Sponsors Link

22 Makanan untuk Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil

Sponsors Link

Segera mendapatkan berbagai tanda tanda kehamilan tentunya menjadi harapan setiap pasangan yang baru saja menikah, terutama seorang wanita. Memiliki anak adalah kebahagiaan tersendiri bagi Anda, anak akan menjadi sumber kebahagiaan di tengah keluarga kecil Anda. Namun terkadang gejala hamil muda yang diharapkan tidak kunjung datang. Semua tentu juga ingin mencoba menggunakan cara cepat hamil supaya segera bisa mendapatkan anak. Ada banyak hal yang menyebabkan kesulitan untuk hamil seperti penyebab kandungan lemah , ciri ciri pria mandul , penyebab kemandulan pada wanita dan masih banyak lagi, termasuk penyakit reproduksi wanita. Namun apapun kendala yang terjadi maka bisa masih bisa berusaha dengan mengkonsumsi makanan untuk keseburan wanita agar cepat hamil, seperti dibawah ini:

ads
  1. Pisang

Buah manis yang mengandung vitamin B6 ini ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita. Dimana vitamin B6 sangat diperlukan untuk kesehatan reproduksi Anda, vitamin B6 akan memelihara sel telur Anda dengan baik. Selain itu kandungan asam folat dalam pisang juga sangat penting untuk persiapan kehamilan nantinya, agar tidak kekurangan asam folat saat hamil. ( Baca : Manfaat konsumsi pisang ambo untuk ibu hamil – Manfaat Pisang Bayi )

Baca:  manfaat asam folat – Akibat Kekurangan Asam Folat pada Ibu Hamil – Akibat Kelebihan Asam Folat pada Ibu Hamil

  1. Telur

Mungkin Anda suka mengkonsumsi telur, entah telur ayam atau mungkin telur bebek. Langkah yang Anda pilih sudah benar, sebaiknya mulai sekarang sering-seringlah mengkonsumsi telur karena telur mengandung vitamin D yang baik untuk meningkatkan kesuburan wanita. Telur juga mengandung protein tinggi sehingga sangat penting untuk membuat sel telur tidak cepat rusak. (Baca: manfaat telur asin bagi ibu hamil – manfaat telur bagi ibu hamil)

Baca juga: makanan untuk kesuburan pria –  penyebab kemandulan pada wanita

  1. Kacang almond

Anda tahu kacang almond? Biasanya kacang almond ini menjadi campuran di dalam cokelat, nah ternyata kacang almond mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, kacang almond juga mengandung zat antioksidan yang bertugas untuk menjaga DNA yang ada pada sel telur supaya tetap sehat, dengan begitu hamil bukanlah hal yang sulit untuk Anda. (baca: manfaat kacang hijau bagi ibu hamil – manfaat almond bagi ibu hamil)

  1. Biji labu

Yang kempat adalah biji labu, biji labu mengandung banyak sekali zat besi yang sangat berguna bagi kesehatan Anda. Menurut beberapa penelitian dan riset, wanita yang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi memiliki resiko kecil mengalami gangguan untuk mendapatkan kehamilan di banding wanita yang jarang mengkonsumsi zat besi. Anda bisa mengoven biji labu hingga kering lalu Anda makan isinya sama seperti Anda makan kuaci. (Baca : Bahaya kuaci bagi ibu hamil – manfaat labu untuk ibu hamil)

  1. Buncis

Apa Anda juga tahu jika buncis memiliki manfaat yang besar untuk meningkatkan kesuburan wanita? Riset dari Harvard University mengatakan jika wanita yang kesulitan untuk hamil kebanyakan karena mereka mengkonsumsi protein hewani terlalu banyak dan sebaliknya wanita yang lebih banyak mengkonsumsi protein nabati tidak mengalami masalah itu. Buncis mengandung protein nabati yang cukup tinggi, oleh karena itu baik untuk kesuburan jika Anda sering mengkonsumsinya. Anda bisa memasak buncis sebagai lauk atau bisa menambahkannya di dalam salad yang Anda buat. (baca: manfaat buncis bagi ibu hamil – manfaat buncis untuk bayi)

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan saja ya, minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bisa mencegah terjadinya gangguan ovulasi, dan gangguan pembuahan. Oleh karena itu minyak zaitun sangat baik untuk Anda konsumsi jika Anda segera ingin mendapatkan momongan, Anda bisa menjadikan minyak zaitun sebagai pengannti mayonaise atau madu pada salad.

Manfaat lain minyak zaitun:

  1. Tauge

Mungkin bukanr rahasia lagi jika tauge menjadi makanan yang dapat membantu wanita untuk cepat hamil. Ini karena tauge mengandung asam folat dan kandungan vitamin lainnya yang dapat meningkatkan produksi hormon estrogen. Jenis tauge yang sangat terkenal untuk mempercepat terjadinya kehamilan adalah tauge kacang hijau. Ini makanan yang sangat sehat karena bisa membuat janin nantinya juga tumbuh dengan baik. (baca: manfaat kacang hijau bagi ibu hamil ) 

Sponsors Link

  1. Ubi

Banyak penelitian yang membuktikan jika ubi dapat membantu pengobatan penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Selain membantu pengobatan berbagai penyakit itu, tanaman yang masuk dalam jenis umbi-umbian ini ternyata juga bisa meningkatkan ovulasi. Jenis ubi yang bisa membantu kehamilan termasuk ubi ungu dan ubi kuning.

Baca: manfaat ubi untuk ibu hamil – manfaat singkong bagi ibu hamil – manfaat daun ubi jalar untuk ibu hamil

  1. Kentang

Bahan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi ini ternyata juga bisa meningkatkan kesuburan pada wanita. Kandungan vitamin B dan vitamin E dalam kentang dapat membuat produksi sel telur baik dan sehat. Kentang juga menjadi makanan yang bisa mencegah morning sickness yang parah sangat hamil. Konsumsi kentang juga bisa menurunkan berat badan dan mencegah komplikasi kehamilan.

  1. Brokoli

Sayuran berwarna hijau tua ini ternyata memiliki kandungan asam folat dan zat besi yang tinggi. Selain itu brokoli juga mengandung vitamin C yang baik untuk pematangan sel telur dan proses ovulasi. Tidak hanya itu saja, dengan mengkonsumsi brokoli nutrisi Anda akan terpenuhi dengan baik. (Baca juga: Manfaat brokoli untuk bayi , Manfaat Brokoli bagi Ibu Hamil)

  1. Tiram

Siapa yang tidak tahu tiram? Sari laut yang satu ini memiliki kandungan gizi dan baik untuk kesehatan kita. Tapi ternyata tiram juga bisa membantu Anda untuk cepat memiliki momongan. Tiram mengandung zinc yang bisa membantu produksi sel telur dan meningkatkan kesuburan Anda. Selain enak, bermanfaat bukan? Tapi setelah hamil maka konsumsi tiram harus dibatasi karena makanan laut bisa berbahaya untuk ibu  hamil. (Baca juga: manfaat ikan bagi ibu hamil – manfaat makanan laut bagi ibu hamil)

Baca:

  1. Asparagus

Asparagus memiliki kadungan asam folat yang tinggi yang bisa meminimalkan resiko terjadinya gangguan pada saat ovulasi. Anda bisa mengolahnya menjadi sup asparagus. Untuk persiapan kehamilan sebaiknya ibu hanya memilih asparagus yang segar dan hindari aspragus yang sudah layu serta mengeluarkan jamur. (Baca juga: Manfaat asparagus untuk bayi – manfaat asparagus bagi ibu hamil)

  1. Roti gandum

Gandum memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, roti gandum biasanya digunakan untuk mengontrol kadar gula darah. Maka dari itu dikonsumsi oleh orang yang terkena diabtes untuk menjaga kadar insulin. Tapi tahukah Anda jika kadar insulin juga mempengaruhi kehamilan Anda? Jika kadar insulin di tubuh Anda tinggi akan sulit juga untuk mengandung. Maka dari itu konsumsi roti gandum adalah langkah yang baik untuk menjaga tekanan gula darah Anda. (baca: menu sehat untuk anak kurang gizi – makanan pengganti karbohidrat untuk ibu hamil )

  1. Es krim

Siapa sangka ternyata jenis makanan yang satu ini juga bisa membantu Anda untuk mempercepat proses kehamilan? Anda tidak salah, es krim memang bisa membantu Anda. Beberapa penelitian mengatakan jika susu utuh atau produk makanan yang dibuat hanya dari susu dapat membantu mencegah ketidaksuburan ovulasi. Produk susu utuh itu bisa Anda dapatkan dari es krim. (baca: bahaya minum es saat haidmenu sehat untuk anak kurang gizi )

  1. Buah lemon

Seperti yang kita ketahui buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan kita. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon bisa membantu pelepasan telur dari ovum dengan baik. Oleh karena itu buah lemon menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi jika seorang wanita ingin memulai program untuk mempersiapkan kehamilan mereka. (baca: manfaat infused water untuk ibu hamil – obat tradisional penurun panas anak – obat batuk herbal untuk ibu hamil )

  1. Ikan salmon

Bagi Anda yang suka makan ikan, mungkin ikan salmon adalah pilihan terbaik jika Anda ingin cepat memiliki momongan. Ikan salmon memiliki kandungan protein yang sangat tinggi hingga baik untuk pertumbuhan anak-anak, selain itu ikan salmon mengandung omega tiga dan nutrisi penting lainnya yang sangat penting untuk kesuburan wanita. (baca: manfaat ikan salmon untuk bayi – cara meningkatkan berat badan bayi 9 bulan)

  1. Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini ternyata juga berguna bagi Anda yang ingin segera mengandung. Bawang putih mengandung selenium dan mineral yang bisa mencegah keguguran dini dan juga bisa membantu Anda yang ingin segera hamil. Luar biasa bukan manfaatnya? Jika ibu ingin menggunakan bawang putih untuk program hamil maka hindari bawang mentah dan gunakan bawang putih sebagai bumbu memasak saja.

  
ads

  1. Cabai

Siapa yang tidak kenal cabai? Cabai adalah bahan utama yang masyarakat Indonesia gunakan dalam masakan. Rata-rata orang Indonesia menyukai rasa pedas, kalau tidak pedas tidaklah mantap. Cabai ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan seperti melancarkan pencernaan, mencegah kanker, dan bahkan bisa untuk mempercepat kehamilan. Cabai juga meningkatkan aliran peredaran darah dan memastikan jika darah juga sampai ke sistem reproduksi, cabai juga membantu meningkatkan produksi hormon endrofin sehingga menyuburkan kandungan wanita. Sering-sering makan sambel ternyata bermanfaat loh..

  1. Kubis

Kubis, sayuran ini biasanya digunakan untuk lalapan. Kubis juga bisa membantu meningkatkan kesuburan Anda, kubis mengandung zat yang berperan penting dalam metabolisme hormon estrogen. Jika Anda ingin segera memiliki buah hati, ada baiknya sering-sering mengkonsumsi kubis. Kubis juga bisa bermanfaat sebagai cara mengatasi payudara bengkak saat menyapih dan obat untuk anak cacingan.

  1. Buah berry

Buah berry memiliki berbagai macam yaitu strawberry, bluberry, rasberry, dan lain-lainnya. Buah ini memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan seperti mencegah pertumbuhan kanker dan tumor. Antioksidan yang tinggi dalam buah-buahan berry ini dapat menjaga kesehatan sel telur dan juga bisa mencegah terjadinya keguguran. Ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi buah ini 3 kali seminggu, Anda bisa mengolahnya sebagai smoothie atau dicampur dengan sallad buah.  ( Baca : Manfaat buah blueberry untuk ibu hamil )

  1. Jahe

Sudah bukan rahasia lagi jika jahe memiliki banyak manfaat, jahe bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, mengatasi radang tenggorokan, menjadi penghangat tubuh. Jahe juga berfungsi untuk mencegah penyakit pada sistem reproduksi Anda dan berdampak pada kesehatan sel telur. Anda bisa mengkonsuminya dengan minum wedang jahe seperti biasanya. (Baca Juga: Manfaat Jahe untuk Ibu Hamil – Manfaat Jahe Untuk Ibu Menyusui – bahaya jahe untuk ibu hamil)

  1. Kayu manis

Yang terakhir adalah kayu manis, rempah-rempah yang satu ini ternyata juga memiliki sejuta manfaat. Yaitu untuk mengontrol gula darah, meningkatkan fungsi kerja otak, dan mencegah sel kanker. Selain itu kayu manis bisa memperbaiki fungsi dari ovarium dan mendorong produksi sel telur yang akan berdampak pada kesehatan kandungan Anda. Ahli gizi menyarankan untuk mengkonsumsi rempah satu ini ¼ sendok teh setiap harinya, Anda bisa mencampurkannya dengan roti bakar, sereal, atau bubur yang Anda makan. (baca: bahaya jamu pada ibu menyusui – makanan untuk ibu hamil penderita kista )

Faktor-faktor penyebab wanita susah hamil

  1. Aktifitas sehari-hari yang padat

Sekarang semuanya serba modern, seperti yang banyak kita ketahui. Sekarang ini banyak sekali wanita karir yang bekerja keras siang dan malam tanpa mengingat seberapa besar kekuatan mereka. Bahkan wanita-wanita ini seringkali bekerja melebihi batas kemampuan, jangan-jangan Anda juga salah satunya? Dan tidak jarang wanita mengkonsumsi suplemen supaya daya tahan tubuh mereka tetap terjaga. Namun jangan salah ya, beberapa suplemen memiliki efek samping yang malah bisa menurunkan kesuburan. Jika Anda salah mengkonsumsi suplemen, susah memiliki momongan bisa menjadi salah satu dampaknya. (Baca:  stres saat hamil – cara menghilangkan stres saat hamil – bahaya sering emosi saat hamil – bahaya banyak pikiran untuk ibu hamil)

  1. Melakukan olahraga yang berat

Bukan rahasia lagi jika olahraga adalah kegiatan bagus yang bisa menjaga kebugaran dan kesehatan fisik kita. Namun berolahraga terlalu berat ternyata memiliki efek samping bagi wanita, jika wanita berolahraga terlalu berat dapat menyebabkan lemak yang memproduksi hormon estrogen yang memacu ovulasi akan sedikit demi sedikit terkikis. Dan akibat fatalnya Anda akan sulit memiliki momongan, bukan artinya kami melarang Anda berolahraga ya. Tetap berolahraga namun dalam batas wajar saja, sebelumnya Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. (baca: Olahraga untuk ibu hamilOlahraga yang dilarang untuk ibu hamil)

  1. Pola hidup yang tidak sehat

Yang ketiga adalah pola hidup yang tidak sehat, hal ini dapat menyebabkan Anda juga sulit untuk memiliki momongan. Makan-makanan cepat saji, minum minuman beralkohol, tidur hingga larut malam, dan juga seringnya Anda mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein. Pola hidup tidak sehat ini selain membuat susah Anda untuk menghasilkan momongan juga tidak baik untuk kesehatan Anda, maka dari itu mulailah berolahraga dan makan-makanan yang bergizi. (baca: Bahaya Merokok bagi Janin – Bahaya Merokok saat Hamil)

Itulah semua jenis makanan untuk kesuburan wanita agar cepat hamil. Selain itu juga hindari semua hal yang bisa menyulitkan kehamilan agar bisa segera hamil. Jika Anda sudah menempuh cara alami dan belum berhasil maka coba juga dengan  proses bayi tabung. Tapi memang ada kekurangan dan kelebihan bayi tabung termasuk dari sudut pandang bayi tabung dalam islam.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 11th, August 2017 / 23:31 Oleh :
Kategori : Cara Cepat Hamil