6 Ciri Ciri Kontraksi Dini Akan Melahirkan Prematur

Berbagai ciri ciri kontraksi akan melahirkan akan dialami oleh semua ibu yang akan melahirkan dan biasanya muncul pada akhir trimester ketiga. Namun ada salah satu masalah yang bisa membuat ibu lebih cepat mengalami kontraksi, yaitu ketika akan melahirkan bayi prematur. Persalinan biasanya terjadi setelah ibu melewati kehamilan minggu ke 37 lebih. Namun jika ibu belum mencapai usia kehamilan tersebut maka bisa dikatakan jika ibu mengalami persalinan prematur. Tentu saja ini hal yang tidak diharapkan karena merawat bayi prematur memang memiliki resiko. Lalu apa saja ciri ciri kontraksi dini akan melahirkan prematur? Simak ulasan berikut ini.

  1. Perut terasa sangat kencang

Jika ibu merasa hamil 8 bulan perut terasa kencang dan nyeri maka bisa jadi inilah awak terjadinya kontraksi. Ibu akan merasakan perut yang sangat kencang. Intensitas perut yang kencang ini semakin sering terjadi. Mulai dari setiap 30 menit sampai 10 menit sekali. Bahkan bisa lebih sering sesuai dengan kondisi bayi dalam kandungan. Kemudian rasa kencang akan disertai dengan rasa sakit yang tidak tertahankan. Ibu harus segera pergi ke dokter kandungan atau bidan jika merasa kondisi lebih parah agar segera mendapatkan solusi perawatan.

  1. Saat kontraksi ada cairan vagina keluar

Kemudian kontraksi yang disertai dengan keluarnya cairan vagina juga menjadi tanda kalau ibu mengalami kontraksi dini. Biasanya keputihan tidak cair tapi lebih kental. Jika cairan berwarna kemerahan atau kecoklatan maka ibu harus segera pergi ke dokter kandungan terdekat. Jumlah cairan yang keluar awalnya sangat wajar namun kemudian menjadi tidak wajar karena lebih banyak. Ibu harus hati-hati jika ini adalah ciri ciri air ketuban pecah merembes.

  1. Perut kembung dan sensasi buang gas

Kemudian setelah ibu merasakan sensasi perut yang kencang juga cairan vagina yang berlebihan, maka ibu bisa saja mengalami perut kembung dan seperti selalu ingin buang gas. Ini adalah tanda ketika ibu akan mengalami pembukaan saat melahirkan. Sensasi gas bisa disertai diare atau tidak. Kemudian ibu merasa selalu ingin pergi ke kamar mandi, tapi tidak bisa mengeluarkan apa-apa. Hal ini yang akan membuat ibu merasa sangat tidak nyaman karena perut terasa lebih penuh.

  1. Nyeri punggung bawah

Lalu tanda yang lain adalah ibu akan merasa nyeri pada bagian punggung bawah. Rasa nyeri bisa digambarkan seperti mendapatkan pukulan benda tumpul dengan intensitas yang ringan sampai berat. Akibatnya nyeri punggung kadang akan terasa dan kadang juga tidak. Jika selama hamil ibu belum pernah merasakan gangguan ini, maka segera hubungi dokter Anda. Bisa jadi ini tanda lain yang lebih berbahaya untuk ibu dan janin.

  1. Sensasi tekanan pada panggul

Jika ibu merasakan tekanan yang berlebihan pada panggul, maka itu bisa menjadi ciri ciri janin sudah masuk panggul. Ini terjadi karena bayi Anda sudah mencari ruang panggul dan siap untuk dilahirkan. Namun karena tanda ini terlalu dini maka bisa berbahaya untuk bayi dalam kandungan. Beberapa organ tubuh bayi mungkin memang belum terbentuk atau belum matang sempurna. Adanya persiapan melahirkan yang terlalu dini pada janin bisa sangat berbahaya untuk kesehatan janin.

  1. Ibu merasa sakit

Selain merasakan tekanan dan tidak nyaman pada area perut dan panggul, ibu juga bisa merasakan gejala sakit mendadak. Gejala sakit mendadak ini termasuk seperti tiba-tiba sakit kepala, keringat dingin, flu, mual, diare, muntah dan tanda-tanda kelelahan tubuh yang tidak bisa ditahan. Kemudian tubuh ibu mungkin akan berusaha menolak cairan dengan cara selalu mual dan muntah. Jika sudah muncul semua tanda ini maka segera pergi ke dokter terdekat.

Jadi memang inilah semua ciri ciri kontraksi dini akan melahirkan prematur. Jika ibu mengalami semua gejala ini maka lebih baik untuk tidak menunda pemeriksaan. Jangan menunggu waktu lagi karena semua tanda ini bisa berbahaya untuk ibu dan janin dalam kandungan.