6 Cara Mengembalikan Bentuk Payudara Setelah Menyusui Agar Kencang Lagi

Memberikan  manfaat ASI untuk bayi memang tidak bisa dipungkiri menjadi kewajiban yang menyenangkan untuk ibu. Ibu bisa memberikan ASI selama dua tahun sebagai langkah pemberian ASI secara eksklusif. Bayi yang menerima ASI sampai dua tahun biasanya menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. Tapi semua langkah itu tidak mudah karena biasanya ibu tidak percaya diri dengan kondisi payudara setelah menyusui. Beberapa masalah ini termasuk ukuran payudara yang tidak pulih dan menjadi kendur. Lalu bagaimana agar pulih. Berikut ini cara mengembalikan bentuk payudara setelah menyusui agar kencang lagi. Simak informasi ini.

  1. Perawatan dengan masker beras

Salah satu perawatan alami yang bisa ibu lakukan setelah melakukan cara menyapih anak adalah dengan menggunakan masker beras. Ini langkah yang sangat tepat karena beras menghasilkan tepung yang bisa meningkatkan kadar kolagen sehingga kulit payudara menjadi lebih kencang. Ini juga akan memulihkan bintik pada kulit yang biasanya timbul pada payudara saat ibu menyusui. Caranya bisa dilakukan dengan melarutkan beras dengan air biasa sampai menghasilkan pasta pada bagian bawah. Kemudian bilas payudara dengan air hangat kemudian keringkan. Setelah itu olesi payudara secara merata dengan pasta tepung beras tadi. Lakukan selama dua kali sehari dan pasti payudara akan kencang lagi.

  1. Minum jus pepaya dengan susu kedelai

Langkah lain jika ibu tidak mau repot adalah dengan minum jus pepaya yang dicampur dengan susu kedelai. Pepaya dan kedelai mengandung vitamin A dan hormon alami yang akan membantu mengencangkan payudara. Beberapa hormon yang sangat penting untuk mengembalikan bentuk payudara seperti prolaktin, estrogen dan progesteron. Hormon ini juga penting untuk membentuk cara meningkatkan kualitas ASI. Jadi coba saja membuat jus pepaya dengan susu kedelai dan minum setiap hari.

  1. Olahraga khusus

Kemudian ibu juga bisa mengencangkan payudara dengan cara olahraga secara teratur. Cara ini bisa dilakukan dengan beberapa gerakan yang akan merangsang otot payudara menjadi kencang kembali. Kemudian ketika ibu melakukan olahraga maka bisa membuat otot yang awalnya kendur menjadi kencang dan segar lagi. Biasanya ini ditandai dengan bentuk payudara yang mulai naik lagi. Gerakan untuk mengencangkan otot payudara bisa dengan gerakan ringan sampai dengan angkat beban. Ibu bisa meminta bantuan instruktur karena biasanya ada pelatih khusus. Gerakan ini juga bisa menjadi olahraga untuk ibu menyusui.

  1. Selalu menggunakan bra yang sesuai

Langkah lain adalah dengan menjaga apa yang digunakan untuk payudara. Ibu bisa menggunakan bra yang memang khusus untuk memulihkan payudara setelah menyusui. Bra yang sesuai bukan jenis bra yang kencang dan menyakitkan. Lebih baik ibu menggunakan bra yang memang sesuai ukuran kemudian membuat sokongan yang kuat untuk payudara.

  1. Diet yang seimbang

Selama ibu menyusui maka penting untuk mempertimbangkan cara diet ibu menyusui. Pertimbangan nutrisi sangat penting untuk mengembalikan bentuk payudara karena payudara juga berisi jaringan lemak dan otot. Jadi selama melakukan diet maka kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak jenuh yang berasa dari hewan. Kemudian lebih banyak mengonsumsi sayuran hijau, sumber protein, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah segar. Hindari minyak sawit dan ganti dengan minyak zaitun.

  1. Selalu mandi dengan air dingin

Jika Anda sudah terbiasa mandi air hangat maka hilangkan kebiasaan ini. Cobalah untuk mandi dengan air dingin karena air dingin akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Air dingin bisa membuat kulit di payudara pulih lagi dan kencang sehingga payudara tidak kendur. Bahkan mengompres dengan handuk dingin juga akan membantu payudara kencang lagi seperti sebelum menyusui.

Jadi begitulah cara mengembalikan bentuk payudara setelah menyusui agar kencang lagi. Semua ibu bisa mencoba cara ini sehingga payudara kembali seperti semula sebelum hamil dan menyusui