Sponsors Link
     Sponsors Link

22 Cara Hamil Anak Kembar Laki-Laki Dan Perempuan

advertisement

Memiliki anak kembar laki-laki dan perempuan akan terasa mengasyikkan sebab keinginan untuk mendapatkan anak laki-laki dan perempuan dapat terwujud. Berbeda halnya dengan pasangan yang memiliki anak kembar dengan satu jenis kelamin saja, keinginan untuk menambah anak dengan jenis kelamin yang berbeda tentu masih ada di dalam benak.  Memiliki anak kembar laki-laki dan perempuan tentunya memiliki tantangan tersendiri dan keunikan tersendiri. Memiliki anak kembar laki-laki dan perempuan akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi orangtuanya sebab tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama seperti mereka.

Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah bagaimana caranya hamil anak kembar laki-laki dan perempuan, bisakah pasangan suami isteri memiliki anak kembar laki-laki dan perempuan? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pasangan suami isteri yang mendambakan anak kembar laki-laki dan perempuan :

1. Genetik

Pasangah suami isteri akan memiliki peluang besar untuk hamil dan melahirkan anak kembar laki-laki dan perempuan jika di dalam riwayat keluarganya ada yang pernah memiliki anak kembar serupa. Lebih berpeluang lagi jika orangtua pasangan tersebut kembar, peluang untuk anaknya memiliki anak kembar semakin terbuka lebar. Begitu pula jika ada sanak saudara yang masih ada hubungan darah memiliki gen kembar, kesempatan untuk hamil anak kembar dan melahirkan bayi kembar akan semakin terbuka lebar.

2. Ibu dengan Obesitas

Penelitian yang dilakukan di luar negeri khususnya Amerika menemukan hubungan erat antara kehamilan kembar dengan faktor kegemukan. Ibu yang memiliki obesitas cenderung bisa hamil anak kembar laki-laki dan perempuan. (Baca juga : bahaya obesitas bagi ibu hamil)

3. Bertambah Berat Badan Secara Drastis

Ibu yang mengalami kenaikan berat badan secara signifikan berpeluang untuk hamil anak kembar laki-laki dan perempuan. Hal itu diliat dari Body Mass Index (BMI) ibu angkanya lebih dari 30 sehingga, ibu tersebut memiliki peluang untuk hamil kembar lebih besar. Tidak hanya itu saja, wanita dengan berat badan di atas rata-rata juga memiliki peluang lebih besar untuk hamil anak kembar laki-laki dan juga perempuan.

4. Hiperovulasi

Ibu bisa memeriksakan diri saat masa subur apakah dia akan mengalami hiperovulasi atau tidak. Hiperovulasi adalah pelepasan sel telur dimana jumlah sel telur tidak hanya berjumlah satu buah saja. Jika sel telur yang dilepaskan lebih dari satu, peluang sperma untuk membuahi sel telur lebih dari satu sangat mungkin terjadi. Akibatnya adalah proses kehamilan akan terjadi jika sperma membuahi sel telur dengan jumlah lebih dari satu.

5. Usia Tua

Meski termasuk kehamilan yang beresiko namun diyakini wanita yang hamil di usia tua ( lebih dari 40 tahun ) kemungkinan besar akan memiliki anak kembar dibandingkan dengan wanita yang usianya muda. Alasannya adalah wanita dengan usia tua sering mengalami hiperovulasi. Hiperovulasi sangat memungkinkan untuk sel sperma membuahi lebih dari satu sel telur yang dilepaskan. (baca juga : resiko hamil diatas usia 35 tahun)

6. Riwayat Kehamilan

Bagi ibu yang sebelumnya pernah mengandung anak kembar, kemungkinan dia akan memiliki anak kembar di kehamilan selanjutnya sangat besar. Semakin banyak kehamilan kembar yang dijalani, semakin besar pula peluang tersebut. Ibu dengan riwayat kehamilan kembar memiliki peluang 4 kali lebih besar untuk mengandung anak kembar dibandingkan dengan ibu yang belum pernah hamil dengan anak kembar.

7. Menggunakan Ubi

Hamil anak kembar dengan cara mengkonsumsi ubi memang belum bisa dibuktikan dengan cara medis. Namun etnis Yoruba di Afrika Barat telah banyak mencoba hal tersebut. Penduduk di sana banyak yang mengkonsumsi ubi sebagai bahan makanan sehat untuk ibu hamil sehari-hari sehingga penduduk etnis Yoruba kebanyakan memiliki gen kembar.

8. Mengkonsumsi Kentang

Mengkonsumsi kentang sebagai bahan makanan pokok bisa meningkatkan peluang wanita untuk hamil anak kembar. Hal itu dikarenakan di dalam kentang terdapat zat kimia yang dipercaya bisa digunakan untuk merangsang wanita untuk melakukan hiperovulasi.

9. Diet Susu Tinggi Lemak

Meminum susu tinggi lemak dipercaya bisa meningkatkan peluang bagi ibu untuk memiliki anak kembar laki-laki dan perempuan. Alasan itu diperkuat dengan penelitian yang dilakukan pada tahun 2006.Wanita yang suka dan sering mengkonsumsi susu tinggi lemak setiap harinya memiliki peluang lebih besar untuk hamil anak kembar laki-laki dan perempuan. Manfaat susu bagi ibu hamil memang sangat baik untuk dikonsumsi.

10. Bantuan Dokter Spesialis

Untuk pasangan yang benar-benar ingin memiliki anak kembar, pasangan tersebut bisa meminta bantuan kepada dokter spesial fertilitas. Teknologi kedokteran yang tinggi tentu bisa membantu pasangan untuk mendapatkan bayi kembar laki-laki dan perempuan. Dokter spesialis tersebut akan menyarankan berbagai cara cepat hamil anak kembar yang bisa ditempuh pasangan suami isteri untuk bisa mendapatkan apa yang diinginkannya.

11. Memiliki Banyak Anak

Wanita yang memiliki banyak anak memungkinkan dirinya pada kehamilan selanjutnya akan mengalami hamil kembar. Sayangnya tidak ada penelitian yang menemukan angka berapa banyak kehamilan agar bisa mencapai kehamilan kembar.

Sponsors Link

12. Hamil Saat Menyusui

Ibu yang hamil ketika dirinya menyusui, dia memiliki peluang untuk hamil anak kembar. Hal itu dikarenakan saat ibu melakukan proses laktasi, ibu akan tetap melakukan ovulasi. Hormon yang ada pada ibu menyusui akan membuat ibu melakukan hiperovulasi ketika melepaskan sel telur. Hal tersebutlah yang memberikan peluang kepada ibu yang sedang menyusui untuk memiliki hamil kembar anak laki-laki dan perempuan.

13. Kontrasepsi Pil

Menghindari kehamilan dengan kontrasepsi pil memungkinkan ibu untuk tidak hamil selama mengkonsumsi obat tersebut. Namun jika ibu tersebut jutsru hamil ketika mengkonsumsi pil kb, kehamilan yang akan diterimanya adalah kehamilan kembar. Alasannya adalah pil kb berpengaruh terhadap hormon wanita, jika wanita tidak teratur dalam mengkonsumsi pil tersebut akibatnya adalah dia akan memiliki ketidak teraturan hormon. Ketidak teraturan hormon yang dialami oleh wanita bisa memicu seseorang untuk mengalami hiperovulasi. Saat itulah dia akan memiliki kehamilan kembar akibat hiperovulasi. (baca juga : efek samping pil KB)

14. Obat-Obatan

Teknologi kedokteran yang semakin canggih membuat keinginan untuk mendapatkan anak kembar bukanlah hal mustahil lagi. Ada obat-obatan yang bisa merangsang ibu untuk subur dan melakukan hiperovulasi. Jika ibu mendapatkan hiperovulasi peluang untuk mendapatkan kehamilan kembar akan semakin besar.

15. Bayi Tabung

Pasangan suami istri yang ingin mendapatkan anak kembar laki-laki dan perempuan bisa mencoba program bayi tabung atau inseminasi buatan. Program bayi tabung dirasa lebih efektif untuk mendapatkan kehamilan kembar. Kehamilan kembar bayi laki-laki dan perempuan dengan cara bayi tabung atau inseminasi buatan bisa dilakukan oleh pasangan suami iseri yang tidak memiliki riwayat keturunan gen kembar.

16. Menghentikan Alat Kontrasepsi Pil

Banyak dokter mengemukakan bahwa hamil saat meminum pil kontrasepsi dan hamil setelah menghentikan pemakaian pil kontrasepsi bisa memicu kehamilan kembar. Hal itu dikarenakan hormon yang tidak seimbang setelah pemakaian alat kontrasepsi pil, bisa memicu seorang wanita melakukan hiperovulasi. Hiperovulasi akan memberikan kesempatan lebih besar kepada ibu untuk memiliki kehamilan kembar.

17. Terapi Infertilitas

Kini ada terapi yang bisa digunakan bagi pasangan suami isteri yang menginginkan kehamilan kembar, terapi itu diikuti dengan obat peningkat kesuburan yang bisa membuat seseorang melakukan hiperovulasi. Setiap ibu melakukan terapi, ibu tersebut akan diberikan obat-obatan yang merangsang hiperovulasi. Ketika sudah melakukan hiperovulasi, dokter akan memasukkan embrio multipel ke dalam rahim ibu agar mendapatkan kehamilan kembar.

18. Memiliki Keluarga Ras Afrika

Jika ibu memiliki hubungan darah dengan ras Afrika kemungkinan besar ibu memiliki kehamilan kembar cenderung besar. Hal itu dikarenakan ras Afrika terkenal dengan keturunan kembarnya.

ads

19. Asam Folat Dosis Tinggi

Bagi ibu yang ingin memiliki kehamilan kembar laki-laki dan perempuan, ibu bisa mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam folat dosis tinggi, didukung dengan obat-obatan asam folat dosis tinggi. Selama ini manfaat asam folat dipercaya bisa digunakan untuk mempercepat proses kehamilan. Dengan mengkonsumsi kandungan asam folat dosis tinggi, diharapkan kehamilan kembar yang diinginkan oleh ibu segera tercapai.

20. Postur

Salah satu hal yang bisa memberikan peluang bagi ibu untuk memiliki kehamilan kembar adalah postur ibu itu sendiri. Ibu yang memiliki postur tinggi cenderung memiliki kehamilan dengan anak kembar. Hal itu dikarenakan postur ibu yang tinggi memungkinkan perkembangan janin di dalam rahim untuk memecah sel telurnya menjadi dua. Sel telur yang berubah menjadi dua itu bisa menjadi anak kembar ketika dilahirkan.

21. Keberuntungan

Faktor keberuntungan bisa memberikan peluang kepada ibu agar memiliki anak kembar laki-laki dan perempuan. Jika keberuntungan sedang menghampiri pasangan yang sedang menginginkan anak kembar. Tentu  dia akan mendapatkannya meski di dalam sejarah keluarga tidak ada yang memiliki gen kembar. Terus saja berdoa agar faktor keberuntungan berpihak kepada ibu yang sedang menginginkan anak kembar laki-laki dan perempuan.

22. Gizi

Untuk mendapatkan anak kembar laki-laki dan perempuan yang bisa dilakukan oleh ibu adalah menjaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya. Ibu harus mengkonsumsi makanan yang seimbang 4 sehat 5 sempurna ditambahkan dengan mengkonsumsi vitamin dan supplemen kaya akan asam folat. Untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan, ibu harus melakukan usaha yang maksimal pula.

Cara Menjaga Kehamilan Kembar Agar Tetap Sehat

Setelah ibu mendapatkan kehamilan kembar yang diinginkan, yang perlu diperhatikan di sini adalah cara merawat kehamilan kembar. Cara menjaga kehamilan kembar berbeda dengan menjaga kehamilan tunggal. Ibu tentu tidak ingin kehamilan kembarnya mengalami berbagai macam gangguan selama kehamilan. Berikut ini ada cara merawat kehamilan kembar yang bisa dilakukan oleh ibu yang sedang hamil anak kembar :


1. Mengatur Pola Makan

Saat ibu memiliki kehamilan hal itu menandakan bahwa ibu harus menjaga kedua buah hati yang sedang ada di dalam kandungannya. Begitu pula dengan asupan makanan bagi kedua janin yang ada di dalam kandungan. Nutrisi yang diperlukan bagi janin kembar berbeda dengan janin tunggal. Oleh sebab itulah ibu perlu mengatur pola makan yang baik dan benar. Pola makan yang salah akan membahayakan janin yang ada di dalam kandungan ibu.


2. Menjaga Gizi Seimbang

Ibu harus mengkonsumi makanan yang bergizi ketika kehamilan kembar terjadi.Usahakan setiap harinya untuk mengkonsumsi sayuran hijau dan buah buahan untuk ibu hamil. Tidak lupa harus diimbangi dengan minum susu yang kaya akan asam folat. Menjaga asupan gizi yang seimbang bermanfaat bagi ibu untuk selalu menjaga kesehatannya dan juga kesehatan janin yang ada di dalam kandungannya.


3. Minum Banyak Air Putih

Kehamilan kembar harus benar-benar diperhatikan perawatannya. Kehamilan kembar lebih berisiko dibandingkan dengan kehamilan tunggal. Agar terhindar dari berbagai macam risiko tersebut ibu harus benar-benar menjaga kesehatannya baik itu dari pola makan, pola hidup dan masih banyak lagi lainnya. Untuk pola makan, ibu harus memperbanyak mengkonsumsi air putih. Kehamilan kembar rentan untuk melahirkan secara prematur atau keguguran. Kekurangan cairan di dalam tubuh bisa membuat ibu menjadi dehidrasi. Dehidrasi adalah salah satu penyebab ibu melahirkan secara prematur dan mengalami keguguran.


4. Asam Folat Dosis Tinggi

Untuk mencapai kehamilan kembar dibutuhkan asam folat dosis tinggi begitupula saat ibu mendapatkan hamil kembar. Saat hamil kembar ibu juga membutuhkan asupan asam folat yang lebih tinggi dan lebih banyak dibandingkan dengan kehamilan tunggal. Hal itu dikarenakan jika kekurangan asam folat, kesehatan janin yang ada di dalam kandungan tidak bisa berkembang dan tumbuh secara sempurna. Kebutuhan asam folat pada janin kembar lebih banyak dibandingkan dengan janin tunggal.


5. Melakukan Perawatan Medis Secara Ketat

Kehamilan kembar perlu dilakukan pengawasan dan pemantauan medis secara ketat. Hal itu dikarenakan kedua janin yamng sedang tumbuh dan berkembang di dalam rahim ibu butuh diawasi secara ekstra. Konsultasi medis secara rutin bisa menghindarkan ibu yang sedang memiliki kehamilan kembar dari berbagai macam risiko hamil anak kembar. Manfaat USG kehamilan bisa dilakukan secara intens saat kehamilan memasuki usia trimester ketiga.


6. Olahraga

Perawatan janin kembar bisa dengan melakukan olahraga. Persalinan dengan hamil anak kembar membutuhkan mental dan fisik yang kuat. Oleh sebab itu untuk menyambut persalinan, lakukan olahraga untuk ibu hamil untuk mempersiapkan fisik bagi ibu yang sedang hamil kembar.


7. Berenang

Renang saat hamil terutama hamil dengan anak kembar dianjurkan oleh para ahli medis. Hal itu dikarenakan berenang saat hamil bisa dilakukan untuk melatih pernafasan ibu yang sedang hamil. Latihan pernafasan tersebut bermanfaat saat ibu hamil akan menjalani persalinan. Pernafasan yang bagus dibutuhkan bagi ibu yang hamil dengan anak kembar.


8. Melatih Panggul

Hal yang tidak kalah penting adalah latihan panggul bagi ibu yang akan melahirkan. Latihan panggul adalah latihan yang menjadi bagian dari senam hamil. Latihan panggul sangat dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil anak kembar. Kelenturan panggul sangat dibutuhkan saat proses persalinan, kelenturan panggul juga diharapkan bisa melancarkan proses persalinan bagi ibu yang memiliki kehamilan kembar. Latihan panggul juga bermanfaat untuk mengencangkan otot vagina sehingga ibu akan lebih bisa mengontrol keluarnya urin dari vagina. Ibu yang memiliki kehamilan kembar, serviks dan vaginanya akan lebih lebar oleh sebab itu tidak jarang ibu tersebut akan mengompol saat dirinya tertawa terbahak-bahak atau sedang batuk parah.


9. Pilates

Melakukan pilates bisa digunakan untuk merawat kehamilan dengan janin kembar. Pilates bisa digunakan untuk mengurangi rasa nyeri di panggul dan punggung. Pilates bermanfaat untuk mempersiapkan persalinan bagi ibu yang memiliki hamil kembar.


10. Zat Besi

Ibu dengan kehamilan kembar cenderung akan mudah kelelahan, selain itu sel darah merah yang dimiliki oleh ibu akan dibagi dengan dua janin yang ada di dalam kandungannya. Ibu yang memiliki kehamilan kembar jauh berisiko untuk terkena anemia dibandingkan dengan kehamilan tunggal. Saat hamil tunggal, sel darah merah ibu hanya akan dibagi dengan satu janin saja. Sedangkan untuk ibu yang memiliki dua janin di dalam kandungannya akan membagi sel darah merahnya dengan kedua janin tersebut.

Ibu yang mengalami anemia akan mudah lelah, bahkan saat persalinan tiba risiko ibu untuk mengalami pendarahan cenderung besar. Mengkonsumsi makanan kaya akan manfaat zat besi untuk ibu hamil ditambah dengan supplemen penambah zat besi bisa menghindarkan ibu dari terkena anemia.

11. Hindari Teh Dan Kopi

Ibu dengan kehamilan kembar sebaiknya menghindari meminum teh dan kopi terlalu sering, hal itu dikarenakan mengkonsumsi minuman teh dan kopi bisa menghambat penyerapan zat besi di dalam tubuh ibu hamil. Sehingga percuma saja jika ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi jika setelahnya mengkonsumsi teh atau kopi.

12. Vitamin C

Ibu dengan kehamilan kembar memiliki risiko penurunan sistem imun. Penurunan sistem imun itu bida dicegah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin C. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin C dipercaya bisa meningkatkan sistem imun tubuh ibu yang sedang hamil. Makanan dan minuman bervitamn C memiliki manfaat lainnya. Manfaat itu diantaranya adalah bisa mempercepat proses penyerapan zat besi di dalam tubuh. Kandungan zat besi yang bisa terserap masuk ke dalam tubuh bisa langsung diubah menjadi sel darah merah.

13. Hindari Stress

Ibu dengan kehamilan kembar dilarang stress. Melakukan relaksasi dan tidur secara cukup bisa digunakan untuk memulihkan stamina ibu dan memperbaiki mood ibu. Relaksasi bisa digunakan untuk merilekskan badan serta pikiran ibu. Tubuh dan pikiran yang rileks akan lebih mudah menjalani kehamilan kembar dibandingkan dengan tubuh yang letih dan pikiran yang stress. (Baca juga : aktivitas berbahaya untuk ibu hamil)


advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 13th, November 2015 / 07:39 Oleh :
Kategori : Cara Cepat Hamil