Peluang Hamil Setelah Operasi Miom

Semua wanita yang sudah menikah pasti mengharapkan, bahwa mereka dapat mengalami proses kehamilan dan juga mengandung si buah hati. Namun hal tersebut nyatanya menjadi kendala untuk beberapa ibu yang baru saja mengalami operasi miom, dan tentu saja hal tersebut mungkin menimbulkan kendala yang yang mengkhawatirkan.

Sebenarnya apakah bisa seorang wanita yang baru saja melakukan operasi miom ? Langsung mengalami kehamilan ataupun memiliki peluang untuk hamil. Berikut ini akan kita bahas secara jelas.

Miom dan Operasinya

Bagi anda yang belum tahu operasi miom, merupakan salah satu operasi atau proses medis yang dilakukan untuk membedah miom. Di mana miom sendiri merupakan pertumbuhan sel abnormal yang berkembang di dalam rahim wanita. Miom menyebabkan berbagai gangguan kesuburan, penyebab haid tidak teraturpenyebab nyeri haid berlebihan, dan penyebab kemandulan.

Sehingga banyak pertanyaan. Apakah setelah operasi miom dapat hamil mengingat sel abnormal tersebut, sudah diatasi di dalam Rahim. Walaupun tidak bersifat kanker, nyatanya banyak wanita yang harus melakukan operasi miom. Terutama jika pertumbuhan yang menimbulkan gangguan kesehatan.

Lalu bagaimana kaitannya dengan peluang kehamilan ? Keberadaan miom pada rahim akan mempersulit dan berbahaya. Jika memang terjadi kehamilan karena dapat memicu pendarahan yang terjadi selama hamil. Bagaimana cara mengobati miom?

Selain itu miom juga biasanya menutupi jalan lahir selama persalinan dan akan kesulitan. Bagi sang ibu untuk melahirkan bayi. Salah satu jalan untuk menghilangkan miom. Memang dengan cara operasi tetapi hal tersebut, akan menimbulkan resiko keguguran. Jika terjadi operasi miom nya ada di dalam kondisi sang ibu sedang hamil.

Hamil setelah Operasi Miom Diangkat

Namun bagaimana jika kehamilan terjadi setelah miom diangkat ?

Sehingga sangat penting untuk para wanita yang baru saja melakukan operasi miom untuk mengetahui ukuran miom. Apakah minum tersebut merusak rongga rahim atau tidak ? Selanjutnya anda juga bisa melakukan pemeriksaan secara berkala kepada dokter kandungan. Minimal 5 bulan setelah operasi miom.

Kemudian tanda yang paling mudah untuk didapatkan, apabila memutuskan untuk melihat bagaimana kondisi Rahim.

Apakah sudah siap untuk mengalami pembuahan atau tidak, yaitu dengan melihat siklus haid atau siklus menstruasi pasca pengangkatan miom. Anda mungkin bisa hamil apabila telah melalui pemantauan dan juga menentukan proses persalinan.

Baca juga:

Jangan lupa siklus menstruasi tersebut harus dikonsultasikan kepada dokter kandungan, untuk memastikan bahwa pembuahan yang dilakukan cukup baik.

Apabila pengangkatan miom dilakukan dengan baik dan juga maksimal. Sehingga tidak ada lagi miom yang ada di dalam Rahim. Maka sel sperma masih dapat bertemu dengan sel ovum dan masih bisa dilakukan kehamilan.

Tetapi jika memang minum tersebut sudah cukup parah dan merusak rahim ataupun mengganggu rahim yang ada di dalam perut. Anda biasanya dokter sebelum melakukan operasi akan memberikan pertanyaan atau konfirmasi kepada keluarga untuk.

Lalu bagaimana dengan kondisi apabila rahim tidak mengalami kerusakan. Sebenarnya untuk peluang kehamilan memang cukup jauh dari jarak waktu operasi yaitu sekitar 7 hingga 8 bulan. Seperti yang kamu ketahui, bahwa kehamilan memang membutuhkan banyak sekali syarat. Salah satunya yaitu kondisi perawatan yang maksimal setelah dilakukannya operasi.

Tanda Kehamilan setelah Miom

Setelah 8 bulan biasanya wanita yang baru melakukan operasi miom, seorang wanita akan mengalami menstruasi yang normal.

Pada umumnya anda juga sudah bisa memulai program hamil yang dipandu oleh dokter kandungan. Namun tentu saja tergantung dari kondisi masing-masing pasien. Ada beberapa orang yang memang lebih cepat untuk sembuh.

Namun ada juga beberapa orang yang mengalami penyembuhan cukup lama, oleh sebab itu sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan. Kemudian jangan lupa perawatan tersebut didukung dirumah.

Mulai dari sosialisasikan kepada orang tua, ataupun suami, dan juga menjaga makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Di sisi lain wanita yang pernah menjalani operasi mioma memiliki kondisi rahim yang berbeda.

Pada beberapa kasus terdapat masalah pada plasenta dan meningkatkan resiko kelahiran secara sesar. Umumnya kalaupun anda bisa hamil metode yang dilakukan adalah proses Caesar. Sehingga hal tersebut harus diketahui terlebih dahulu dan juga konsultasikan kepada beberapa dokter ataupun keluarga.

Mengingat masih banyak orang yang merasa bahwa metode Caesar, merupakan metode yang menakutkan. Sehingga cukup sulit untuk menerima kehamilan dengan metode ini.