Cara Mengatasi Bayi Cegukan Saat Tidur

Bayi yang mengalami cegukan tentunya akan membuat orang tua menjadi panik. Apalagi jika cegukan ini terjadi disaat bayi sedang dalam posisi tertidur. pasti ada banyak fikiran buruk yang menghantui para orang tua nantinya. Nah, untuk itu, kita perlu mengetahui cara mengatasi bayi cegukan saat tidur ini.

Mengapa Cegukan Bisa Terjadi?

Penyebab bayi cegukan ini harus dijawab sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi bayi cegukan saat tidur tersebut. Ini merupakan reaksi tubuh ketika udara masuk ketika bayi sedang mngunyah, merasa cemas atau tegang dan kebanyakan makan. Bahkan, fungsi cegukan ini sendiri terkadang baik untuk bayi.

Jadi, secara umum ini adalah hal yang biasa ditemukan pada bayi, remaja dan bahkan orang biasa. Namun, tetap saja kita perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi dan meredakan masalah cegukan pada bayi ini. Karena kondisi tubuh setiap bayi tidaklah sama. Bahkan, para bayi mengalami cegukan semenjak dalam kandungan.

Cara Mengatasi Cegukan Bayi Disaat Tidur

Untuk bisa mengatasi masalah cegukan pada bayi yang mungkin bisa muncul saat dia tidur, maka berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Memeluk Bayi

Lakukan langkah untuk memeluk bayi yang tengah mengalami cegukan disaat tidur ini. Biasanya kondisi tegang atau merasa tidak nyaman dapat memicu reaksi cegukan disaat tidur. Untuk itu, lakukanlah langkah memeluk bayi agar perasaannya menjadi lebih nyaman dan merasa aman.

2. Menepuk Bagian Punggung

Cobalah untuk mengambil bayi anda dari posisi tidurnya dan usap secara perlahan di bagian punggung bayi tersebut. Lakukan penepukan halus agar bisa mengeluarkan udara yang mungkin terbawa dalam tubuh bayi sehingga memicu reaksi cegukan ini. Atau, posisikan bayi sejajar dengan tubuh anda dan pukullah punggungnya secara halus dan perlahan.

3. Berikan Bayi Minum Susu

Cobalah untuk memberikan bayi minum susu untuk menghentikan aktivitas cegukan yang dialaminya selama ia tidur. Caranya cukup mudah, gendong dan secara perlahan bayi akan bangun. Kemudian cobalah menyodorkan susu kepadanya hingga ia minum susu tersebut. Jangan khawatir jika bayi masih cegukan saat diberi susu.

4. Posisi Menyusui Yang Benar

Jika cegukan bayi tidak juga berhenti dan bahkan masih berlanjut maka awasi posisi anda saat menyusuinya. Pastikan tidak dalam posisi yang salah. Atau bahkan pastikan bahwa bayi tidak terburu-buru meminum susu tersebut. Ritme dan posisi bayi harus sangat diperhatikan snag ibu ketika mereka sedang menyusui.

5. Perubahan Suhu Ruangan

Jangan ragu untuk mengendong dan membawa bayi ke tempat yang suhunya lebih hangat. Karena ini bis amenjadi langkah antisipasi ketika bayi merasa kedinginan dan memicu adanya cegukan tersebut. Anda juga bisa tetap mengusap punggungnya secara perlahan agar aktivitas cegukan bisa terhenti dan bayi juga merasa lebih dekat, nyaman dan terlindungi.

6. Alihkan Perhatian Bayi

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan agar bayi bisa berhenti ceguukan adalah membiarkan fokus bayi teralihkan. Misalnya saja dengan memberikan sebuah mainan atau benda steril yang bisa dihisap oleh bayi atau dimasukkan kedalam mulutnya. Hal ini akan membuat bayi bisa berhenti mengalami cegukan.

Poin penting yang harus diketahui para orang tua dalam cara mengatasi bayi cegukan saat tidur ini adalah memastikan tidak adanya gejala gawat darurat lainnya. Misalnya saja bayi mengalami gejala muntah-muntah yang serius atau tidak bisa berhenti menangis dan diiringi adanya peningkatan suhu tubuh. Jika ini terjadi dan tidak bisa ditenangkan, maka sebaiknya bawa bayi tersebut untuk mengunjungi dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang terbaik.