21 Cara Mengatasi Mual Berlebihan Saat Hamil Muda (Alami)

Wanita yang sedang mengandung pasti memiliki hormon HCG dalam tubuhnya, sehingga hormon ini juga bisa memperngaruhi anda secara psikologis. Mual akan terasa ketika anda memasuki bulan ke dua kehamilan, namun setiap orang juga berbeda-beda. Dan bahkan ada ibu hamil yang tidak mual sama sekali selama kehamilan, namun di bulan ke 9 dan ke 8 mereka mengalami mual dan bahkan lemas seperti wanita yang hamil di trimester pertama. Mual umumnya terjadi di pagi hari, itulah sebabnya orang sering menyebutnya dengan morning sickness. Jika anda mengalami hal ini, maka alihkan pikiran dan perasaan anda pada sesuatu yang leboh menyenangkan dan membuat mual anda hilang. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi mual berlebihan saat hamil muda yang sangat alami.

Informasi morning sickness:

  1. Istirahat cukup

Salah satu cara mengatasi mual bagi ibu muda adalah dengan istirahat yang cukup. Beristirahatlah lebih sering ketika anda sedang hamil, ada baiknya jika anda tidur siang setiap hari dan tidak sering tidur malam. Ibu hamil sebaiknya tidak banyak beraktifitas ketika sedang mual agar tubuh lebih sehat.

Informasi tidur ibu hamil:

  1. Makan porsi sedikit tapi sering

Umumnya ibu hamil merasa mual karena makanan, dan banyak dari mereka lebih memilih tidak makan dari pada mual karena bau makanan. untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya anda mengubah menu makanan yang baru. Makanlah dengan jumlah porsi yang sedikit namun dalam intensitas yang sering. Jangan lupa juga untuk memperhatikan asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh anda.

Informasi makanan sehat untuk ibu hamil:

  1. Makan buah apel

Salah satu cara untuk mengatasi mual adalah dengan makan apel. Buah yang kaya akan asam folat ini sangat baik dikonsumsi ibu hamil, selain itu buah ini juga bisa mengurangi rasa mual karena rasa asam manisnya yang menyegarkan. Apel juga bisa dimanfaatkan untuk rujak, kue pie dan lain sebagainya. Anda bisa mengolah apel dengan berbagai cara untuk mengurangi rasa bosan pada menu makanan.

Baca:

  1. Makan buah pisang

Pisang merupakan salah satu buah terfavorit ibu yang sedang hamil. Pisang juga sangat baik untuk janin yang ada dalam perut ibu. Anda bisa mengonsumsi pisang setiap hari, dan aroma dari buah ini juga sangat harum dan tidak menyebabkan beberapa ibu hamil mual.

Informasi sumber karbohidrat ibu hamil:

  1. Makan es krim

Makanan yang satu ini menjadi makanan paling favorit bagi ibu hamil. Es krim adalah makanan olahan yang terbuat dari susu dan bahan krim lainnya. Es krim juga banyak disarankan para bidan dan dokter untuk ibu hamil yang susah makan dan sering mual. Konsumsi es krim juga baik untuk ibu hamil, karena bahan dasar es krim adalah susu yang segar. (baca: bolehkah ibu hamil minum es – bahaya es bagi ibu hamil – ibu hamil minum air dingin)

  1. Makan kacang-kacangan

Bagi ibu hamil muda yang sering mual, kacang-kacangan adalah menu yang tepat untuk mengurangi rasa mual berlebihan. Anda bisa mengonsumsi kacang mede, kedelai dan almond, selain itu kacang-kacangan juga merupakan salah satu makanan yang dibutuhkan nutrisinya untuk ibu hamil dan menyusui. (baca: manfaat susu kedelai bagi ibu hamil – manfaat kacang hijau bagi ibu hamil )

  1. Makan rujak

Rujak adalah salah satu menu cemilan yang bisa dikonsumsi ibu hamil muda, namun ingatlah untuk tetao memperhatikan komposisi buah yang ada dalam rujak. Hindari mengonsumsi ketimun, belimbing dan nanas untuk mencegah munculnya bahaya dalam masa kehamilan. (baca: makanan yang dilarang untuk ibu hamil 1 bulan – cuka bagi ibu hamil muda )

  1. Nasi hangat

Penyebab mual bisa beraneka macam, namun nasi hangat bisa menjadi solusinya. Umumnya wanita hamil merasa mual ketika melihat makanan, sekalipun itu adalah makanan favoritnya sebelum hamil. Jika anda juga mengalami hal tersebut, maka cobalah untuk mengonsumsi nasi hangat. Jika anda mengonsumsi nasi hangat, maka rasa mual akan lebih berkurang.

Baca:

  1. Susu hangat

Selain nasi hangat susu coklat hangat juga bisa menghilangkan mual di pagi atau malam hari. Cobalah untuk mengonsumsi susu coklat hangat untuk menenangkan pikiran dan perasaan anda ketika mual muncul di pagi atau malam hari. (baca: –  manfaat susu bagi ibu hamil – akibat ibu hamil jarang minum susu hamil –  manfaat susu Anmum Materna untuk ibu hamil)

  1. Minum air es

Pada umumnya ibu hamil akan merasa mual jika minum air putih, namun lain hal nya jika air putih tersebut dingin alias air es. Ibu hamil umumnya lebih suka mengonsumsi air putih dingin atau bahkan sirup dingin. Dan jika anda mengalami hal yang demikian, maka ada baiknya juga mencoba untuk mengonsumsi air dingin untuk meminimalisir terjadinya dehidrasi. (baca: bahaya dehidrasi bagi ibu hamil – tanda tanda dehidrasi pada ibu hamil)

  1. Konsumsi jus

Konsumsilah jus buah setiap hari ketika anda hamil. Anda bisa mengonsumsi jus apel, kiwi, stroberi dan lain sebagainya untuk mengurangsi rasa mual berlebihan saat hamil muda. Jus juga sangat baik untuk kesehatan anda, dan bayi yang ada dalam kandungan.

Informasi buah sehat ibu hamil:

  1. Hindari minyak wangi

Hindarilah menggunakan parfum ketika anda hamil muda, mengapa demikian ? Karena aroma wangi parfum yang biasa anda sukai, akan berubah menjadi aroma yang sangat anda benci. Jika anda ingin menggunakan parfum, ada baiknya jika menggunakan parfum bayi dengan aroma yang lembut dan aman digunakan saat anda hamil.

Baca juga:

  1. Berenang

Berenang adalah salah satu kegiatan olahraga yang bisa mengurangi rasa mual untuk ibu hamil muda. Anda bisa melakukan kegiatan ini di sore hari atau pagi hari, dengan berenang rutin tubuh anda akan lebih sehat, rileks dan terhindar dari rasa mual.

Informasi olahraga ibu hamil:

  1. Yoga

Jika anda ingin menghilangkan rasa mual berlebihan di usia kandungan yang masih muda, maka anda bisa mencoba yoga di sore atau pagi hari. Yoga bisa merileks kan pikiran anda, dan mengubah mood anda sehingga terhindari dari stres dan rasa mual yang berlebihan. (Baca:  stres saat hamil – cara menghilangkan stres saat hamil – bahaya sering emosi saat hamil – bahaya banyak pikiran untuk ibu hamil)

  1. Positif thinking

Berpikirlah terbuka agar terhindar dari rasa mual yang berlebihan. Anda bisa mengubah pola pikir anda agar lebih positif. Ketika anda berpikiran positif tentang kehamilan dan lain sebagainya, maka anda juga akan lebih terhindar dari rasa mual yang berlebihan.

  1. Makanan pedas

Konsumsilah makanan yang sedikit pedas untuk menghindari rasa mual. Namun tetap perhatikan kepedasan makanan anda, jangan sampai anda mengonsumsi makanan yang terlalu pedas. Karena makanan yang terlalu pedas juga tidak baik untuk ibu hamil.

Informasi bayi sungsang:

  1. Makanan asam

Mengonsumsi makan yang asam juga bisa membantu anda terhindar dari rasa mual yang berlebihan. Rasa asam bisa anda dapatkan dari buah-buahan seperti apel, stroberi, jeruk dan buah-buahan yang lainnya.

Informasi tanda keguguran muda:

  1. Minumlah lemon tea

Minumlah lemon tea untuk mengurangi rasa mual berlebihan saat hamil muda. Lemon tea akan sangat menyegarkan anda di pagi hari, atau bahkan siang hari dengan sedikit es batu. Tapi tetap perhatikan intensitas minum lemon tea, karena bagaimana pun kandungan teh tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. (Baca juga: ibu hamil minum air teh – manfaat dan bahayanya – bahaya teh bagi ibu hamil muda dan hamil tua – teh bagi ibu hamil )

  1. Hindari minum setelah makan

Jika anda merasa mual berlebihan seusai makan dan minum, maka hal ini harus anda perhatikan. Tahukah anda jika seusai makan ada baiknya kita memberikan jedah untuk minum. Ada baiknya jika anda memberi jeda beberapa menit baru minum air putih.

  1. Hindari bawang

Ibu hamil sering sekali mengeluh mual karena aroma bawang yang menyengat. Pada waktu sebelum hamil ada wanita yang sangat suka makan onion rings, namun hal ini akan berubah ketika wanita tersebut hamil. Onion rings akan berubah menjadi makanan yang sangat ia benci, karena aromanya yang sangat menyengat dan membuat wanita hamil mual.

Informasi manfaat bawang putih:

  1. Hindari makanan berlemak

Salah satu makanan yang bisa menyebabkan anda mual, adalah makanan yang terlalu banyak lemak. Misalnya saja seperti rawon, soto dan beberapa makanan berlemak lainnya. Ada baiknya jika anda lebih memilih telur, tempe, ayam, atau bahkan ikan. Mengurangi makanan berlemak bukan berarti anda harus diet, namun hal ini dilakukan hanya untuk menghindari rasa mual yang muncul pada saat anda hamil muda. (baca:  ibu hamil makan daging panggang – makan steak bagi ibu hamil)

Itulah berbagai cara mengatasi mual berlebihan saat hamil muda bisa anda lakukan dengan menggunakan cara diatas. Cara tersebut sangat aman dan mudah untuk anda lakukan, ketika anda hamil muda jangan lupa untuk memperhatikan asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh. Selain itu perhatikan juga peralatab memasak dan kebersihan bahan makanan yang akan anda makan.