubuh.

Baca juga: obat penurus panas anak – cara mengatasi demam pada anak –  Penyebab Step pada Bayi

  1. Jeruk nipis

Umumnya buah yang memiliki rasa asam ini sering digunakan sebagai penyedap masakan, misalnya saja soto. Nah, siapa sangka ternyata jeruk nipis juga berkhasiat sebagai obat demam alami loh! Untuk membuatnya sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan perasan air jeruk nipis ke dalam secangkir air hangat. Tambahkan sedikit madu agar rasanya lebih manis. Konsumsi sebanyak 1-2 kali dalam sehari agar demam cepat mereda. (Baca juga: Manfaat jeruk untuk ibu hamil, Bahaya jeruk nipis bagi ibu hamil)

  1. Air kelapa muda

Obat demam alami untuk ibu menyusui selanjutnya adalah air kelapa muda. Buah yang satu ini aman dikonsumsi bagi ibu hamil. Bahkan dapat meningkatkan produksi ASI. Dengan mengonsumsi air kelapa muda, keringat akan mudah dikeluarkan sehingga suhu tubuh puncepat menurun. Air dari buah ini juga berkhasiat dalam mencegah terjadinya dehidrasi.

Baca juga:

  1. Air seledri

Mungkin Anda berpikir  bahwa seledri hanyalah sebuah sayuran yang tak cukup banyak mengandung nutrisi. Padahal kenyataaanya daun ini kaya akan mineral dan vitamin loh, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta vitamin E. Maka itu tak heran jika sayuran ini berkhasiat ampuh dalam mengatasi demam. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu merebus daun seledri kira-kira 20-30 lembar. Selanjutnya minum air rebusan tersebut selagi masih hangat. Cara lain Anda bisa menghaluskan daun seledri, lalu membalurkannya pada bagian dahi. Daun ini bisa membantu menurunkan panas tubuh dalam waktu yang tak lama. (Baca juga: Manfaat jambu biji bagi ibu hamil)

Obat Medis Untuk Mengatasi Demam Pada Ibu Menyusui

Obat alami memang cara paling aman untuk mengatasi demam pada ibu menyusui. Namun demikian, terkadang pemberian bahan-bahan alami saja tidak cukup menurunkan  suhu tubuh dalam waktu singkat. Ibu membutuhkan obat medis agar demam bisa cepat mereda.  Lalu kira-kira adakah obat demam yang aman dikonsumsi untuk ibu menyusui? Menurut pernyataan yang dikelurkan oleh badan WHO, terdapat beberapa obat demam yang terbukti aman dan tidak menimbulkan efek samping jika dikonsumsi ibu menyusui. Diantaranya yaitu:

  1. Paracetamol

Anda pasti sudah tak asing dengan jenis obat yang satu ini. Ya, kandungan paracetamol memang kerapkali ditemukan pada merk obat-obatan penurun demam dengan kandungan sekitar 500 mg. Obat ini terbilang cukup ampuh untuk menurunkan suhu tubuh dan juga mengatasi rasa nyeri di kepala. Cara kerja obat ini yaitu dengan menekan produksi prostaglandin (senywa pemicu rasa sakit) dalam tubuh. Walaupun paracetamol terbilang aman dikonsumsi ibu menyusui, namun tetap saja ibu tidak boleh membeli obat demam secara sembarang di apotek atau warung. Sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu agar memperoleh obat yang tepat dengan kadar sesuai. (Baca juga: Obat batuk herbal untuk ibu hamil)

  1. Ibuprofen

Obat-obatan jenis ibuprofen juga tergolong obat yang aman dikonsumsi untuk ibu menyusui. Obat golongan NSAID (nonsteroidal anti-inflammatory drug) ini merupakan obat untuk mengatasi peradangan, membantu mengurangi rasa nyeri, sakit kepala, pegal-pegal, sakit gigi, dan demam. Sebelum ibu memutuskan untuk mengonsumsi obat ini, sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter terlebih dahulu. Sebab obat ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan tanpa resep dokter.

Baca juga:

  1. Ketoprofen

Sama halnya dengan ibuprofen, ketoprofen juga berguna untuk mengatasi peradangan, nyeri, sakit gigi, sakit kepala dan juga demam. Obat ini merupakan golongan obat non steroid dengan efek samping yang lebih banyak dibandingkan ibuprofen. Namun demikian obat ini tergolong aman dikonsumsi ibu menyusui. Tapi tetap harus dengan resep dokter ya! (Baca juga: Obat herbal amandel untuk anak kecil)

Demikianlah beberapa obat demam untuk ibu menyusui paling efektif dan aman. Sebagai saran, sebaiknya jangan membeli obat yang dijual bebas di toko, apotek atau warung. Bagaimana pun kondisinya, ibu yang sedang menyusui harus berhati-hati terhadap pengonsumsian obat-obatan. Maka itu, jika sakit menyerang sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter atau cobalah metode-metode alami untuk menyembuhkan.

, , ,
Post Date: Saturday 10th, June 2017 / 13:46 Oleh :
Kategori : Menyusui