Sponsors Link

13 Tips Agar Hamil Anak Kembar Laki-Laki dan Perempuan

advertisement

Selain merupakan anugerah dan titipan dari Tuhan, memiliki anak juga merupakan impian semua orang yang sudah menikah dan membangun rumah tangga. Terlepas anak yang terlahir adalah laki-laki atau perempuan. Bahkan ada juga yang mengharapkan agar bisa melahirkan anak kembar, yaitu kembar dua laki-laki, kembar dua perempuan maupun kembar satu laki-laki dan satu perempuan. Semuanya memberikan kebahagiaan tersendiri bagi pasangan yang sudah menikah tersebut.

Khusus pada lahirnya anak kembar, sebuah penelitian mengatakan bahwa sebenarnya setiap pasangan memiliki peluang sekitar 3% untuk bisa melahirkannya. Meskipun sebenarnya faktor utama lahirnya anak kembar adalah genetik (silsilah keturunan) dan keberuntungan. Tetapi hal itu tetap bisa untuk diusahakan bagi para pasangan yang memang menginginkan untuk mempunyai anak kembar. Apalagi di zaman yang sudah mutakhir seperti sekarang, sudah banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mempunyai anak kembar. Mulai dari pengobatan secara medis maupun ramuan-ramuan herbal yang bisa dikonsumsi.

Mengenai tentang tips agar hamil anak kembar laki-laki dan perempuan, sebenarnya dapat dikelompokkan menjadi tiga aspek (cara), diantaranya:

Aspek Alami

Pada aspek ini melahirkan anak kembar laki-laki dan perempuan bisa terjadi dengan sendirinya karena adanya beberapa faktor, yaitu:

1. Genetik

Faktor genetik merupakan faktor terkuat yang bisa menyebabkan keinginan lahirnya anak kembar terpenuhi. Faktor ini berasal dari silsilah keturunan yang ada di lingkar keluarga, baik dari pihak ayah maupun pihak ibu. Hal ini juga sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian para ahli medis bidang fertilitas terutama dari pihak ibu, dimana ibu dengan garis keturunan kembar biasanya mempunyai ovulasi ganda atau multiple ovulasi sehingga, kemungkinan melahirkan anak kembar semakin besar dan mungkin terjadi. Meskipun hal tersebut bukanlah jaminan mutlak karena adanya faktor keberuntungan yang juga menentukan.

2. Ras

Faktor ras atau suku juga merupakan salah satu aspek alami yang bisa menyebabkan lahirnya anak kembar, selain genetik (keturunan). Dalam hal ini orang yang berasal dari suku Afrika memiliki kemungkinan paling besar untuk bisa melahirkan anak kembar. Disusul kemudian oleh ras-ras Eropa, lalu Asia dengan kemungkinan terkecil termasuk juga Indonesia.

3. Obesitas

Obesitas (kegemukan) juga merupakan aspek alami yang memungkinkan untuk bisa melahirkan anak kembar. Hal ini berdasar pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh American College of Obstrics and Gynecology, di mana dihasilkan bahwa adanya hubungan yang sangat kuat antara obesitas (kegemukan) dengan kelahiran anak kembar. Wanita yang memiliki berat badan lebih dari 30% berat normal memiliki peluang besar untuk bisa melahirkan anak kembar. Meskipun sebenarnya bahaya obesitas bagi ibu hamil bukanlah suatu hal yang baik, karena adanya bahaya yang bisa mengganggu kesehatannya.

4. Keseringan hamil

Sering hamil juga bisa memperbesar kemungkinan melahirkan anak kembar secara alami. Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang sudah menjalani proses persalinan anak sebanyak 3 – 4 kali sehingga pada masa kehamilannya yang ke 4 – 5 bisa memungkinkan untuk melahirkan anak kembar. Meskipun sebenarnya hal ini juga terjadi berkat adanya sebuah faktor keberuntungan. Itulah keempat aspek alami yang memungkinkan untuk melahirkan bayi kembar. Wanita yang memiliki salah satu dari keempat aspek tersebut biasanya memiliki peluang lebih dari 3% untuk bisa melahirkan bayi kembar di masa kehamilannya.

Aspek Tindakan (Medis)

Pada aspek ini tips agar hamil anak kembar laki-laki dan perempuan dapat dilakukan dengan bantuan medis atau tindakan lainnya yang dipercaya bisa membantu untuk melahirkan anak kembar. Adapun cara-cara medis atau tindakan lainnya yang bisa dilakukan agar melahirkan bayi kembar, diantaranya:

1. Konsultasi dengan dokter

Cara pertama yang umumnya dilakukan ialah berkonsultasi dengan dokter, di mana dokter yang dimaksudkan adalah dokter spesialis fertilitas (kandungan). Hal ini biasanya akan dibantu dengan berbagai jenis obat-obatan atau teknologi-teknologi medis yang sudah sangat canggih. Di mana kandungan obat ataupun teknologi tersebut bisa memberikan rangsangan untuk melakukan pembentukan ovulasi ganda atau multiple ovulasi yang membuat sel terlurnya membelah diri menjadi janin kembar sehingga, memungkinkan wanita agar bisa melahirkan anak kembar.

Sponsors Link

2. Hamil pada usia tua

Hamil pada usia tua juga memperbesar kemungkinan wanita untuk bisa melahirkan anak kembar. Hal ini dikarenakan pergerakan ovulasi pada wanita usia tua lebih cepat daripada wanita usia muda. Usianya bisa direntang 40 – 50 tahun bahkan lebih 50 tahun pun juga bisa. Namun sebagaimana kita ketahui juga bahwa hamil di usia 40 tahun ke atas bisa menimbulkan resiko yang kurang baik, seperti menurunnya tingkat keselamatan ibu maupun anak yang dilahirkan. (Baca juga : resiko hamil diatas usia 35 tahun – bahaya hamil di usia muda)

3. Melakukan penggemukan badan

Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa salah satu aspek alami agar bisa melahirkan anak kembar adalah obesitas (kegemukan). Oleh karena itu, melakukan penggemukan badan juga merupakan cara yang bisa dilakukan agar bisa melahirkan anak kembar. Namun juga harus dipertimbangkan bahwa obesitas (kegemukan) tidaklah baik bagi kesehatan.

Aspek Makanan (yang dikonsumsi)

Pada aspek ini melahirkan anak kembar termasuk anak kembar laki-laki dan perempuan dapat dilakukan dengan bantuan makanan, yaitu mengkonsumsi makanan yang dipercaya dapat meningkatkan peluang melahirkan anak kembar. Adapun beberapa makanan yang dipercaya tersebut, diantaranya:

1. Ketela atau Ubi

Meskipun makanan ini belum benar-benar diteliti secara medis, namun manfaat ubi untuk ibu hamil atau ketela diyakini para ahli bisa meningkatkan kemungkinan melahirkan anak kembar bagi wanita. Hal ini dikarenakan adanya zat-zat yang mampu menaikkan tingkat ovulasi terhadap sel telur pada wanita di dalam ketela atau ubi. Jadi, peluang untuk melahirkan anak kembar semakin besar. Di samping itu, mengkonsumsi ketela atau ubi merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh wanita-wanita dari etnis Yoruba, Afrika Barat saat sedang hamil sebagai makanan sehat untuk ibu hamil sehari-harinya. Dan terbukti bahwa kaum etnis Yoruba banyak melahirkan anak kembar.

2. Kentang

Mengkonsumsi kentang juga dipercaya para ahli untuk bisa meningkatkan peluang untuk proses kehamilan anak kembar. Karena di dalam kentang dipercaya terdapat zat-zat kimia yang bisa merangsang wanita untuk melakukan hiperovulasi, yaitu pembelahan ovulasi hingga lebih dari satu, bisa ganda ataupun multiple.

ads

3. Susu tinggi lemak

Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 2006, di mana wanita yang sering mengkonsumsi susu tinggi lemak memiliki peluang lebih besar untuk melahirkan anak kembar. Terutama anak kembar laki-laki dan perempuan. (Baca juga : manfaat susu bagi ibu hamil)

4. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks merupakan nutrisi ibu hamil yang memiliki kemampuan untuk bisa meningkatkan ovulasi, tetapi tidak menyebabkan kenaikan kadar insulin di dalam tubuh. Sehingga tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Peningkatan ovulasi inilah yang semakin memperbesar kemungkinan lahirnya anak kembar.

Kandungan karbohidrat komplek bisa didapatkan dari kacang-kacangan, sayuran mentah, oatmeal, polong-polongan, gandum, dan buah-buahan. Pada sayuran dan buah-buahan, contohnya adalah kangkung, lobak hijau, ketimun, asparagus, anggur, pir, aprikot, dan jeruk. Hal ini dikarenakan sayuran dan buah-buahan tersebut memiliki kandungan air yang lebih banyak dan rendah lemak.

5. Asam folat

Mengkonsumsi akanan yang mengandung manfaat asam folat bagi ibu hamil juga memungkinkan untuk bisa melahirkan anak kembar bagi wanita. Konsumsi ini direkomendasikan sejak sebelum masa kehamilan terjadi. Bahkan ada ahli yang mengatakan bahwa persentase kehamilan anak kembar dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat mecapai 40%.

Adapun contoh makanan (sayur dan buah) yang mengandung asam folat, seperti kubis, bit merah, bayam, brokoli, seledri, asparagus, selada, jagung, pisang, jeruk, tomat, persik, alpukat, melon, dan pepaya. Sedangkan untuk kacang-kacangan dan hewan, yaitu kenari, kedelai, kacang tanah, kacang lentil, kacang polong, kacang almond, hati ayam, kuning telur, dan ikan salmon.

6. Produk olah berbahan susu

Produk olah berbahan susu yang bisa dikonsumsi, diantaranya keju, yoghurt, dan mentega. Hal ini dikarenakan produk-produk tersebut mengandung kalsium yang tinggi sehingga membantu kelancaran proses reproduksi pada wanita yang sedang hamil. Apabila proses reproduksi lancar, termasuk di dalamnya ialah ovulasi, maka kemungkinan untuk melahirkan anak kembar juga bisa terjadi.

Demikian 3 kelompok dalam aspek untuk tips agar bisa hamil anak kembar laki-laki dan perempuan. Intinya adalah apapun cara yang anda pilih, janganlah ragu untuk mencoba apabila memang memiliki keinginan agar bisa melahirkan anak kembar. Dan meskipun anda memiliki aspek-aspek alami, hal itu bukanlah jaminan mutlak untuk bisa melahirkan anak kembar karena adanya faktor keberuntungan yang juga menentukannya. Oleh karena itu, ada atau tidaknya faktor alami pada anda, jangan pernah ragu untuk mencoba cara-cara yang telah disebutkan dan dijelaskan apabila memang memiliki keinginan untuk melahirkan anak kembar termasuk anak kembar laki-laki dan perempuan.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 15th, January 2016 / 03:12 Oleh :
Kategori : Cara Cepat Hamil