Sponsors Link

26 Makanan Untuk Kesuburan Pria Meningkatkan Jumlah Sperma  

Sponsors Link

Memiliki buah hati tentunya menjadi idaman semua pasangan, banyak pasangan yang mendapatkan momongan dengan mudah. Namun banyak juga pasangan yang sulit untuk mendapatkan momongan bahkan setelah beberapa tahun mereka menikah. Banyak faktor yang menyebabkan banyak pasangan tidak mudah memiliki momongan. Salah satu penyebab pasangan sulit untuk mendapatkan momongan adalah karena faktor kesuburan, pria yang tidak subur akan sulit memiliki momongan. Tentu saja semua pria menginginkan untuk memiliki momongan setelah mereka menikah. Salah satu caranya agar cepat memiliki anak adalah dengan mengkonsumsi makanan untuk kesuburan pria, seperti yang diulas dalam dibawah ini.  (baca: ciri ciri pria mandul – penyebab kemandulan pada wanita – fimosis)

ads

Gejala Tidak Subur Pada Pria

Berikut ini adalah gejala yang Anda alami jika Anda mengalami ketidak suburan :

  1. Pertumbuhan aneh pada payudara Anda. Ini dipengaruhi oleh faktor hormon yang bisa menjadi gejala kanker payudara untuk pria.
  2. Rambut rontok. Rambut rontok sering terjadi karena faktor hormon yang tidak seimbang dan juga dampak kekurangan nutrisi tertentu. Seperti nutrisi seng yang memang penting untuk hormon pria.
  3. Kemampuan mencium bau menjadi berkurang. Sama seperti wanita maka hormon juga bisa mempengaruhi syaraf penciuman yang ada pada hidung. (baca: penyebab mimisan pada anak saat tidur – penyebab mimisan pada ibu hamil – Penyebab Mimisan Pada Balita)
  4. Jumlah sperma yang sedikit atau jumlah sperma yang dibawah normal. Semua ini bisa berhubungan dengan adanya sperma yang rusak, bentuk sperma yang tidak normal, kemampuan sperma yang tidak maksimal dan adanya cairan mani tapi tidak mengandung sperma atau azoospermia. (baca: masa subur pria)
  5. Infeksi pada saluran pernapasan Anda. Infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan bisa menjadi indikasi adanya hal tidak normal pada tubuh. Ini perlu diperiksa lebih lanjut terutama ketika menderita penyakit asma, TBC, alergi, dan resiko kanker paru-paru.
  6. Terdapat bengkak di sekitar testis dan testis akan terasa sedikit nyeri. Kondisi ini sering berhubungan dengan gejala kanker testis, dimana dalam testis tidak dihasilkan sel sperma yang normal atau bahkan tidak sama sekali. (baca: hernia pada bayi)
  7. Mempunyai masalah pada fungsi seksual. Pria yang menderita penyakit seperti disfungsi ereksi juga sering sulit untuk mendapatkan keturunan.

Makanan Untuk Kesuburan Pria

Tentunya setiap manusia ingin memiliki keturunan setelah mereka menikah, begitu juga dengan Anda. Setelah mengetahui gejala dan penyebab ketidaksuburan, kami memberikan solusi yang baik untuk mengatasi masalah ini. Kami akan menyajikan beberapa makanan bergizi yang baik untuk kesuburan Anda para kaum adam. Simak beberapa makanan yang baik untuk kesuburan pria :

  1. Tomat

Yang pertama adalah tomat, tomat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi juga kandungan lycopene yang bisa memperbaiki struktur dan jumlah sperma. Anda bisa mengolah tomat tanpa menambahkan apapun atau anda juga bisa menambahkannya dengan minyak zaitun. Anda juga bisa menjadikannya sebagai jus tomat dan bisa anda konsumsi setiap harinya. (Baca : Manfaat tomat bagi ibu hamil dan janin – makanan pencegah mual saat hamil)

  1. Coklat

Siapa yang menyangka jika coklat ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan? Menurut sebuah riset, coklat hitam memiliki kandungan asam amino yang tinggi dan dapat memperbaiki kualitas dan jumlah sperma. Konsumsilah coklat hitam dengan kadar tinggi, semakin tinggi kadarnya semakin tinggi kandungan coklatnya. Anda bsia mengkonsumsi dengan kandungan 80-85%, itu akan meningkatkan kualitas sperma Anda. (baca: manfaat coklat untuk ibu hamil – bahaya cokelat bagi ibu hamil)

  1. Ikan Salmon

Yang ketiga adalah ikan salmon, ikan salmon dapat meningkatkan kualitas sperma dan dapat meningkatkan gairah seksual. Ini karena kandungan omega-3 yang kaya di dalam ikan salmon, jika anda ingin segera memiliki momongan ada baikya untuk mengkonsumsi ikan salmon setiap harinya. Ikan salmon juga kaya dengan seng dan kalium yang sangat baik untuk jantung, sehingga sistem peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih sehat. (baca: manfaat ikan salmon untuk bayi – cara meningkatkan berat badan bayi 9 bulan)

  1. Tiram

Tiram adalah sari laut yang memiliki kandungan seng yang cukup tinggi, karena itu tiram dapat meningkatkan hormon testosteron di dalam pria. Testosteron adalah hormon yang berfungsi dalam pembentukan sperma, dengan mengkonsumsi tiram secara rutin kualitas dan jumlah sperma Anda akan meningkat. (baca: penyebab hamil kembar air – makanan bergizi untuk ibu hamil )

  1. Bayam

Sayuran hijau salah satunya bayam mengandung asam folat yang cukup tinggi, kandungan asam folat yang ada di dalam bayam ini sangat baik untuk anda konsumsi. Asam folat yang ada di dalam bayam dapat memperbaiki struktur sperma dan memperbanyak jumlah sperma. Karena itu bayam juga akan membantu ibu hamil untuk mencegah cacat spina bifida pada bayi yang dilahirkan. Kelainan ini sering terjadi karena kurang asam folat. (baca:  manfaat asam folat – Akibat Kekurangan Asam Folat pada Ibu Hamil – Akibat Kelebihan Asam Folat pada Ibu Hamil)

Sponsors Link

  1. Telur

Telur memiliki kandungan protein dan vitamin E yang tinggi, kandungan ini akan membuat sperma yang dihasilkan menjadi kuat dan lebih sehat. Sering-sering mengkonsumsi telur akan meningkatkan kesuburan Anda. Telur juga mengandung protein yang sangat penting untuk sistem pembangunan otot tubuh dan cadangan protein untuk tubuh Anda. (Baca: manfaat telur asin bagi ibu hamil – manfaat telur bagi ibu hamil)

  1. Buah delima

Buah yang kulit luarnya berwarna merah ini kaya antioksidan, beberapa riset menyatakan jika kandungan antioksidan yang tinggi pada buah delima dapat memperbaiki kualitas sperma. Disarankan untuk mengkonsumsi jus buah delima 3 kali seminggu. Buah delima bisa diminum sebagai jus atau dicampur dengan sayuran untuk salad. Selain untuk memperbaiki sperma maka delima juga bermanfaat untuk penambah darah untuk ibu hamil dan obat cacing untuk ibu menyusui. (baca: manfaat buah delima bagi ibu hamil)

  1. Pisang

Pisang adalah buah yang mengandung vitamin B, kandungan vitamin B yang tinggi pada buah pisang dapat meningkatkan libido pada pria dan meningkatkan gairah seksual pada pria. Kalium pada pisang sangat penting untuk menjaga fungsi detak jantung, sehingga ketika jantung normal maka bisa membuat semua bagian tubuh mendapatkan aliran darah yang baik.  ( Baca : Manfaat konsumsi pisang ambo untuk ibu hamil – Manfaat Pisang Bayi )

  1. Kacang-kacangan

Jika Anda ingin meningkatkan kesuburan ada baiknya untuk mengkonsumsi kacang-kacangan. Kandungan lemak jenuh pada kacang dapat meningkatkan kualitas sperma dan menjaga kesehatan organ reproduksi pria. Jenis kacang yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas sperma termasuk seperti almond, kacang mete, kacang tanah dan kacang pistachio. Untuk menjaga jumlah seng dalam kacang maka perhatikan apakah kacang masih layak atau tidak atau jenis kacang yang tidak disimpan dalam waktu lama. (baca: manfaat kacang hijau bagi ibu hamil – manfaat almond bagi ibu hamil)

  1. Wortel

Wortel kita kenal memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Tak hanya itu, wortel dengan kandungan nutrisinya dapat meningkatkan kualitas sperma dan meningkatkan kesuburan Anda. Wortel juga sangat penting untuk menjaga sumber protein dalam tubuh karena wortel mengandung kalsium dan kalium. Olahan paling baik wortel untuk pria adalah dalam bentuk jus wortel yang dicampur dengan apel. (baca: manfaat wortel untuk ibu hamil – manfaat wortel untuk bayi )

  1. Jamur

Siapa sangka jenis makanan yang satu ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pada pria? Berbagai jenis jamur dapat meningkatkan kesuburan pria mulai dari jamur tiram hingga jamur kancing sekalipun. Kandungan vitamin D di dalam jamur dapat meningkatkan vitalitas pria. Jamur juga dipercaya bisa menjaga waktu ereksi untuk pria, terutama untuk pria yang menderita ejakulasi dini. (baca: bahaya makan jamur bagi ibu hamil)

ads
  1. Air putih

Sudah bukan rahasia lagi jika air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita semua, menurut beberapa riset air putih dapat meningkatkan jumlah produksi sperma. Meskipun ini hanya air tapi air juga dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang cukup. Ketika tubuh Anda kekurangan cairan maka bisa terkena dehidrasi. Sementara tubuh membutuhkan air untuk hidrasi semua organ tubuh dan membantu membawa nutrisi dan darah dalam tubuh.

Baca juga: manfaat air putih bagi ibu hamil – akibat kekurangan minum air putih bagi ibu hamil – bahaya pemberian air putih pada bayi usia 0-6 bulan)

  1. Ginseng

Ginseng sudah dikenal sejak dahulu dapat meningkatkan kejantanan pria, kandungan di dalam ginseng dapat memperbaiki kualitas sperma dan dapat memperbaiki disfungsi seksual Anda. Senyawa dalam ginseng bisa membuat pria memiliki kekuatan yang lebih baik sehingga penting untuk pria terkena ejakulasi dini. Ada beberapa jenis ginseng yang baik untuk masalah pria ini, seperti jenis ginseng merah. (baca: amankah ginseng untuk ibu hamil )

  1. Bawang putih

Sejak dahulu bawang putih terkenal mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung dan peredaran darah. Bawang putih terbukti efektif dan manjur untuk meningkatkan jumlah sperma. Bawang juga baik untuk sirkulasi darah. Ada beberapa mitos yang mengatakan jika meletakkan bawang pada bagian tungkai kaki sebelum tidur bisa membuat produksi sperma menjadi lebih banyak. Tapi menurut pakar yang lebih baik adalah dengan mengkonsumsi bawang mentah.

  1. Buah blueberi

Buah berwarna ungu tua ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, buah bluberi meningkatkan produksi sperma dan menjaga kesehatan sperma. Anda bisa mengolah buah bluberi menjadi smoothie atau jus bluberi. Selama ini buah blueberry juga sangat penting untuk bayi karena bisa membantu bayi mendapatkan pencernaan yang lebih sehat. Untuk meningkatkan kesuburan maka konsumsi blueberri yang segar bukan yang beku. ( Baca : Manfaat buah blueberry untuk ibu hamil )

  1. Biji labu

Biji labu memiliki kandungan zinc di dalamnya, kandungan zinc ini dapat meningkatkan jumlah sperma dan juga meningkatkan hormon testosteron pada pria. Anda bisa mencampur biji labu organik dengan sereal, smoothie, ataupun bisa anda campur dengan salad. Di sekitar kita memang sulit mendapatkan biji labu, sehingga sebagai penggantinya Anda bisa mengkonsumsi kuaci biji labu. (Baca : Bahaya kuaci bagi ibu hamil )

  1. Madu

Kita semua tahu jika madu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan terutama kesehatan pria. Kandungan boron di dalam madu bisa meningkatkan kesuburan pria, meningkatkan hormon testosteron, dan menjaga kesehatan organ reproduksi pria. Mengkonsumsi madu secara rutin juga bisa menjadi pilihan Anda untuk meningkatkan kesuburan. Seorang pria bisa minum satu sendok madu saat bangun tidur dan sebelum tidur untuk menjaga kualitas sperma. (Baca:  bahaya madu bagi bayi baru lahir – manfaat madu untuk bayi baru lahir – manfaat madu untuk bayi)

  1. Buncis

Buncis, buncis merupakan salah satu sayuran sumber protein nabati. Memang kandungannya tidak sebanyak protein yang ktia dapatkan dari hewani, namun kandungan buncis juga tidak bisa disepelekan. Kandungan zat besi di dalam buncis dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria. Jadi sering-seringlah mengkonsumsi buncis!  (baca: manfaat buncis bagi ibu hamil – manfaat buncis untuk bayi)

  1. Buah alpukat

Siapa yang tidak suka buah lunak yang satu ini? Alpukat mengandung lemak, protein, dan kalium yang baik untuk kesehatan reproduksi pria. Alpukat bisa diolah dengan berbagai cara, bisa di jus, bisa anda makan mentahan, bisa anda tambahkan pada salad Anda. Cara konsumsi alpukat untuk meningkatkan kesuburan sebaiknya tidak dicampur dengan susu atau kopi karena bisa merusak kualitas nutrisinya. (baca: manfaat alpukat untuk ibu hamil – Manfaat alpukat untuk ibu menyusui )

  1. Jahe

Jahe biasanya digunakan sebagai minuman hangat atau kita kenal dengan jahe, siapa sangka ternyata jahe memiliki khasiat untuk kesuburan pria. Beberapa riset membuktikan jika jahe bisa memperlancar peredaran darah sampai aliran darah yang ada di sistem reproduksi juga lancar. Jahe mengandung sifat anti peradangan sehingga bisa menyembuhkan infeksi atau hal tidak normal pada organ reproduksi. (Baca Juga: Manfaat Jahe untuk Ibu Hamil , Manfaat Jahe Untuk Ibu Menyusui)

Sponsors Link

  1. Terong ungu

Terong ungu ternyata memiliki khasiat untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Ini karena kandungan flavonoid di dalam terong ungu, ada baiknya mengkonsumsi terong ungu secara rutin jika ingin mendapatkan kesuburan. Terong juga kaya dengan serat sehingga bisa membantu mengurangi lemak tubuh karena bisa mendorong pencernaan yang lebih sehat. Terong juga mengandung mangan yang sangat penting untuk menjaga sistem syaraf.

  1. Asparagus

Apa Anda pernah mengkonsumsi asparagus? Ya sayuran yang satu ini mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan jumlah sperma dan meindungi sperma dari kerusakan. Asparagus bisa mengandug gas yang berelebihan ketika sudah disimpan dalam waktu lama. Sementaraa asparagus tidak mudah ditemukan karena termasuk sayuran impor. Karena itu lebih baik hanya makan asparagus saat menemukan yang segar. (Baca juga: Manfaat asparagus untuk bayi – manfaat asparagus bagi ibu hamil)

  1. Brokoli

Sayuran berwarna hijau tua ini juga memiliki khasiat bagi Anda kaum adam yang kurang subur dan sulit untuk memiliki momongan. Kekuarangan vitamin A dapat menyebabkan sperma pria tidak berenang semestinya hingga membuat Anda dan pasangan sulit memiliki momongan. Dengan mengkonsumsi brokoli sperma yang dihasilkan akan berkualitas baik. (baca:  Manfaat brokoli untuk bayi – Manfaat Brokoli bagi Ibu Hamil)

  1. Daging ayam

Kandungan protein dan zat besi di dalam daging ayam dapat membantu Anda untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru pada tubuh anda dan juga dapat meningkatkan jumlah sperma. Kalau bisa konsumsilah ayam kampung karena ayam kampung makan biji-bijian dan tentunya akan aman bagi kesehatan Anda. Daging ayam terbaik bisa dipilih dari jenis ayam kampung. Sementara ayam potong tidak disarankan karena mengandung banyak bahan kimia dan obat hormon.

  1. Susu dan Yogurt

Susu dan Yogurht juga salah satu yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan produksi sperma. Kedua makanan ini menjadi salah 1 fertility food yang sangat manjur bagi pria. Susu sangat penting untuk pria karena susu mengandung nutrisi seperti seng, magnesium dan kalsium yang bisa membantu produksi sperma menjadi lebih banyak. Kemudian yogurt sangat penting untuk mencegah tubuh agar tidak mudah sakit dan tetap bugar. Bahkan yogurt mengandung bakteri baik yang bisa menjaga fungsi usus agar sehat. (Baca: manfaat yogurt untuk ibu hamil – manfaat yoghurt untuk ibu menyusui)

  1. Gandum

Gandum memiliki nutrisi yang cukup baik untuk menjaga berat badan Anda, jika berat badan Anda normal kadar testosteron pada tubuh Anda akan menjadi normal dan fungsi seksual anda akan berjalan dengan semestinya. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memiliki momongan, Anda bisa mengkonsumsi roti gandum setiap paginya secara rutin. (baca: menu sehat untuk anak kurang gizi – makanan pengganti karbohidrat untuk ibu hamil )

Catatan Untuk Pria Supaya Tetap Subur

Setelah mengetahui beberapa makanan yang bisa meningkatkan kesuburan pria, berikut ini adalah catatan untuk Anda para kaum Adam yang ingin tetap subur. Terapkan beberapa catatan di bawah ini supaya Anda mudah jika ingin memiliki momongan :

  1. Hindari stress yang berlebih

Jika anda ingin cepat memiliki momongan sebaiknya jauhkan diri anda dari rasa stress yang berlebih. Jika ada masalah bisa dibicarakan dengan pasangan, jangan ditahan dan malah akan membuat Anda stress, hal ini bisa menyebabkan sperma tidak sampai ke sel telur hingga Anda akan sulit sekali memiliki momongan. Kelihatannya sepele namun sangat berpengaruh.

Baca:  stres saat hamil – cara menghilangkan stres saat hamil – bahaya sering emosi saat hamil – bahaya banyak pikiran untuk ibu hamil

  1. Jaga berat badan

Yang kedua jagalah berat badan, berat badan yang berlebih atau obesitas akan menyebabkan gairah seksualitas menurun dan bisa menyebabkan impotensi. Maka dari itu jaga pola makan Anda, sering-seringlah berolahraga, dan jangan terlalu suka makan makanan yang manis-manis karena dapat meningkatkan gula darah Anda juga.

  1. Kurangi minum-minuman yang mengandung kafein

Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein juga bisa mengakibatkan kesuburan pada pria menurun. Riset studi di Amerika telah membuktikan jika mengkonsumsi kafein sekitar 250mg setiap harinya akan menyebabkan sperma tidak bisa membuahi sel telur. (baca: bahaya kafein bagi ibu hamil –bahaya kopi bagi ibu hamil – bahaya soda bagi ibu hamil)

  1. Meletakkan ponsel di kantung celana

Gelombang elektromagnetik yang ada pada ponsel jika diletakkan pada kantung celana akan menyebabkan gangguan pada testis dan dapat merusak kualitas sperma. Kebiasan ini memang sulit untuk dihindari tapi memang sangat berbahaya. Jika membawa ponsel maka lebih baik diletakkan pada kantong khusus atau di dalam tas saja.

  1. Jaga kesehatan Anda

Yang terakhir dan yang terpenting jaga selalu kondisi kesehatan anda, jangan merokok, berhenti minum-minuman yang mengandung alkohol, olah raga secara teratur, dan jaga asupan nutrisi supaya organ reproduksi Anda sehat dan memiliki momongan bukanlah hal yang sulit jika anda melakukannya.

Baca informasi bahaya rokok:

Itulah semua jenis makanan untuk kesuburan pria yang mengandung banyak nutrisi pendukung untuk tubuh. Makanan ini memang sangat alami sehingga aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan efek. Namun jika memang belum berhasil maka segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan yang tepat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 11th, August 2017 / 07:00 Oleh :
Kategori : Kemandulan