Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Ayam Dan Bagaimana Tips Makannya?

Mie ayam adalah salah satu makanan umum dan banyak disukai semua orang. Mie ayam dilengkapi dengan sayuran dan suwiran ayam yang rasanya sudah pasti lezat. Makanan ini juga mudah ditemukan sehingga dimana saja pasti ada yang berjualan mie ayam. Mie ini juga banyak disukai oleh ibu hamil karena sering dianggap menyegarkan ketika tubuh sedang tidak nyaman. Tapi beberapa orang menyebutkan jika mie ayam termasuk dalam pantangan makanan ibu hamil. Lalu bolehkah ibu hamil makan mie ayam dan bagaimana tips makannya? Simak penjelasan dibawah ini.

Boleh Tidak?

Mie ayam sebenarnya sah-sah saja dimakan oleh ibu hamil. Namun mie ayam tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Mie ayam terbuat dari bahan utama tepung yang kemudian diberi pelengkap seperti sawi hijau, daun bawang dan suwiran ayam. Namun mie ayam tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil jika digunakan sebagai makanan tunggal. Hal ini karena mie ayam tidak mengandung protein, serat, mineral dan vitamin yang lengkap dan jumlah yang sesuai kebutuhan tubuh ibu hamil dan janin. Ibu hamil harus mempertimbangkan untuk mencukupi nutrisi ibu hamil agar lebih sehat.

Alasan Mie Ayam Tidak Baik Untuk Ibu Hamil

  1. Nutrisi kurang lengkap

Melengkapi kebutuhan gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan memang sangat baik untuk pertumbuhan janin dan kesehatan ibu hamil. Seperti yang sudah disebutkan bahwa mie ayam mengandung bahan yang tidak lengkap dan jumlah nutrisi yang rendah. Mie ayam mengandung bahan pokok karbohidrat sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak maka bisa menyebabkan peningkatkan kadar gula darah dan membuat tubuh ibu mendapatkan banyak kalori.

  1. Terlalu banyak MSG

Semua ibu hamil harus menyadari berbagai bahaya MSG bagi ibu hamil. Mie ayam dimasak dengan beberapa kaldu dari minyak ayam. Minyak ayam didapatkan bukan dari jenis ayam organik sehingga terlalu banyak bahan pemicu gemuk pada ayam itu sendiri. Kemudian setiap kaldu akan diberi tambahan MSG untuk memberi rasa yang kuat. Dalam setiap mangkok mie ayam bisa saja mengandung satu sendok kecil MSG. Hal ini tidak baik untuk ibu dan janin karena bahan ini bahan kimia yang bisa menyebabkan gangguan metabolisme tubuh.

  1. Terlalu banyak garam

Selain MSG maka biasanya mie ayam juga mengandung garam yang terlalu banyak. Ibu harus menyadari bahwa bahaya garam bagi ibu hamil bisa menyebabkan keseimbangan cairan dalam tubuh ibu terganggu. Ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan juga meningkatkan resiko ibu dehidrasi. Ketika garam masuk berlebihan maka tubuh ibu membutuhkan banyak air dan terkadang itu bisa memicu kaki bengkak dan masalah pada kesehatan jantung.

  1. Lapar berlebihan

Mie ayam yang mengandung kalori sangat tinggi memang dianggap cepat mengenyangkan. Namun ketika beberapa lama maka perut ibu pasti akan merasa lapar lagi. Hal ini karena mie ayam kaya dengan kalori dari kandungan karbohidrat. Karena itu mie ayam sering membuat ibu cepat kenyang tapi juga cepat lapar. Bagi ibu yang menderita diabetes maka ini bisa memicu gangguan yaitu naiknya kadar gula darah dengan cepat.

Tips Makan Mie Ayam Sehat

  1. Buat mie dari sayuran

Jika ibu ingin makan mie ayam yang sehat maka cobalah untuk membuat mie ayam sendiri. Ibu bisa mencoba membuat mie ayam dari sayuran seperti dari bayam, wortel, sawi, brokoli dan sayuran lain. Bahan dasarnya tetap menggunakan tepung namun jumlahnya dikurangi karena ditambahkan dengan sayuran. Kemudian buah mie ayam sayuran yang habis sekali makan sehingga tidak disimpan terlalu lama. Karena buatan sendiri maka ibu bisa mengurangi bahan tambahan seperti ragi, garam atau pengeras mie.

  1. Gunakan kaldu sayuran dan ayam organik

Untuk memberi rasa yang lezat pada mie ayam maka cobalah untuk membuat kaldu dari bahan sayuran dan ayam organik. Jenis kaldu sayuran bisa dibeli di tempat khusus seperti dengan kaldu jamur organik dan bahan kaldu lain. Untuk rasa alami maka buat kaldu cari dari ayam organik.

  1. Batasi garam dan tanpa MSG

Jika ibu masih belum bisa menghilangkan garam maka gunakan sedikit saja dan hilangkan semua MSG. Cara ini akan membuat ibu bisa menikmati mie ayam yang lezat namun tetap sehat. Garam tidak boleh berlebihan sehingga tekanan darah ibu tetap normal dan aman untuk janin dalam kandungan.

Nah sekarang ibu sudah tahu tentang bolehkah ibu hamil makan mie ayam dan bagaimana tips makannya? Semua ibu mungkin tidak bisa meninggalkan mie ayam karena ini makanan yang sangat lezat. Tapi agar lebih sehat maka coba juga tips makan mie ayam sehat seperti yang sudah dibahas.