Sponsors Link
     Sponsors Link

Perkembangan Janin 3 Bulan (12 Minggu)

advertisement

Pada masa janin 3 bulan ibu hamil mulai memperhatikan akan kehamilannya. Embrio dalam rahim kini telah berkembang menjadi janin. Janin bentuknya sudah menyerupai manusia tidak hanya berbentuk embrio saja. Embrio telah berubah menjadi bakal janin saat usia kehamilan sudah memasuki usia 10 minggu, untuk usia 12 minggu atau tiga bulan embrio telah berubah menjadi bakal janin.

perkembangan janin 3 bulanIbu hamil 3 bulan sudah bisa merasakan pergerakan janin di dalam perutnya. Meski masih terasa samar namun pergerakan janin terasa di dalam rahimnya. Pergerakan tersebut tidak teratur seperti janin yang berumur lima bulan ke atas, namun ibu hamil yang memiliki kulit tipis biasanya bisa merasakan pergerakan janinnya tersebut. Tugas ibu hamil adalah selalu menjaga kesehatan janin yang ada di dalam kandungannya. Janin yang berusia tiga bulan rentan untuk terkena keguguran, oleh sebab itulah ibu hamil harus menjaga kesehatan janin yang ada di dalam kandungannya.

Perkembangan Janin

Ibu hamil harus mengetahui perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya apakah berkembang sesuai dengan perkembangannya atau tidak. Ibu hamil harus tahu apakah janin yang dikandungnya itu sudah sesuai dengan perkembangannya atau tidak.

Berikut ini perkembangan janin 3 bulan yang harus diketahui oleh ibu hamil :

1- Saat usia kehamilan 3 bulan, janin sudah memiliki wajah yang dilengkapi dengan mata, mulut, hidung dan organ yang lainnya.

2- Janin memiliki 32 macam bakal gigi secara permanen.

3- Janin memiliki jari-jari kecil yang sudah dilengkapi dengan kuku-kuku kecil. Kuku kecil itu sudah ada di jari tangan maupun di jari kaki.

4- Alat kelamin saat usia memasuki 2 bulan sudah terbentuk. Saat usianya 3 bulan organ intim belum bisa berkembang secara sempurna, sehingga janin belum bisa terlihat jenis kelaminnya.

5- Tulang pada bayi sudah terbentuk sempurna, otot pada janin pun juga sudah terbentuk.

6- Janin bisa bergerak dikarenakan beberapa syaraf dan otak janin mulai dapat difungsikan. Pergerakan janin bisa dirasakan meski gerakannya masih sangat lembut sekali.

7- Janin di dalam rahim mulai belajar menghisap, menelan bahkan janin mulai bisa melakukan buang air kecil.

8- Perkembangan janin 3 bulan sudah mencapai 3,5 inci.

9- Janin mulai bisa menggeliat bahkan mulai bisa menguap.

Perubahan Tubuh Ibu Hamil

Saat usia kandungan memasuki usia tiga bulan ibu hamil memiliki perubahan yang siginifikan, perubahan tersebut adalah sebagai berikut ini :

1- Perubahan berat badan. Ibu hamil bisa memiliki peningkatan berat badan yang drastis seiring dengan perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya. Peningkatan berat badan ini normal dan tandanya janin sedang tumbuh di dalam rahim.

2- Hormon memiliki tingkat yang stabil dibandingkan bulan sebelumnya saat mengalami tanda tanda kehamilan. Mood ibu hamil pun sedikit demi sedikit akan mulai berubah.

3- Aliran darah ke janin mulai meningkat, ibu hamil mulai merasakan berkurangnya rasa tidak nyaman di organ pencernaannya terutama di bagian perutnya.

4- Dalam masa ini ibu hamil gangguan kehamilan awal yang merasakan kelelahan dan juga kecapaian kini mulai berkurang. Ibu hamil bisa melakukan aktivitas ringan seperti melipat pakaian, menyetrika dan aktivitas fisik yang ringan lainnya.

Sponsors Link

Asupan Makanan

Saat janin memasuki usia tiga bulan, ibu hamil harus memperhatikan fase makanannya. Ibu hamil harus benar-benar menjaga kesehatan dan juga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, makanan sehat untuk ibu hamil ini sebagai energi bagi ibu hamil ketika akan melahirkan, menyusui dan juga memulihkan luka pasca melahirkan. Ibu hamil juga perlu mengatur menu makanan yang akan dimakannya.


Langkah Pemenuhan Gizi Ibu Hamil 3 Bulan

Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan ibu hamil saat melakukan pemenuhan gizi ibu hamil :

1- Makan secara rutin minimal tiga kali sehari.

2- Menyajikan berbagai macam bahan makanan yang banyak mengandung gizi tinggi. Gizi tinggi tersebut makanan yang ada di dalam daftar 4 sehat 5 sempurna.

3- Membuat berbagai macam olahan atau makanan yang beraneka ragam agar ibu hamil tidak merasakan bosan dengan menu yang itu-itu saja.

4- Dalam memilih bahan makanan pun tidak boleh sembarangan, ibu hamil harus memilih bahan makanan yang segar. Larangan ibu hamil yakni, bahan makanan yang diawetkan atau disimpan terlalu lama di dalam kulkas atau lemari pendingin. Bahan makanan yang segar memiliki kandungan yang masih utuh sedangkan bahan makanan yang diawetkan atau terlalu lama disimpan di dalam lemari pendingin memiliki kadar gizi dan nutrisi yang menurun.

5- Makanan yang sehat bagi ibu hamil terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah. Ibu hamil juga tidak boleh lupa meminum dua buah gelas susu setiap harinya. Susu hamil kaya akan manfaat asam folat yang baik untuk mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

6- Agar kadar gula stabil dan tidak membuat janin memiliki berat badan yang berlebihan, ibu hamil bisa mengganti nasi putih menjadi nasi merah. Nasi merah kaya akan serat, rendah kadar glukosa serta memiliki berbagai macam vitamin yang baik untuk ibu hamil. Nasi merah juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi, cocok bagi ibu hamil yang kekurangan zat besi di dalam tubuhnya.


Menu Makanan di Usia Kehamilan 3 Bulan

Ibu hamil tentu bingung dengan menu makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat kehamilannya. Ibu hamil sering merasakan bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Oleh sebab itu, ibu hamil perlu mengkombinasikan menu makanan yang dikonsumsinya agar tidak bosan dan tetap bergizi tentunya.

Berikut ini berbagai jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil selama kehamilan bulan ketiga :

1- Menu makan pagi yang bisa dibuat oleh ibu hamil adalah susu hamil, nasi dan juga telur. Telur bisa dibuat telur dadar atau bahkan direbus. Ibu hamil bisa menambahkan ke dalam menunya oseng kacang panjang dicampurkan dengan tahu putih. Alangkah baiknya jika ibu hamil juga mengkonsumsi bubur kacang hijau saat memasuki jam sepuluh pagi.

2- Bubur kacang hijau jika dikonsumsi ibu hamil akan bagus untuk perkembangan janin yang ada di dalam rahimnya.

3- Makan siang ibu hamil bisa menggunakan menu nasi dengan pepes ikan kembung. Selain itu, ibu bisa mengkonsumsi keripik tempe dengan sayur bening. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah buahan untuk ibu hamil  sebagai penutup. Susu hamil diminum kembali saat sore hari minimal pukul empat sore.

4- Makan malam ibu hamil bisa mengkonsumsi nasi dengan tahu dan ditambahkan dengan semur daging. Jangan lupa tetap menyertakan sayur dalam menu makan malam, berupa sayur orak arik dengan bahan wortel dan kol. Jangan lupa mengkonsumsi manfaat pisang untuk ibu hamil sebagai buah pencuci mulutnya.

5- Porsi yang dikonsumsi harus sedikit namun harus lebih sering.

6- Jika ibu hamil masih mengalami mual dan muntah, ibu hamil bisa mengkonsumsi roti yang kering, sari buah dan sering minum susu hamil.

7- Hindari pantangan makanan ibu hamil yaitu makanan berlemak dan berbau tajam yang bisa merangsang mual.

8- Mual dan muntah bisa teratasi dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi sedikit namun sering selama tiga jam sekali. Mual yang diderita ibu hamil pun bisa berkurang dengan pola makan seperti itu.


Sponsors Link

Hal yang Harus diwaspadai Ibu Hamil

Perkembangan janin 3 bulan merupakan usia kehamilan yang rentan, ibu hamil harus berhati-hati dalam menjaga kandungannya. Saat usia janin tiga bulan, ibu hamil masih mengalami morning sickness namun, akan menjadi normal saat memasuki usia tiga bulan. Ibu hamil sudah memiliki nafsu makan yang lebih bagus dibandingkan usia kehamilan 1 bulan dan 2 bulan.

Beberapa hal yang harus diwaspadai ibu hamil adalah sebagai berikut ini :

  • Ibu hamil saat usia kandungan memasuki tiga bulan boleh melakukan hubungan seksual namun harus tetap berhati-hati dikarenakan janin masih rawan keguguran.
  • Ibu hamil yang memiliki riwayat keguguran sebaiknya menunda hubungan intimnya sampai usia kandungan memasuki usia 5 bulan ke atas.
  • Jika hubungan intim membuat flek bercak darah, sekalipun kehamilan normal sebaiknya hubungan intim dihindari. Ibu hamil segera mendapatkan perawatan khusus atau obat penguat kandungan.

Video Perkembangan Janin 3 Bulan

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 24th, June 2015 / 08:33 Oleh :
Kategori : Perkembangan Janin