Benarkah Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat? Ini Penjelasannya

Ibu hamil yang baru masuk trimester awal kehamilan biasanya memang mengalami mual muntah atau morning sickness. Meskipun ini disebut mual dan muntah di pagi hari tapi sebenarnya bisa terjadi kapan saja. Memang mual dan muntah bisa membuat ibu hamil merasa sangat tidak nyaman. Bahkan sering mual dan muntah membuat ibu hamil kurang nutrisi karena perut tidak bisa menerima makanan. Ada juga kasus dimana ibu hamil harus dirawat di rumah sakit karena mengalami dehidrasi. Lalu benarkah mual muntah saat hamil pertanda janin kuat? Ini penjelasannya.

Benar Tidak

Salah satu gejala hamil muda yang sangat jelas selain mengalami terlambat menstruasi adalah ketika ibu sering mual dan muntah. Kondisi ini bisa bertahan selama lebih dari 6 minggu atau sampai akhir trimester pertama. Kemudian mual dan muntah tidak akan terjadi saat sudah masuk trimester kedua sehingga ibu bisa makan dan minum dengan baik. Anggapan bahwa ibu hamil yang mual dan muntah bisa menjadi pertanda bahwa janin kuat dan sedikit memiliki risiko keguguran sebenarnya memang benar.

Hal ini berdasarkan penelitian yang melibatkan lebih dari 1000 ibu hamil yang dilakukan dari tahun 2007 sampai akhir 2011. Dari penelitian ini terbukti bahwa semua ibu hamil yang mengalami mual dan muntah ternyata tidak mengalami keguguran. Angka penelitian ini membuktikan sampai sekitar 75 persen ibu hamil dengan mual dan muntah tidak mengalami risiko keguguran dibandingkan ibu hamil dengan kondisi tidak mual saat hamil.

Penyebab Mual Dan Muntah Membuat Janin Kuat

  1. Kadar hormon hCG yang tinggi

Salah satu hal yang menentukan ibu sedang hamil atau tidak adalah adanya hormon hCG dalam darah dan urin ibu. Karena itu ketika ibu tidak sedang hamil maka tidak ada kadar hCG dan hasilnya test pack negatif. Lalu jika kadar hCG sangat sedikit maka bisa menjadi penyebab hamil tidak terdeteksi test pack. Nah untuk ibu hamil dengan kadar hCG yang tinggi biasanya akan mengalami mual dan muntah. Bahkan dalam kondisi tertentu kehamilan cepat terdeteksi. Hormon ini juga menunjukkan sedang ada pertumbuhan janin yang normal dan sehat sehingga risiko keguguran memang sangat kecil sekali.

  1. Perhatian lebih kepada kehamilan

Adanya mual dan muntah yang lebih awal pada saat kehamilan bisa membuat ibu menyadari kehamilan dengan cepat. Ini bisa membuat ibu menjauhi semua pantangan ibu hamil muda dimana kebiasaan yang baik ini bisa mendukung pertumbuhan janin yang masih rentan. Ada banyak hal yang bisa ibu hamil lakukan seperti mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan usia janin, menjaga agar kondisi tubuh tidak terlalu lelah, mengurangi aktifitas berlebihan dan kegiatan lain. Sementara ibu yang tidak mual dan muntah biasanya terlambat tahu jika hamil sehingga berbagai larangan mungkin tetap dilakukan.

  1. Mual muntah pertanda bayi sehat dan cerdas

Lalu ada lagi anggapan bahwa ibu hamil yang mengalami morning sickness parah bisa menghasilkan bayi yang cerdas dan sehat. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan di tahun 2009 dengan melibatkan lebih dari 500 responden. Dalam penelitian ini terbukti bahwa ibu hamil yang mengalami mual dan muntah parah justru menghasilkan anak-anak dengan tingkat IQ yang sangat tinggi.

Menurut penelitian ini terjadi ketika ibu mengalami morning sickness maka perkembangan otak janin pada tahap pertama kehamilan menjadi lebih maksimal. Kemudian ibu hamil yang mengelola pola makan yang baik akibat morning sickness juga memberikan pengaruh yang sangat besar untuk perkembangan otak janin.

Termasuk ketika ibu tidak mengonsumsi semua makanan pemicu morning sickness seperti makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia.

Nah akhirnya Anda sudah tahu benarkah mual muntah saat hamil pertanda janin kuat? Ini penjelasannya. Dengan melihat berbagai bukti tersebut maka ibu bisa menyimpulkan, namun jika tidak mual atau muntah maka segera periksa ke dokter kandungan Anda.