9 Manfaat Ikan Tongkol bagi Ibu Hamil Muda dan Tua

Ikan tongkol adalah salah satu jenis ikan yang juga bisa disebut dengan ikan cakalang atau ikan tuna dan masyarakat Indonesia bisa dengan mudah mendapatkan jenis ikan ini. Terdiri dari 2 jenis, yaitu ikan tongkol pindang dan ikan tongkol segar, ada banyak khasiat yang diberikan oleh keduanya bagi pengonsumsinya, termasuk para calon ibu. Seperti juga manfaat ikan bagi ibu hamil, manfaat ikan tongkol bagi ibu hamil cukup banyak karena di dalam ikan ini terdapat kandungan nutrisi tinggi, seperti mineral, vitamin, lemak dan protein seperti juga yang terkandung pada manfaat kacang hijau bagi ibu hamil.

1. Memberikan Perlindungan pada Saluran Pencernaan

Ikan tongkol adalah jenis ikan yang juga kaya akan kandungan omega-3 seperti halnya manfaat ikan tuna bagi ibu hamil di mana hal ini sangat berguna untuk memberikan perlindungan pada saluran pencernaan. Dengan mengonsumsi ikan tongkol, maka risiko terjadinya kanker di area organ pencernaan akan dapat dikurangi. Kanker ovarium yang juga menjadi momok bagi para wanita akan dicegah dengan baik.

2. Mendetoksifikasi Organ Hati

Ikan tongkol diketahui memiliki kandungan selenium yang akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan organ hati. Seperti yang diketahui seperti juga manfaat daun katuk bagi ibu hamil, organ satu ini berperan vital dalam melakukan detoksifikasi agar segala racun yang ada di dalam tubuh dapat dikeluarkan. Para ibu hamil yang ingin membuat proses detoksifikasi lancar dan mudah dapat memanfaatkan ikan tongkol dengan mengonsumsinya pada porsi yang tepat.

3. Membuat Jantung Terjaga Kesehatannya

Lagi-lagi kandungan omega-3 dapat membuat para ibu hamil memiliki jantung yang senantiasa sehat.Karena baik bagi jantung, tentu kesehatan janin, perkembangan janin dan pembentukan organ pada janin akan berlangsung sempurna dengan mengonsumsi ikan tongkol. Detak jantung akan selalu dijaga oleh kandungan omega-3 sehingga risiko serangan jantung pun akan semakin kecil.

4. Menurunkan Risiko Kurang Darah

Anemia pada ibu hamil merupakan satu kondisi yang paling sering terjadi. Seorang ibu hamil dikatakan mengalami anemia apabila mudah terserang bermacam-macam penyakit seperti penyakit gondok pada ibu hamil dan penyakit lain, wajah tampak pucat, menurunnya daya tahan tubuh, mudah merasa lemas, lemah, lesu dan letih, ibu hamil cepat lelah, serta terasa pegal-pegal di bagian sendi.

Kandungan zat besi pada ikan tongkol seperti yang juga ada pada manfaat blueberry untuk ibu hamil akan menyelamatkan Anda dari anemia ketika hamil, namun pastikan bahwa pengolahannya bukan dengan menggoreng melainkan direbus membuatnya menjadi semacam sup agar nutrisinya tidak hilang.

5. Mengatasi Rematik

Ibu hamil pun dapat mengalami rematik di mana tanda-tandanya adalah terasa sakit dan nyeri di bagian tubuh tertentu. Daripada mengonsumsi obat-obatan yang belum tentu baik untuk pertumbuhan janin, cobalah untuk mengonsumsi ikan tongkol walau porsinya pun tidak boleh berlebih. Proses penyembuhan rematik akan didukung oleh ikan tongkol dengan pengolahan yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, baik itu di balado, dibuat sup, digoreng atau dicampur dengan masakan lain (mie goreng atau nasi goreng).

6. Menyehatkan Mata

Omega-3 di dalam ikan tongkol sangat kaya akan manfaat yang juga telah dibuktikan melalui penelitian oleh John Hopkins School of Medicine. Risiko AMD atau Age Macular Disease akan dapat dikurangi. Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang mata ketika seseorang beranjak tua. Dengan bukti tersebut, maka bisa dipastikan ikan tongkol dengan kandungan omega-3 seperti juga vitamin A pada manfaat wortel untuk ibu hamil diyakini ampuh untuk menjaga kesehatan mata para ibu hamil sehingga mata akan terhindar dari kerusakan pada masa kehamilan serta setelah persalinan.

7. Mendukung Pertumbuhan Janin

Dengan kandungan protein di dalam ikan tongkol, jelas bahwa ikan ini akan sangat berguna dalam membantu membangun, membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh pada janin selama masa perkembangannya di dalam perut sang ibu. Proses pembentukan hati, jantung, kulit, mata dan otot akan semakin sempurna sehingga risiko kelainan jantung pada bayi baru lahir dan kelainan lain semakin berkurang. Pembentukan sel-sel janin pun akan terjadi tanpa hambatan berikut cairan ketubannya. Lebih penting lagi di sini adalah bahwa pertumbuhan plasenta dan jaringan serta otak juga didukung oleh protein dari ikan tongkol.

8. Menyehatkan Tulang

Selain berguna menguatkan sendi dan otot pada ibu hamil, protein yang ada di dalam ikan tongkol bila masuk ke dalam tubuh akan membantu membuat tulang ibu hamil lebih sehat.

Bayi di dalam kandungan juga akan merasakan dampak baiknya sehingga kesehatan janin terjaga.

9. Mengembangkan Kemampuan Kognitif Bayi

Dalam masa perkembangannya di dalam perut, bayi memerlukan asupan nutrisi yang lengkap dan cukup dari makanan yang dikonsumsi ibunya. Ikan tongkol seperti juga ikan salmon untuk ibu hamil adalah pilihan makanan tepat untuk membuat kemampuan kognitif jabang bayi meningkat. Omega-3 pada ikan jenis ini berperan sangat vital dan menguntungkan bagi para calon ibu yang ingin memiliki anak yang cerdas. Sehingga merupakan salah satu cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan

Efek Samping Ikan Tongkol bagi Ibu Hamil

Sekalipun ada segudang khasiat yang dimiliki dan diberikan oleh ikan tongkol, mengonsumsinya dalam jumlah banyak dan terlalu sering juga akan berpengaruh terhadap kesehatan ibu serta janin. Berikut merupakan sejumlah efek samping yang wajib diwaspadai.

  • Berisiko kecacatan otak pada janin

Ikan tongkol sangat mudah terpapar merkuri dan karena hidupnya pun di perairan laut, maka kemungkinan dapat tercemar. Logam jahat dapat terkandung di dalam ikan tongkol dan hal ini tidaklah baik untuk pertumbuhan janin. Itulah mengapa penting untuk mengetahui apakah ikan tongkol ditangkap dari perairan dengan lingkungan yang bersih. Kalau ikan tongkol didapat dari perairan tercemar bisa jadi makanan sehat ini berubah menjadi makanan berbahaya bagi ibu hamil.

  • Terjadi alergi ringan

Karena di dalam ikan tongkol terdapat protein, maka sifatnya sebagai alergen patut untuk diantisipasi, seperti halnya makanan lain dengan protein tinggi, yaitu kacang-kacangan termasuk dari manfaat buncis bagi ibu hamil, daging ayam serta ketika ibu hamil mengambil manfaat udang.

Tips Mengonsumsi Ikan Tongkol

  • Disarankan bagi Anda, olahlah ikan tongkol dengan membuang bagian kepalanya sebelum Anda memasaknya karena daya serap merkuri paling tinggi ada di bagian kepala.
  • Cermati betul sebelum membeli ikan tongkol, sama juga ketika anda berbelanja bahan makanan lain seperti manfaat ceker ayam bagi ibu hamil dan manfaat brokoli bagi ibu hamil. Apakah produknya masih segar, karena bila dalam keadaan kurang segar akan memungkinan timbulnya reaksi alergi.
  • Konsumsilah ikan tongkol dalam jumlah kecil sehingga dapat menghindari gejala alergi dan bahaya lainnya.