Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan Mentah Dan Apa Efeknya?

Ibu hamil memang harus menjaga kesehatan sepanjang kehamilan sampai melahirkan. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan diri sendiri yang kemudian bisa memberi efek baik untuk janin dalam kandungan. Semakin sehat ibu hamil maka perkembangan janin dalam kandungan menjadi lebih sehat dan tidak terkena risiko seperti masalah cacat dan penyakit bawaan sejak dalam kandungan. Karena itu salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat untuk kebutuhan nutrisi janin. Tapi ada saja kebiasaan buruk seperti makan mie instan mentah. Mie instan mentah sering dikonsumsi karena rasanya yang lebih gurih. Tapi bolehkah ibu hamil makan mie instan mentah dan apa efeknya? Berikut penjelasannya

Boleh Tidak?

Seperti yang Anda tahu bahwa ketika Anda membuka mie instan maka akan ada bumbu pelengkap yang dikemas tersendiri. Bumbu yang terdiri dari minyak, bubuk dan bawah mungkin rasanya lebih lezat jika dimakan mentah. Tapi bahan ini sebenarnya tidak aman untuk siapapun, tanpa dimasak dulu, termasuk untuk ibu hamil. Kemudian tepung dalam mie dirancang untuk dimasak sebelum dimakan sehingga jika dimakan mentah maka bahan-bahan didalamnya mie bisa berbahaya untuk tepung. Larangan ini tidak hanya untuk ibu hamil tapi untuk semua orang dan semua usia. Jadi jelas ibu hamil tidak boleh makan mie mentah dan sebaiknya mengikuti aturan pantangan makanan ibu hamil.

Efek Makan Mie Instan Mentah Untuk Ibu Hamil

  1. Risiko keguguran

Ibu hamil yang makan mie instan mentah bisa mengalami risiko keguguran. Ada banyak penyebab yang bisa terjadi termasuk keracunan zat berbahaya dari mie. Sementara ibu hamil memiliki pencernaan yang lebih rentan karena terpengaruh oleh kondisi kehamilan. Dan memang ada bahaya ibu hamil makan mie instan. Jadi lebih baik memilih makanan lain yang lebih sehat.

  1. Kenaikan kadar gula dengan cepat

Mie instan yang dikonsumsi mentah juga bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Hal ini sangat berbahaya karena ibu hamil bisa terkena gestational diabetes. Mie instan mentah mengandung kalori yang sangat tinggi. Akibatnya dalam sekali makan saja bisa membuat kenaikan gula darah dengan cepat dan ini tidak baik untuk janin dalam kandungan.

  1. Risiko tekanan darah tinggi

Bumbu yang dicampur ketika makan mie instan mentah memang sangat berbahaya untuk tubuh. Takaran bumbu itu memang sudah diatur untuk air atau cara memasak mie instan. Namun karena dimakan mentah maka biasanya rasanya akan lebih asin. Kadar garam juga tidak larut sehingga masuk ke tubuh secara langsung. Ini sangat berbahaya untuk ibu hamil karena memicu tekanan darah tinggi pada ibu hamil.

  1. Gangguan pencernaan

Makan mie instan mentah bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang sangat buruk. Terlebih pada ibu hamil dimana usus bekerja lebih lambat. Efek hormon kehamilan membuat usus bekerja tidak cepat seperti pada orang normal. Karena itu ibu hamil sering mengalami sembelit. Jadi mie instan berbahaya karena akan merusak kerja usus dengan cepat dan membuat usus tidak bekerja dengan normal.

  1. Radang tenggorokan

Ibu hamil yang akan makan mie instan harus waspada. Masalahnya mie instan sangat keras dan bisa membuat tenggorokan menjadi luka. Terlebih jika mie dibuat dengan bumbu yang mengandung cabai bubuk, MSG, dan minyak. Akhirnya tenggorokan luka yang membuat ibu hamil sakit.

  1. Masalah kesehatan janin

Makan mie instan mentah juga meningkatkan risiko cacat janin. Hal ini karena kandungan garam, MSG dan zat kimia makanan dalam mie yang seharusnya dimasak dulu. Dampak serius dari masalah kesehatan janin termasuk seperti gangguan otak janin, masalah fisik, gangguan mental sampai risiko kanker.

Nah sekarang sudah paham tentang bolehkah ibu hamil makan mie instan mentah dan apa efeknya? Karena ini bisa sangat berbahaya maka sebaiknya bisa menghindari mie instan lebih baik memilih makanan lain yang lebih sehat.