Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi Susu Instan Dan Apa Efeknya?

Ibu yang sudah terbiasa minum kopi pasti akan tersiksa selama hamil. Karena adanya bahaya kopi bagi ibu hamil maka ibu hamil memang sebaiknya tidak minum kopi instan. Kemudian saat sudah melahirkan baru ibu bisa berpikir untuk minum kopi. Kopi adalah minuman yang mengandung bahan kafein sehingga bisa menyebabkan beberapa efek yang kurang menyenangkan. Kopi memang mengandung bahan adiktif sehingga terkadang ketika tidak minum kopi badan akan terasa lebih dan lesu. Tapi saat menyusui ibu juga bingung apakah sudah boleh minum kopi instan. Berikut ini akan kami sampaikan mengenai informasi bolehkah ibu menyusui minum kopi susu instan dan apa efeknya?

Boleh Tidak?

Sebenarnya kopi susu instan bukan minuman yang disarankan untuk ibu menyusui. Ibu menyusui membutuhkan makanan yang mengandung  nutrisi ibu menyusui saat bayi baru lahir. Semua nutrisi ini sangat penting untuk merangsang produksi ASI sehingga bayi tidak kekurangan ASI. Karena ASI sangat penting untuk bayi yang baru lahir. Sementara itu kopi susu mengandung bahan-bahan yang cukup berbahaya untuk tubuh ibu dan bayi yang menerima ASI. Kopi susu instan yang biasanya dikemas dalam sachet sekali buat ini mengandung bahan seperti kopi instan, perisa, bahan pengawet, susu instan, dan pengental. Ketika ibu mendapatkan bahan tersebut maka sedikit bahan akan masuk ke dalam ASI. Tubuh bayi belum bisa mengeluarkan bahan tersebut dan akhirnya menumpuk pada organ tubuh bayi. Jadi sebaiknya ibu menghindari kopi susu instan.

Efek Kopi Susu Instan Untuk Ibu Dan Bayi

  1. Pemicu kanker

Sebenarnya kopi susu instan mengandung kadar kafein yang cukup rendah. Karena itu kopi susu instan sering dijadikan alternatif ibu yang ingin mendapatkan sedikit kafein. Tapi kandungan kafein yang rendah justru sangat berbahaya, karena bahan kopi susu instan bisa mengandung bahan akrilamida. Bahan ini sangat buruk untuk tubuh karena memicu kanker. Terlebih jika dibuat dengan suhu air lebih dari 100 derajat Celcius. Bahkan jika sering minum maka bisa menjadi pemicu penyebab diare pada bayi.

  1. Bayi rewel dan mudah menangis

Ada satu masalah yang sering terjadi ketika ibu menyusui minum kopi susu instan dengan sering. Masalah itu adalah menjadi  penyebab bayi rewel dan tidak mau menyesap ASI. Hal ini terjadi karena kandungan kafein dalam tubuh bayi sudah menumpuk sehingga menyebabkan efek kafein begitu besar untuk tubuh bayi. Bayi juga belum bisa membuang racun dari tubuh sehingga cenderung menumpuk pada ginjal dan hati.

  1. Bahaya untuk tekanan darah ibu

Kopi susu instan sebenarnya juga tidak baik untuk tubuh ibu karena bisa menyebabkan hipertensi. Terlebih jika saat hamil sudah memiliki masalah  tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Hal ini terjadi ketika kopi susu instan mengandung krimer yang tidak mudah untuk dicerna dalam tubuh. Kemudian efeknya akan menumpuk dan membuat pembuluh darah menyempit. Ini sering ditandai dengan sakit pada leher, sering pusing dan ibu menyusui tidak bisa tidur.

  1. Memicu sakit perut dan detak jantung cepat

Ibu menyusui yang sering minum kopi susu instan mungkin akan merasa tidak nyaman karena efek sakit perut dan detak jantung yang lebih cepat. Semua ini karena efek kafein dari kopi instan dalam minuman tersebut. Kafein akan memicu dopamin meningkat dengan cepat. Aliran darah ke jantung menjadi lebih cepat sehingga jantung bekerja cepat untuk memompa darah. Kemudian juga bisa membuat asam lambung naik dan biasanya ibu juga akan merasa sakit perut.

Jadi begitulah keterangan tentang bolehkah ibu menyusui minum kopi susu instan dan apa efeknya? Sekarang ibu menyusui sudah bisa memutuskan akan minum kopi susu intan atau tidak demi menjaga kesehatan bayi yang menerima ASI dari ibu.