Boleh Tidak Diet Roti Tawar untuk Ibu Hamil : Cara – Manfaat dan Resiko

Mengkonsumsi makanan pilihan saat hamil tentu saja sangat baik untuk ibu dan janin dalam kandungan. Berbagai pilihan nutrisi ibu hamil harus dilakukan dengan cermat agar ibu tetap sehat. Masalahnya jika ibu mengkonsumsi makanan yang kurang sehat maka ada dampak kesehatan untuk ibu dan janin dalam kandungan. Ibu hamil lebih baik mengkonsumsi makanan yang paling aman selama hamil. Salah satu makanan yang bisa dipertimbangkan adalah roti tawar. Tapi boleh tidak diet roti tawar untuk ibu hamil? Bagaimana cara, manfaat dan resiko yang bisa terjadi? Simak saja informasi lengkapnya dibawah ini.

Boleh Tidak?

Pada dasarnya roti untuk ibu hamil memang tidak pernah dipersoalkan. Makan roti tawar sebagai sarapan saat pagi hari juga sudah biasa. Terlebih roti tawar memang mudah didapatkan. Namun ibu harus melihat jenis roti tawar mana yang dikonsumsi. Roti tawar putih yang tidak diberikan tambahan bahan lain memiliki kalori yang cukup. Kemudian roti tawar yang diberi rasa seperti pandan, coklat atau kismis memiliki kalori yang lebih tinggi lagi. Sementara itu roti tawar yang berbahan dasar gandum sangat baik untuk ibu hamil. Namun jika tidak biasa maka makan roti tawar bisa menjadi penyebab sering pusing saat hamil. Jadi ibu boleh saja diet dengan roti tawar asalkan jumlah nutrisi yang masuk ke tubuh memang cukup.

Cara Diet

  1. Pilih roti gandum

Dibandingkan dengan roti tawar putih, roti tawar pandan dan coklat, maka roti gandum adalah nutrisi yang paling baik untuk ibu hamil. Manfaat mengkonsumsi roti tawar gandum bisa membuat ibu mendapatkan keseimbangan nutrisi seperti ketika ibu makan oatmeal untuk sarapan. Ada banyak manfaat oatmeal untuk ibu hamil dan janin karena makanan ini juga mengandung kalori yang tidak berlebihan, ada serat yang bisa menjaga sistem pencernaan dan tidak mengandung karbohidrat komplek.

  1. Tambahkan nutrisi

Kemudian karena roti tawar gandum mengandung kalori setidaknya 138 kkal (untuk 2 tangkup roti) maka mungkin kalori ini masih kurang seimbang dengan kebutuhan ibu. Jadi lebih baik ibu juga mendapatkan tambahan nutrisi lain seperti dengan menyajikan roti dengan selada, kale, wortel, telur, dan jenis tambahan lain. Pertimbangkan untuk memenuhi gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan, meski diet dengan roti tawar gandum.

  1. Tidak terlalu sering

Roti tawar gandum memang sangat baik untuk kesehatan. Namun jika ibu hamil terus menerus mengkonsumsi makanan ini maka ada efek yang tidak baik untuk kesehatan. Kemungkinan ibu juga akan kekurangan nutrisi karena tidak mendapatkan makanan lain selama hamil. Jadi pertimbangkan untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang lainnya.

Manfaat

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika ibu mencoba untuk melakukan diet dengan roti tawar terutama jenis roti tawar gandum, antara lain seperti:

  1. Gandum kaya dengan protein dan vitamin sehingga akan membantu kekuatan otot dan tulang pada ibu dan janin dalam kandungan.
  2. Roti tawar gandum juga sangat baik untuk menyediakan karbohidrat yang cukup untuk tubuh ibu sehingga ibu tidak kekurangan nutrisi.
  3. Rasa yang sangat lezat dan tawar bisa membantu ibu mengatasi morning sickness dan mual atau muntah selama hamil.

Resiko

  1. Roti tawar biasa yang terbuat dari tepung serbaguna mungkin mengandung gluten yang sangat tinggi. Bahan gluten tidak baik untuk pencernaan karena bisa membuat usus ibu bekerja lebih keras.
  2. Beberapa jenis roti gandum juga mengandung kadar garam yang cukup tinggi sehingga tidak baik jika dikonsumsi terus menerus. Garam bisa memicu tekanan darah tinggi untuk ibu hamil.

Sekarang ibu sudah tahu jawaban dari boleh tidak diet roti tawar untuk ibu hamil? ibu bisa mempertimbangkan diet ini termasuk dari cara untuk diet, manfaat dan resiko yang bisa terjadi. Karena diet ini juga memiliki resiko maka ibu harus mempertimbangkan diet dan kemungkinan tetap harus berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.