3 Penyebab Hasil Test Pack Garis Kedua Samar Hamil atau Tidak

Banyak wanita yang sedang mengharapkan gejala hamil muda, pasti akan langsung menggunakan test pack saat sudah terlambat menstruasi. Ini adalah hal yang sangat biasa karena terlambat menstruasi merupakan tanda kehamilan yang jelas. Kemudian periksa dengan test pack adalah cara yang sangat murah dan bisa dilakukan sendiri. Tapi jika ibu menemukan garis kedua samar maka ibu biasanya akan panik. Lalu, apa penyebab hasil test pack garis kedua samar hamil atau tidak? Lihat penjelasan dibawah ini.

  1. Jika Anda memang hamil

Garis kedua pada test pack yang samar bisa jadi memang adanya tanda kehamilan yang sebenarnya. Kondisi ini bisa disebabkan karena kehamilan Anda masih sangat awal misalnya setelah 1 hari terlambat menstruasi. Akibatnya hormon yang terdeteksi dalam urin masih sangat rendah. Jika ibu sudah mengalami morning sickness, maka tes pack akan menghasilkan garis kedua yang lebih jelas. Saat itu produksi hCG dalam tubuh ibu memang sudah sangat tinggi. Jadi tunggu saja dan jangan melakukan tes terlalu awal agar tidak mengalami kondisi tersebut.

  1. Jika memang Anda tidak hamil

Garis kedua samar juga bisa karena Anda memang tidak hamil. Garis kedua yang samar ini bisa terjadi karena adanya penguapan ketika strip test pack masuk ke dalam urin. Untuk membedakan kondisi ini maka ibu bisa melihat kapan garis kedua ini muncul. Jika garis kedua samar muncul setelah beberapa menit atau setelah strip dianggap dari urin, maka itu berarti hanya garis penguapan. Munculnya garis penguapan bisa terjadi karena cara tes yang kurang tepat dan bisa mencoba cara mengetahui kehamilan tanpa test pack yang paling tepat.

  1. Anda mengalami hamil kimia

Tanda bahwa ibu memiliki garis kedua yang samar pada test pack juga bisa karena kehamilan kimia. Kehamilan kimia termasuk seperti keguguran dini dengan adanya tanda keguguran hamil 1 minggu. Kehamilan ini akan menyebabkan telur yang sudah tertanam dalam rahim tidak berkembang dan akhirnya terjadi keguguran. Ketika Anda mengalami ini maka biasanya belum ada tanda keguguran yang jelas. Akhirnya dalam waktu beberapa hari setelah test maka Anda mengalami pendarahan atau menstruasi seperti biasa. Jadi pastikan juga jika ibu mengalami kram perut, sakit perut seperti akan haid dan juga tanda keguguran yang lain.

Tips Saat Mengalami Test Pack Samar

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. Dokter bisa merujuk tes darah saat hamil yang bisa mendeteksi apakah ibu memang hamil atau tidak. Banyak ibu yang mengalami kejadian ini tapi enggan ke dokter karena merasa takut dengan hasilnya. Jadi mulai sekarang jangan takut dan pastikan kehamilan Anda.
  2. Ulangi tes lagi. Jika ibu merasa masih ragu maka tunggu selama satu atau dua hari kemudian cobalah untuk melakukan tes lagi dengan test pack yang baru. Jika perlu ibu bisa menguji dengan beberapa merek test pack yang berbeda. Pastikan juga bahwa ibu melakukan tes ini saat pagi hari terutama saat bangun tidur. Jika memang ibu mendapatkan hasil yang sama, maka tetap perlu ke dokter agar diperiksa lebih detail.
  3. Mencoba tes yang lain. Ibu juga bisa mencoba dengan tes kehamilan yang lain. Salah satunya adalah tes kehamilan dengan pasta gigi atau sabun. Tapi karena ini metode yang alami dan hasilnya belum tentu akurat, maka saat ada perubahan hasil tes tetap harus pergi ke dokter untuk periksa lagi.

Jadi ibu sudah paham sekarang dengan penyebab hasil test pack garis kedua samar hamil atau tidak. Masalah ini bisa terjadi pada ibu yang pernah hamil atau baru hamil pertama kali. Jika memang ini terjadi maka jangan lupa untuk periksa ke dokter kandungan sesegera mungkin.