18 Cara Memutihkan Kulit Bayi secara Alami dan Aman

Siapa yang tidak ingin memiliki anak dengan kulit putih, bersih, dan sehat? Tentunya semua orang tua ingin bayinya memiliki kulit yang sehat dan terawat. Maka dari itu, perawatan terhadap kulit bayi tentunya perlu untuk dilakukan. Namun, perawatan kulit bayi tidak bisa dilakukan sembarangan, karena jenis kulit bayi masih sangat sensitif. Apalagi untuk bayi yang baru lahir. Tapi ternyata ada beberapa cara memutihkan kulit bayi yang aman dan bisa dilakukan di rumah. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Menggunakan Tepung Gram

Tepung gram mungkin tidak begitu populer di Indonesia. Tepung gram lebih populer di kawasan India dan Pakistan. Bahan ini dibuat dari buncis dan memang diproduksi untuk memutihkan dan merawat kulit bayi. Untuk menggunakannya, tepung gram bisa ditambahkan dengan susu, krim susu, dan bubuk kunyit. Jika sudah terbentuk krim atau pasta, maka pasta ini bisa dioleksan pada kulit bayi dan didiamkan beberapa menit. Lalu, bisa dibersihkan dengan kapas. Cara kerja tepung gram, susu, dan kunyit ini adalah dengan menghilangkan bakteri pada kulit bayi. Pasta ini juga bisa menghalau kulit kusam pada bayi.

  1. Memanfaatkan Buah-buahan

Buah-buahan yang mengandung antioksidan, vitamin E, dan vitamin C tentunya bisa memberikan manfaat terbaik bagi kulit bayi. Selain itu buah-buahan juga cukup aman untuk bayi karena merupakan bahan-bahan alami dan bukan bahan kimiawi. Namun untuk memberikan manfaat ini, baru bisa diberikan pada bayi yang sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI, yaitu pada bayi di atas 6 bulan. Caranya adalah dengan memberikan jus buah atau mengolah beberapa buah menjadi makanan pendamping ASI. Buah yang dimaksud antara lain apel dan jeruk.

  1. Memandikan Bayi dengan Suhu yang Tepat

Cara Merawat Bayi Baru Lahir dengan tepat salah satunya adalah dengan memandikannya. Cara memandikan bayi ternyata juga bisa berpengaruh pada kesehatan kulit bayi. Jika air panas terlalu panas, maka kulit bayi bisa menjadi lebih gelap. Sementara itu, jika air terlalu dingin, maka kulit bayi bisa menjadi sensitiff. Maka dari itu, jika ingin bayi menjadi lebih putih dan sehat, gunakan air hangat untuk memandikan bayi. Gunakan saja air hangat suam-suam kuku untuk menciptakan kenyamanan pada bayi sekaligus untuk mendapatkan manfaat kulit yang putih dan sehat.

  1. Menggunakan Minyak Esensial

Minyak esensial yang paling baik untuk dijadikan cara memutihkan kulit bayi adalah minyak almond dan juga minyak zaitun. Kedua minyak ini memiliki manfaat yang baik bagi kulit. Bahkan kedua minyak ini juga bisa dimanfaatkan oleh orang dewasa untuk merawat kulit. Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan memijatkan minyak esensial hangat kepada kulit bayi. Pemijatan ini juga bisa membuat bayi menjadi rileks dan tidur dengan lebih berkualitas nantinya.


  1. Mengajak Bayi Berjemur di Pagi Hari

Manfaat Berjemur bagi Ibu Hamil ternyata juga bisa didapatkan untuk bayi. Manfaat berjemur di pagi hari bagi bayi ternyata bukan hanya tentang kesehatan tulang dan giginya saja, melainkan juga untuk kesehatan kulitnya. Seperti yang diketahui bersama, berjemur di pagi hari bisa memberikan manfaat vitamin D pada bayi. Vitamin D ini juga bisa membentuk pigmen kulit pada bayi agar lebih sehat dan cerah. Lakukan kegiatan ini secara rutin setiap pagi agar bayi bisa tumbuh dan berkembang secara sehat dan juga memiliki kulit yang sehat juga.

  1. Membuat Scrub dari Bahan Alami

Scrub yang berasal dari bahan alami juga bisa membantu membersihkan kulit bayi secara lebih sempurna dan cukup aman. Jika kulit bayi bersih maksimal, maka lama kelamaan kulitnya juga akan lebih putih. Scrub alami ini bisa dibuat dari susu, baby oil, dan air mawar. Caranya adalah dengan memijatkan scrub pada kulit bayi dengan lembut. Hindari gosokan kasar karena bisa menyebabkan kulit bayi menjadi lebih sensitif dan iritasi.

  1. Menggunakan Sabun yang Tepat

Pemilihan dari sabun mandi bayi juga bisa memberikan efek pada kulitnya. Jika sabun yang digunakan tepat, maka bayi pun akan memiliki kulit yang lebih baik dan sehat juga. Sabun bayi yang baik adalah yang lembut dan tidak mengiritasi kulit bayi. Rekomendasi cara memutihkan kulit bayi dengan pemilihan sabun adalah dengan memilih sabun dengan pH antara 4,5 hingga 5. Angka ini dinilai aman dan baik bagi bayi.

  1. Membilas Bayi dengan Bersih

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir memang perlu diketahui. Cara menciptakan kulit putih pada bayi berikutnya adalah dengan membilas bayi secara bersih ketika mandi. Cara ini penting untuk dilakukan. Jangan sampai ada bekas sabun yang tertempel pada kulitnya. Bekas sabun yang tidak bersih maksimal bisa menyebabkan kulitnya menjadi kusam dan tidak sehat. Maka dari itu, saat memandikan bayi, usahakan selalu membilas tubuh dan juga rambut bayi secara tuntas tanpa sisa sabun.

  1. Mengeringkan Tubuh Bayi dengan Tepat

Seperti yang dijelaskan di atas, bayi memiliki kulit yang lebih tipis dan lebih sensitif daripada orang dewasa. Kulit bayi perlu diperlakukan dengan lembut agar tetap lembut dan tidak iritasi. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengerungkan tubuh bayi dengan cara yang tepat. Jika orang dewasa biasa mengeringkan dengan handuk yang digosok, maka jangan lakukan hal ini pada bayi. Keringkan saja dengan handuk berdaya serap tinggi, namun hanya ditepuk-tepukkan saja. Cara ini dinilai lebih aman bagi kulit bayi yang masih sensitif.

  1. Menggunakan Pelembab Kulit Bayi

Karena bayi memiliki kulit yang masih sensitif dan tipis, maka diperlukan pelembab khusus kulit bayi agar kulitnya tetap sehat dan lembab. Apalagi untuk kita yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Tentunya diperlukan kulit yang selalu lembab agar tidak mudah terkena iritasi dan gangguan.

  1. Hindari Penggunan Sabun Antibakteri

Sabun antibakteri mungkin terkesan bisa memberikan perlindungan prima pada kulit bayi. Namun sabun antibakteri ternyata memiliki karakter yang lebih keras. Hal ini tidka cocok untuk kulit bayi yang masih sensitif, karena bisa mengalami iritasi jika terlalu sering digunakan. Kecuali jika dokter memang merekomendasikan sabun antibakteri pada bayi dengan kondisi tertentu, maka hal ini diperbolehkan.

  1. Ibu Menyusui Mengonsumsi Banyak Air Putih

Ibu yang menyusui selalu disarankan untuk banyak-banyak mengonsumsi air putih. Ternyata air putih tidak hanya berguna untuk melancarkan ASI dan menjaga kesehatan ibu saja, namun bermanfaat juga untuk mencerahkan kulit bayi. Oleh karena itu, saat menyusui, konsumsi air putih tetap diperlukan secara cukup.

  1. Ibu Menyusui Mengonsumsi Air Kelapa

Selain air putih, air kelapa juga disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui agar anaknya memiliki kulit yang sehat. Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui adalah karena air kelapa memiliki zat antioksidan yang baik. Tidak hanya untuk mencegah dehidrasi saja, namun juga bisa memberikan manfaat bagi kulit bayi agar tetap sehat.

  1. Ibu Menyusui Mengonsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau tentunya memiliki banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi ibu dan juga bayi. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah bayi menjadi lebih sehat. Selain itu, kulitnya pun bisa menjadi lebih cerah dan juga tidak kusam.

  1. Ibu Menyusui Mengonsumsi Susu Kedelai

Susu kedelai memiliki kandungan yang baik bagi nutrisi ibu hamil, seperti antioksidan, kalsium, dan beberapa jenis nutrisi sehat lainnya. Antioksidan dari susu kedelai ini bisa juga bermanfaat bagi bayi sehingga memiliki kulit yang lebih putih dan juga sehat secara alami.


  1. Ibu Menyusui Mengonsumsi Bengkoang

Bengkoang sudah lama dijadikan bahan alami bagi kulit agar lebih cerah dan terawat. Bengkoang juga sering dijadikan bahan pembuatan produk kecantikan. Bengkoang bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui sebagai makanan ibu menyusui agar kulit bayi putih. Cara ini juga cukup mudah untuk dilakukan sehari-hari di rumah.

  1. Ibu Menyusui Mengonsumsi Almond

Makanan Ibu Hamil agar Bayi Berkulit Putih salah satunya adalah almond. Ternyata almond juga merupakan salah satu bahan dari jenis kacang-kacangan yang memiliki khasiat untuk membantu memutihkan dan menyehatkan kulit bayi setelah lahir. Cara memutihkan kulit bayi dengan almond adalah dengan dikonsumsi oleh ibu menyusui. ASI yang diterima bayi nantinya akan bermanfaat untuk membuat bayi menjadi lebih sehat dan putih.

  1. Ibu Menyusui Mengonsumsi Blueberry

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah blueberry bagi ibu menyusui. Cara ini juga bisa bermanfaat bagi bayi agar mendapatkan manfaat kulit yang putih dan bersih.

Demikianlah beberapa cara memutihkan kulit bayi yang bisa dilakukan dengan perawatan maupun dengan pola makanan ibu menyusui. Jaga selalu kesehatan dan kelembaban kulit bayi. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Post Date: Saturday 07th, October 2017 / 06:25 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bayi
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12

Recommeded

Popular