Sponsors Link

18 Gejala Hamil 1 Minggu Sangat Akurat

Sponsors Link

Proses kehamilan akan terjadi ketika pertemuan sel telur dan sel sperma berhasil  dengan baik dan sudah masuk dalam rahim. Lalu semua proses awal ini akan membuat tubuh ibu menjadi tidak nyaman. Beberapa tanda kehamilan sejak awal bisa terlihat dengan mudah. Terlebih jika ibu memang memiliki sistem hormon yang baik. Kesehatan ibu selama sebelum hamil juga akan membuat tubuh ibu bisa menyesuaikan dengan berbagai tanda kehamilan. Dibawah ini adalah beberapa gejala hamil 1 minggu yang perlu diketahui.

ads
  1. Payudara sangat lembut

Ketika sudah terjadi pembuahan maka tingkat hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh akan meningkat dengan cepat. Semua proses dan perubahan ini akan membuat payudara menjadi sangat lembut.  Biasanya kondisi ini paling cepat terjadi satu sampai dua minggu setelah pembuahan. Hal ini juga terjadi karena sebenarnya payudara menahan banyak cairan di dalamnya, payudara yang menjadi lebih berat dan sangat peka.  Jika ibu sudah merasakan seperti ini maka bisa mencoba untuk merawat payudara dengan baik.

Baca juga:

  1. Pendarahan ringan

Kemudian ibu juga bisa mengalami pendarahan ringan atau implantasi. Pendarahan ringan biasnya terjadi setelah enam hari semenjak pembuahan. Darah berwarna lebih cerah dan sangat cair namun biasanya ibu akan tahu kalau menjadi petunjuk akan segera menstruasi. Namun pendarahan sebenarnya sangat ringan dan bahkan bisa berhenti dalam waktu 24 jam. Namun jika pendarahan sangat berat dan tidak ada petunjuk menstruasi maka kemungkinan ibu juga bisa terkena keguguran. Jika sangat ragu dengan penyebab pendarahan maka ibu bisa datang ke dokter kandungan. (baca: cara membedakan darah haid dan darah awal kehamilan –  Flek bercak darah saat hamil muda )

  1. Tubuh sangat lelah

Semua ibu hamil yang baru masuk dalam tahap usia kehamilan satu minggu biasanya akan merasa sangat lelah. Kelelahan adalah sebuah respon yang sangat alami dan bisa membuat tubuh ibu menjadi merasa normal. Kelelahan juga bisa terjadi akibat progesteron yang sangat tinggi. Kondisi ini biasanya juga bersamaan dengan tanda lain seperti detak jantung yang sangat cepat dan tubuh ibu terasa bergetar. Namun semua kondisi ini juga penting untuk bayi karena janin membutuhkan banyak oksigen tubuh tumbuh dan berkembang. Untuk mengatasi masalah ini maka ibu cukup istirahat sesuai kebutuhan tubuh. (baca:  bahaya kelelahan pada ibu hamil – Ibu hamil cepat lelah)

  1. Seperti ingin buang air kecil

Biasanya masalah ibu sering buang air kecil paling sering terjadi setelah kehamilan masuk trimester kedua. Namun bagi ibu yang hamil satu minggu juga bisa mengalami kondisi yang sama. Jika ukuran rahim normal maka pertumbuhan janin yang kecil menyebabkan reaksi tekanan pada bagian kandung kemih. Akibatnya maka kandung kemih menjadi lebih tertekan dan selalu ingin mengosongkan secara alami yaitu dengan buang air kecil. Karena itu ketika ibu mengalami kondisi ini maka sebaiknya tidak menahan keinginan untuk buang air kecil agar tidak terkena infeksi saluran kemih. (baca: sering kencing saat hamil –  infeksi saluran kemih pada ibu hamil)

  1. Tidak bisa makan

Ketika tubuh memiliki kandungan progesteron yang sangat tinggi maka sebenarnya tubuh bisa memberi reaksi yang tidak nyaman. Salah satunya adalah ibu tidak bisa makan dengan baik.  Ada banyak yang menyebabkan makanan tidak bisa masuk dengan baik termasuk sembelit, mual, gangguan pencernaan dan juga perasaan perut yang sangat kosong. Jika sudah seperti ini maka bisa menyebabkan ibu tidak bisa makan. indikasi medis akibat HCG yang sangat tinggi juga bisa memberikan dampak yang sama. Untuk mengatasi masalah ini maka ibu perlu berkonsultasi dengan dokter yang merawat. (baca: bahaya hiperemesis bagi ibu dan janin

ads

  1. Mudah marah atau gembira

Perubahan hormon setelah adanya proses pembuahan bisa menyebabkan ibu menjadi mudah marah, sedih atau bahkan menangis. Ini sangat aneh karena terkadang semua perubahan suasana hati ini tidak disebabkan oleh sebuah masalah. Perubahan hormon ini memang sangat wajar dan biasanya memang tidak membutuhkan obat apapun. Pasangan harus memahami perubahan kondisi ibu hamil sehingga tidak memancing perasaan yang berlebihan. Untuk mengatasi perubahan perasaan yang cepat maka ibu juga bisa menenangkan diri agar tidak mudah terkena stres. (baca: perubahan emosi ibu hamil – emosi tidak stabil saat hamil)

  1. Sakit kepala

Ketika terjadi kehamilan maka sebenarnya tubuh ibu memiliki hormon progesteron yang sangat tinggi. Semua perubahan hormon ini bisa menyebabkan tubuh ibu memiliki pembuluh darah yang lebih besar. Dampaknya maka aliran darah dalam tubuh juga menjadi lebih cepat sehingga bisa membuat tekanan darah turun. Ketika tekanan darah turun dalam waktu yang lebih cepat maka ibu bisa pusing atau sakit kepala yang buruk. Sementara pertumbuhan janin dalam rahim juga membutuhkan aliran darah yang memberikan nutrisi dan oksigen. Untuk mengatasi masalah ini maka ibu bisa melakukan perubahan gerakan secara perlahan, tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa menurunkan tekanan darah dan berusaha untuk bergerak dengan aktif tapi pelan. (baca:  Penyebab sering pusing saat hamil – obat sakit kepala untuk ibu hamil)

  1. Pingsan

Sakit kepala yang berat pada ibu hamil juga bisa menyebabkan ibu mengalami pingsan. Pada umumnya pingsan bisa terjadi karena akumulasi dari berbagai hal yang tidak nyaman. Misalnya seperti ketika tubuh ibu hamil sangat lemah, tidak bisa makan dengan baik, sakit kepala, tekanan darah yang rendah dan muntah. Dalam waktu yang cepat maka semua gejala ini bisa menyebabkan ibu hamil pingsan. Untuk mengatasi semua kondisi ini maka ibu bisa mencoba untuk mengkonsumsi air mineral yang cukup agar tubuh tidak terlalu lemah. (baca: ibu hamil sering pingsan)

  1. Lingkaran hitam pada puting payudara

Kemudian tanda kehamilan lain setelah satu minggu adalah adanya lingkaran hitam pada bagian puting payudara. Lingkaran yang gelap ini merupakan sebuah tanda yang sangat alami dan menjadi persiapan tubuh ibu untuk bisa menyusui dengan baik. Biasanya ketika semua gejala ini sudah muncul maka biasanya ukuran payudara juga sudah mulai membesar dan terlihat lebih lembut. Untuk mengatasi ini maka ibu tidak perlu melakukan apa-apa. Jika bagian payudara merasa tidak nyaman maka gunakan bra yang lebih nyaman agar tidak terlalu sakit atau terlalu ketat.

  1. Sulit untuk buang air besar

Beberapa ibu hamil yang baru masuk ke trimester pertama juga bisa mengalami masalah sembelit. Sembelit ini bisa terjadi karena tubuh mengalami kenaikan hormon kehamilan yang sangat tinggi. Hormon progesteron dan estrogen bisa menyebabkan dampak yang tidak menyenangkan untuk usus besar termasuk usus besar yang lebih lama untuk berproses. Kemudian ketika janin sudah semakin besar maka tekanan bisa membuat ibu akan lebih sering sembelit. Untuk mengatasinya maka ibu bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi sehingga tidak sulit untuk buang air besar. (baca: susah BAB saat hamil –  ambeien saat hamil – bahaya ambeien untuk ibu hamil)

  1. Suhu tubuh naik

Ketika terjadi pembuahan maka juga bisa meningkatkan suhu basal tubuh. Suhu tubuh ibu bisa naik dalam waktu antara satu sampai dua minggu setelah terjadi pembuahan. Ini termasuk salah satu kondisi yang sangat normal sehingga ibu tidak perlu panik. Biasanya ketika usia kehamilan sudah lebih dari dua minggu maka suhu tubuh akan kembali normal. Untuk mengatasi kondisi ini maka ibu tidak perlu melakukan apa-apa karena perubahan suhu sebagai respon alami kehamilan. (baca: penyebab ibu hamil menggigil kedinginan)

  1. Tidak ada tanda akan menstruasi

Salah satu tanda kehamilan yang jelas adalah bahwa ibu tidak mengalami tanda akan menstruasi. Ini  berbeda dengan menstruasi yang terlambat karena berbagai tanda memang akan muncul. Kehamilan telah membuat proses pembuahan terjadi pada bagian rahim. Karena itu tidak ada sel-sel darah yang akan keluar menjadi menstruasi. Tapi tanda ini paling mudah diamati jika ibu memiliki siklus menstruasi yang teratur sementara jika tidak teratur maka cukup sulit untuk dilihat. Karena itu yang paling pasti tetap melakukan uji kehamilan.

Informasi menstruasi:

  1. Ingin makan berlebihan

Beberapa ibu yang baru hamil juga bisa memiliki keinginan makan secara berlebihan. Ketika ibu hamil maka ibu membutuhkan kalori yang lebih tinggi. Namun pada tahap awal biasanya akan membuat ibu ingin mengkonsumsi makanan yang aneh termasuk keinginan seperti ngidam. Selama makanan yang dikonsumsi aman maka itu tidak apa-apa diberikan pada ibu hamil. Tapi jenis makanan yang tidak aman sebaiknya memang tidak diberikan untuk ibu hamil. (baca: ibu hamil muda cepat lapar)

  1. Bau mulut atau rasa logam pada mulut

Karena perubahan hormon yang sangat cepat maka bagian mulut ibu juga merasa tidak nyaman. Hormon progesteron dan estrogen yang tinggi justru memicu rasa logam pada bagian mulut. Ini juga yang terkadang membuat ibu selalu mual, mengeluarkan banyak air liur dan terkadang juga bisa membuat ibu hamil selalu muntah. Kondisi ini bisa berakhir setelah ibu masuk trimester kedua dan ada juga yang bertahan hingga trimester ketiga.

  1. Hidung sangat peka terhadap bau

Tanda kehamilan yang lain adalah bahwa hidung ibu hamil menjadi sangat peka dan tidak bisa mencium bau yang tajam. Ketika ibu mencium aroma yang sangat tajam maka bisa menyebabkan ibu mual atau muntah. Namun terkadang karena perubahan ini maka juga bisa menyebabkan tubuh ibu menjadi sangat sensitif ketika menerima makanan yang mengandung racun atau bau yang aneh. Indra penciuman bisa menjadi salah satu perisai agar tubuh ibu hamil hanya menerima makanan yang sehat saja.

  1. Perut kembung

Pembuahan yang telah terjadi dalam rahim bisa menyebabkan ibu mengalami perut kembung. Proses ini bisa terjadi karena peningkatan hormon dan juga pertumbuhan janin dalam rahim. Perut kembung sering membuat perasaan perut ibu menjadi lebih penuh, adanya gas yang menumpuk pada perut dan tidak nyaman. Jika sudah seperti ini maka ibu bisa menjaga makanan dan minuman yang masuk dan mengurangi semua jenis makanan yang sensitif. (baca: cara mengatasi kembung pada ibu hamil –  ibu hamil sering kentut – sering cegukan saat hamil

Sponsors Link

  1. Sakit punggung

Kram perut atau sakit punggung bisa menjadi tanda adanya pembuahan dalam rahim. Sakit punggung untuk ibu hamil berbeda karena akan terasa lebih sering dan terkadang juga hilang sendiri. Pertumbuhan janin memang menyebabkan tekanan pada beberapa bagian otot perut dan otot punggung. Untuk mengatasinya maka cukup dengan istirahat saja dan hindari proses memijat pada bagian punggung.

  1. Perasaan hamil

Salah satu tanda aneh dari kehamilan yang baru berumur satu minggu adalah adanya perasaan hamil. Perasaan hamil yang dialami oleh ibu sangat kuat sehingga terkadang juga mendorong berbagai tanda kehamilan lain yang aneh atau lebih kuat. Ibu bisa merasa hamil dan mendapatkan perasaan tersebut karena ikatan janin yang sedang tumbuh dalam rahim. Namun tanda ini tidak  bisa dipastikan karena ibu perlu mendapatkan pemeriksaan sehingga bisa dipastikan apakah hamil atau tidak.

Itulah semua gejala hamil 1 minggu yang bisa dipahami oleh semua wanita. Dari semua gejala ini maka bagian yang pasti adalah dengan melakukan pemeriksaan kehamilan. Data yang akurat dari pemeriksaan darah dan urin daripada hanya mengamati semua gejala yang muncul.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 09th, June 2017 / 05:18 Oleh :