8 Ciri Ciri Kandungan Sehat Yang Perlu Diketahui Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, setiap ibu hamil pastinya menginginkan kondisi kandungan dan kesehatannya dalam keadaan yang baik serta berkembang secara normal. Dalam mencapai kondisi tersebut, ibu perlu melakukan berbagai macam usaha agar tidak muncul gangguan kehamilan yang dapat mempengaruhi baik kesehatan ibu dan janin maupun perkembangan janin itu sendiri. Oleh karena hal tersebut, ibu hamil harus selalu bertindak hati hati dan penuh kewaspadaan selama masa kehamilan dan tidak boleh melakukan hal secara sembarangan.

Beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi kehamilan ibu hamil diantaranya dengan memenuhi asupan nutrisi kehamilan melalui konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, beristirahat yang cukup dengan cara yang benar, memeriksakan kondisi kehamilannya dengan dokter spesialis kandungan atau tenaga kesehatan lain seperti bidan secara rutin, serta menghindari berbagai macam larangan ibu hamil baik berupa pantangan aktivitas maupun pantangan makanan untuk ibu hamil.

Selama masa kehamilan, ibu hamil akan merasakan berbagai macam ciri atau tanda kehamilan yang dapat muncul dalam bentuk perubahan fisik maupun perubahan emosional yang berbeda beda pada tiap usia kehamilannya. Tanda kehamilan pada masing masing ibu hamil tentu akan berbeda beda namun dapat menjadi ciri dari kondisi kandungannya. Berikut ini beberapa ciri ciri kandungan sehat yang dapat dijadikan dasar bahwa kondisi kehamilannya dalam keadaan yang baik baik saja namun tetap perlu pemeriksaan secara rutin.

  1. Tidak munculnya pendarahan

Salah satu hal yang dapat menjadikan pertanda adanya permasalah pada kandungan dan merupakan tanda tanda bayi kurang sehat dalam kandungan adalah munculnya pendarahan. Pendarahan tersebut terutama muncul bukan pada awal awal kehamilan serta dengan jumlah dan frekuensi yang banyak. Tidak munculnya pendarahan selama masa kehamilan terutama yang terjadi secara hebat menunjukan bahwa kondisi kandungan seorang ibu dalam keadaan yang sehat tanpa ada masalah berbahaya.

  1. Wanita hamil mengalami gejala kehamilan yang normal

Ciri ciri kandungan sehat selanjutnya adalah kondisi dimana seorang wanita hamil akan mengalami gejala kehamilan yang normal terjadi sesuai dengan usia kehamilannya. Beberapa ciri ciri awal wanita hamil yang normal terjadi pada sebagian besar ibu hamil diantaranya seperti mood yang berubah, muncul sakit dan nyeri pada punggung, mengalami mual dan muntah atau sering disebut sebagai morning sicknes, dan beberapa gejala kehamilan yang normal lainnya.

  1. Perkembangan janin dalam kondisi yang normal

Keadaan lainnya yang juga dapat menjadi ciri ciri kandungan yang sehat adalah kondisi perkembangan janin selalu dalam keadaan yang normal sesuai dengan analisa dokter kandungan atau tenaga medis lainnya. Perkembangan janin yang normal tersebut juga harus seseuai dengan usia kehamilannya. Kondisi perkembangan janin yang normal merupakan bentuk akibat dari kondisi kandungan yang sehat sehingga proses tumbuh kembang janin dapat berlansung secara lancar. Kondisi perkembangan janin yang sehat tersebut dapat dinilai dari detak jantungnya, ukuran lingkar kepala, dan prediksi berat badan dari bayi serta ada tidaknya gerakan jika bentuk janin sudah lebih sempurna.

  1. Menunjukan kondisi kehamilan yang sehat

Ciri atau tanda selanjutnya yang dapat mengambarkan bahwa kondisi kandungan seorang ibu hamil dalam keadaan sehat adalah kondisi kehamilan yang sehat. Beberapa kondisi kehamilan yang sehat tersebut diantaranya seperti disebutkan dibawah ini.

  • Peningkatan berat badan yang normal, ibu hamil dengan kandungan sehat akan mengalami kenaikan berat badan yang normal sesuai dengan ukuran janin. Secara umum, kenaikan berat badan yang normal pada ibu hamil berkisar antara 13 – 15 kilogram tergantung dari kondisi kehamilan ibu hamil.
  • Tekanan darah dan gula darah normal, secara umum ibu hamil akan mengalami peningkatan tekanan darah dan gula darah yang normal terjadi akibat dari proses kehamilan. Sebagai tanda kandungan sehat maka tekanan darah dan gula darah ibu hamil akan selalu dalam batas normal dan tidak meningkat serta beresiko mengalami preklampsia ataupun gestational diabetes.
  • Perkembangan ukuran perut, ukuran perut yang normal juga merupakan tanda kondisi kehamilan yang sehat sebagai akibat dari membesarnya ukuran janin selain bertambahnya berat badan ibu hamil. Kondisi ukuran perut ini harus terkorelasi dengan peningkatan berat badan pada wanita hamil yang sehat sehingga biasanya akan masuk dalam proses pemeriksaan kehamilan.
  1. Tidak muncul ciri kandungan lemah

Tanda kandungan yang sehat pada ibu hamil lainnya adalah tidak pernah muncul kondisi yang menjadi ciri kandungan lemah. Beberapa kondisi yang dapat menjadi ciri kandungan lemah tersebut diantaranya seperti terjadi pendarahan atau flek yang berkepanjangan seperti uraian diatas, adanya kontraksi yang berlebihan terutama pada awal kehamilan, dan munculnya tanda keguguran pada ibu hamil yang terjadi terutama pada kehamilan tahap awal.

  1. Tidak muncul gangguan kehamilan

Kondisi lain yang juga dapat menjadi ciri bahwa kandungan ibu hamil dalam keadaan sehat adalah tidak munculnya berbagai macam gangguan kehamilan. Adanya berbagai macam tanda atau gangguan kehamilan yang muncul pada tubuh ibu hamil dan bukan sebagai ciri orang hamil normal menunjukkan bahwa kondisi kehamilan ibu tidak sehat sehingga membutuhkan perawatan khusus agar proses kehamilan tetap dapat menghasilkan janin sehat dan normal.

Itulah beberapa ciri ciri kandungan sehat yang dapat dipahami oleh ibu hamil sehingga dapat mengetahui apakah kehamilan yang dijalaninya dalam keadaan yang baik serta normal dan tidak ada gejala berbahaya. Untuk lebih memastikan kondisi kesehatan kehamilan ibu maka lakukan pemeriksaan secara rutin baik dengan dokter kandungan maupun bidan.