12 Makanan yang Harus Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil Akibat Morning Sickness Agar Pulih

Morning sickness adalah salah satu tanda kehamilan yang dirasakan oleh ibu hamil pada trimester pertama. Ibu akan merasakan mual dan muntah yang parah bahkan tidak hanya pada pagi hari tapi bisa sepanjang hari. Tentu saja ibu akan merasa tidak nyaman karena terus menerus muntah. Dampak lain dari morning sickness bisa menyebabkan ibu dan janin dalam kandungan kurang nutrisi sehingga harus mendapatkan bantuan makanan dari cairan IV. Untuk mengatasinya maka bisa menggunakan makananan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil akibat morning sickness agar pulih, seperti dibawah ini.

  1. Pisang

Buah pisang bisa membantu mengatasi muntah berlebihan saat morning sickness. Ini akan membantu ibu bisa mencerna makanan dengan baik. Pisang mengandung asam folat dan vitamin B yang sangat tinggi. Kedua jenis vitamin ini akan mencegah agar ibu tidak muntah. Tentu saja keuntungan lainnya karena ada banyak manfaat konsumsi pisang ambon untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan.

  1. Permen jahe

Permen jahe juga bisa dijadikan camilan untuk ibu saat morning sickness. Jahe memiliki rasa yang sedikit pedas tapi juga nyaman untuk mulut ibu. Permen jahe bisa dikonsumsi setelah muntah untuk mencegah agar tidak muntah lagi. Kandungan senyawa minyak atsiri dalam permen jahe juga akan membantu mengatasi masalah lain seperti masuk angin pada ibu hamil. Tapi jangan terlalu banyak karena ada bahaya jahe untuk ibu hamil.

  1. Biskuit ringan

Agar tidak muntah dan mual pada pagi hari maka ibu sebaiknya juga mengkonsumsi makanan pada pagi hari. Pilihan camilan seperti biskuit ringan saat pagi hari sangat baik untuk kesehatan ibu. Anda bisa memilih biskuit keju yang memiliki rasa asin dan lezat. Ini adalah biskuit yang sangat aman untuk ibu karena bisa mengatasi mulut pahit akibat sering muntah. Asalkan dikonsumsi tidak berlebihan karena bisa menyebabkan bahaya garam bagi ibu hamil.

  1. Lemon

Lemon termasuk buah yang sangat masam karena mengandung asam sitrat yang sangat tinggi. Kandungan asam sitrat kaya dengan vitamin C yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan menjaga kesehatan janin. Karena itu ibu bisa mencoba untuk makan sedikit lemon untuk meredakan rasa mual. Lemon bisa diperas sedikit, dicampur air hangat dan madu atau hanya dengan menjilat lemon. Asalkan ibu tidak mengeluh gejala heartburn pada ibu hamil maka lemon aman untuk ibu.

  1. Kacang kenari

Selama hamil dan terus mengalami morning sickness maka ibu juga bisa mencoba makanan atau camilan yang kaya dengan asam lemak omega 3. Camilan yang sangat disarankan adalah seperti kacang kenari. Kacang kenari mengandung asam lemak omega 3 yang bersumber dari sumber nabati. Dengan mengkonsumsi kacang kenari selama akan muntah maka perut ibu bisa lebih nyaman.

  1. Wortel dan bayam

Kemudian ibu hamil sebaiknya juga mengkondumsi bayam dan wortel sebagai makanan harian. Sayuran ini sangat kaya dengan vitamin A dan beta karoten. Kedua jenis nutrisi ini tidak hanya akan menguatkan jaringan mata untuk janin tapi juga akan mencegah mual berlebihan. Efeknya juga sangat penting untuk kesehatan mata selama hamil sehingga kondisi mata minus atau kelainan lain tidak lebih buruk setelah melahirkan.

  1. Ubi

Semua makanan yang kaya dengan vitamin B sangat baik untuk mengatasi morning sickness. Salah satunya adalah ubi. Ada banyak jenis ubi yang sangat aman untuk ibu hamil seperti ubi kayu, ketela, ubi ungu dan jenis lain. Ubi mengandung karbohidrat yang lebih cepat diterima oleh tubuh. Kemudian ubi juga bisa membantu memenuhi kebutuhan kalori jika ibu ingin menurunkan berat badan saat hamil.

  1. Bengkoang
  2. Coklat hitam
  3. Gandum utuh / produk gandum
  4. Kale
  5. Brokoli

Inilah semua makananan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil akibat morning sickness agar pulih. Meskipun morning sickness termasuk hal yang alami selama kehamilan maka ibu tetap harus memilih nutrisi. Semua makanan ini sangat penting untuk mengatasi masalah ibu dan janin kurang nutrisi yang menyebabkan masalah kesehatan lain pada ibu dan janin selama hamil.