Bahaya Bayi Minum Air Ketuban Saat Lahir

Proses kelahiran merupakan salah satu proses yang paling ditunggu – tunggu oleh pasangan yang sedang berbahagia. Setelah selama 9 bulan lamanya menanti kelahiran sang bayi, akhirnya sang bayi pun bisa keluar dari rahim sang ibu dan lahir. Ketika menghadapi persalinan sendiri ada banyak sekali hal yang wajib untuk diperhatikan baik bagi pasangan suami istri dan juga bagi dokter.

Paling tidak hal – hal tersebut merupakan beberapa hal yang nantinya akan mempermudah proses persalinan dan juga berpengaruh terhadap kesehatan dari si jabang bayi. Biasanya, dokter yang sudah berpengalaman tidak akan memiliki masalah yang berarti, begitu pula dengan ibu yang sudah pernah melahirkan. Namun bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan, janganlah panic, selalu tenang dan juga rileks adalah kucinya.

Salah satu masalah yang mungkin sering muncul ketika proses persalinan sedang berlangung adalah kondisi dimana sang bayi yang akan lahir tidak sengaja menghirup dan meminum air ketuban dari sang ibu. Sebenarnya apa sih bahayanya? Sebelmu membahas mengenai bahayanya, ada baiknya kita mempelajari mengenai air ketuban.

Air Ketuban

Air ketuban sendii merupakan cairan yang sering disebut dengan istilah amnion, yang merupakan cairan yang berada pada ruangan yang diliputi oleh selapt dari janin. Air ketuban sendiri memiliki banyak fungsi bagi janin. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari air ketuban :

  1. Pelindung janin dari trauma akibat terjadi benturan untuk menghindari risiko keguguran.
  2. Mencegah terjadinya kekeringan pada tali pusat yang dapat menyebabkan terhambatnya aliran oksigen ke janin.
  3. Dapat menjadi cadangan cairan dan juga sumber nutrisi sementara
  4. Dapat membuat janin dapat bergerak bebas
  5. Membantu sistem pencernaan janin
  6. Membantu mengembangkan sistem pernapasan janin agar dapat berkembang dengan baik, (Baca : Perkembangan Janin)
  7. Dapat menjadi fungsi incubator bagi janin

Bahaya Bayi yang meminum Air ketuban

Sebenarnya, pada dasarnya ketika masih berada di dalam kandungan, adalah suatu hal yang wajar ketika bayi menelan air ketuban. Namun demikian, ternyata, air ketuban yang tertela ini dapat menjadi lebih gawat ketika ternyata bayi menelannya pada saat mulai bernapas secara independen. Seharusnya ketika bayi sudah keluar dan bernapas dengan sendirinya, air ketuban sebaiknya tidak boleh tertelan dan juga masuk ke dalam tubuh si bayi.

Mengapa meminum air ketuban berbahaya bagi bayi yang baru lahir

Meminum air ketuban akan menimbulkan efek yang berbahaya, terutama ketika bayi sedang mengalami nafas pertamanya, dimana dia mulai untuk bernapas secara independent. Air ketuban yang sebenarnya tidak sengaja terminum oleh bayi tersebut memiliki kandungan meconium.

Kandungan Meconium

Kandungan meconium inilah yang disinyalir memiliki bahaya serta dampak yang cukup buruk bagi kesehatan sang bayi. Gangguan yang paling utama yang dapat muncul ketika seorang bayi tidak sengaja meminum dan juga menelan air ketuban adalah gangguan pada bagian pernapasan sang bayi. Hal ini disebabkan karena air ketuban sendiri sebenarnya mengandung air seni dan juga semua bentuk sekresi yang dimiliiki oleh bayi ketika masih berada dalam kandungan. Hal inilah yang memiliki pengaruh dan dampak buruk bagi paru – paru dan juga sistem pernapasn dari bayi.


Ketika bayi sudah lahir, maka saat itu pula dokter dan juga tenaga medis wajib melakukan serangkaian tes dan juga asesmen untuk memastikan bahwa kondisi bayi yang dilahirkan sehat dan tidak mengalami gangguan. Namun apabila muncul, gangguan yang terjadi karena bayi yang tidak sengaja menelanair ketuban biasanya dapat mengalami gejala sesak nafas

Sesak nafas

Gejala ini terjadi karena air ketuban yang masuk ke dalam paru – paru dan menghambat kinerja dari paru – paru sehingga menyebabkan bayi tersebut mengalami sesak nafas. Sesak nafas inilah yang di kemudian hari malahan akan mempengaruhi kondisi tubuh si bayi itu sendiri ketika sudah dewasa. Dengan adanya kondisi ini, maka terdapat kemungkinan sang bayi nantinya akan berkembang menjadi anak yang lemah, dan pernapasannya dapat dengan mudah terganggu, memiliki gejala – gejala seperti gejala penyakit asma, yang membuat dia menjadi sulit bernapas dan juga terasa berat saat bernapas.

Itulah bahaya yang muncul ketika sang bayi yang baru lahir tidak sengaja meminum dan juga menelan air ketuban. Jadi ketika sedang berada pada proses persalinan, ada baiknya anda berdoa dan juga pasrah, agar proses persalinan dapat dilakukan dengan lancar, serta tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Demikian artikel mengenai bahaya bayi menelan air ketuban,. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua. Terima kasih.

, , ,
Post Date: Tuesday 08th, September 2015 / 16:10 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bayi