Ciri Ciri Ibu Hamil Terkena Diabetes Yang Perlu Diwaspadai

Setiap ibu hamil pastinya menginginkan segala hal yang berkaitan dengan kehamilanya dapat berjalan secara normal tanpa adanya berbegai macam gangguan kehamilan yang berarti. Untuk dapat menjalani kondisi kehamilan dengan sehat dan normal tersebut tentu ada beberapa upaya dan usaha yang perlu dilakukan oleh setiap ibu hamil. Berbagai usaha tersebut perlu untuk dilakukan mengingat selama masa kehamilan kondisi ibu hamil dalam keadaan yang rentan terhadap berbagai macam gejala penurunan kesehatan.

Beberapa usaha yang seharusnya dapat dilakukan ibu hamil secara spontan demi menjaga kesehatan dan kondisi perkembangan kehamilannya tersebut adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil melalui konsumsi makanan sehat secara teratur, menghindari aktivitas yang berat dan membahayakan, beristirahat dengan benar dan dalam waktu yang cukup, serta selalu memastikan kondisi kehamilannya dalam keadaan normal dengan berkonsultasi bersama dokter kandungan atau tenaga medis lainnya.

Aktivitas yang disebutkan diatas tersebut perlu dilakukan terutama dalam menjaga pola makan serta makanan yang dikonsumsi untuk menghindari berbagai macam bentuk permasalahan kesehatan selama hamil yang salah satunya adalah kondisi diabetes atau lebih tepatnya gestational diabetes. Ibu hamil yang mengalami diabetes atau kenaikan kadar gula darah di dalam tubuh dapat dilihat melalui ciri ciri yang ada. Berikut ini beberapa ciri ciri ibu terkena diabetes yang perlu diketahui agar dapat segera mendapatkan tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

  1. Sering buang air kecil

Gejala pertama atau ciri ciri ibu hamil terkenal diabetes adalah aktivitas buang air kecilnya meningkat. Aktivitas buang air kecil yang meningkat ini disebabkan karena memang ada kadar gula darah di dalam tubuh yang terlalu berlebihan. Kadar gula darah yang terlalu tinggi tersebut perlu dikeluarkan oleh tubuh melalui ginjal. Gula merupakan salah satu zat yang dapat menarik banyak cairan sehingga ketika kadar gula yang tinggi dikeluarkan dari tubuh juga akan membawa banyak cairan yang menyebabkan ibu hamil menjadi sering buang air kecil. Kondisi ibu hamil yang sering buang air kecil ini berbeda dengan kondisi yang terjadi pada sebagian ibu hamil di usia tua sebagai gejala atau tanda kehamilan.

  1. Sering merasa haus

Ciri ciri ibu hamil terkena diabetes lainnya adalah kondisi ibu hamil yang sering merasa haus. Kondisi ibu hamil yang sering merasa haus tersebut dapat terlihat dari aktivitas minumnya yang sangat tinggi. Keadaan ibu hamil yang sering merasa haus disebabkan karena kondisi buang air besar yang sering dalam penjelasan diatas. Buang air besar yang sering dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga direspon oleh tubuh secara langsung dengan mengeluarkan keinginan untuk minum atau rasa haus.

  1. Mulut terasa kering

Keadaan lainnya yang juga dapat menjadi pertanda bahwa seorang ibu hamil mengalami peningkatan kadar gula darah selama kehamilan atau yang disebut sebagai gestational diabetes. Kondisi mulut yang terasa kering tersebut disebabkan karena tubuh yang merasakan kekurangan cairan akibat terlalu berlebihan dari kondisi buang air ibu hamil.

  1. Peningkatan nafsu makan

Ibu hamil yang mengalami masalah gestational diabetes tersebut dapat mengalami peningkatan nafsu makan. Kondisi peningkatan nafsu makan tersebut disebabkan karena cadangan gula darah di dalam tubuh yang kurang meskipun kadar gula darah meningkat. Kondisi kurangnya cadangan gula darah tersebut menyebabkan ibu hamil akan merasa peningkatan nafsu makan.

  1. Penglihatan buram

Kondisi penglihatan buram sebagai ciri kehamilan tersebut sebenarnya tidak dapat dirasakan secara langsung pada ibu hamil yang mengalami diabetes. Kondisi penglihatan buram tersebut muncul ketika memang kondisi kadar gula darah yang terjadi sudah sangat tinggi dan berlangsung cukup lama. Kadar gula darah yang tinggi tersebut dapat membentuk lapisan di mata yang menyebabkan terjadinya penglihatan buram.

  1. Penurunan berat badan

Kondisi ibu hamil yang mengalami masalah diabetes gestational dapat juga ditunjukan dengan adanya penurunan berat badan terutama yang cukup signifikan. Penururnan berat badan tersebut disebabkan banyaknya gula darah yang harus dibuang ke ginjal untuk dieksresi sehingga gula darah tidak dapat dibentuk menjadi masa tubuh. Kesalahan pada metabolisme gula darah tersebut menyebabkan terjadinya penurunan berat badan.

  1. Mudah merasa lelah

Meskipun dalam kondisi diabetes gestational dapat menyebabkan terjadinya peningkatan nafsu makan namun tubuh ibu hamil malah mudah merasa lelah. Kondisi mudah merasa lelah tersebut disebabkan oleh keadaan insulin yang tidak dapat merubah gula menjadi energi sehingga tubuh kekurangan energi dan menjadi mudah lelah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai ciri ciri ibu hamil terkena diabetes yang perlu diperhatikan. Kondisi gestational diabetes meskipun merupakan keadaan yang dapat sembuh ketika masa kehamilan ibu sudah selesai namun tetap perlu diwaspadai terkait adanya bahaya diabetes saat hamil dan efek buruk dari peningkatan kadar gula darah pada ibu hamil tersebut. Mengatur pola makan menjadi salah satu cara dalam mencegah terjadinya diabetes pada ibu hamil.