29 Cara Cepat Hamil Secara Alami Yang Sudah Terbukti

Segera memiliki anak telah menjadi tujuan semua pasangan yang baru menikah. Namun terkadang usaha untuk memiliki anak memang tidak mudah dilakukan. Beberapa pasangan bahkan menunggu selama bertahun-tahun untuk memiliki anak. Pada dasarnya syarat untuk memiliki anak harus dipenuhi agar istri bisa cepat hamil. Diantaranya adalah kesehatan reproduksi yang sama-sama sehat baik untuk suami atau istri. Jika ada masalah di salah satu pihak maka harus segera diatasi. Setelah semua masalah ini diatasi maka dibutuhkan beberapa cara agar cepat hamil. Apa saja cara itu? Simak informasi dibawah ini:

  1. Jangan menggunakan KB atau lepas KB Anda

Ketika Anda ingin cepat hamil maka jangan menggunakan alat KB apapun. Alat KB berfungsi untuk mengontrol peluang kehamilan sehingga Anda mungkin akan sulit untuk bisa hamil. Bahkan jika masih tetap menggunakan alat KB maka Anda juga bisa terkena beberapa resiko seperti masalah hamil saat masih pakai alat KB. Beberapa alat KB juga menyebabkan resiko yang berpengaruh untuk tingkat kesuburan terutama untuk wanita. Alat KB terkadang juga membatasi masa subur sehingga tidak mungkin Anda bisa hamil. Jika Anda dan pasangan sudah siap untuk menghadapi kehamilan maka segera lepas alat KB. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan yang merawat Anda.

Baca: efek samping pil KB – bahaya KB suntik

  1. Tandai masa subur Anda

Masa subur pria memang lebih bebas atau tidak terbatas seperti wanita. Sementara wanita hanya memiliki masa subur selama satu sampai dua hari saja. Masa umur sel telur yang sudah matang bahkan hanya bisa bertahan selama 12 sampai 24 jam saja. Sehingga kehamilan sangat ditentukan oleh masa subur wanita. Perhitungan masa subur bisa dilakukan dengan melihat siklus menstruasi dan jarak menstruasi ke bulan selanjutnya. Jika Anda memiliki periode menstruasi yang teratur maka masa subur bisa ditentukan dengan mudah. Kemudian setelah Anda mengetahui masa subur maka Anda bisa menentukan kapan harus berhubungan intim dengan pasangan. Jika Anda memiliki masa menstruasi yang tidak teratur maka lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui masa subur Anda.

Baca:  proses kehamilan – cara menghitung usia kehamilan

  1. Berhubungan intim mendekati dan saat masa subur

Kemudian langkah lain yang bisa Anda coba adalah berhubungan intim saat masuk masa subur. Jadi setelah Anda menemukan masa subur maka ini waktu yang tepat untuk melakukan hubungan intim. Pasangan bisa mencoba untuk berhubungan intim beberapa hari sebelum masa subur dan saat masa subur. Cara ini bisa meningkatkan peluang kehamilan karena sel sperma bisa bertahan dalam kondisi baik setidaknya sampai 24 jam. Untuk masalah posisi berhubungan intim memang tidak ada bukti khusus dari ahli medis, tapi berhubungan dengan cara konvensional dianggap lebih menguntungkan.

Baca: cara hamil anak kembar laki-laki dan perempuan – cara hamil anak kembar

  1. Hindari rasa khawatir saat berhubungan intim

Banyak pasngan yang ingin cepat hamil sehingga mereka cenderung banyak merasa khawatir. Bahkan karena rasa khawatir yang sangat tinggi akhirnya justru kegagalan. Berikut ini beberapa hal yang tidak boleh terlalu dipikirkan saat berhubungan intim.

  • Jangan pernah menggunakan bahan atau bantuan apapun saat berhubungan intim. Hindari menggunakan pelumas atau bberbagai bahan kimia lain karena ini akan menghambat kehamilan.
  • Jangan terlalu berpikir tentang orgasme saat berhubungan, karena orgasme atau tidak sama sekali tidak berpengaruh untuk kehamilan.
  • Jangan berpikir tentang pekerjaan atau apapun saat berhubungan intim sehingga suasana benar-benar santai.
  1. Konsultasi dengan dokter kandungan

Jika Anda sudah mencoba beberapa cara yang alami namun tidak berhasil, maka cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Anda bisa meminta saran tentang masa subur yang Anda miliki dan pemeriksaan sel telur yang paling matang. Jika Anda masih bertahan dengan cara yang alami maka dokter akan membantu untuk menentukan  kapan waktu yang tepat untuk berhubungan intim. Setelah itu Anda bisa menunggu hasilnya. (baca: pengertian obstetri dan ginekologi)

  1. Periksa suhu basal saat masa subur

Ketika Anda merasa bingung atau sulit untuk menentukan masa subur maka Anda bisa memeriksa suhu basal tubuh. Ada beberapa tanda saat masa subur seperti munculnya keputihan yang lebih cair dan hangat pada bagian organ intim. Jika Anda ragu maka Anda bisa mencoba menggunakan termometer khusus yang bisa mendeteksi apakah Anda sedang masuk masa subur atau tidak. Alat ini bisa membantu kapan Anda harus berhubungan intim atau tidak sehingga tubuh Anda juga lebih siap.

  1. Hindari menggunakan celana ketat

Menggunakan celana ketat banyak dilakukan oleh pria dan wanita. Padahal menggunakan celana ketat bisa menghambat peluang kehamilan. Jika Anda ingin melakukan cara cepat hamil maka hilangkan kebiasaan ini. Celana ketat menyebabkan tekanan yang lebih besar pada bagian intim atau sekitar organ reproduksi. Kemudian celana ketat akan menghambat aliran darah yang lancar dalam tubuh sehingga bagian organ reproduksi Anda juga menjadi tidak sehat. Selain itu celana ketat juga bisa menyebabkan masalah suhu yang penting untuk mempertahankan kesehatan sel telur dan sel sperma dan juga penyakit reproduksi. Jadi hilangkan kebiasaan menggunakan celana ketat jika Anda ingin cepat hamil.

 

  1. Usahakan untuk berhenti merokok

Kemudian setiap pasangan juga harus mencoba untuk berhenti merokok dan menghindari asap rokok. Asap rokok menyebabkan masalah yang sangat besar untuk sistem reproduksi. Rokok mengandung nikotin yang bisa menyebabkan tubuh memiliki masalah kesehatan. Laki-laki yang merokok juga bisa terkena masalah seperti ejakulasi dini atau ketidakmampuan untuk melakukan hubungan intim. Sementara rokok juga bisa merusak masa umur dan kesehatan sel telur dan sel sperma. Jadi baik suami atau istri sebaiknya menjaga tubuh agar tidak terkena asap rokok.

Informasi bahaya rokok:

  1. Jangan mengkonsumsi alkohol

Kebiasaan minum alkohol juga bisa menyebabkan kondisi sel sperma atau sel telur menjadi lebih buruk. Alkohol bisa merusak peluang kehamilan sehingga istri akan sulit untuk hamil. Menjauhi alkohol harus dilakukan oleh pasangan. Alkohol juga bisa merusak kesuburan untuk wanita karena bisa menyebabkan masalah reproduksi. Bahkan ketika berhasil hamil maka rokok bisa mempengaruhi kesehatan janin sehingga bisa memicu cacat pada bayi. (baca:  Bahaya alkohol saat hamil – penyebab janin cacat sejak dalam kandungan)

  1. Kurangi kafein

Jika Anda terbiasa mengkonsumsi kafein maka hentikan atau kurang kafein saat ingin hamil. Kafein bisa menyebabkan masalah kesuburan untuk pria dan wanita. Bahkan kafein juga meningkatkan resiko kelahiran prematur jika berhasil hamil. Beberapa jenis minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi, teh dan coklat sebaiknya tidak diminum saat ingin melakukan program hamil. Gantikan dengan minuman yang lebih sehat seperti air putih. (baca: bahaya kafein bagi ibu hamilbahaya kopi bagi ibu hamil – bahaya soda bagi ibu hamil)

  1. Mulailah olahraga bersama

Untuk mendapatkan kehamilan maka juga dibutuhkan kondisi tubuh yang bugar dan sehat. Jika Anda ingin melakukan perubahan maka mulailah dengan melakukan olahraga bersama. Anda bisa mencoba untuk bersepeda, berjalan kaki, atau lari. Berbagai jenis olahraga yang ringan sangat penting untuk menggerakkan semua bagian tubuh dan otot tubuh Anda. Olahraga sangat penting untuk menjaga sistem peredaran darah dalam tubuh. Kemudian olahraga juga bisa membantu pasangan menghilangkan stres sehingga sel telur dan sel sperma menjadi lebih sehat. Olahraga bisa membantu semua bagian reproduksi bisa bekerja dengan baik sehingga Anda bisa segera hamil.

  1. Bersantai dan ambil cuti dari pekerjaan Anda

Terkadang pasangan yang ingin segera hamil mengalami kondisi stres yang didapatkan dari lingkungan. Tidak hanya keluarga dan pekerjaan saja tapi juga semua masalah yang bisa memicu stres. Stres akan menyebabkan peluang kehamilan menjadi lebih kecil. Untuk itu Anda bisa mencoba untuk bersantai dan mengambil waktu cuti dari pekerjaan. Lebih baik lagi jika dilakukan saat masa subur sehingga Anda bisa keluar kota. Anda bisa pergi ke alam bebas untuk menikmati udara yang lebih segar dan buat suasana menjadi lebih hangat dengan pasangan.

  1. Hindari duduk terlalu lama

Kemudian pasangan juga harus mencoba untuk tidak duduk dalam waktu yang lama. Suami dan istri harus mencoba untuk lebih sering berjalan. Duduk dalam waktu lama bisa membuat suhu sperma menjadi tidak sehat sehingga istri sulit hamil. Sementara untuk wanita tekanan saat duduk lama juga bisa menyebabkan masalah untuk sel telur. Kemudian hindari memangku atau meletakkan ponsel atau laptop di sekitar paha. Sinar radiasi yang dipancarkan dari gadget bisa menyebabkan masalah serius untuk kesehatan sel sperma dan sel telur.

Baca: kaki bengkak saat hamil – bahaya duduk terlalu lama bagi ibu hamil – bahaya jongkok bagi ibu hamil –  ibu hamil muda berdiri lama

  1. Buat suasana menjadi romantis

Jika Anda tidak bisa mengambil cuti atau bepergian keluar kota maka Anda bisa mencoba untuk membuat suasana rumah menjadi romantis. Suasana yang romantis bisa membantu pasangan menjadi lebih santai dan tidak terlalu tertekan. Lakukan saat akhir pekan dimana kondisi pikiran Anda juga menjadi lebih santai. Kemudian buat suasana hati menjadi lebih menyenangkan sehingga saat berhubungan intim juga menjadi lebih santai.

  1. Hindari makanan dengan lemak jenuh

Makanan juga memberi pengaruh yang sangat besar untuk peluang kehamilan. Salah satu makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi jika ingin hamil adalah semua makanan yang mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh bisa menyebabkan tubuh memiliki reaksi yang sangat lemah terhadap kesuburan. Bahkan bisa menyebabkan tubuh mengalami resistensi insulin sehingga wanita akan sulit untuk menstruasi dengan periode yang teratur. Sementara laki-laki yang sering mengkonsumsi lemak jenuh juga sulit untuk memiliki sel sperma yang sehat. Beberapa sumber yang mengandung lemak jenuh seperti gorengan, makanan cepat saji, lemak dari daging ayam, daging sapi dan daging bebek, serta lemak dari minyak sayuran yang sudah terhidrogenasi.

Baca: bahaya fast food bagi ibu hamil dan janin – bahaya junk food bagi ibu hamil paling mengerikan)

  1. Biasakan mengkonsumsi kacang kacangan

Mengkonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. Kacang-kacangan bisa dikonsumsi oleh laki-laki maupun perempuan. Semua kacang-kacangan mengandung asam folat yang sangat tinggi. Asam folat sangat penting untuk meningkatkan kesuburan karena bisa membuat umur dan kesehatan sel sperma maupun sel telur menjadi lebih sehat. Beberapa jenis kacang-kacangan yang sehat termasuk seperti kacang hijau, lentil, edamame, kacang tanah, almond dan kacang garbanzo.

Baca: makanan yang mengandung asid folik – manfaat asam folat bagi ibu hamil

  1. Konsumsi susu rendah lemak

Mengkonsumsi susu rendah lemak dan semua jenis produk susu rendah lemak juga sangat baik untuk mendukung program kehamilan. Susu rendah lemak bisa menyumbangkan nutrisi yang penting untuk kesuburan termasuk protein, mineral dan vitamin yang sangat lengkap. Bahkan wanita yang ingin mendapatkan sel telur yang matang bisa mencoba untuk mengkonsumsi susu rendah lemak menjelang masa ovulasi. Beberapa jenis susu yang didapatkan dari sumber nabati juga sangat penting seperti susu almond, sari kacang hijau atau susu kedelai.

Baca : manfaat almond bagi ibu hamil – manfaat susu kedelai bagi ibu hamil

  1. Mengkonsumsi biji labu

Mengkonsumsi biji labu sangat penting untuk wanita yang ingin segera hamil. Biji labu termasuk jenis makanan yang mengandung zat besi dengan tipe non heme. Zat besi ini sangat penting untuk membantu tubuh mendapatkan sel darah merah yang cukup. Biji labu juga mengandung protein nabati dan lemak sehat sehingga bisa meningkatkan jumlah sel telur. Untuk mendapatkan biji labu yang paling sehat maka Anda bisa mencoba untuk memanggang biji labu dengan oven kemudian makan saat malam hari sebagai camilan sehat.

  1. Konsumsi sayuran hijau

Banyak pasangan yang ingin segera mendapatkan anak namun tidak suka mengkonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau sangat penting untuk sebuah program kehamilan. Sayuran hijau mengandung nutrisi yang penting untuk kehamilan seperti asam folat, zat besi, vitamin B kompleks, dan mineral yang sangat lengkap. Beberapa jenis sayuran yang bisa dikonsumsi seperti selada, brokoli, bayam, sawi, kale dan jenis sayuran hijau lainnya. Semua jenis sayuran hijau ini sangat baik untuk membantu umur dan kesehatan sel telur dan sel sperma menjadi lebih sehat. Konsumsi sayuran hijau sebaiknya dimasak dengan baik karena sayuran mentah kemungkinan bisa menyebabkan infeksi akibat bakteri atau virus dari tanaman tersebut. (baca: makanan sehat untuk penderita kista)


  1. Konsumsi roti gandum

Makan roti gandum daripada roti putih lebih sehat untuk mempersiapkan kehamilan. Roti gandum mengandung serat yang sangat tinggi sehingga menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi stabil. Ketika tubuh Anda memiliki kadar gula darah yang lebih sehat maka tubuh tidak akan mengalami resistensi insulin. Namun jika pasangan yang ingin memiliki anak memiliki masalah dengan kadar gula darah maka juga kemungkinan untuk memiliki sel sperma dan sel telur yang sehat juga akan terhambat. Selain mengkonsumsi roti gandum maka Anda juga bisa menggantinya dengan oatmeal, beras merah dan semua makanan yang bisa menjaga kadar gula darah. (baca: manfaat oatmeal untuk ibu hamil)

  1. Konsumsi minyak zaitun

Mengkonsumsi minyak zaitun juga sangat baik untuk sebuah program kehamilan. Minyak zaitun bisa membantu tubuh mengendalikan kadar gula darah dan mengandung lemak tak jenuh tunggal. Jenis lemak ini sangat sehat karena bisa membantu menurunkan kolesterol, mengatasi peradangan dalam tubuh dan menjaga agar umur sel telur atau sel sperma menjadi lebih panjang. Bahkan jika dikonsumsi secara teratur oleh wanita maka bisa membantu proses pembuahan sel telur, meningkatkan jumlah sel telur dan menjaga agar tidak ada peradangan pada organ reproduksi. Minyak zaitun bisa dikonsumsi bersama dengan buah atau sayuran seperti campuran untuk salad dan roti gandum.

  1. Mengkonsumsi ikan salmon

Ikan salmon adalah jenis ikan yang mengandung asam lemak omega 3. Jenis asam lemak omega 3 sangat baik untuk membantu peluang kehamilan meningkat. Ikan salmon bisa membantu mengatur hormon khusus yang bekerja untuk sistem reproduksi. Kemudian ikan salmon juga akan meningkatkan aliran darah dari tubuh ke semua bagian reproduksi. Pasangan suami istri bisa mencoba untuk makan ikan salmon lebih rajin mendekati masa subur. Namun hindari jenis ikan salmon yang diternakkan karena kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi akibat pakan ikan salmon buatan.

Baca: ikan salmon untuk ibu hamil – makanan yang menentukan jenis kelamin janin – makanan penguat kandungan

  1. Kurangi asupan karbohidrat dan tingkatkan protein

Dalam sebuah penelitian terbukti jika pasangan yang mengkonsumsi karbohidrat lebih sedikit dan banyak mengkonsumsi protein memiliki kesempatan hamil yang lebih tinggi. karbohidrat berlebihan bisa menyebabkan produksi sel telur terhambat. Selain itu karbohidrat juga meningkatkan resiko sel telur yang buruk akibat kadar gula darah yang sangat tinggi dalam tubuh. Untuk menggantikan karbohidrat maka konsumsi makanan yang mengandung protein lebih baik dilakukan. Protein bisa membangun sistem peredaran darah yang lebih sehat serta meningkatkan jumlah sel sperma pada laki-laki.

  1. Makan buah jeruk

Untuk jenis buah yang sangat baik untuk meningkatkan peluang kehamilan adalah jenis buah jeruk. Semua jenis buah jeruk bisa dikonsumsi termasuk untuk jenis jeruk bali. Jeruk mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C sangat penting untuk membantu tubuh mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Bahkan vitamin C bisa membuat produksi sel telur menjadi lebih tinggi. Sementara laki-laki yang mengkonsumsi jeruk juga bisa mendapatkan kualitas sel sperma yang lebih sehat.

Baca: manfaat jeruk untuk ibu hamil – vitamin C untuk ibu hamil

  1. Mengkonsumsi buah delima

Buah delima sangat baik dikonsumsi oleh laki-laki atau perempuan. Delima mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga menghalangi semua radikal bebas yang merusak sel telur maupun sel sperma. Gangguan radikal bebas bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan yang mengandung pengawet maupun polusi udara. Selain itu buah delima juga sangat baik untuk meningkatkan libido sehingga bisa dikonsumsi menjelang masa ovulasi atau saat masa ovulasi.

Baca: manfaat buah delima bagi ibu hamil – buah yang baik untuk ibu hamil

  1. Makan buah pisang

Wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur biasanya akan lebih sulit hamil. Jika Anda mengalami masalah ini maka cobalah untuk mengkonsumsi buah pisang secara rutin. Buah pisang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan baik untuk pria atau wanita. Buang pisang pada dasarnya mengandung vitamin B6 yang bisa membuat siklus menstruasi lebih teratur dan bisa menghasilkan sel sperma yang lebih sehat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat maka buah pisang bisa dikonsumsi malam hari sebagai camilan malam.(baca: manfaat konsumsi pisang ambon untuk ibu hamil)

  1. Makan buah nanas

Selain buah pisang maka buah nanas juga sangat baik untuk membantu peluang kehamilan meningkat. Nanas mengandung mineral dan seng yang sangat tinggi. Kedua jenis mineral ini sangat penting untuk meningkatkan hormon reproduksi baik untuk wanita maupun laki-laki. Menurut sebuah penelitian terbukti jika dalam tubuh ditemukan kadar mangan yang rendah maka tingkat kesuburan juga akan menjadi lebih rendah. Namun sebaiknya buah nanas juga tidak dikonsumsi berlebihan setelah masa subur karena bisa menyebabkan efek samping untuk rahim.

Baca : bahaya nanas bagi ibu hamil – manfaat nanas bagi ibu hamil – makan nanas saat hamil

  1. Konsumsi herbal campuran kunyit, cabai merah dan bawang putih

Untuk mendapatkan peluang kehamilan maka Anda bisa mencoba beberapa bahan yang sangat baik untuk kesehatan reproduksi.  Beberapa bahan herbal ini termasuk seperti kunyit, cabai pedas, dan bawang putih. Semua bahan ini mengandung antioksidan tinggi yang bisa mencegah kerusakan sel telur dan sel sperma. Kemudian rempah-rempah ini juga akan mendukung aliran darah yang lebih sehat ke organ reproduksi. Bawang putih juga mengandung selenium yang sangat tinggi dimana mineral ini penting untuk mencegah keguguran diawal kehamilan.

  1. Konsumsi kurma atau sari kurma

Kurma terkenal sebagai buah yang kaya dengan mineral seperti seng dan tembaga. Buah kurma bisa dikonsumsi oleh laki-laki atau perempuan karena bisa memberikan efek menguntungkan untuk sistem reproduksi. Kurma juga bisa membantu wanita dan perempuan mendapatkan libido sehingga sejak awal masa ovulasi bisa dikonsumsi secara rutin. Meskipun banyak pernyataan yang mengatakan jika jenis kurma muda yang bisa meningkatkan peluang kehamilan, namun pada dasarnya semua kurma bisa dikonsumsi dengan baik. (baca: manfaat kurma untuk ibu hamil)

Jika Anda sudah mencoba semua cara diatas dan masih  belum mendapatkan tanda tanda kehamilan, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan. Saat ini juga sudah ada cara agar cepat hamil yang melibatkan teknologi proses bayi tabung. Pastikan Anda memilih beberapa cara yang benar-benar efektif dan bisa memberikan hasil yang paling baik. (baca: kekurangan dan kelebihan bayi tabung – bayi tabung dalam islam)

, , , ,
Post Date: Thursday 19th, January 2017 / 05:58 Oleh :
Kategori : Cara Cepat Hamil
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12