5 Efek Samping Daun Kelor Untuk Ibu Hamil Yang Perlu Diwaspadai

Setiap ibu hamil tentu berharap agar proses yang terjadi selama kehamilan dapat berjalan dengan normal dan sesuai kondisi seharusnya. Dengan proses kehamilan yang normal maka secara langsung kondisi janin di dalam kandungan dapat tumbuh dan berkembang dengan sempurna tanpa masalah apapun. Untuk dapat menjadikan kondisi kehamilan berkembang dengan normal, Ibu hamil tentu perlu mengusahakan beberapa cara yang penting dalam proses kehamilan dari sejak awal munculnya gejala hingga datang proses persalinan.

Salah satu bentuk usaha yang perlu diperhatikan dan dilakukan oleh ibu hamil adalah mengatur semua bentuk makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Pengaturan tersebut penting untuk memprioritaskan makanan sehat bagi ibu hamil dalam setiap konsumsi makanan. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat maka nutrisi ibu hamil di dalam tubuhnya akan terpenuhi dengan baik. Nutrisi dalam jumlah yang lebih banyak dibutuhkan demi menjaga proses dan tahapan kehamilan berlangsung dengan normal.

Selain memprioritaskan makanan sehat, ibu hamil juga perlu menjaga dan memperhatikan beberapa pantangan makanan ibu hamil. Pantangan konsumsi bahan tertentu dilakukan untuk menghindari efek samping buruk bagi kehamilan. Daun kelor merupakan salah satu bahan yang sebaiknya tidak dikonsumsi selama kehamilan meskipun kerap digunakan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh. Berikut beberapa efek samping daun kelor untuk ibu hamil yang perlu dipahami dengan baik karena dampak buruknya.

1. Menyebabkan masalah pada pencernaan

Efek samping pertama yang dapat muncul dari konsumsi daun kelor yang salah dan terlalu berlebihan pada ibu hamil adalah munculnya masalah pada pencernaan. Masalah pencernaan yang kerap terjadi karena konsumsi daun kelor yang berlebihan adalah diare. Kondisi tersebut dapat terjadi karena kandungan serat yang tinggi pada daun kelor menyebabkan ibu hamil akan sering buang air besar.

2. Memicu munculnya reaksi alergi

Bentuk efek samping lain yang dapat terjadi pada ibu hamil ketika mengkonsumsi daun kelor adalah munculnya reaksi alergi. Reaksi alergi dapat terjadi terutama bagi mereka yang memang memiliki riwayat alergi sebelumnya. Kondisi alergi tentu menjadi keadaan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Alergi dapat memberikan efek yang buruk bagi kehamilan terutama jika dampaknya serius pada tubuh ibu hamil.

3. Memperparah kondisi mual pada ibu hamil

Mual dan muntah merupakan keadaan yang kerap muncul pada proses kehamilan dan menjadi salah satu gejala hamil muda. Kondisi mual tersebut dapat menyebabkan seorang ibu hamil mengalami keadaan yang menyiksa. Konsumsi daun kelor bagi ibu hamil ternyata dapat memicu efek samping mual. Dengan efek tersebut, tentu akan memperparah keadaan mual yang secara normal terjadi pada ibu hamil. Mual dan muntah merupakan kondisi yang identik disebut sebagai morning sickness.

4. Heartburn

Bentuk efek samping lain yang dapat terjadi pada ibu hamil ketika mengkonsumsi daun kelor adalah menyebabkan heartburn. Heartburn merupakan keadaan dimana muncul rasa nyeri pada area dada dan perut. Rasa nyeri tersebut terjadi akibat asam lambung yang naik. Heartburn dapat memberikan kondisi yang tidak nyaman bagi ibu hamil sehingga tentu harus dihindari.

5. Adanya racun pada bagian dari tanam kelor lainnya

Selain beberapa efek samping yang diulas diatas, ada resiko racun di dalam bagian dari tanaman kelor lainnya. Karena adanya manfaat dari daun kelor kerap bagian tanaman lain juga dimanfaatkan. Bagian tanaman kelor lainnya memiliki rasio kandungan racun yang lebih besar sehingga harus diwaspadai oleh ibu hamil.

Beberapa efek samping yang disebutkan diatas, tentu merupakan kondisi yang tidak diharapkan terjadi pada ibu hamil. Daun kelor sebenarnya dapat memberikan manfaat positif bagi ibu hamil, namun ibu sebaiknya perlu menghindarinya ketika ada efek samping yang muncul. Beberapa manfaat yang dapat diberikan oleh daun kelor untuk ibu hamil diantaranya seperti :

  1. Daun kelor dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian bagi ibu hamil karena kandungan di dalam daun tersebut
  2. Membantu mencegah terjadinya gestasional diabetes karena daun kelor dapat menurunkan kadar gula dalam darah
  3. Membantu dalam meredakan peradangan yang kerap terjadi para tubuh ibu hamil
  4. Meningkatkan kondisi kesehatan ibu hamil sehingga tidak mudah mengalami sakit
  5. Mencegah terjadinya kanker pada ibu hamil
  6. Mencegah terjadinya anemia yang kerap sering dialami oleh ibu hamil
  7. Mengatasi dan mencegah terjadinya infeksi bakteri pada tubuh ibu hamil.

Itulah beberapa penjelasan mengenai efek samping daun kelor untuk ibu hamil ditengah manfaat yang ada. Daun kelor memang dikenal sebagai salah satu dedaunan yang memiliki efek positif bagi ibu hamil. Konsumsi daun kelor yang salah atau karena kondisi dari ibu hamil dapat menyebabkan munculnya efek samping. Rasio munculnya efek samping pada ibu hamil yang mengkonsumsi daun kelor memang berbeda satu sama lain dan tentunya menjadi hal yang harus diwaspadai.