Dampak Kekurangan Vitamin A Pada Ibu Hamil Yang Ternyata Berbahaya

Setiap ibu hamil tentu menginginkan kondisi kehamilan yang berjalan dengan lancar serta normal sesuai dengan usia kehamilannya dan tidak terjadi atau muncul berbagai macam kondisi yang mengarah pada gangguan kehamilan baik ringan maupun terutama berat. Demi mewujudkan kondisi kesehatan janin dan kesehatan ibu yang terjaga serta perkembangan janin di dalam kandungan yang normal maka ada beberapa upaya dan usaha yang perlu dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab ibu hamil.

Beberapa upaya dan usaha yang umum dilakukan tersebut diantaranya seperti memenuhi asupan nutrisi kehamilan melalui konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, lebih banyak beristirahat dengan baik, menghindari pantangan termasuk aktivitas berat, mencegah terjadinya stress, serta yang paling utama adalah melakukan konsultasi secara rutin dengan dokter kandungan maupun tenaga medis lain seperti bidan terkait kondisi kehamilan secara rutin pada setiap bulannya untuk memastikan tidak ada keadaan berbahaya pada kehamilannya.

Diantara upaya dan usaha yang disebutkan diatas tersebut, ibu hamil harus sangat memperhatikan kebutuhan nutrisi selama kehamilan dikarenakan pentingnya nutrisi kehamilan tersebut untuk keberlangsungan proses kehamilan. Salah satu nutrisi yang sebaiknya perlu untuk terpenuhi adalah vitamin A. Dalam artikel ini, hamil.co.id akan mengulas dan membahas mengenai dampak kekurangan vitamin A pada ibu hamil yang dapat terjadi dan perlu dihindari agar selalu diupayakan untuk terpenuhi.

  1. Terganggunya perkembangan beberapa organ pada janin

Vitamin A pada ibu hamil dapat membantu proses perkembangan organ jantung, paru paru, ginjal, mata, dan tulang pada janin, serta membantu perkembangan sistem syaraf pusat, pernafasan, maupun peredaran darah. Kondisi ibu hamil yang kekurangan vitamin A dapat menyebabkan perkembangan berbagai syaraf yang disebutkan diatas akan menjadi terhambat dan tidak berjalan secara baik.

  1. Peningkatan resiko terjadinya infeksi

Ibu hamil memiliki kondisi tubuh yang lebih rentan dibandingkan pada saat normalnya sehingga dapat dengan mudah terjangkit penyakit tertentu jika tidak dijaga dengan baik. Kekurangan vitamin A pada ibu hamil dapat menyebabkan resiko yang lebih tinggi akan terjadinya infeksi yang tentu patut untuk dihindari seperti infeksi saluran kemih pada ibu hamil. Oleh karena itu, untuk mengatasi kondisi tersebut maka ibu hamil perlu mengkonsumsi banyak makanan yang memiliki kandungan vitamin A tinggi.

  1. Penurunan sistem imun tubuh

Kekurangan vitamin A pada ibu hamil dapat menyebabkan fungsi sistem imunitas tubuh dapat terganggun dan tidak efektif lagi dalam menjaga kondisi ibu hamil dari berbagai macam masalah kesehatan yang mengancam. Ibu hamil yang kekurangan vitamin A terutama pada trimester ketiga patut diwaspadai karena pada masa ini peredaran darah akan semakin cepat dikarenakan kondisi perkembangan janin yang juga pesat. Menjaga kondisi asupan vitamin A dapat membantu menghindarkan ibu hamil dari berbagai masalah kesehatan yang tentunya dapat menganggu proses kehamilan yang dijalani.

  1. Berkurangnya kemampuan penglihatan

Bagi tubuh, vitamin A paling banyak dikaitkan dengan fungsi penglihatan yang terdapat pada mata sehingga ketika ada masalah pada daerah mata dan penglihatan seringkali diatasi dengan penambahan konsumsi vitamin A dari luar tubuh. Dampak kekurangan vitamin A pada ibu hamil selanjutnya adalah dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan penglihatan pada janin terutama ketika nanti sudah waktunya dapat melihat. Kemampuan penglihatan yang berkurang tentu dapat menyebabkan kondisi yang tidak normal pada bayi dan dapat menganggu tumbuh kembangnya.

  1. Kelahiran prematur

Dampak lainnya yang juga dapat muncul ketika seorang ibu hamil kekurangan vitamin A terutama jika terjadi pada akhir masa kehamilan mendekati proses persalinan yakni resiko terjadinya kelahiran prematur. Kelahiran prematur merupakan suatu kondisi bayi terlahir belum pada saatnya yang tentunya dapat menyebabkan efek buruk tertentu. Berkurangnya kandungan kadar vitamin A dapat menyebabkan terganggunya proses perkembangan janin yang bisa jadi menyebabkannya terlahir lebih cepat dari waktu yang sudah di tentukan.

Itulah beberapa dampak kekurangan vitamin A pada ibu hamil yang perlu diperhatikan dan diketahui setiap ibu yang sedang hamil. Secara umum, kondisi kekurangan vitamin A lebih sering terjadi pada ibu hamil yang sudah memasuki usia trimester ketiga pada saat kebutuhan vitamin A yang cukup tinggi akibat pesatnya pertumbuhan dan perkembangan bayi. Kondisi kekurangan vitamin A tentu menyebabkan berbagai macam proses pembentukan dan perkembangan janin dapat terganggu.

Meskipun berdampak bahaya ketika kondisinya kekurangan, vitamin A sendiri selama masa kehamilan juga tidak boleh berlebihan kadarnya di dalam tubuh dikarenakan adanya beberapa bahaya vitamin A bagi ibu hamil. Mengingat kondisi tersebut maka ibu hamil harus mengupayakan agar kondisi asupan vitamin A dalam tubuhnya tidak berlebihan maupun tidak kekurangan sehingga kadarnya dapat terpenuhi dalam rentang tertentu. Beberapa bahaya kelebihan vitamin A diantaranya seperti bayi dan ibu mengalami keracunan, bayi terlahit cacat, pembesaran kepala janin dan masalah pada jantungnya, serta berbagai macam kondisi lainya.