Jenis Kurma Muda Untuk Ibu Hamil Yang Membantu Memperlancar Kehamilan

Kehamilan merupakan salah satu proses hidup penting yang harus dilewati oleh wanita sebelum menjadikan dirinya sosok seorang ibu atas bayi yang nantinya akan dilahirkan. Kehamilan menjadi awal terwujudnya salah satu tujuan dari proses pernikahan yakni mendapatkan keturunan. Pentingnya proses kehamilan tersebut menjadikan setiap ibu hamil perlu memperhatikan kondisi kehamilannya dengan baik agar tidak muncul kondisi yang bermasalah dan berpengaruh pada janin di dalam kandungan.

Dalam memperhatikan kehamilannya tersebut, tentu ada beberapa upaya yang harusnya dilakukan oleh setiap ibu hamil demi terhindar dari berbagai macam gangguan kehamilan yang dapat memberikan pengaruh buruk pada kesehatan ibu maupun perkembangan janin di dalam kandungan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya seperti menjaga kondisi kesehatan dan kebutuhan istirahat, tidak melakukan aktivitas berbahaya, menghindari pantangan dan larangan ibu hamil, serta memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Terkait pemenuhan kebutuhan nutrisi ibu hamil, ada beberapa cara agar setiap gizi yang dibutuhkan selama proses kehamilan dapat tercukupi di dalam tubuh ibu hamil seperti mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil ataupun suplemen makanan lainnya. Salah satu jenis makanan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama proses kehamilan adalah buah kurma. Buah kurma yang populer di saat bulan ramadhan ini memiliki beberapa manfaat bagi ibu hamil sesuai dengan jenisnya. Beberapa jenis kurma untuk ibu hamil yang dapat memberikan dampak positif dijelaskan dalam ulasan di bawah ini.

1. Kurma ruthab

Jenis kurma muda untuk ibu hamil yang pertama adalah kurma ruthab. Kurma yang dikategorikan sebagai kuram basah ini sangat baik untuk ibu hamil karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Kurma ruthab di petik pada saat masih muda dan memiliki warna hitam pekat serta kondisi dagingnya yang empuk, lembut, serta manis seperti kebanyakan kurma. Selain baik bagi ibu hamil, kurma ruthab juga banyak digunakan dalam membantu menjaga kesuburan wanita dalam prosesnya untuk mendapatkan kehamilan. Kurma ruthab ini juga baik untuk membantu memenuhi kebutuhan ibu selama proses menyusui.

2. Kurma muda merah

Jenis kurma yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil adalah kurma basah yang biasanya merupakan kurma muda atau kurma yang dipetik pada saat belum matang. Kandungan nutrisi pada kurma muda tersebut lebih melimpah dibandingkan kurma yang sudah matang dengan kadar gula yang tidak terlalu tinggi. Ada beberapa jenis kurma muda yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil yang salah satunya adalah kurma muda merah. Kurma mudah merah memiliki ciri yang jelas yakni memiliki warna merah atau orange. Kurma ini juga dapat membantu meningkatakan kesuburan pada pria maupun wanita demi mendapatkan kehamilan.

3. Kurma muda kuning

Selain kurma muda merah, jenis kurma muda yang baik untuk ibu hamil lainnya adalah kurma muda kuning. Kurma muda ini terlihat dari warnanya yang kuning dengan bagian kulit yang masih agak keras. Kurma muda kuning banyak memiliki manfaat yang positif bagi kondisi kesehatan termasuk membantu dalam proses persalinan dengan mempengaruhui produksi oksitosin. Sama halnya dengan kurma muda merah, kurma muda kuning juga baik digunakan dalam meningkatkan kondisi kesuburan baik pada pria maupun wanita.

4. Kurma muda hijau

Selain kurma muda kuning dan merah, jenis kurma muda lainnya yang juga baik bagi ibu hamil dan mereka yang sedang menjalani program kehamilan adalah kurma muda hijau.  Kurma muda hijau yang memiliki warna hijau tua dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bukan hanya bagi ibu hamil dan kesuburan namun juga untuk kesehatan secara umum. Beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari konsumsi buah kurma muda berwarna hijau tersebut diantaranya seperti menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, menetralkan racun yang terdapat di dalam tubuh, membantu menjaga kinerja jantung bekerja secara optimal, mencegah stroke, dan beberapa manfaat lainnya.

5. Kurma mentah

Selain jenis kurma muda untuk ibu hamil yang disebutkan diatas, kurma mentah juga menjadi salah satu kurma yang baik untuk ibu hamil. Kurma mentah disebut juga dengan sebutan balah yang ditempat asalnya dijadikan buah penganti disaat musim gugur dimana sangat jarang ditemukan jenis buah lainnya. Kandungan serat yang tinggi pada buah kurma balah tersebut dapat membantu menguatkan otot perut dan mencegah terjadinya diare pada ibu hamil. Buah kurma mentah atau kurma balah juga berguna dalam menstimulus gerakan positif janin di dalam kandungan serta menguatkan rahim pada saat proses persalinan berlangsung.

Itulah beberapa jenis kurma muda untuk ibu hamil yang dapat dikonsumsi untuk mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi kehamilan serta manfaat lainnya. Buah kurma muda yang disebutkan diatas mampu membantu melancarkan proses persalinan serta banyak digunakan untuk meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita dalam prosesnya mendapatkan kehamilan atau sedang menjalani program hamil.