6 Macam Jamu Mual untuk Ibu Hamil

Salah satu tantangan berat ketika wanita sedang hamil adalah munculnya mual-mual, begah, dan nafsu makan yang menurun. Tak jarang karena mual tersebut ibu hamil susah untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Padahal seorang ibu hamil wajib untuk meningkatkan konsumsi makanan serta memaksimalkan menu makan sehat agar kandungan selalu kuat. Kenali pula tentang manfaat susu kedelai untuk wanita yang ingin hamil.

Morning sickness atau mual ringan saat hamil seringkali terjadi pada usia 5 sampai dengan 6 minggu masa kehamilan. Bahkan pada beberapa kasusu dapat berlanjut hingga trimester ketiga, dan gejalanya bisa semakin berat atau disebut juga dengan Hiperemis Graviradum. Kondisi ini cukup berbahaya loh ladies, karena bisa-bisa si ibu hamil kekurangan berat badan sebesar 5%.

Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya dapat mengandalkan jamu mual untuk ibu hamil loh. Racikan jamu ini sendiri bahannya bisa anda temukan di dapur. Lumayan lah untuk mengurangi rasa mual yang timbul saat hamil :

  • Perasan air lemon atau air jeruk
    Lemon dan kandungan yang ada di dalamnya ternyata cukup ampuh untuk mengatasi rasa mual saat hamil ladies. Cukup campurkan perasan air lemon dengan air hangat, atau air putih biasa dan minum secara perlahan. Rasa segar yang terkandung dalam perasan air lemon dapat mengurangi rasa mual ketika anda hamil.
    Selain lemon, jeruk juga bisa digunakan sebagai pengganti jika anda kesulitan menemukannya. Manfaat jeruk untuk wanita hamil sangat beragam termasuk mencegah dehidrasi, menstabilkan tekanan darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Air jahe
    Ini nih jamu mual untuk ibu hamil lain yang cukup ampuh. Geprek jahe lalu campurkan dengan air hangat, anda bisa tambahkan madu. Atau untuk mendapatkan rasa jahe yang lebih kuat lagi, anda bisa parut jahe tersebut. Dan selain air hangat anda bisa menggunakan air dingin, agar rasanya lebih segar. Tambahkan daun mint jika anda ingin rasa yang lain.
  • Teh herbal
    Ramuan teh herbal merupakan salah satu jamu mual untuk ibu hamil lainnya yang aman untuk dikonsumsi. Konsumsi teh herbal yang memang dapat dikonsumsi dua atau tiga kali untuk mengurangi rasa mual berkepanjangan. Ingat jangan sembarangan pilih teh herbal. Belilah dari merk atau produk yang terpercaya, dan minim kandungan bahan pengawet atau zat kimia berbahaya.
  • Air kelapa
    Air kelapa memang sudah dipercaya lama untuk mengobati penyakit dan keluhan lainnya. Kandungan dalam air kelapa ternyata juga dipercaya dapat mengurangi rasa mual hingga semester akhir kehamilan. Selain itu menurut info air kelapa ini juga bagus untuk kesehatan janin. Ada baiknya anda memasukkan air kelapa dalam wishing list atau menu wajib konsumsi selama hamil. Ups, tapi jangan sampai berlebihan ya ladies. Jangan lupa baca juga jenis obat tradisional menghentikan perdarahan ibu hamil untuk menambah wawasan anda.
  • Racikan temulawak dan gula jawa
    Jamu mual untuk ibu hamil lainnya yang bisa anda temukan di dapur adalah racikan temulawak dan gula jawa. Iris tipis temulawak kemudian didihkan dengan air. Kemudian setelah medidih, saring dan ambil airnya untuk diminum. Anda bisa menambahkan gula jawa sebagai penambah rasa.
  • Serai, daun pandan, dan daun jeruk
    Ketiga bahan yang sering anda temui ini juga bisa menjadi obat yang manjur untuk menghilangkan mual dan muntah saat hamil. Caranya sangat mudah, pilih salah satu rempah tersebut kemudian seduh dengan air panas. Tambahkan madu atau gula jawa untuk menambah kenimatan rasa, serta khasiat di dalamnya. Konsumsi jika anda merasa mual-mual.

Demikian beberapa jamu mual untuk ibu hamil alami yang cukup sederhana dan mudah untuk dibuat.

Kehamilan adalah anugerah, sudah sepatutnya wanita menjaga kehamilan dengan seksama. Contohnya dengan mempelajari efek samping daun kelor bagi ibu hamil dan cara memilih cream jerawat untuk ibu hamil. Membuat diri nyaman dan sehat tentu hal pertama yang harus dilakukan. Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi anda.