Ukuran Perut Ibu Hamil 4 Bulan Yang Normal

Proses kehamilan merupakan sebuah masa yang paling ditunggu tunggu oleh setiap wanita yang telah menikah secara resmi dan menjadi sebuah tujuan utama dalam pernikahan. Dengan menjalani kehamilan, seorang wanita juga akan meningkat statusnya menjadi seorang ibu setelah janin yang ada dikandungannya terlahir nantinya. Setiap ibu hamil pastinya menginginkan kondisi kehamilannya selalu dalam keadaan yang baik dan sehat serta perkembangan janin dapat berjalan secara normal serta terbebas dari berbagai gangguan kehamilan.

Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu bentuk tanggung jawab ibu hamil dalam menjaga kondisi kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungannya adalah dengan melakukan pemahaman terhadap perubahan fisik yang normal terjadi dan yang merupakan tanda akan adanya gangguan kehamilan sehingga ibu dapat segera membuat keputusan yang benar. Salah satu bentuk perubahan fisik yang dapat terjadi pada ibu hamil adalah bertambahnya ukuran lingkar perut ibu hamil karena perkembangan ukuran janin yang juga semakin membesar.

Setiap ibu hamil perlu mengetahui apakah ukuran perut yang saat ini dimilikinya sesuai dengan ukuran seharusnya pada usia kehamilan tertentu. Hal ini dikarenakan, ukuran dari lingkar perut ibu hamil menjadi sebuah pertanda apakah perkembangan janin yang terdapat di dalam kandungan berjalan dengan normal. Dalam artikel kali ini, hamil.co.id akan menitik beratkan pembahasan mengenai ukuran perut ibu hamil 4 bulan yang normal. Namun, sebelum masuk pada pembahasan tersebut maka perlu diketahui beberapa perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil akibat perkembangan janin 4 bulan diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Pergerakan bayi, ibu hamil mulai merasakan adanya pergerakan yang dilakukan oleh janin di dalam kandungan mulai pada bulan ke 4 kehamilannya.
  • Perut mengembang, janin akan terus berkembang dan membesar sehingga pada kehamilan usia 4 bulan dapat menjadikan perut ibu hamil mengembang.
  • Hiperpigmentasi, membesarnya ukuran perut pada ibu hamil dapat menyebabkan terjadinya pergegangan pada area kulit perut yang dapat menjadikan terjadinya hiperpigmentasi yang ditandai dengan munculnya garis hitam pada bagian bawah perut.
  • Beberapa bentuk perubahan lannnya, beberapa perubahan lain seperti tubuh ibu yang mulai mengatur posisi organ dalam, kondisi ibu hamil akan lebih merasa kurang untuk tidur.

Beberapa bentuk perubahan fisik diatas dapat terjadi pada ibu hamil dengan usia kehamilan 4 bulan. Selain perubahan fisik pada ibu hamil, pengetahuan mengenai kondisi perkembangan bayi juga sangat penting untuk dapat mengetahui apakah kehamilannya dalam keadaan yang normal atau tidak. Berikut ini beberapa bentuk perkembangan fisik pada bayi.

  1. Ukuran Janin, pada usia kehamilan 4 bulan ukuran bayi akan memiliki panjang kurang lebih 13 cm dan berat kurang lebih 140 gram.
  2. Bentuk fisik, tempurung kepala pada bayi akan mulai mengeras  dan syaraf tulang belakang mulai terbungkus oleh lapisan meilin, serta kelenjar keringat yang sudah terbentuk pada seluruh tubuh.
  3. Wujud bayi, penampakan wujud bayi akan mulai terlihat mengarah pada bentuk yang sempurna dengan bagian bagian tubuh yang mulai berkembang secara proporsional.

Kembali lagi pada pokok pembahasan dalam artikel kali ini yang berkaitan dengan ukuran perut ibu hamil 4 bulan sebagai salah satu tanda kehamilan yang pastinya akan semakin membesar mengingat pertumbuhan janin yang juga terus berjalan. penentuan ukuran besaran perut bayi yang mengarah pada tanda kehamilan yang normal biasanya dihitung melalui perabaan tinggi puncak rahim. Pada kehamilan yang sudah menginjak usia 4 bulan, tinggi puncak rahim kira kira setinggi pusar.

Ukuran yang biasa digunakan untuk menentukan besarnya pertumbuhan perut pada ibu hamil dikenal dalam dunia medis sebagai tinggi fundus uteri. Pengukuran yang hanya dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan ini dapat digunakan sebagai salah satu cara menentukan usia kehamilan. Pengukuran tinggi fundus uteri atau yang disingkat dengan nama TFU dilakukan menggunakan sebuah benang yang disebut sebagai metiline dari tepi atas symfisis samapai dengan ujung rahim.

Jika berdasarkan pada ukuran TFU maka dapat dilihat bahwa pada usia kehamilan 4 bulan posisi TFU kandungan berada di tengah tengah antara symphysis dan pusat. Selain TFU, kenaikan berat badan pada ibu hamil juga dapat membantu menentukan usia kehamilan dan perkembangan janin yang normal. Pada trimester 2 atau menginjak usia 4 bulan, ibu hamil akan mengalami peninkatan berat badan yang normal sebesar 0.35 – 0.40 Kg dalam jangka waktu 1 minggu sebagai salah satu ciri janin sehat dalam kandungan usia 4 bulan.

Kondisi besar kecilnya ukuran perut sangat bervariasi pada setiap wanita sehingga bukan sebuah tanda utama yang mengambarkan kondisi kehamilannya dalam keadaan yang sehat dan normal. Oleh karena itu, jika ibu hamil memiliki ukuran dan berat perut yang lebih kecil dari normalnya maka belum tentu telah terjadi gangguan kehamilan. Ibu hamil tidak perlu khawatir ketika ukuran janin tidak dalam posisi yang benar asalkan semua tanda kehamilan yang sehat tetap terpenuhi dan secara diagnosisi dokter spesialis kandungan menunjukan bahwa kondisi kehamilannya dalam keadaan yang baik.