15 Tanda Keguguran Hamil 1 Minggu Paling Jelas

Kehamilan adalah sebuah hal yang mungkin sangat dinanti kehadirannya oleh banyak pasangan menikah. Karena kehadiran buah hati mampu memberikan warna dalam kehidupan. Dan kehilangan bayi pada tahap awal kehamilan bisa menjadi pukulan yang sangat berat untuk dilalui oleh seorang wanita, terlebih jika ini merupakan kehamilan pertama. Ketika hal ini terjadi saat usia kandungan masih sangat dini, pengalaman tersebut bisa menjadi sangat membekas yang dapat menimbulkan traumatik yang berkepanjangan. Tetapi, terkadang dalam beberapa kasus keguguran bisa terjadi secara tiba-tiba bahkan tanpa ada tanda sedikit pun. Dan beberapa wanita justru tidak mengetahui tanda – tandanya sehingga membuat keguguran tak bisa terhindarkan lagi. Lantas , apa sesungguhnya tanda keguguran hamil 1 minggu yang sering diabaikan oleh kebanyakan wanita tersebut? berikut ulasan selengkapnya. (baca: akibat keguguranPenyebab keguguran hamil muda – Tanda-tanda keguguran – tanda tanda keguguran 1 bulan)

1. Pendarahan

Perdarahan merupakan tanda dan gejala awal terjadinya keguguran hamil 1 minggu. Dan hal ini banyak terjadi pada ada trimester pertama sebanyak 15 – 25% kehamilan. Perdarahan biasanya terjadi dengan volume darah yang konstan dan banyak, jika hal ini dibiarkan dapat mengancam nyawa calon ibu juga bayi. Namun perdarahan yang terjadi tidak selalu berarti keguguran, sebab 20 – 30 persen kehamilan juga mengalami pendarahan namun kehamilan tetap berlanjut hingga persalinan normal. (baca: tanda keguguran di awal kehamilan –  cara membedakan darah haid dan darah awal kehamilan –  Flek bercak darah saat hamil muda – tanda akan keguguran saat hamil muda)

Karenanya segera hubungi dokter atau bidan terdekat jika pendarahan yang terjadi memiliki tanda sebagaimana berikut ini:

  • Darah yang keluar berwarna coklat pekat atau merah muda, atau keluar bercak darah merah terang yang tertiggal pada celana dalam.
  • Terjadi pendarahan dengan volume sedikit hingga banyak berwarna merah pekat atau terang, baik dengan atau tanpa gumpalan darah.
  • Terjadi pendarahan hebat setidaknya selama 1 jam pertama,
  • Perdarahan terjadi dengan tiba-tiba dan tanpa ada keluhan
  • Meningkatnya jumlah pendarahan yang terjadi secara konstan

Perlu diketahui bahwa perdarahan juga terjadi ketika embrio mulai menempel ke rahin saat terjadi implantasi. Meskipun pada sebagian wanita hal ini biasa terjadi, tetapi tidak semua wanita memiliki fisik yang sama sehingga sekecil apapun pendarahan harus tetap diwaspadai sebagai tanda keguguran awal. Supaya penanganan yang lebih tepat bisa dilakukan dengan maksimal.

2. Nyeri Perut Bawah atau Kram

Beberapa gejala awal kehamilan juga ditandai dengan adanya kram atau nyeri perut dibagian bawah atau panggul dengan sedikit munculnya bercak darah yang mengiringi adanya implantasi. Dan hal ini juga merupakan adaptasi dari tubuh seorang calon ibu yang sedang menerima tumbuhnya jabang bayi di dalam perut. Namun, kram sebagai tanda keguguran awal kehamilan terjadi secara kontinu dan terus-menerus. (baca juga: Sakit Perut Saat Hamil Muda)

Dan kram panggul ini pun mungkin disertai pendarahan vagina yang cukup banyak yang mungkin terjadi karena adanya kontraksi pada rahim. Intensitas nyeri bervariasi tapi patut dipertimbangkan segala kemungkinan yang terjadi. Berikut tanda – tanda kram perut yang mungkin bisa menjadi awal terjadinya keguguran hami 1 minggu, diantaranya.

  • Kram pada perut bagian bawah terasa sangat menyiksa, bahkan lebih sakit dari pada ketika masa menstruasi biasanya. Dan juga terkadang disertai sakit punggung bagian bawah,
  • Rasa sakit terus-menerus sepanjang hari, disertai perdarahan vagina yang tidak mereda.

Jika hal ini terjadi, maka jangan tunggu lebih lama dan segera hubungi dokter atau bidan terdekat untuk mendapatkan perawatan yang maksimal. Segala kemungkinan bisa saja terjadi, namun dengan penanganan yang cepat dan tepat keguguran bisa didhindari dengan lebih mudah. (baca : perut melilit saat hamil – goncangan pada ibu hamil ) 


3. Muncul Cairan atau Lendir yang Keluar dari Jalan Lahir

Selain pendarahan pada jalan lahir, ada juga cairan yang biasanya keluar sebagai tanda awal keguguran hamil 1 minggu. Dan ketika mengalami hal tersebut yang harus diperhatikan ialah, berikut:

  • Keluar cairan berlendir berwarna gelap disertai dengan darah dan gumpalan – gumpalan semacam jaringan, mungkin akan sulit memastikannya sebagai tanda awal keguguran terlebih jika ini merupakan kehamilan pertama.
  • Tiba-tiba ada cairan yang menyembur keluar dari jalan lahir, baik sedikit maupun banyak tetap harus diwaspadai. Terlebih lagi jika kehamilan telah memasuki trimester kedua.

Jika hal ini terjadi, maka sangat disarankan agar caon ibu mendapatkan perawatan medis dengan segera. Untuk memastikan apa yang terjadi pada kehamilan dan juga agar dapat diberikan pertolongan medis yang sesuai. (baca: ciri ciri kontraksi akan melahirkan – pembukaan saat melahirkan )

Informasi keputihan:

4. Morning sickness yang tak lagi dirasakan

Kehamilan akan muncul bersama dengan gejala yang menyertainya, seperti mual, muntah dan juga berat badan yang berubah drastis. Namun jika tanda – tanda ini tidak terlihat maka patut diwaspadai. Tanda awal kehamilan yang paling mudah dikenali ialah morning sickness, seperti mual, muntah pusing mudah lelah dan cenderung emosional karena ini berkaitan langsung dengan hormon kehamilan. Dan jika dari awal sudah tidak ada tanda ini maka patut curiga, karena hilangnya tanda morning sickness mungkin menandakan kehamilan yang berhenti berkembang dan tanda awal terjadinya keguguran, meskipun normal jika gejala ini menurun saat kehamilan Anda meningkat.

5. Perubahan pada payudara

Perubahan hormon juga membuat payudara menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan. Sehingga tanda awal kehamilan, juga bisa terlihat dari nyeri yang timbul pada payudara. Dan jika perubahan ini tidak nampak atau malah berkurang dan akhirnya hilang maka keguguran hamil 1 minggu bisa saja terjadi. Perubahan hormon ini sebagai pertanda untuk mempersiapkan payudara yang nantinya bisa memberikan ASI pada bayi setelah dilahirkan. Karenanya selalu amati perubahan yang tampak pada tubuh meski sekecil apapun.

baca juga:

6. Hormon kehamilan berkurang

Kehamilan ditandai dengan berubahnya hormon dalam tubuh, dan hal inilah yang mempengaruhi tubuh seorang calon ibu. Kehamilan bisa diketahui melalui test urin, kerena urin mengandung HCG yang cukup tinggi. Dan jika test menandakan strip negatif maka bisa jadi keguguran telah terjadi tanpa disadari. (Baca juga: cara mencegah keguguran – penyebab keguguran berulang – makanan penguat kandungan)

7. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Kenaikan berat badan selama kehamilan adalah sesuatu hal yang wajar, karena hal ini berarti janin dalam kandungan telah mendapatkan nutrisi yang cukup. Dan jika sebaliknya terjadi, dan tubuh menjadi terlalu kurus maka petut dicurigai jika janin dalam kandungan tidak berkembang secara sempurna, dan ini menjadi tanda awal keguguran yang mestinya bisa diketahui.

Baca juga:

8. Terkena Virus

Kehamilan yang masih dini memang sangat rawan sekali terjadi keguguran karena memang juga dipengaruhi oleh faktor kondisi tubuh secara fisik dan juga emosional. Jika seorang calon ibu mengalami stres dan juga kurang mendapatkan asupan gizi yang sesuai maka kehamilan juga bisa terjadi keguguran. Tak hanya itu pengaruh virus penyakit juga bisa menjadi penyebab keguguran yang paling sering terjadi di kehamilan 1 minggu.

Baca juga:

9. Denyut Jantung Janin Tidak Terdeteksi

Usia kehamilan yang baru berusia 1 minggu memang masih rawan, sehingga terkadang banyak wanita tidak menyadari jika dirinya sedang hamil. Dan salah satu tanda keguguran hamil 1 minggu yang sangat mudah dikenali ialah terjadinya pendarahan. Dan ketika terjadi pendarahan, belum tentu juga janin yang dikandung mengalami keguguran. Karenanya perlu dilakukan pemeriksaan lebih mendalam untuk mengetahuinya, misalnya dengan melakukan pemeriksaan USG untuk mendeteksi denyut jantung janin. Bila denyut jantung janin tidak terasa, maka dapat dipastikan bahwa calon ibu mengalami keguguran. (baca: tanda janin tidak berkembang – ciri kehamilan bermasalah )

10. Sakit punggung dan pinggang parah

Sama seperti tanda awal menstruasi yang membuat punggung terasa begitu nyeri, tanda keguguran hamil 1 minggu juga demikian. Rasa nyeri ini akan menjalar dari punggung hingga bagian pinggang, dan karena rasa nyerinya ini bisa saja membuat calon ibu hilang kesadaran atau pingsan. Karenanya jangan pernah meremehkan jika tengah mengalami nyeri punggung dan pinggang, karena bisa jadi ini merupakan tanda awal keguguran hamil 1 minggu yang patut diwaspadai. (baca: gangguan kehamilan trimester 2  – gangguan kehamilan trimester 3


11. Demam Tinggi

Meskipun kehamilan identik dengan suhu basal tubuh  ibu yang meningkat, namun jika calon ibu mengalami demam yang cukup mengganggu dan tinggi maka hal ini bisa menjadi tanda keguguran hamil 1 minggu yang wajib untuk diwaspadai. Sebab, suhu tubuh ibu hamil yang terlalu tinggi bisa mempengaruhi kesehatan dan perkembangan janin di awal masa kehidupannya. Demam bisa terjadi karena infeksi bakteri dan ini lah yang bahaya, sebab infeksi bakteri bisa membahayakan janin. Untuk itu segera konsultasikan dengan dokter atau bidan terdekat untuk memperoleh pengobatan yang tepat untuk mengurangi demam. (baca: demam saat hamil – penyebab ibu hamil menggigil kedinginan)

12. Cairan Keputihan Meningkat

Keputihan memang sesuatu hal yang biasa pada wanita, namun perlu diwaspadai jika hal ini terjadi berlebihan sebab bisa menjadi tanda awal keguguran hamil 1 minggu. Selain itu juga dibarengai dengan rasa tertekan dibagian vagina yang sulit dijelaskan mengapa. Hal ini biasanya karena vagina yang lemah, dan menimbulkan Biasanya hal ini bisa hilang dengan sendirinya, tetapi bila perasaan tersebut tidak uga hilang bahkan setelah beristirahat maka segera kunjungi pelayanan medis terdekat.

13. Detak Jantung Tidak Normal

Tekanan darah yang tidak normal disertai detak jantung yang tidak beraturan, serta demam yang sangat tinggi disertai keluarnya cairan keputihan yang berbau tidak sedap bisa menjadi tanda terjadinya syok septik. Keadaan ini merupakan kondisi yang langka yang bisa menyebabkan keguguran. Ini karena diakibatkan adanya sepsis atau infeksi darah. Kondisi ini terjadi salah satunya karena infeksi penyakit menular yang diakibatkan karena serangan bakteri Chlamydia. Keadaan ini bisa di kendalikan dengan rutin memeriksakan diri, sebelum memulai program kehamilan untuk menadapatkan vaksinasi dan penanganan lebih dini dan lebih tepat.  (baca: dada sesak saat hamil – cara mengatasi sesak nafas saat hamil)

14. Tekanan Darah Meningkat

Meningkatnya tekanan darah juga menjadi tanda keguguran yang dibarengi dengan tanda – tanda keguguran lainnya. Tekanan darah yang meningkat sangatlah berbahaya, karena bisa menyebabkan komplikasi penyakit berbahaya lainnya, terutama karena masih dalam tahap awal kehamilan. Untuk itu rutinlah memeriksakan diri dan kandungan ke dokter atau bidan agar senantiasa terjaga kehamilannya. (baca: preeklampsia –  gejala preeklampsia pada ibu hamil)

15. Keluarnya Gumpalan Jaringan Melalui Vagina

Tanda keguguran yang sangat terlihat di awal kehamilan ialah terjadinya pendarahan disertai keluarnya gumpalan – gumpalan darah atau jaringan melalui jalan lahir. Bila ini yang terjadi maka, keguguran benar – benar terjadi. Hal ini terjadi biasanya karena yubuh calon ibu yang tidak dalam kondisi prima saat merencanakan kehamilan. Sehingga janin tidak mendapat suplai nutrisi yang cukup untuk berkembang. Karenanya segera hubungi petugas medis untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Informasi tidur ibu hamil:

Itulah semua tanda keguguran 1 minggu yang paling jelas dan harus diperhatikan oleh semua ibu hamil. Jika ibu merasakan berbagai tanda ini maka segera mencari perawatan terdekat agar bisa tahu kondisi yang sebenarnya.

, , ,
Post Date: Tuesday 05th, September 2017 / 07:03 Oleh :
Kategori : Keguguran