10 Ciri – Ciri Kehamilan Tidak Berkembang

Karena fisik yang sedang berusaha untuk menyesuaikan diri dengan kondisi yang baru maka ibu hamil memerlukan usaha yang ekstra untuk menjaga kandungan dan kesehatan dirinya. Adapun beberapa masalah kehamilan yang bisa datang dan menyerang seperti timbulnya beberapa ciri – ciri kehamilan tidak berkembang atau juga tanda – tanda janin tidak berkembang usia 3 bulan. Berikut ini saya akan membagikan informasi seputar ciri kehamilan dimana janin tidak berkembang.

1. Tidak mengalami morning sickness

Salah satu penyebab morning sickness adalah terjadinya penyesuaian aktifitas hormon pada tubuh. Apabila Anda merasa bahwa Anda tidak mengalami morning sickness maka hal ini bisa menjadi salah satu pertanda adanya masalah pada tubuh Anda ataupun kandugan Anda.

2. Janin tidak mengalami pergerakan

Seiring berjalannya waktu janin akan semakin membesar dan keberadaannya akan semakin terasa. Karena janin yang semakin membesar dan ruangan pada rahim ibu juga terbatas maka ia akan berusaha untuk membuat dirinya nyaman dengan melakukan beberapa pergerakan. Ketiadaan pergerakan janin yang bisa Anda rasakan juga bisa menjadi salah satu pertanda.

3. Berat badan stabil

Apabila pada ibu hamil lainnya sibuk mencari cara untuk cara menjaga berat badan agar tetap stabil saat hamil, maka bagi mereka yang mengalami permasalahan janin yang tidak berkembang hal ini tidak akan diperlukan. Semakin tua usia kehamilan, berat badan akan semakin bertambah tetapi tidak bagi janin yang tidak berkembang karena ia akan terhenti pada salah satu fase perkembangan.

4. Detak  jantung bayi tidak terdeteksi

Tanda yang cukup mudah dideteksi adalah detak jantung bayi yang tidak dapat dirasakan lagi. Hal ini bisa menjadi kondisi yang patut Anda curigai.

5. Ukuran perut tidak membesar

ciri-  ciri kehamilan tidak berkembang yang mudah untuk Anda ketahui selanjutnya adalah ukuran perut yang tidak membesar. Dengan usia kandungan yang semakin bertabah tua dan ukuran janin yang semakin bertambah besar maka seharusnya ukuran perut juga bertambah besar.

6. Kadar HCG menurun atau rendah

Salah satu faktor yang mempengaruhi kadar HCG tentunya adalah kehamilan. Hormon ini bekerja untuk melindungi janin. Apabila tubuh merasa bahwa tidak ada janin yang harus dilindungi maka hormon ini akan menurun seketika.

7. Tinggi fundus tidak berubah

Pada ibu hamil, seiring berjalannya waktu maka tinggi fundus akan terus bertambah tinggi. Tinggi fundus akan terhenti apabila janin yang dikandung tidak berkembang.

8. Tidak mudah merasa lelah

Apabila Anda tidak melakukan olahraga untuk menjaga stamina tubuh dan merasa tetap memiliki stamina setelah aktifitas yang cukup berat maka mungkin hal ini juga bisa Anda curigai.

9. Tidak sering merasa pusing

Rasa pusing pada ibu hamil biasanya disebabkan oleh pelebaran dinding saluran peredaran darah yang berfungsi untuk mengalirkan oksigen secara lebih maksimal.

10. Pendarahan

Pendarahan juga bisa menjadi tanda yang buruk. Janin yang tidak berkembang dan gugur secara langsung akan berusaha untuk dikeluarkan oleh tubuh karena sudah dianggap sebagai benda asing. Kenali ciri – ciri darah keguguran untuk memastikan hal itu.

Jadi itulah sedikit informasi seputar ciri – ciri kehamilan tidak berkembang yang bisa saya bagikan dengan Anda. Semoga informasi ini bisa membantu dan membuat Anda menjadi lebih waspada dalam menjaga kesehatan kandungan dan diri Anda sendiri. Terima kasih atas waktu yang Anda berikan dengan membaca artikel kami.