7 Pertolongan Pertama Sembelit Pada Anak Paling Ampuh

Sembelit adalah sebuah keadaan ketika seseorang tidak bisa buang air besar secara normal. Hal ini bisa terjadi pada anak-anak sampai orang dewasa. Bahkan bayi saja bisa mengalami sembelit. Misalnya saja masalah bayi tidak BAB seminggu yang pasti akan membuat orang tua tidak nyaman. Kondisi ini ternyata juga sering dialami oleh anak-anak sehingga mereka menjadi sangat rewel. Lalu apa yang harus dilakukan ketika anak mengalami sembelit? Berikut ini pertolongan pertama sembelit pada anak paling ampuh.

  1. Obat pencahar dari dokter

Jika sembelit sudah lama terjadi maka ini bisa merusak atau membuat usus anak menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasinya maka cobalah membawa anak ke dokter. Dokter akan memberi obat pencahar yang khusus untuk anak sehingga tidak menyebabkan efek samping. Hindari memberi obat pencahar dari apotik karena terkadang bisa membuat perut dan usus anak tidak nyaman. Obat pencahar sebaiknya tidak diberikan sebagai cara mengatasi sembelit pada bayi.

  1. Makanan penuh serat

Sembelit sebenarnya bisa diatasi dengan makanan yang mengandung banyak serat. Orang tua bisa mencoba untuk memberikan beberapa makanan yang cukup serat seperti buah dan sayuran. Berbagai jenis makanan ini termasuk seperti buah pepaya, buah naga, apel, jeruk, kacang-kacangan, aprikot, roti gandum, kacang, pir, jambu, lemon dan bayam. Biasanya sulit untuk memberikan makanan ini sehingga bantu dengan vitamin untuk anak susah makan sayur dan buah.

  1. Tidak mendorong anak ke toilet

Biasanya ketika sembelit memang anak tidak mau ke toilet. Untuk mengatasinya maka jangan memaksa anak. Ketika anak sembelit dan dipaksa maka bisa menyebabkan bagian anus anak sakit dan anak mengejan dengan kuat. Karena itu hindari untuk membentak atau tidak sabar pada anak karena bisa memicu dampak membentak anak. Tunggu saja sampai anak merasa ingin ke kamar mandi.

  1. Buat anak aktif

Cara lain adalah dengan membuat anak tetap aktif. Langkah ini bisa dilakukan dengan cara membuat anak berlari, berjalan dan melakukan gerakan bermain yang aktif. Saat tubuh anak banyak bergerak maka bisa membuat usus bekerja normal. Kemudian juga bisa membuat anak lebih nyaman karena perut tidak begah atau perut terasa penuh. Biasanya setelah anak aktif maka mereka bisa merasa buang air besar. Adanya manfaat renang untuk bayi juga bisa diterapkan untuk anak-anak.

  1. Pijat pada anak

Pijatan juga sangat baik untuk anak karena bisa membuat tubuh anak menjadi lebih santai. Pijatan akan membuat otot perut anak lebih lentur kemudian sehingga akan membantu mengurangi tekanan pada perut. Pijatan bisa dilakukan untuk tangan, kaki, paha dan perut dengan pijatan yang lembut. Kemudian Anda bisa meminta anak untuk tidur telentang dan menggerakkan kaki seperti ketika mengendarasi sepeda.

  1. Mandi air hangat

Jika anak menjadi rewel akibat tidak nyaman maka cobalah untuk meminta anak mandi air hangat. Cara ini sangat baik untuk membantu agar otot di perut menjadi lebih kendur dan usus bekerja secara normal. Anda bisa mencoba untuk meminta anak berendam dalam air hangat kemudian biarkan selama beberapa saat sampai anak merasa santai. Cara ini juga mengurangi rasa lelah pada anak sehingga anak lebih nyaman.

  1. Berikan air minum yang cukup

Anda bisa mencoba untuk memberikan air minum yang cukup. Beberapa anak memang merasa malas untuk minum karena merasa tidak nyaman. Tapi air minum sangat baik untuk mengatasi sembelit karena bisa masuk ke dalam usus sehingga tidak banyak kotoran yang menumpuk di usus. Selain memberikan air minum putih juga bisa memberikan jus buah yang dibuat sendiri.

Itulah pertolongan pertama sembelit pada anak paling ampuh. Cara ini memang sangat alami sehingga mungkin membutuhkan waktu yang lama. Untuk itu orang tua harus bersabar ketika anak merasa sembelit.