20 Cara Cepat Hamil Setelah KB Pil (#Anda Wajib Tahu)

20 cara cepat hamil setelah KB pil yang aman dan nyaman untuk dilakukan oleh wanita yang telah menikah sehingga mempermudah dalam mendapatkan keturunannya. KB pil merupakan salah satu kontrasepsi oral hormonal yang paling sering digunakan. Hal ini dikarenakan penggunaannya yang mudah dan efektivitasnya yang tinggi. Wanita yang sudah menikah dan ingin mengatur jarak kehamilannya akan menggunakan kontrasepsi ini sebagai pilihan.

Namun, bagaimana jika wanita ingin hamil setelah lama menggunakan KB pil? Adakah cara cepat agar wanita bisa hamil setelah menggunakan KB pil? Di bawah ini ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mempercepat kehamilan setelah menggunakan KB pil. (baca: Efek samping pil KB)

1. Menghentikan penggunaan KB pil

KB pil merupakan kontrasepsi hormonal yang di dalamnya mengandung kombinasi komponen estrogen dan progesteron atau salah satu dari komponen tersebut. Secara teori, komponen esterogen dalam pil akan menekan sekresi FSH (Follicle Stimulating Hormone) sehingga menghalangi maturasi folikel dalam ovarium. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi kerja hormon LH (Luteinizing Hormone). 

Pada akhirnya akan menyebabkan ovulasi terganggu dan tidak akan terjadi menstruasi. Maka dari itu penghentian konsumsi KB pil ini nantinya bisa mengembalikan kerja dari hormon FSH dan LH dan membuat siklus haid menjadi normal. (baca: cara cepat hamil di usia 45 tahun)

2. Ketahui siklus menstruasi normal anda

Menstruasi merupakan proses pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan perdarahan dan terjadi secara berulang setiap bulan. Umumnya siklus menstruasi terjadi berkisar antar 28-35 hari, dengan lama menstruasi 4-6 hari. Perbedaan lama siklus menstruasi pada wanita dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari hormonal, aktivitas dan kondisi kesehatan. Dengan mengetahui siklus menstruasi normal, maka diharapkan nantinya bisa mengatur waktu hubungan yang tepat untuk meningkatkan kemungkinan hamil.

Info penting:

3. Olahraga secara teratur

Olahraga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh. Olahraga teratur dapat meningkatkan kemungkinan hamil saat berhubungan karena hormon esterogen dan progesteron akan bekerja lebih maksimal saat kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Porsi olahraga yang dapat dilakukan yaitu, cukup 3-5 hari tiap minggu selama 30 menit dan dilakukan secara rutin. Dengan berolahraga teratur maka kita dapat menjaga berat badan tetapi ideal sehingga meningkatkan kemungkinan hamil setelah KB pil.

Info penting:

4. Istirahat yang cukup

Bagi wanita yang ingin segera hamil setelah KB pil, maka sangat disarankan untuk beristirahat yang cukup. Disarankan tidur malam sekitar 6-7 jam dan usahakan siangnya tidur sekitar 30- 60 menit. Jika dilakukan secara rutin, maka hal ini dapat mengembalikan fungsi tubuh yang berubah selama penggunaan KB pil. Karena perbaikan seluler di dalam tubuh banyak dilakukan saat kita sedang tidur. (baca: posisi tidur yang baik saat hamil – posisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil)

5. Lakukan perbaikan status gizi

Status gizi merupakan salah satu aspek yang tidak dapat dihiraukan dalam menjaga kesehatan tubuh. Menjaga status gizi dalam keadaan normal tentunya menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan kemungkinan hamil setelah KB pil. Disarankan mengatur asupan makanan dengan pola gizi seimbang dan bervariasi yang terdiri dari kombinasi karbohidrat, protein, lemak dan serat. (baca: gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan)

6. Ketahui waktu terbaik untuk berhubungan intim

Mengetahui waktu terbaik dalam berhubungan intim dapat dilakukan dengan mendiskusikan dengan pasangan. Disarankan waktu terbaik berhubungan intim adalah ketika masa subur, yang dapat diketahui dari siklus menstruasi. Pastikan kebugaran dan kesehatan tubuh juga dalam kondisi prima sehingga mendukung intensitas hubungan dengan pasangan. (baca: cara menghitung usia kehamilan)

7. Ketahui posisi yang tepat dalam berhubungan intim

Mengatur posisi yang tepat saat berhubungan intim menjadi bagian penting untuk meningkatkan kemungkinan hamil. Dengan posisi yang tepat, maka kemungkinan sperma untuk masuk dan mencapai ovum lebih besar sehingga dapat meningkatkan kemungkinan hamil. Adapun posisi yang paling disarankan adalah posisi misionaris, karena memberikan kemudahan penetrasi penis ke dalam vagina. (baca: cara hamil anak perempuan)


8. Tingkatkan frekuensi hubungan intim

Frekuensi berhubungan badan juga menjadi salah satu cara cepat hamil setelah KB pil. Semakin tinggi frekuensi berhubungan intim maka semakin tinggi pula kemungkinan hamil. Namun perlu diketahui bahwa sebelum melakukan hubungan badan, kondisi fisik dan kebugaran masing-masing pasangan harus dalam keadaan baik. (baca: cara cepat hamil)

9. Hindari stres berlebihan

Tingkat stress pada wanita sangat mempengaruhi kondisi tubuhnya terutama secara hormonal. Dimana stress yang terjadi akan mempengaruhi sekresi berbagai hormon. Hormon yang paling berpengaruhi terhadap stress adalah hormon kortisol. Hormon ini akan meningkat ketika seseorang mengalami stress yang akan mempengaruhi fisiologis tubuh. Sebuah penelitian mengatakan bahwa terdapat hubungan negatif antara tingkat stres dan kadar kortisol dengan jumlah folikel dominan pada indung telur.

Semakin tinggi kadar kortisol maka semakin sedikit jumlah folikel yang matang di indung telur. Hal ini tentunya akan menurunkan tingkat kehamilan pada seseorang terutama setelah menggunakan KB pil.  Oleh sebab itu, sangat disarankan pada wanita yang ingin segera hamil untuk mengontrol tingkat stressnya. (baca: cara mengatasi stress pada ibu hamil – cara menghilangkan stres saat hamil)

10. Kurangi aktivitas fisik

Mengurangi aktivitas fisik menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan bagi wanita yang ingin segera hamil setelah KB pil. Karena frekuensi aktivitas fisik sangat berpengaruh terhadap kondisi biologis dan psikologis seorang wanita. Dari sebuah penelitian dikatakan bahwa aktivitas fisik yang berat pada wanita usia subur mempengeruhi siklus menstruasinya. Dimana tingkat beratnya aktivitas fisik memiliki hubungan kuat terhadap menstruasi yang tidak teratur. Karena aktivitas fisik yang berat akan menghambat hormon gonadotropin sehingga menurunkan level dari serum estrogen. Oleh karena itu, disarankan bagi wanita yang ingin segera hamil untuk mengurangi aktivitas fisiknya. (baca: aktivitas berbahaya untuk ibu hamil)

11. Hindari konsumsi makanan cepat saji

Tidak diragukan lagi bahwa mengkonsumsi makanan cepat saji (fast food) secara berlebihan berdampak negatif bagi kesehatan seseorang, seperti obesitas. Wanita yang teralu sering mengkonsumsi makanan cepat saji akan meningkatkan risiko terkena penyakit metabolik seperti obesitas dan diabetes. Kondisi ini tentunya akan menurunkan fungsi dari kerja hormon-hormon reproduksi. Semakin sering wanita mengkonsumsi makanan cepat saji, maka akan semakin tinggi risiko wanita untuk sulit hamil terutama wanita yang memiliki riwayat penyakit metabolik dalam keluarga. Sehingga disarankan bagi wanita yang ingin cepat hamil untuk tidak mengkonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan.

Info penting:

12. Hindari konsumsi alkohol

Bagi wanita yang ingin segera hamil setelah KB pil sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi alkohol. Sebab alkohol memiliki kandungan yang dapat mengganggu pengaturan senyawa kimia di otak yang berpengaruh terhadap kerja dari hormon-hormon di dalam tubuh. Lebih jauh lagi, kandungan etanol pada alkohol dapat menyebabkan terjadinya berbagai penyakit yang dapat mengancam sistem reproduksi wanita. (baca: bahaya alkohol saat hamil)

13. Hindari konsumsi NAPZA

Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA) menjadi salah satu penyebab wanita sulit untuk hamil. Karena penyalahgunaan obat-obat ini menjadikan seseorang kecanduan dan timbul gangguan psikis yang mengganggu kehidupan sehari-hari. Bagi wanita yang ingin hamil, sebaiknya menghindari obat-obat ini karena dapat mengancam fungsi fisiologis sistem reproduksi. (baca: bahaya ekstasi bagi ibu hamil)

14. Hindari minuman berkafein

Kafein banyak terkandung dalam kopi dan minuman berenergi lain, mengkonsumsi kafein dalam dosis rendah memberikan efek positif bagi tubuh seperti membangkitkan stamina dan mehilangkan rasa sakit. Namun, salah satu efek yang perlu diwaspadai jika terlalu sering mengkonsumsi minuman berkafein adalah efek ketergantungan. Efek samping lain yang dapat terjadi, yaitu jantung berdebar-debar, insomnia, nyeri kepala, tremor daan gelisah. Efek samping ini tentunya dapat mempengaruhi tingkat stress yang pada akhirnya menyebabkan terganggunnya hormon reproduksi pada wanita. Diharapkan wanita yang ingin segera hamil untuk mengurangi konsumsi minuman berkafein. (baca: bahaya kafein bagi ibu hamil)

15. Hindari minuman bersoda

Minuman bersoda biasanya memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi. Hal ini akan meningkatkan resiko terkena penyakit, seperti obesitas dan diabetes. Kondisi ini akan memperburuk kerja dari hormon reproduksi dan dapat membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Bagi wanita yang ingin segera hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak minuman mengandung soda karena dapat menurunkan kemungkinan hamil. (baca: bahaya soda bagi ibu hamil)

16. Hindari merokok

Rokok menjadi ancaman serius bagi siapa saja yang melakukannya termasuk wanita. Bahkan perokok pasif pun tidak lepas dari ancaman bahaya rokok. Wanita yang merokok ataupun berada di daerah yang tinggi polusi rokok akan menyebabkan menurunnya kesuburan dan lebih awal mengalami menopause. Jika wanita perkokok menggunakan pil KB maka risiko terkena penyakit kardiovaskuler menjadi lebih besar. Alangkah baiknya bagi wanita atau pasangannya untuk tidak merokok sehingga mempermudah proses kehamilan dan mencegah komplikasi saat hamil nanti. (baca: bahaya rokok bagi wanita hamil)

17. Kontrol Berat Badan

Kelebihan berat badan merupakan masalah yang sering dialami oleh para wanita terutama yang menggunakan KB pil. Disarankan bagi wanita yang ingin segera cepat hamil setelah KB pil untuk mengontrol berat badannya. Untuk mengetahui indeks massa tubuh (IMT) dengan cara berat badan (kg) dibagi dengan tinggi badan kuadrat (m). (baca: cara menurunkan berat badan saat hamil)

18. Lakukan pemeriksaan kesehatan

Bagi wanita yang ingin hamil setelah KB pil, perlu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui status kesehatan wanita sebelum hamil. Selain itu, jika terdapat masalah kesehatan bisa ditentukan terapi yang tepat dan aman.

Info Penting:


19. Lakukan program bayi tabung

Bayi tabung merupakan pilihan terakhir dan paling cepat untuk segera mendapatkan keturunan, namun banyak kendala dari tindakan ini. Di Indonesia masih sedikit pasangan yang melakukan bayi tabung, dikarenakan banyaknya biaya yang diperlukan untuk melakukannya. Bagi wanita yang sudah lama tidak hamil dan mampu secara materi, disarankan untuk melakukan bayi tabung. (baca: kekurangan dan kelebihan bayi tabung – proses bayi tabung – bayi tabung dalam islam)

20. Konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan

Cara terakhir yang dapat dilakukan oleh wanita yang ingin segera hamil setelah KB pil adalah berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan. Konsultasikan masalah anda, maka dokter spesialis kandungan akan memberikan saran terkait cara terbaik untuk hamil sesuai dengan kondisi anda saat ini. (baca: cara hamil anak kembar laki-laki dan perempuan – proses kehamilan)

Keuntungan KB pil

  • Efektifitas yang tinggi dan reversible.
  • Mudah dalam penggunaannya.
  • Memerlukan biaya yang murah.
  • Efek samping sangat serius jarang terjadi.
  • Dapat dipakai oleh semua ibu usia reproduksi.
  • Dapat dipakai sebagai kontrasepsi darurat.
  • Tidak mengganggu hubungan seksual.
  • Siklus haid menjadi teratur.
  • Dapat digunakan dalam jangka panjang.
  • Mudah untuk dihentikan setiap saat.
  • Kesuburan segera kembali setelah penggunaan pil dihentikan.

Itulah 20 cara cepat hamil setelah KB pil yang dapat dilakukan dengan aman. Semoga cara di atas dapat memberikan manfaat kepada wanita yang sudah lama mengharapkan keturunan setelah KB pil.

, , , , ,
Post Date: Thursday 27th, July 2017 / 04:07 Oleh :
Kategori : Cara Cepat Hamil
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12