Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Tips Menyusui Bayi Kembar Yang Benar

advertisement

Tips menyusui bayi kembar banyak dipertanyakan oleh ibu hamil bahkan yang tidak memiliki bayi kembar sekalipun. Memang memiliki bayi kembar merupakan keinginan bagi banyak orang tua. Bukan hanya tampak lucu melainkan anak dengan wajah yang mirip tersebut nyatanya jarang ditemui sehingga akan menimbulkan kesan unik tersendiri. Meski terkesan menyenangkan, namun nyatanya merawat bayi kembar tidaklah semudah yang para ibu pikirkan. Dibandingkan dengan satu anak, maka ibu yang merawat anak kembar tentu jauh lebih repot karena harus memperhatikan 2 anak sekaligus secara bersamaan. ( Baca : Kisah kelahiran bayi kembarTips agar hamil anak kembarGejala hamil anak kembar )

Salah satu hal yang cukup merepotkan bagi ibu yang memiliki bayi kembar adalah pemberian ASI. Pemberian ASI eklusif sendiri adalah 6 bulan. Selama masa ini ibu sebaiknya memberi ASI bayi secara rutin untuk keperluan tumbuh kembang anak yang baik.  Untuk selanjutnya, ibu bisa menggunakan makanan pendamping ASI untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bayi yang semakin bertambah dewasa. Untuk ibu dengan bayi kembar, tentu lebih memeras otak karena ada 2 bayi yang harus disusui. Dalam hal ini ibu membutuhkan tips khusus supaya tidak kerepotan saat memberi ASI bagi bayinya. ( Baca : Cara hamil anak kembar secara alamiCiri ciri hamil ank kembarRekor – rekor kehamilan tingkat dunia )

Menyusui bayi kembar tentu tidak mudah sehingga dibutuhkan metode yang tepat untuk menyusui bayi tersebut. Berikut ini merupakan tips menyusui bayi kembar yang bisa ibu lakukan:

  1. Menyusui Dengan Posisi menggendong

Tips menyusui bayi kembar yang pertama adalah dengan posisi menggendong. Caranya adalah dengan memeluk bayi dengan posisi kepala ditempatkan pada bagian lekuk siku tangan ibu. Sementara itu, tempatkan kepala bayi yang akan menyusu pada payudara sebelah kanan, maka anda bisa meletakkannya pada siku tangan kanan anda dan posisi bokong bayi berada di telapak tangan. Ibu bisa melakukan hal yang sama pada bayi satunya dengan meletakkan di tangan kiri.

Baca : Tips menyusui bayi di tempat umumTips menyusui bayi agar tidak muntah kembali

  1. Menyusui dengan Posisi Menyangga Kepala

Tips menyusui bayi kembar yang selanjutnya adalah dengan posisi menyangga. Cara ini bisa dilakukan dengan cara menyangga kepala bayi dengan telapak tangan anda. Sementara itu, selipkan tubuh bayi di bawah kedua tangan anda. Untuk bayi yang disusui melalui payudara kanan, maka anda bisa menempatkan kepala bayi pada telapak tangan anda begitu pula sebaliknya. Pada posisi ini ini ibu dapat meetakkan tangan di atas bantal atau mungkin di atas pangkuan anda. Selanjutnya sangga leher, bahu serta kepala bayi menggunakan telapak tangan. Arahkan mulut bayi pada puting susu ibu dan biarkan kakinya menjulur ke arah belakang.

Baca : Cara membersihkan kulit kepala bayi

  1. Menyusui dengan Posisi Gabungan

Tips menyusui bayi kembar juga dapat dilakukan dengan posisi gabungan. Untuk metode ini, ibu bisa menyusui salah satu bayi dengan cara menggendongnya sementara bayi lainnya dengan posisi menyangga kepala. Untuk ganti suasana bagi bayi, maka ibu dapat melakukannya secara bergantian.

  1. Beri ASI Pada Bayi Dengan Segera

Menyusui bayi sebaiknya dilakukan sesegera mungkin setelah proses melahirkan. Menyusui dapat dilakukan 8 hingga 12 kali setiap hari selama 24 jam untuk membantu ibu dapat menstabilkan produksi ASI. Semakin sering ibu menyusui maka air susu ibu juga akan semakin meningkat produksinya.

Baca : Efek ekstasi bagi ibu hamilSusah BAB saat hamil

  1. Memeras ASI

Memeras ASI  dapat membantu bunda untuk tetap menyusui bayinya dimanapun ibu tengah berada. Bukan hanya itu namun memeras ASI juga dapat membantu bunda untuk membantu pengasuhnya sehingga tugas menyusui menjadi jauh lebih ringan. Dalam memeras ASI sebaiknya dari kedua payudara sekaligus karena dapat menstimulasi kelenjar susu untuk memproduksi lebih banyak air susu. Untuk mencari pompa ASI, ibu dapat bertanya pada pihak rumah sakit untuk mengetahui apakah mereka memiliki pompa ASI untuk disewa.

Sponsors Link

Baca : Mata bintitan saat hamilIbu hamil cepat lelah

  1. Susui bayi Dari Kedua Payudara

Jangan hanya menyusui bayi menggunakan salah satu payudara melainkan lakukan dengan menggunakan kedua payudara ibu. Hal ini perlu dilakukan supaya anak dapat merasakan pengalaman dalam menghisap susu dari payudara yang berbeda. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat menstimulasi penglihatan bayi dengan karena menghisap pauyudara ibu dengan sudut pandang yang berbeda.

  1. ASI Eklusif

Dibandingkan dengan jenis makanan yang lain bagi bayi, tentu ASI jauh lebih baik. Meski demikian, sebaiknya ibu memadukan ASI dengan susu formula. Namun perhatikan dulu mana susu formula yang tepat bagi bayi anda.  Dalam hal ini ibu dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk mencari tahu mana susu formula yang tepat bagi bayinya. Hal yang perlu diingat ibu adalah sebaiknya memompa ASI 8 hingga 10 kali selama 24 jam karena jika tidak, maka produksi ASI dapat menurun.

Baca : Bahaya makan jamur bagi ibu hamil

Tips Mengatasi Rasa Cemburu pada Bayi Kembar

Perlu diketahui, ada kalanya bayi merasa cemburu jika ibu hanya memperhatikan salah satu dari mereka. Untuk itu ada baiknya bagi ibu mengetahui membagi perhatiannya pada si kecil sehingga tidak ada satupun dari mereka yang merasa diabaikan. Banyak ajli yang menyatakan jika anak- anbak umumnya tidak memperlihatkan tanda- tanda kecemburuan mereka hingga menginjak usia balita. Meski demikian, kecemburuan antar bayi, bisa terjadi dimulai saat mereka mereka menginjak usia 4 bulan. Meski demikian, banyak bayi yang menunjukkan kecemburuan mereka, saat berusia 6 bulan. ( Baca : Pola makan bayi 12 bulanPola makan bayi 11 bulan )

ads

Kecemburuan bayi umumnya dipicu oleh kesibukan ibu yang menyusui saudaranya. Kecemburuan tersebut merupakan salah upaya bagi bayi dalam merebut kembali perhatian dari sang ibu. Hal ini tentu membuat ibu kewalahan karena bayi akan menuntut perhatian serta perawatan yang sama dari ibu. Jika sudah demikian, maka ibu yang nekat merawat serta memperhatikan bayinya secara bersamaan tentu akan kerepotan dan yang pasti membuat ibu lelah. ( Baca : Pola makan bayi 4 bulan )

Berikut ini tips bagi ibu yang dapat dilakukan untuk meminimalisir rasa cemburu bayi seperti:

  1. Mengatur waktu tidur

Cara yang pertama adalah dengan cara mengatur waktu tidur bayi. Ibu dapat mengatur waktu yang berbeda antara si kecil. Atur waktu tidur anak anda, sehingga ketika salah satu anak tidur, maka anda bisa menyusui anak yang satunya. Setelah yang satunya bangun maka anda bisa gantian menyusui bayi tersebut. Hal ini bisa diterapkan tidak hanya pada siang hari melainkan juga pada malam hari. Hal ini dapat mengurangi kerepotan ibu jika harus menyusui kedua bayinya secara langsung bersamaan.

Baca : Posisi tidur hamil 5 bulanBayi tidur tengkurap

  1. Alihkan perhatian si kecil

Menyusui bayi kembar memang menimbulkan kerepotan bagi para ibu namun hal ini bisa disiati dengan beragam cara dimana salah satunya adalah dengan cara menglihkan perhatian salah satu dari si kecil. Anda bisa memberi salah satu bayi anda makanan ringan atau bahkan mainan sehingga anda dapat menyusui yang satunya. Meski demikian, terkadang akan muncul rasa cemburu antar bayi jika sudah demikian maka ada baiknya ibu mengatur waktu dengan baik dan memberi perhatian yang seimbang di antara keduanya.

  1. Susui secara bersamaan

Meski ibu biasanya dapat mengalihkan perhatian anak atau mungkin mengatur waktu tidur yang berbeda bagi mereka namun tetap saja ada saat dimana ibu harus menyusui keduaanya secara bersamaan. Ada banyak metode menyusui bayi kembar yang dapat anda lakukan tergantung dengan kenyamanan anda saat melakukannya.

Baca : Cara mencuci botol susu bayiAkibat ibu hamil jarang minum susu

Itulah tips menyusui bayi kembar dan cara mengatasi rasa cemburu pada bayi kembar. Memiliki bayi kembar memang kebahagiaan tersendiri bagi orang tua namun hal ini nyatanya dapat menimbulkan kerepotan tersendiri bagi orang tua. Berbeda dengan mereka yang memiliki satu bayi, memiliki bayi kembar menuntut ibu untuk dapat memberikan perhatian yang sama sehingga tidak menimbulkan rasa cemburu antar bayi.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 23rd, May 2016 / 07:23 Oleh :
Kategori : Menyusui